Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

6 Drama Korea Medis yang Wajib Ditonton!




6 Drama Korea Medis yang Wajib Ditonton!- Salah satu genre favorit pecinta drama Korea adalah drama bertema medis. Drama Korea medis selain menghibur, juga sarat pesan moral, sekaligus menambah wawasan seputar medis.


Drama Korea medis tak hanya mengangkat kisah perjuangan dokter dalam menjalankan pekerjaannya, tetapi juga dibumbui kisah cinta yang membuat penonton semakin betah. Drama bergenre medis tak hanya bercerita tentang medis, tetapi banyak kisah menarik lainnya. Mulai dari kisah cinta, persahabatan, keluarga hingga politik.


Nah apa saja sih drama Korea medis yang layak ditonton? Baca sampai habis ya...




drama Korea medis




1. Doctor Stranger (2014)


Doctor Stranger adalah drama Korea medis yang pertama kali saya tonton. Drama yang dibintangi oleh Lee Jong Suk ini tak hanya bercerita tentang kehidupan seorang dokter dalam menjalani pekerjaannya. Tetapi juga mengangkat kisah konflik politik antara Korea Utara dan Korea Selatan.


drama Korea medis



Doctor Stranger adalah drama Korea medis yang bercerita tentang Park Hoon (Lee Jong Suk) yang saat kecil diculik oleh Korea Utara bersama ayahnya. Park berhasil menjadi dokter hebat seperti ayahnya, dan akhirnya bisa kembali ke Korea Selatan.


Meski sukses menjadi dokter, kisah cinta Park sangat penuh perjuangan. Kisah cinta ini juga melibatkan konflik politik antara Korea Utara dan Korea Selatan.


2. Descendanst Of The Sun (2016)



Decendants Of The Sun (DOTS) adalah drama Korea medis yang sangat populer di tahun 2016. Drama ini dibintangi oleh Song Joong Ki dan Song Hye Kyo ini bercerita tentang kisah cinta antara dokter dan tentara saat di medan perang.


drama Korea medis



DOTS tak hanya drama Korea yang mengangkat kisah medis, tetapi juga ada tema militer didalamnya. Drama ini menceritakan kisah cinta antara Yoo Shi Jin (Song Joong Ki) yang bertugas dalam pasukan perdamaian PBB dengan Kang Mo Yun (Song Hye Kyo) yang merupakan dokter relawan di lembaga Doctors Without Borders.


Kisah cinta dalam drama ini berhasil membuat kedua pemeran utama menikah di kehidupan nyatanya. Song-Song couple begitu ikonik bagi semua penggemarnya. Meski tak bertahan lama.. Ahh syedihh....


3. Doctor Crush


Menonton drama Korea bertema medis selalu membuat saya ketagihan. Maklum, genre ini menjadi salah satu genre favorit pilihan saya. Drama Korea medis ketiga yang wajib ditonton adalah Doctor Crush.


drama Korea medis



Doctor Crush adalah drama bertema medis yang sarat nilai parenting. Bagaimana keluarga sangat berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian anak. Drama ini menceritakan bagaimana  Yoo Hye-jung yang diperankan oleh Park Shin-hye menjalani kehidupan yang sulit sejak kecil. Keluarga broken home membuat Yoo Hge-jung tumbuh menjadi anak yang penuh masalah.


Kehidupannya berubah saat dia diasuh oleh neneknya. Cinta neneknya membuat dia kembali rajin belajar dan berhasil menjadi seorang dokter yang hebat. Disini dia akhirnya jatuh cinta pada guru SMA nya Hoog Ji-hong yang ternyata juga seorang dokter.


4. Hospital Ship (2017)


drama Korea medis



Hospital Ship adalah drama Korea medis dengan setting yang berbeda. Dalam drama ini hiruk pikuk kesibukan dokter dilakukan di sebuah kapal! Drama Korea medis ini dibintangi oleh Ha Ji- won, Kang Min-hyuk serta Lee Han-wi.


Hospital Ship menceritakan kisah sejumlah dokter muda yang bekerja di sebuah kapal. Kapal ini akan memutari pulau-pulau terpencil untuk memberikan pelayanan kesehatan pada penduduk setempat.


5. Doctor John



Ahhh drama ini mampu membuat saya jatuh cinta lagi sama drama Korea. Ya saya yang sudah sembuh dari ketergantungan terhadap drama Korea, eh kambuh lagi gara-gara lihat aktinya Ji sung yang keren banget dalam drama ini.


drama Korea medis



Doctor John menjadi drama Korea terbaik di Korea pada bulan Juli 2019. Ji sung berperan sebagai Cha Yo-han seorang profesor anestesiologi dan manajemen nyeri termuda di sebuah rumah sakit terkenal di Korea. Kecerdasan dan keahliannya mengobati pasien membuat dia menjadi seorang yang arogan.


Namun dibalik sifatnya yang arogan, Cha Yo-han memiliki kisah yang menyedihkan. Cha Yo-han menderita penyakit langka yang sulit disembuhkan.


Dalam drama ini juga ada kisah cinta Cha Yo-han dengan Kang Shi-young yang diperankan oleh Lee Se-young. Kisah cinta mereka cukup menguras air mata. Meski akhirnya bisa berakhir bahagia.


