Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Wedang Rempah Gula Merah, Minuman Sehat Kaya Manfaat

wedang rempah





Wedang Rempah Gula Merah, Minuman Sehat Kaya Manfaat - Wedang rempah gula merah adalah minuman khas Indonesia. Minuman ini dibuat dari beragam rempah yang dipadukan dengan manisnya gula merah. Minuman ini tak hanya menyehatkan badan, tapi banyak juga khasiat lainnya. 


Sejarah Rempah Indonesia



Sejak dulu kala Indonesia terkenal dengan hasil rempahnya. Rempah-rempah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sejarah bangsa ini. 


Bahkan rempah-rempah pula yang menjadi magnet kedatangan bangsa barat ke nusantara (Indonesia). Dimulai pada abad ke 14, saat Portugis dibawah kepemimpinan Alfonso de Alburqueque menginjakkan kakinya di Malaka. 


wedang rempah



Saat itu bangsa barat datang untuk mencari rempah-rempah yang menjadi komoditas utama perdagangan internasional. Pada waktu itu bahkan harga cengkeh bisa setara dengan emas batangan. Ada banyak jenis rempah-rempah khas Indonesia yang laku di pasaran internasional, antara lain cengkeh, jahe, pala, kunyit, kayu manis dan lada. 


Rempah-rempah yang berkhasiat menghangatkan badan ini sangat dibutuhkan oleh orang-orang barat. Tak heran jika Belanda juga turut datang ke nusantara. Rempah-rempah pula yang membuat Indonesia mengalami kolonialisme hingga berabad lamanya. Semua itu membuat rempah-rempah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sejarah bangsa ini. 


Manfaat Rempah-Rempah



wedang rempah




Rempah-rempah adalah hasil kekayaan alam Indonesia yang kaya manfaat. Rempah-rempah tak sekadar menghangatkan badan. Tetapi banyak manfaat lainnya, seperti : 


Menyehatkan Otak



Beberapa penelitian menyebutkan kandungan kurkumin pada kunyit bisa menyehatkan otak. Kayu manis juga berkhasuat mencegah penyakit Alzheimer. Menurut para peneliti, ekstrak yang ada dalam kulit kayu manis, yang disebut CEppt, mengandung sifat yang dapat mencegah timbulnya gejala Alzheimer.


Mencegah Penyakit Jantung



Zat kurkumin pada rempah-rempah  bermanfaat meningkatkan fungsi endotel, atau kesehatan selaput tipis yang menutupi bagian dalam jantung serta pembuluh darah. 


Sehingga kurkumin dapat membantu melindungi terhadap berkurangnya kinerja sel yang disebabkan penuaan dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung.


Mencegah Kanker



Dikutip dari organicfacts, lengkuas bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Kandungan zat antioksidannya mampu memperbaiki sel-sel tubuh akibat radikal bebas dan berbagai racun yang mudah masuk ke dalam tubuh.


Selain itu, komponen lengkuas bernama galangin memiliki sifat antikanker yang dapat mencegah kanker paru-paru dan kanker payudara. Zat ini juga sangat efektif untuk menyembuhkan kanker kulit melanoma, hepatoma, dan kanker usus besar.


Mencegah Tumor 



Tak hanya mencegah kanker, lengkuas juga bermanfaat untuk mencegah tumor. Lengkuas juga bermanfaat sebagai penghambat jalur enzim xanthin yang memicu perkembangan tumor.


Tangkal Corona



Seiring dengan meluasnya pandemi virus Corona di Indonesia,  Guru Besar Biologi Molekuler Unair Chaerul Anwar Nidom, baru-baru ini telah melakukan penelitian dan menemukan suatu jenis rempah-rempah yang diduga bisa menangkal virus corona.

Dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung curcuma seperti jahe, kunyit dan temulawak, bisa membantu menangkal virus corona. 


Kurkumin yang biasanya ditemukan di kunyit bisa menangkal badai sitokin, yang merupakan suatu proses terinfeksinya paru-paru akibat virus corona.


