Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

The King Eternal Monarch : Kisah Cinta Dua Dunia yang Penuh Kontroversi


The King Eternal Monarch : Kisah Cinta Dua Dunia yang Penuh Kontroversi - Drama Korea terbaru The King Eternal Monarch, menjadi drama yang sangat ditunggu-tunggu oleh penggemar Lee Min Ho. Drama ini adalah drama comeback Lee Min Ho pasca wajib militernya. Saya pun tak ingin melewatkan drama ini. Bahkan The King Eternal Monarch lah yang membuat saya akhirnya rela langganan Netflik!


The King Eternal Monarch ini bercerita tentang adanya dunia pararel. Ada kerajaan Corea dan ada Republik Korea Selatan. Lalu ada kisah cinta dari dua dunia ini. Ada Lee Gon seorang raja dari kerajaan Corea dan Jung Tae-eul seorang letnan dari kepolisian republik Korea Selatan.



the king eternal monarch



Episode pertama The King Eternal Monarch dibuka oleh pemberontakan kepada seorang raja Corea oleh  Lee Lim diperankan oleh Lee Jung-jin. Tiba-tiba muncul Lee Gon (Lee Min Ho) kecil, sebuah seruling bambu kerajaan yang tadinya diambil oleh Lee Lim terpotong menjadi 2 dan secara tiba-tiba datang penolong misterius menyelamatkan Lee Gon kecil, Dalam kondisi kritis raja kecil menggapai ID card sang penolong yang ternyata seorang polisi bernama Jung Tae-eul.


Dua puluh lima tahun kemudian, Lee Gon tumbuh menjadi raja yang tampan dan gagah. Saat mengejar sosok berkostum kelinci, tak sengaja sang raja sampai di hutan bambu dan menemukan pintu gerbang dunia pararel. Disini menjadi awal Lee Gon bisa bertemu dengan Jung Tae-eul.




Awalnya saya agak bingung menyaksikan alur drama ini yang maju mundur. Tak hanya harus melihat waktu yang sering berganti maju mundur, tetapi juga dibuat bingung dengan setting cerita yang cepat berganti. Dari Kerajaan Corea ke Republik Korea Selatan. Meski begitu episode 1 hingga 9 masih enak di tonton. Apalagi ada kisah romansa antara Lee Gon dan Jung Tae-eul. Suka dengan karakter Lee Gon yang sangat percaya diri di depan Jung Tae-eul yang terkesan cuek.


the king eternal monarch




Episode 10 hingga 15 saya makin bingung dengan cerita The King Eternal Monarch. Ternyata saya nggak bingung sendirian, teman-teman pecinta drakor di grup Drakor dan Literasi pun banyak yang bingung dengan alur cerita drama ini. Bahkan para netizen juga bingung. Tak heran, di Korea drama ini juga mengalami penurunan ratting di setiap episodenya. Tapi saya tetap setia menonton. Ketampanan Lee Min Ho membuat saya tetap bertahan, meski harus selalu pening saat menonton drama ini. Hahaha.


Kontroversi The King Eternal Monarch



Menurut saya drama The King Eternal Monarch ini punya banyak kontroversi.


1. Lead female yang kurang pas

the king eternal monarch


Ya maaf, bukannya julid. Tapi sepertinya penampilan Kim Go Eun tidak cocok menjadi lawan main Lee Min Ho. Entah ya, saat episode pertama Lee Gon terlihat lebih cocok dengan PM Koo. Awalnya saya pikir PM Koo yang jadi lead femalenya.


2. Setting kurang sesuai



Saat melihat setting kerajaan Corea, saya merasa berada di Jepang. Ya, rasanya kok kerajaan Corea yang digambarkan lebih mirip kuil-kuil yang ada di Jepang.




3. Konflik Korea dan Jepang



Pada episode 6, The King Eternal Monarch menampilkan adegan konflik antara Jepang dan kerajaan Corea. Menurut saya adegan ini justru makin memanaskan hubungan Jepang dan Korea Selatan yang memang sudah memanas saat ini.


the king eternal monarch



Korea Selatan dan Jepang pada kenyataannya sedang melakukan perang dagang. Perang dagang ini juga berlatar belakang historis. Dimana saat Perang Dunia 2, Jepang berhasil menduduki Korea. Ini menjadi luka batin yang akhirnya memanas kembali di tahun 2019. Dimana keduanya sama-sama dikeluarkan, dari whitelist alias daftar mitra dagang favorit.


Dan ternyata memang episode ini banyak menimbulkan protes penonton di Korea Selatan.


4. Terlalu ngiklan



Saat nonton The King Eternal Monarch ini kok rasaya sama seperti nonton sinetron Indonesia yang didalamnya banyak sisipan iklan produk. Contohnya saat Jung Tae-ul memakai lip balm saat mengintai tersangka.

the king eternal monarch



Atau saat Lee Gon minum kopi dalam kemasan. Bahkan ada dialog yang sangat ngiklan "Rasanya enak, dan tidak pahit di akhir. Mereka menjual barang-barang ini di Korea?”


the king eternal monarch



Dan banyak lagi iklan-iklan lainnya. Mulai dari minuman Boba, Kimchi instan hingga masker kekinian. Iklan-iklan tersebut rasanya mengganggu jalan cerita.


