Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Review Buku : Smart Mommy’s Guide to Breastfeeding

 

buku menyusui


Kehadiran bayi mungil dalam kehidupan seorang ibu adalah anugerah yang tak ternilai harganya. Buah hati menjadi kado terindah bagi setiap ibu, karenanya setiap ibu akan berusaha memberikan yang terbaik bagi anaknya. ASI (Air Susu Ibu) adalah hadiah terbaik yang bisa ibu berikan bagi anaknya.

Menyusui menjadi kodrat bagi setiap perempuan. Meski bersifat alamiah, dalam prakteknya proses menyusui tidak semudah jalan tol. Beberapa ibu mengalami kesulitan saat menyusui bayinya. Oleh karena itu, penting bagi setiap ibu untuk mencari tahu semua informasi yang relevan seputar menyusui, tentu sangatlah penting. Informasi inilah yang nanti bisa membantu ibu bila nantinya mengalami hambatan saat proses menyusui.

Dan Andini Pramono dengan lugas menjelaskan langkah-langkah seputar menyusui dalam bukunya, Smart Mommy’s Guide to Breastfeeding. Sesuai dengan judulnya, buku ini bisa menjadi panduan lengkap bagi seorang ibu untuk menyusui bayinya. Setiap tahapan dijelaskan secara berdasarkan riset ilmiah namun tetap ringan dibaca. Pengalaman sebagai seorang konselor menyusui bersertifikat internasioanl, membuat penulis bisa menceritakan tahapan-tahapan menyusui secara detail, dimulai ketika tahap kehamilan hingga proses menyapih bayi.

Setiap bab dijelaskan berdasarkan riset ilmiah dan dilengkapi dengan berbagai gambar pendukung yang membantu pembaca memahami isi buku. Misalnya gambar berbagai posisi menyusui akan membuat pembaca tak sekadar tahu, tapi juga bisa mempraktekkannya sebdiri.

Data Buku

Judul :

Smart Mommy’s Guide to Breastfeeding

Penulis :

Andini Pramono, S.KM, M.A.R.S, IBCLC

Editor :

Tim Stiletto Indie Book

Desainer :

Tim Stiletto Indie Book

Penerbit :

Stiletto Indie Book

Jl. Anggrek no 58, Sambilegi Kidul, Maguwoharjo, Yogyakarta

Email : info@stilettobook.com

Web : www.stiletto.com

Cetakan 1, Desember 2018

ISBN : 978-602-336-843-3

 

Biodata Penulis


buku menyusui

Andini Yuliana Pramono, biasa dipanggil Andin. Andin adalah seorang istri dan ibu dari dua orang anak, Ayra (8 tahun) dan Axel (5 tahun). Andin bekerja sebagai staf konsultan manajemen rumah sakit sejak tahun2010 dan aktif sebagai pengurus AIMI (Asosiasi ibu Menyusui Indonesia) Cabang Jawa Timur sejak tahun 2012.

Andin lulus S1 Kesehatan Masyarakat dan S2 Minat Administrasi Rumah Sakit Universitas Airlangga. Menjadi konselor menyusui sejak tahun 2013 dan meraih gelar IBCLC (International Board Certified Lactation Consultant) pada tahun 2017. Sejak Maret 2018, Andin pindah ke Canberra Australia untuk melanjutkan pendidikan S3 di bidang breastfeeding policy in hospital di Australia National University dengan beasiswa dari pemerintah Indonesia. Saat ini terlibat dalam kegiatan volunteer bersama Australia Breastfeeding Association.

Baca Juga : Menyapih Tanpa Drama

Andin senang untuk berbagi ilmu dsn pengalaman seputar menyusui di blog dan sosial media pribadinya. Andin bisa dihubungi melalui email andiniyuliana@yahoo.co.id, blog : www.andintalks.com dan instagram : @andiniyuliana.

Blurlb

Yes, Breastfeeding is best!