Baik untuk Kecantikan



Rempah-rempah tidak hanya menyehatkan badan, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan. Dilansir StyleCraze, kapulaga dianggap sebagai rempah yang baik untuk melawan gejala penuaan. Rempah aromatik ini memiliki khasiat untuk melawan radikal bebas.


Ingin kulit yang sehat? Rutin konsumsi  pala ya. Dilansir Organic Facts, pala bisa membersihkan racun dari liver dan ginjal. Dengan begitu tubuh menjadi lebih sehat dan penampilan kulit jadi lebih baik.


Siapa yang bermasalah dengan jerawat? Konsumsi serai secara teratur bisa meringankan jerawat dan memperbaiki kondisi kulit. Selain itu, serai juga bisa membantu proses penurunan berat badan. 


Resep Wedang Rempah Gula Merah 


wedang rempah




Banyaknya manfaat rempah-rempah membuat saya dan keluarga rutin mengkonsumsinya. Tak hanya sering digunakan sebagai bumbu masak saja, tetapi juga dibuat wedang yang bisa diminum setiap hari.


Membuat wedang rempah gula merah ini mudah lho. Pertama, sapkan dahulu bahan-bahannya seperti kunyit, jahe, serai dan gula merah.


Bahan:


1000 ml air
200 gram jahe, bakar, memarkan
100 gram kunyit
1 batang serai, memarkan
100 gram gula merah 


Cara Membuat:


1. Petama-tama rebus air, jehe, kunyit dan serai di atas api kecil sampai harum. 


2. Kemudian masukan gula merah, adukan,. Masukan sambil di aduk sampai mendidih dan gula larut. Angkat dan saring. Sajikan selagi hangat. 


Mudah bukan? Konsumsi wedang rempah gula merah membuat daya tahan tubuh kami tetap sehat. Apalagi di musim pandemi seperti ini. Wedang rempah gula merah menjadi teman sehari-hari. Termasuk untuk bekal suami yang terkadang masih harus wfo (work from office).


Bagaimana denganmu? Apakah kamu juga rutin mengkonsumsi wedang rempah? Apa rempah favoritmu? Share di kolom komentar ya. 

68 komentar

  1. wah semua bahan mudah di dapat, apalagi kalau malam malam pasti lebih asyik minumnya. Bisa jadi pilihan selama stay di rumah nih

    BalasHapus
  2. Wedang rempah gula merah enak nih mbak trus juga banyak manfaatnya. Kalo bahannya campur2 gini aku blm pernah icip sih tp kalo wedang jahe pake sering aku minum.

    BalasHapus
  3. Enak banget nih wedang rempah apalagi kalau badan lagi kurang fit. sudah minum ini badan rasanya jadi seger. Tapi aku sering bikin gak pake kunyit.

    BalasHapus
  4. Klo aku menikmati ini kadang pagi hari itu pun mbaknya pakai motor alias kang jamu hehee☺

    BalasHapus
  5. Dakunya kadang belum sempat bikin sendiri kak, apalagi yang lengkap seperti itu bahannya. Palingan hanya jahe, air panas dan sedikit gula aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, klo mw praktis lagi mungkin beli yang bubuk aja, haha

      Hapus
  6. Sejak sebelum ada pandemi, aku udah sering bikin wedang rempah juga. Isinya jahe, kayu secang, daun salam, kayu manis, kapulaga, dan gulanya seadanya. SEringnya gula batu atau gula pasir yang aku gunakan. Niatnya memang seperti yang dituis, untuk kesehatan jantung, dan manfaat lain. Sayangnya kalo bikin yang ada temulawak, ntar jadi doyan makan, hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, padahal temulawak banyak juga manfaatnya ya

      Hapus
  7. Kebayang segernyaaa
    Hangat2 menemani santai
    Noted. Mbak
    Aku mau coba hehe

    BalasHapus
  8. Enaknya tinggal di Indonesia. Minuman kayak gini justru mahal di luar negeri. Kita mah tinggal beli bahannya murah di pasar tradisional, ramu sendiri di dapur sendiri. Hehehe. Trims resepnya mba.