5. Motif Lee Lim yang tidak jelas


the king eternal monarch



Diawal cerita Lee Lim punya motif yang jelas, merebut tahta kerajaan Corea dari adik tirinya. Tapi setelah bisa berpindah ke dunia pararel, motif kejahatannya jadi kurang jelas. Saya nggak ngerti kenapa dia harus bunuh banyak orang di Republik Korea. Terus kenapa menukar tempat orang-orang yang tidak berkaitan langsung, seperti Park Ji Young yang sedang hamil besar serta dari kalangan konglomerat ditukar posisinya ibu hamil di Republik Korea oleh Lee Lim.



the king eternal monarch


6. Merubah masa lalu, mengacaukan jalan cerita


the king eternal monarch



Ketika akhirnya Lee Gon berhasil kembali ke masa lalu dan membunuh Lee Lim, jalan cerita pun berubah. Mulai dari kemunculan Lee Ji Hun (Doppelganger Lee Gon di Republik Korea), Luna yang akhirnya jadi adik PM Koo dan Sekretaris istana yang diangkat jadi perdana menteri membuat saya makin pusing mengerti jalan cerita drama ini.




7. Ending yang dipaksakan



Semalam adalah episode final The King Eternal Monarch. Saya senang, drama yang memusingkan ini berakhir bahagia. Tapi kok rasanya happy endingnya terlalu dipaksakan ya. Usaha keras Lee Gon membuka semua gerbang semesta untuk menemukan Tae-ul berasa kurang cocok dengan ending seperti itu. Saya sih inginnya ada pernikahan diantara mereka berdua, bukannya hanya bepergian melintasi waktu bersama saja. Lee Gon dan Tae-ul melakukan time travel saat pergi berkencan. Ah, kurang greget!

the king eternal monarch



Harusnya The King Eternal Monarch lebih banyak menyuguhkan adegan romantis antara Lee Gon dan Tae-ul. Drama ini kan genrenya romantis meski fiksi jadi pusatnya. Ah tapi meski sering bikin pusing dan penuh kontroversi, drama ini cukup menghibur.



the king eternal monarch



The King Eternal Monarch cukup membuat hari Jum at dan Sabtu saya lebih berwarna. Ketampanan Lee Min Ho yang membuat saya tabah sampai akhir menyaksikan drama ini. Hehehe. Kalau ditanya berapa nilainya, mungkin drama ini nilainya 6/10. Kalau ditanya recomended apa nggak, ya lumayan recomended sih. Apalagi buat fans beratnya Lee Min Ho.


Jadi gimana? Sudah nonton The King Eternal Monarch?

18 komentar

  1. Belum nonton episode terakhir mbak. Nih, baru mau nyoba nonton hehehe

    BalasHapus
  2. Ikutan Di ngobrol aja deeh...
    Untuk ngikutin, kayaknya ini bukan genre yang aku mau untuk sekarang ini.
    Mungkin nantiiii...
    Someday~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempet ngincip episode 1 siih...tapi belum dapet feel nya Babang Mimin.
      Plus banyak yang bashing, hahaha... Jadilah makin patah arang.
      Tapi salut.
      Fans setia Babang Mimin mendukung selalu project beliau dan beberapa kontradiksinya dirangkum apik sama Di.

      Nuhun Di, insight nya.

      Hapus
  3. menurutku, episode terakhir bener-bener diluar dugaan :') tapi aku suka banget dengan keseluruhan cerita, sangat baru dan unik untuk sekelas drama korea!

    BalasHapus
  4. aq gak nonton the king eternal monarch ini, nggak terlalu suka sama yang mainnya dan lihat ceritanya juga yang kerjaaan gitu jadi kurang pengen nonton, ternyata memang kurang menarik yah dari segi ceritanya, sayang banget sih ini kan comeback-nya lee min ho di drakor thank yah mba sudah di review, jadi yakin gak nonton, hihihi

    BalasHapus
  5. Aku belum nonton mba..
    Mungkin kalo aku pusing sama jalan ceritanya aku bakal kuat wajah dia terus biar terbayar mba . Hihihi

    BalasHapus
  6. Wah cakep nih Mbak abis nonton dibikinin ulasan jadi hasil tontonannya ngga nguap gitu aja hehe. Aku pribadi belum tertarik nonton, hatiku masih terpaut d buku seutuhnya XD

    BalasHapus
  7. Kim Go Eun sama Gong Yoo dulu aja juga banyak yg cyberbullying ke IG ya Go Eun palagi sekarang sm Min Oppa ya Mbak Dee, berlipat gandalah saseng2 yg jealous hahaha (termasuk saya gak ya) ihiks

    BalasHapus
  8. belum nonton, dan baru tau ada rakor ini, saya biasanya kalau nonton drakor cari reviewnya dulu dr yang udah nonton. tapi sekarang makin ga sempat sejak ada bayi. makasih reviewnya ya mba, bookmark dulu deh. aih ada Lee Min Ho nyaa

    BalasHapus
  9. Jangan sampai review kali ini membuat aku jadi mulai tergoda buat nonton drakor. Wajah Lee Min Ho aja, aku baru tahu sekarang loh. Parah ya aku, nggak gaul banget sama drakor hehehe...

