Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Kenali Gejala Tipes Sebelum Terlambat

 

Gejala Tipes
Saya Ketika Rawat Inap Karena Tipes | dokpri



Kenali Gejala Tipes Sebelum Terlambat - Saya masih ingat, saat itu si bungsu baru usia beberapa bulan. Tapi saya terpaksa harus meninggalkannya di rumah. Saya harus rawat inap karena terkena penyakit tipes. Ah iya, rasanya saya kok akrab banget sama penyakit ini. Terhitung sudah dua kali saya harus rawat inap gara-gara penyakit tipes ini. Kalau saja saya mengenali tanda-tanda gejalanya lebih awal, mungkin saya bisa sembuh tanpa harus rawat inap. 


Penyakit Tipes


Demam tifoid atau yang lebih dikenal dengan penyakit tipes adalah salah satu penyakit yang banyak diderita orang. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhy.


Bakteri Salmonella typhy ini biasanya masum kedalam tubuh melalui makanan atau minuman yang dikonsumsi. Makanan dan minuman yang tidak higenis bisa menjadi perantara masuknya bakteri ini ke dalam tubuh.


Penyakit tipes umumnya dialami oleh negara-negara berkembang, misalnya Indonesia, India dan Afrika. Anak-anak banyak yang terkena penyakit tipes.


Sebenarnya saat menunjukkan gejala yang ringan, penyakit tipes mudah disembuhkan meskipun tanpa harus rawat inap di rumah sakit. Sebaliknya, bila tidak segera ditangani penyakit ini bisa menjadi berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian.


Gejala Tipes


Berikut adalah gejala-gejala tipes yang perlu diwaspadai.


1. Demam 

Gejala tipes pertama yang dirasakan biasanya adalah demam. Orang yang sakit tipes terkena demam yang cukup tinggi. Demam ini timbul karena adanya proses peradangan dalam tubuh. Ini karena sistem imun sedang bekerja melawan infeksi Salmonella Thyphy.

Biasanya demam yang di derita tidak langsung tinggi. Tetapi mengalami kenaikan secara bertahap. Mulai dari 35 hingga 40 derajat celcius.


2. Banyak Berkeringat

Gejala tipes lainnya adalah banyak berkeringat. Kenaikan panas tubuh setiap hari, membuat tubuh mengalami perubahan suhu yang menimbulkan keringat. 

Saat terkena gejala tipes, kamu akan mudah berkeringat. Walaupun sebenarnya kamu tidak banyak melakukan aktivitas bergerak.


3. Ganguan Pencernan

Penyekit tipes ini adalah infeksi yang menyerang bagian pencernaan, khusunya usus. Ini membuat kamu akan mengalami gangguan pencernaan. 

Kamu jadi mengalami diare atau sembelit. Ini karena proses penyerapan air dibusus yang ikut terganggu.


4. Sakit Perut 

Saat infeksi bakteri Salmonella Thyphy menyerang saluran pencernaan, tenru saja perut akan terasa sakit. Ini adalah reaksi dari otot usus untuk segera mengeluarkan feses. 


5. Tak Nafsu Makan 

Kamu akan kehilangan nafsu makan saat terkena penyakit tipes. Ini wajar. Ini adalah respons tubuh saat sistem imun melawan bakteri Salmonella Thyphy. Selain itu, karena diare saat gejala tipes bisa membuat kamu tak nafsu makan.


6. Sakit Kepala


Kamu juga akan terkena sakit kepala saat mengalami gejala tipes. Sakit kepala ini biasnya timbul disaat sedang demam tinggi.



Bila kamu sedang mengalami gejala-gejala tersebut segeralah berkonsultasi dengan dokter. Bila diketahui dengan cepat, maka penyakit tipes ini bisa segera disembuhkan. 

Tak perlu bingung untuk bertemu dokter. Kamu bisa download aplikasi Halodoc. Aplikasi Halodoc ini bisa membuat kamu berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Chat dan Voice/Video Call. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter tanpa harus keluar rumah. 

