Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tujuh Menu Sahur Praktis yang Harus di Coba


menu sahur praktis



Tujuh Menu Sahur Praktis yang Harus di Coba - Puasa Ramadan tidak bisa dilepaskan dari sahur. Makan sahur menjadi pembuka dalam memulai ibadah puasa di bulan Ramadan. Terbatasnya waktu menjadikan menu sahur haruslah praktis, tidak memakan banyak waktu untuk mempersiapkannya. Seperti tujuh menu sahur praktis ini. 


Keutamaan Makan Sahur



Selama ini yang kita tahu, makan sahur yang dilakukan saat dini hari itu bertujuan agar kita bisa kuat menjalankan ibadah puasa seharian. Tetapi ternyata lebih dari itu lho. Makan sahur punya banyak keutamaan yang sayang bila ditinggalkan. 


Beberapa keutamaan makan sahur antara lain : 


1. Bukti Ketaatan



Menurut Rasulullah, sahur merupakan wujud ketaatan kita kepada Allah. Hal ini bahkan tertuang dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayah 187 yang memiliki arti: “Makanlah dan minumlah kalian sampai tampak jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.”


Meskipun sahur bukanlah sebuah ibadah, namun dengan makan sahur kita sudah menunjukkan ketaatan kita kepada Allah. 


2. Amunisi Kuat Berpuasa Seharian



Selama berpuasa, kita tidak makan dan minum selama 14 jam. Tentu sebelumnya kita perlu menyiapkan amunisi. Sahur menjadi bekal bagi kita untuk agar kuat berpuasa seharian. Terutama jika kita makan sahur dengan makanan yang tinggi protein.


3. Pembeda dengan Umat Lainnya



Rasulullah pernah bersabda, “Pembeda antara puasa kita (orang muslim) dengan puasanya Ahli Kitab (umat beragama lain) ialah makan sahur.” Hadist ini diriwayatkan oleh Muslim.

Bila sebelum puasa kita melakukan makan sahur, maka jelaslah perbedaan puasa kita dengan umat lainnya. Sahur tak sekadar makan dan minum saja.

Menu Sahur Praktis



Setelah tahu keutamaan makan sahur, tentu kita akan semakin semangat melakukan makan sahur. Jangan khawatir repot menyiapkan makan sahur, ada tujuh menu sahur praktis yang bisa dicoba di rumah.


1. Tumis Pelangi

menu sahur praktis



Tumis pelangi ini sangat cocok untuk hidangan sahur. Bahan-bahannya cukup simple. Hanya sosis, baby corn, wortel dan jagung. Iris semua bahan, lalu tumis. Sebelumnya pastikan sudah menumis duo bawang terlebih dahulu ya. Masak ini cuma 15 menit saja lho.


2. Oseng Cumi Hitam



Cumi ini makanan yang kaya protein. Sangat cocok untuk makan sahur. Agar bisa kuat puasa seharian. Bumbunya hanya duo bawang dan cabe. Haluskan semuanya. Lalu tumis sampai harum. Tambahkan juga daun jeruk dan daun salam. 


menu sahur praktis



Lalu masukkan cumi yang sudah dipotong cincin. Tambahkan gula dan garam. Masak 5 menit. Oseng cumi hitam siap disantap.


3. Tempe Cabai Garam



Tempe adalah makanan favorit buat banyak orang. Gizinya juga tak kalah dengan protein hewani lho. Kacang kedelai yang terkandung dalam tempe, adalah protein nabati yang bergizi tinggi.


menu sahur praktis



Bila bosan dengan olahan tempe yang itu-itu saja, resep ini bisa dicoba. Caranya mudah kok. Pertama-tama, potong dadu tempe. Kemudian goreng tempe menggunakan tepung bumbu. 


Tumis cabe, daun bawang dan garam. Tumis sampai harum. Lalu tuang diatas tempe yang sudah digoreng. Agar lebih gurih, taburkan bawang putih goreng juga.

4. Mie Goreng Telur


menu sahur praktis




Bosan dengan nasi? Mie telur bisa jadi menu andalan saat makan sahur. Masak mie telur, kemudian goreng bersama bumbu-bumbu lainnya. Jangan lupa tambahan telur, agar lebih berprotein.


5. Tumis Jagung



Tumis jagung ini jadi andalan sahur saya saat masih jadi anak kos. Mengandalkan jagung pipil dan tuna dalam kaleng, masakan ini bosa tersaji dalam waktu 10 menit saja. 


menu sahur praktis



Setelah menumis duo bawang, masukkan tuna. Tunggu hingga berubah warna. Lalu masukkan jagung. Tambahkan sedikit air. Masak sampai air menyusut. 


6. Oseng Kulit Ayam Mercon



menu sahur praktis



Buat penggemar masakan pedas, menu ini bisa dicoba. Kulit ayam dipotong-potong. Ditumis dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan (duo bawang dan cabe). Tapi ingat ya, jangan terlalu pedas. Makan pedas saat sahur tidak dianjurkan.


7. Dimsum


menu sahur praktis




Nah menu terakhir ini yang paling praktis. Cukup kukus dan goreng saja. Aneka dimsum bisa dijadikan menu alternatif bila sedang bosan makan nasi. Tak perlu nasi, makan seporsi dimsum dan susu cokelat hangat sudah bisa membantu kita kuat menjalani puasa seharian.


Bagaimana? Mana yang akan kamu coba? Atau kamu punya menu andalan buat makan sahur? Share yuk :)

2 komentar

  1. Paling suka cumi-cumi. Sayangnya saya ga bisa sering-sering beli cumi di sini, mahal bangettt dan dapetnya dikit 😔
    Kalo ntar beli harus coba resepnya mbak dee nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iyakah mbak, didsini 40 ribu sekilo

      Hapus