    BalasHapus
  10. Aku baru nonton dua episode dan nggak begitu suka sama ceritanya. Jadi nggak kulanjutkan lagi. Cuman suka nonton Lee Min Ho nya aja. Hihihi

    BalasHapus
  11. Serius ada "iklan" maskernya juga dalam cerita film yang ini?
    Duh sepertinya tahu kondisi memanfaatkan masyarakat yg sedang kena pandemi ya hehehe...
    Terima kasih review-nya Mbak
    Saya yg ga pernah nonton jadi tahu jalan ceritanya begitu

    BalasHapus
  12. Kalau menurut saya KGE aktingnya bagus banget, dan chemistry antara KGE sama LMH dapet banget, banyak yang bully KGE karena wajahnya otentik Korea asli dengan mata sipit, untuk motivasi Lee Lim kayaknya jelas deh dia memang penhen menguasai Manpaksijoek (seruling) yang bisa buka pintu pararel, dan ending kalau menurut saya malah kalau mereka nikah itu terlalu dipaksakan karena memang Tae Eul nggak bisa jadi ratu di Kerajaan Corea karena di sana ada Luna, dan ending cukup ok dengan Seun Jae jadi polisi di Kerajaan Corea bersama Luna, hehe mian ya kalau beberapa hal beda pendapat dan perspektif hehe

    BalasHapus
  13. Aku belum nonton film ini mba, aku biasanya akhiran aja. Nunggu review baru aku tonton kalau memang reviewnya bagus. Kaya kemaren drama the world of married akhirnya aku tonton setelah banyak review, terus sedikit meredam baru aku tonton.

    Tapi enggak tau kenapa emang drama ini dari awal aku enggak tertarik , lihat sequel film nya enggak bikin aku penasaran. Jadi bablas aja.. hehehe

    Apalagi baca banyak revienya juga kurang bagus. Aku agak aneh aja kenapa lee min hoo mau ya terima maksudnya dia juga pasti baca cript nya saat pengajuan naskah dan aktor. Apa dia gak ngerasa ada yg aneh di jalan ceritanya gitu.

    BalasHapus
  14. Jadi ini nyampur sama cerita fantasi ya mbak? Kalu fans Lee min Ho pasti ga ada yang ga bagus ya :D

    BalasHapus
  15. Belum nonton nih film ini, kayaknya menarik yaaa tentang kisah cinta dua dunia. Mau ah nonton nanti pas lagi ada waktu senggang

    BalasHapus
  16. Sejujurnya yang bikin aku nonton drakor ini sih karena lee min ho, sayang endingnya nggak jelas dan bikin kecewa

    BalasHapus
  17. Teman2 yg galau mau nonton apa enggak, please nonton pleaseeee.. Aku jg kelamaan mikir, baru bgt nonton dan bagus bangetttt!! Buat yg udah biasa liat film bule agak mikir ini mah beneran nggak bikin pusing.

    Konfliknya pas, romancenya pas, temenku bilang ah kebanyakan dramanya, kebanyakan bucinnya.. Helloww ini kdrama, ya pastilah banyak comedy romantis & dramanya. Itu sj buat pecinta drama sejati udah berasa mikir.

    Kim go eun my loveee.. Dr jaman cheese in the trap aku udah suka bgt sama dia. Saat itu tmn2ku jg bnyk yg nggak nonton krn pemainnya jelek, malah ada yg bilang kok dia bisa jd arits sih? . Tp pas aku liat, OMG actingnya bener2 bagus. I know klo someday dia bakal makin bersinar. Terbukti dia jd pemeran utama goblin bareng gong yoo terus skrg ini bersanding sama lee min ho. Makin suka lagi ketika dia dibully jelek, disuruh operasi dll, tp dia ttp cool dan gak nurutin standar kecantikan korea jaman now. Bahkan berani posting wajah polos.

    Kalau lee min ho udah gak usah diragukan lah yaaaa.. Mulai dr cara dia senyum, menatap, kikuk, dll semuanya bikin baper dan meleleh!

    Sekedar tips aja, sebaiknya pas nonton drama ini jgn rehat ditengah2 terlalu lama. Kebanyakan yg nonton ongoing kmrn memang akhirnya lupa dgn kisah dan tokohnya, jd pas nonton eps berikutnya sdh kurang nyambung. Tips kedua keep your expectations low ya guys. Bagus di aku blm tentu bagus di kamu. I wish u can feel what i feel too. Muuaaahhh

    BalasHapus