Tapi tahukah moms, bahwa menyusui perlu dipelajari? Untuk berhasil menyusui perlu dukungan dari suami, keluarga, fasilitas dan tenaga kesehatan, lingkungan serta pemerintah? Bahwa banyak mitos yang salah beredar di masyarakat?

 

Dalam buku ini dijabarkan mengenai manfaat menyusui, posisi dan pelekatan yang sempurna, manajemen ASI Perah (termasuk penyimpanan dan penyajian), cara memilih rumah sakit yang mendukung menyusui hingga peraturan pemerintah yang mungkin belum pernah diketahui. Buku ini dilengkapi dengan checklist untuk memilih rumah sakit yang mendukung menyusui.

 

Ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, buku ini perlu dibaca oleh semua perempuan yang belum menikah, sedang menanti maupun sudah menimang buah hati, atau bahkahn “hanya” untuk menambah pengetahuan untuk disebarkan ke lingkungannya.

 

Because it takes a village to raise a child, and that’s including to breastfeed!

 

Tentang Buku Smart Mommy’s Guide to Breastfeeding

buku menyusui

Saat membaca buku ini kita akan menerima banyak informasi yang relevan seputar menyusui. Buku ini membahas menyusui secara lengkap dan detail. Ditulis dengan menyajikan fakta-fakta ilmiah namun tetap ringan dibaca.

Penulis memulai dengan bagaimana persiapan menyusui itu dimulai sejak tahap kehamilan. Menyusui menjadi sebuah hal yang perlu dipelajari. Menyusui menjadi hal terbaik yang bisa diberikan seorang ibu kepada bayinya. Beragam manfaat ASI diulas secara lengkap dalam buku ini. Disertai dengan beragam gambar ilustrasi yang mendukung.

buku menyusui


Buku ini akan memberi panduan pada pembacanya dalam memilih rumah sakit yang mendukung menyusui. Bahkan tersedia bonus checklist yang membuat pembaca bisa lebih cermat dan tepat memilih rumah sakit. Pemilihan rumah sakit ini penting, karena kesuksesan menyusui dimulai ketika ibu mendapatkan dukungan untuk menyusui dari banyak pihak, termasuk dari tenaga dan fasilitas kesehatan.

Ibu bekerja juga akan terbantu dengan buku ini. Dalam buku ini dibahas bagaimana ibu bekerja bisa tetap memberikan ASI kepada bayinya. Juga diberi panduan bagaimana menyimpan dan menyajikan ASIP. Menyusui bayi kondisi khusus seperti bayi kelainan jantungbawaan juga dibahas. Penulis memberikan rekomendasi bagaimana menyusui bayi dengan kelainan jantung bawaan, yang juga merupakan pengalaman pribadi penulis.

Baca Juga : Cara Memberikan ASI yang Benar

Terakhir buku ini juga memberikan tips bagaimana menyapih bayi. Penyapihan bayi seringkali penuh drama. Namun bila tahu triknya, ibu bisa menyapih bayinya dengan kasih.

Buku setebal 110 halaman ini dibagi menjadi 7 chapter. Adapun daftar isinya adalah :

Daftar Isi :

Chapter 1 : Congrats, you’re pregrant!

Chapter 2 : Breastfeeding Basics

Chapter 3 : Prepare to Breastfeed While You’re Pregrant

Chapter 4 : Choosing Baby-Friendly Hospital

Chapter 5 : Working Mother, Yes You Can!

Chapater 6 : Breastfeeding Special Need Baby

Chapter 7 : Weaning with Love

 

Pesan Penting Buku Smart Mommy’s Guide to Breastfeeding

Buku Smart Mommy’s Guide to Breastfeeding merupakan panduan lengkap bagi ibu menyusui. Semua informasi relevan seputar menyusui dibahas disini. Membaca buku ini akan membantu ibu untuk sukses menyusui,

Menyusui menjadi sebuah keterampilan yang perlu dipelajari. Kesuksesan menyusui juga membutuhkan dukungan dari banyak pihak, termasuk tenaga dan fasilitas kesehatan. Pemilihan rumah sakit yang tepat menjadi salah satu kunci kesuksesan menyusui.