6. Hospital Playlist (2020)



Hospital Playlist menjadi drama Korea medis yang baru selesai saya tonton. Drama ini berakhir pada bulan Mei lalu dan berhasil mencetak rating tertinggi di episode terakhirnya.



drama Korea medis


Hospital Playlist bercerita tentang persahabatan lima orang dokter selama dua puluh tahun. Kelimanya bersahabat sejak masih menjadi mahasiswa kedokteran dan berlanjut hingga bekerja dalam rumah sakit yang sama.


Hospital Playlist lebih banyak menceritakan kisah persahabatan dibandingkan masalah medis dan rumah sakit. Kisah yang diangkat cukup unik. Dokter yang selama ini dicitrakan selalu serius dan sibuk ternyata punya hobi main band di setiap pekannya. Ini yang membuat drama ini kaya akan soundtrack yang enak didengar.


Nah itu adalah enam drama Korea medis yang wajib ditonton. Ceritanya sangat menarik sekaligus menghibur. Tak hanya menambah wawasan seputar dunia medis, tapi juga memetik banyak hikmah dari setiap kisah yang diceritakan.


Jadi mana drama Korea bertema medis favoritmu? Share yukk..


19 komentar

  1. Nonton Dr. Strange karena mau liat akting'y Bora Sistar, Dots sih udah pasti gara2 semua pemain'y apik, Dr. John bikin terkesimaaa banget sama profesi dokter. Hahaha..

    Hospital ship n playlist kayak'y bagus ya, masuk to do list nonton deh. Kalo hospital crush berhubung pemain'y Park Shin Hye saya kurang demen jadi skip 😁

    BalasHapus
  2. Hosipital ship doang yang belum nonton. Masih berada di warung list hehehe

    BalasHapus
  3. Eh, jadi inget Good Doctor, Moon Chae Woon sama Joo Woon.
    Ini drama remake yang bikin aku suka juga siih...walau kadang sering gak masuk akal, hehehe...
    Tapi dinikmati aja, kan seru yaa...liat darah muncrat-muncrat pas di ruang operasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Drama medis ini bikin kita banyak tahu bahwa di rumah sakit, ada banyak hal yang mengikuti.
      Dari mulai prosedur sampai endesbre endesbre nya...
      Jadi dokter seringkali ada di posisi yang serba salah juga yaa..

      Hapus
  4. Kalau saya sebetulnya kurang suka drama bertema medis. Gak hanya drakor, series dari negara manapun, kalau temanya medis jarang saya tonton. Ada sih satu serial barat tentang medis yang pernah saya suka banget. Tetapi, lupa namanya karena seriesnya udah selesai

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah nonton drakor dokter stranger kayaknya cuma drakor lee jong suk itu yang belum aku tonton. Padahal aku udah nonton drakornya yang lain hihihi. Ngomong-ngomong kisah cintanya mirip crash landing on you juga ya mba, ngebahas tentang korea utara dan selatan juga. Jadi penasaran aku.

    BalasHapus
  6. Aku baru nonton Descendant of The Sun dan Doctor Crush doang nih, dan masih gak move on dari Descendant of The Sun. Tapi sekarang lagi nonton Hospital Playlist dan LIFE filmnya si Lee Dong Wook, wakakakakaa...

    BalasHapus
  7. dari 6 baru nonton 1 doang DOTS. hahha. boleh nih rekonmendasinya buat wiken besok nonton korea semalam suntuk lagi selama liburan

    BalasHapus
  8. Hihihi, kalau saya udah lama banget ga nonton film korea walaupun dramanya bagus2 apalagi mengenai dunia yang saya sukai yaitu dunia medis. Tetap saya ga punya waktu untuk nonton drakor...terimakasih sinopsisnya ❤

    BalasHapus
  9. Entah kenapa gak begitu suka sama genre medis soalnya kayak auranya selalu gelap gitu. Terus fashion stylenya kurang bervariasi :D Tapi penasaran sama Hospital Playlist sih. Udah liat beberapa teasernya, kayaknya kok kocak-kocak seru.

    BalasHapus
  10. Dari 6 yang udah ditonton baru 2 yg 4 belum. Makin kepo ini wkkwkwkwk makasih mbak dian cuss nonton ah nanti

    BalasHapus
  11. Penasaran sama Doctor Crush mbak, sepertinya ceritanya ringan dan nyaman ditonton di masa pandemi ini. Dulu punya jadwal buat nonton Korea tapi sekarang rasanya sulit banget hehe

    BalasHapus
  12. Ada beberapa yang familiar daku dengar, walaupun sih belum pernah ditonton drakornya hehe

    BalasHapus
  13. udah nonton semuanya dan emang sebagus itu
    ga hanya ceritanya tp juga dapet ilmu2 medis hahaha

    BalasHapus
  14. Semuanya menarik dinonton yah, selain kisah drama yang seru, info menarik seputar medis sangat bermanfaat, kapan2 aq mw nton yang belum

    BalasHapus
  15. Nggak ada Good doctor yaa. Padahal itu bagus juga lhoo. Trus kalau menurutku descendant of the sun lebih ke drama tentang tentara. He

    BalasHapus
  16. Dari semuanya belum ada yang ditonton satupun. Hihi. Tertarik nontkn dokter john nih. Kayaknya seru.

    BalasHapus
  17. Masa pandemi di rumah aja semakin semangat saat nonton Drakor yang bertema rumah sakit dengan dokter yang cantik dan tampan ya :)

    BalasHapus