Aplikasi Halodoc bisa kamu download di Google Play dan App Store. Bila kamu atau kerabat kamu merasa mengalami tanda-tanda gejala tipes, tapi takut pergi ke rumah sakit karena pandemi Corona COVID-19, hububgi saja dokter yang ada di aplikasi Halodoc ya..









26 komentar

  1. Ini kapan Mbak dirawatnya? Biasanya kalau yang punya typhes perlu bedrest juga. Selain periksa ke dokter perlu pemeriksaan Laboratorium buat memastikan diagnosisnya

    BalasHapus
  2. Typhes memang harus dikenali gejalanya, karena sebelum pemerikassan dokter alangkah baiknya pemeriksaan laboratoriun terlebih dahulu agar lebih dapat memastikan diagnosisnya

    BalasHapus
  3. Tiap orang kudu peka dgn dirinya masing² ya Mba.

    Kalo badan udah mengirimkan "sinyal" berarti ada sesuatu yg kudu dibenahi

    BalasHapus
  4. Saya juga pernah kena tipes. Inget banget itu habis beli es krim yang tukang jualannya nangkring di atas selokan. Kayaknya dr makanan juga bisa, harus hati2 memilih makanan yang hiegenis

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, makanan nggk higenis bikin sakit y

      Hapus
  5. Gejala tipus ini mirip-mirip dengan DBD.
    Jadi kalau dirawat, bener-bener harus ke rumah sakit yang diagnosisnya teliti.
    Huhuu~
    Sedih pasti yaa...punya anak kecil dan mama harus bedrest di rumah sakit.

    BalasHapus
  6. Andai Halodoc udah ada sejak dulu ya?
    Anak anak saya pernah kena typhus dan saya bingung banget
    Akhirnya satu anak masuk RS deh 😢😢

    BalasHapus
  7. Iya akupun pernah kak srminnu waktu itu kena types kata dokter iya Namanya Demam tifoid salah satu penyakit yang banyak diderita orang yg disebabkan oleh infeksi bakteri

    BalasHapus
  8. Demam tifoid ini penyakit yang lumayan banyak diderita orang Indonesia ya, Mbak. Mulai dari anak-anak sampai dewasa bisa kena. Untung sekarang ada HaloDoc yang bisa bantu kita cari diagnosa dini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mbak, iya Halodoc sangat membantu

      Hapus
  9. Typhus/tipes memang banyak banget sumber penyebabnya. Mulai dari makanan, kelelahan fisik, dan pikiran/psikis. Semua harus kita waspadai

    BalasHapus
  10. Tipes di sekitar saya biasanya terjadi karena kelelahan bekerja ditambah pola makan. Untuk anak2 muda memang gak dirasain kalo sedang banyak deadline jadinya drop deh. Makasih udah sharing kak. Catatan untuk diriku sangat inj

    BalasHapus
  11. Salah satu ciri sakit tipes yang gampang dikenali itu demamnya dari sore ke malem mba, klo pagi siang normal...
    Awal nikah Masku sempet demam menjelang malam beberapa hari. Pas dicek widal ternyata positif. Untung aja ga sampe rawat inap.

    Jaga kesehatan ya mba, apa lagi pandemi gini...

    BalasHapus
  12. Sepupuku nih yang sering terkena tipes. Katanya juga nggak boleh terlalu capek dan kurangi makan buah. Dan sekarang udah gampang kalau ada pertanyaan perkara penyakit. Tanya aja di halodoc.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, semua informasi seputar kessehatan bisa kita dapatkan di Halodoc

      Hapus
  13. menjadi catatan, sekali saya pernah mau masuk rumah sakit ga ada yang nungguin, akhirnya sekuat tenang berjuang sembuh dari kamar rumah.
    Ciri atau gejalannya memang seperti itu, dan benar kalau sudah merasakan itu, saya control aktivitas dan gizi saya perhatikan dan istirahat

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya ya, pasti nggak enak banget ya itu

      Hapus