Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Hikmah Ramadan di Tengah Corona

Ramadan





Ramadan di Tengah Corona - Tahun ini, ibadah puasa Ramadan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ramadan kali ini ujiannya bertambah. Tak hanya menjaga hawa nafsu saja, tetapi juga harus berperang melawan Corona Covid 19.


Sejak tiga bulan terakhir, Corona Covid 19 telah menjadi pandemi di Indonesia. Hampir semua kota di Indonesia terpapapar Corona Covid 19. Ini membuat kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diberlakukan.


Ramadan di tengah pandemi ini tentu membawa perubahan tersendiri. Tidak ada acara ngabuburit bareng, buka bersama pun tak ada. Masjid-masjid juga sepi. Tak ada acara tadarusan di masjid. Tidak ada shalat tarawih berjamaah di masjid. Bahkan yang paling sedih, tak bisa itikaf di dalam masjid 😥😥😥


Meski banyak perubahan, bukan berarti Ramadan kali ini tak disambut dengan meriah. Ramadan kali ini memang tidak mudah, tapi bukan berarti tak ada berkah.


Setidaknya ada banyak hikmah yang bisa dipetik dari Ramadan di tengah Corona.


1. Momen Bersyukur



Hikmah pertama adalah Ramadan menjadi momen terbaik untuk bersyukur. Ramadan bulan yang mulia. Banyak keistimewaan di dalamnya. Pahala Ramadan tetap melimpah, meski di tengah Corona. Jadi kita tetap wajib bersyukur, karena masih dipertemukan dengan bulan mulia ini.


2. Belajar Hidup Sederhana



Biasanya Ramadan identik dengan kalap belanja ini itu. Mulai dari aneka takjil, kue-kue lebaran atau baju baru. Tapi Ramadan kali ini membuat kita harus belajar sederhana.


Disaat banyak orang kehilangan mata pencahariannya, maka ada baiknya kita belajar hidup sederhana. Hidup apa adanya. Membeli yang memang kita butuhkan. Tak ada lagi cerita kalap belanja saat Ramadan.


3. Semangat Berbagi



Pandemi Corona Covid 19 ini membuat banyak orang terdampak. Banyak yang pendapatannya berkurang. Bahkan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dimana-mana. 


Ramadan kali ini bisa membuat kita semakin semangat berbagi. Menyisihkan sebagian rezeki yang kita miliki. Membantu orang-orang yang membutuhkan. 


4. Meningkatkan Bonding



Ketika semuanya harus dilakukan di rumah, maka bonding diantara anggota keluarga. Semuanya dilakukan bersama keluarga. Tak hanya bisa makan sahur dan buka bareng keluarga, Ramadan kali ini juga membuat kita bisa shalat tarawih bersama keluarga.


5. Hari-Hari Penuh Harapan



Salah satu keistimewaan bulan Ramadan adalah menjadi hari dimana doa-doa lebih dikabulkan. Terutama di waktu-waktu khusus, seperti di sepertiga malam.


Maka jadikan Ramadan menjadi hari-hari penuh harapan. Perbanyak doa-doa baik. Berdoa semoga pandemi Corona Covid 19 ini segera berakhir. Agar kehidupan bisa berjalan normal kembali.


Amin...



Tidak ada komentar

Posting Komentar