    BalasHapus
  9. Minum wedang rempah gini tuh enak banget, apalagi diminum pas cuaca lagi dingin. Enaaak.. ke badan juga jadi segar dan sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. He em, jadi terasa hangatnya. Apalagi pas mau minumnya kadang suka daku deketin ke lampu, cuma demen lihat keluar kepulan panasnya aja haha

      Hapus
    2. iyes, bikin hangat dan sehat

      Hapus
  10. Wah tiap hari saya minum kopi pake rebusan jahe, gula merah dan cengkeh
    Alhamdulilah jarang sakit pilek batuk dll
    Padahal dulu ngga bisa minum ice cream, langsung batuk deh

    BalasHapus
  11. Saat hujan selalu seperti di tempat kami sekarang minum wedang pasti cocok. Hangat di badan nyaman segar menghangatkan. Apalagi pandemi coronaw, minuman tradisional begini banyak dicari orang ya

    BalasHapus
  12. Daku seringnya minum wedang jahe, itu pun beli jadi, enggak bikin sendiri :)
    Jadi pengen bikin wedang rempah gula merah ini, apalagi bahan-bahannya sudah ada di rumah.
    Makasih tipsnya.

    BalasHapus
  13. Rempah-rempah ini memang punya banyak manfaat ya Mbak apalagi dijadikan minuman gitu. Eh tapi saya belum pernah sih nyoba wedang rempah yang dicampurkan kunyit biasa cuma minun wedang jahe campur gula merah aja

    BalasHapus
  14. Aku paling demen nih minuman rempah, padahal dulu gak suka banget sama baunya tapi sekarang malah nagih semenjak bikin sendiri dan ternyata seenak itu ya wedang rempah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau di lokasi yang dingin seperti di kampung saya yang daerah kebun teh. Minum wedang cocok sekali dan terasa nikmatnya

      Hapus
    2. iya enak ya, karena bisa menghangatkan badan

      Hapus
  15. Kebayang segar banget minuman rempah gula merch khas Indonesia . Hangat di badan dan sehat. Stamina juga terjaga.

    BalasHapus
  16. kalau untuk jerawat serainya diapain yaa apa diminum juga, atau dimemarkan ditaruk dijerawat

    BalasHapus
  17. Waah beneran banyak manfaatnya ya rempah-rempah Aku baru baru ini aja rajin minum rempah-rempah hehe beneran enakeun menurutku.

    BalasHapus
  18. Biasa'y saya kalau minum begini2an beli yg udah dalam bentuk kemasan tinggal seduh, pdhal bahan2'y dan cara membuat'y gampil banget. Haha..

    BalasHapus
  19. Makasih mbak resepnya.
    Rempah2 atau empon2 lagi heits skrng2 apalagi masa pandemi ini ya mbak. Soalnya dibutuhkan utk membantu meningkatkan imunitas jg.

    BalasHapus
  20. Aku baru seneng wedhang tuh sejak uda ada anak-anak aja, Dee..
    Sebelumnya wegaah...ada rasa yang aneh kalau masuk mulutnya.
    Makin ke sini, aku makin seneng. Apakah ini pertandaaa...??
    ((hihi...))

    BalasHapus
  21. aku sedari kecil udah diajarkan untuk doyan minum-minuman yang kaya akan kandungan rempah-rempah kayak gitu kak. Dan alhamdulillah ya negeri kita ini kaya akan rempah

    BalasHapus
  22. Bahan-bahan sederhana yang bisa di dapat di pasar, tapi khasiatnya luar biasa banyak ya mbak. Jadi mau coba resepnya deh kapan-kapan

    BalasHapus
  23. wedang rempah enak banget, berasa anget di badan ya Di. aku biasanya serai, kunyit, jeruk nipis sama madu, nyontek resepnya JSR hehehe.. di tenggorokan enak, anakku ternyata juga suka :))

    BalasHapus
  24. Wiwin | pratiwanggini.net20 April 2020 21.56

    Saya suka minum wedang rempah, tetapi belum rutin setiap hari. Biasanya sih kalo cuaca dingin atau badan sedang membutuhkan asupan yang panas-panas segar.

    BalasHapus
  25. Wah dapat resep baru nih. Wedang rempah yang komplit banget. Aku mau coba. Biasanya cuma bikin bandrek gitu. Gula merah, jahe dan kasih susu juga. Kesukaan ��

    BalasHapus
  26. bikinnya gampang banget ya, mbak. aku penasaran nih sama rasanya. dulu pas habis melahirkan pernah dikasih air serai sama ibuku dan aku kurang suka. heu

    BalasHapus
  27. Wah aku punya semua bahan nya nih. Kecuali serai. Mau coba bikin ah cari serai nya dulu kalau gitu. Pas buat hujan dan pandemi corona

    BalasHapus
  28. Saya juga kemarin membuat minuman rempah ini Mbak. Kunyit, serai dan asam jawa ditambah gula merah. Rasanya memang enak. Selain cara bikinnya mudah, murah, juga menyehatkan ya.

    BalasHapus
  29. Saya ngacung nih penggemar wedang rempah banget. Seger enak nikmat, suka banget sama minuman sehat satu ini, bikin badan hangat dan sehat.

    BalasHapus
  30. Wedang rempah ini andalanku Mba kalau sedang masuk angin. Jadi bisa keluar semua anginnya lewat sendawa, ke badan juga lebih hangat dan bikin cepat pulih lagi.

    BalasHapus
  31. Mamaku dirumah sering buat wedang rempah begini kak dan aku happy kalo kerumah mama sering dibuatin

    BalasHapus
  32. Jadi keunggulan kita yang tinggal di Indonesia ketika wabah begini masih punya privilage untuk minum rempah-rempahan penjaga imun ini. Udah terbukti banyak khasiatnya..

    BalasHapus
  33. Gampang juga buatnya. Beruntung kita tinggal di Indonesia yang kaya rempah. Saya baru baca ternyata konsumsi rempah saat puasa buat kita lebih haus, bingung juga bagaimana mengatasi ini karena suka sekalian kan makan rempah untuk tangkal Corona

    BalasHapus
  34. enak banget ini wedang rempah, andalanku juga untuk menjaga imunitas diri dan anak serta keluarga di rumah

    BalasHapus
  35. Wadang alias jamunyang rasanya manis dan enak. Ini minuman Indonesia banget yang kaya manfaat. Menyehatkan pula, bikinnya mudah, praktis dan murah meriah.

    BalasHapus
  36. Apakah minuman ini rasanya sama dengan jamu pemanis yang kita minum setelah minum jamu gendong? Kalau iya, wah berarti mudah ya bikinnya. Bisa bikin sendiri dong ya.

    BalasHapus
  37. Betul kata dr. Zaidul Akbar, salah satu kunci utama kesehatan adalah rimpang dan rempah, dan Indonesia kaya akan itu. Ga ada alasan untuk ga sehat 👍

    BalasHapus
  38. Indonesia kaya akan rempah yanh bermanfaat. Wedang rempahnya pasti enak banget nih, bisa ngangetin badan karena ada jahenya. Kapan-kapan aku pengen nyoba bikin juga ah, makasih sharing resepnya mbak.

    BalasHapus
  39. Pengen bikin wedang ini, Bahan2nya sudah ada tinggal bikin, tapi blm sempat bikinnya. Apalagi kalo si anak bayi rewel. ��

    BalasHapus
  40. segala bentuk wedang2an sy suka bht. thanks buat infonya mba

    BalasHapus
  41. Bapak saya lagi keranjingan bikin wedang, alhamdulillah enak dan bikin kita sekeluarga tambah fit. Terutama saat menjalani ibadah puasa kali inj

    BalasHapus
  42. Wedang yg ada jahenya pasti enak deh aku suka bgt nih minum tp yg instan, hehehe maunya yg praktis, pdhl ada pengawet yaa, hehehe

    BalasHapus