Semua ibu bisa menyusui, termasuk ibu bekerja maupun ibu dengan bayi kondisi khusus. ASI adalah nutrisi yang terbaik bagi bayi, karenanya menyusui harus terus diperjuangkan. Happy breastfeeding!

 

27 komentar

  1. Benar mbak,menyusui itu bikin drama bagi wanita. Apalagi kalau baby sudah tumbuh gigi. Buku yang sangat bermanfaat bagi para calon ibu ini😊. Salam kenal mbak Dee😊

    BalasHapus
  2. Wah ini buku yang menarik banget ya. Ibu-ibu yang sedang menyusui kudu punya dan baca nih buku

    BalasHapus
  3. Jadi inget masa-masa menyusui si kecil, sering mampir ke grupnya AIMI juga waktu itu. Seandainya saya dulu tau ada buku sebagus ini, pasti saya koleksi. Menyusui butuh dukungan orang-orang terdekat ya Mbak.

    BalasHapus
  4. Aku suka banget kalo ada buku yang sifatnya edukasi dikemas dalam bahasa yang mudah di mengerti

    BalasHapus
  5. wah suka banget saya dengan buku kesehatan seperti ini, apalagi ini bisa menjadi panduan ibu setelah melahirkan dan siap menyusui ya. cuma kok sayang banget yaa, judul di tiap babnya kok pakai bahasa inggris ya? jadi kayak buku teks terjemahan.

    BalasHapus
  6. Must read book to all mom wanna be nih.
    Karena meski sunatullah atau natura nya semua ibu yg melahirkan bs menyusui nanyak faktor yg memengaruhi sukses tidaknya proses tersebut.
    Salah satu cukupnya informasi dan pengetahuan yg dimiliki sang Ibu dan support systemnya

    BalasHapus
  7. Penulisnya keren banget. Hebat yaaa, Mbak Andin bisa dapat beasiswa S3 untuk minat breastfeeding. Semoga keilmuannya nanti bisa mendukung ibu-ibu Indonesia menyusui, dimulai dari buku yang keren ini. Bisa jadi kado untuk baby shower nih.

    BalasHapus
  8. It is good to know that we have more and more valuable information being distributed through books and sites to help breast-feeding moms

    BalasHapus
  9. Jadi ingat jaman persiapan punya anak, aku juga membeli beberapa buku untuk panduan menyusui. Jadi emang niatan belajarnya sebelum memiliki anak jadi sudah ada bekalnya gitu deh.

    BalasHapus
  10. buku terbitan stiletto emang keren2. Bagus banget buat panduan mama yg menyusui. Cocok nih buat kado teman yg sedang hamil dan baru melahirkan :)

    BalasHapus
  11. Aku share ya mbak artikelnya, ada teman yang baru melahirkan ni mana tau bermanfaat buat dia sebagai ibu muda yang baru pertama memiliki bayi dan menyusui

    BalasHapus
  12. Buku ini bakalan cocok banget sebagai panduan untuk ibu muda yang baru mulai menyusui anaknya. Semoga buku ini bisa memberikan manfaat buat orang banyak yaaa...

    BalasHapus
  13. Sayang kalau aku udah lewat masanya. Tapi menarik juga sebagai kado kelahiran. Atau kado kehamilan teman. Saat menyusui dulu aku merasa kurang banyak mencari ilmu. Makanya dulu sempat galau dan susah pas jaman anak 1. Bersyukur aps anak kedua udah lebih paham. Emang bener sih, meskipun alamiah, breastfeedng itu butuh ilmu.

    BalasHapus
  14. Menarik nih bukunya, calon ibu atau yang sudah jadi ibu wajib punya nih, setidaknya kita para perempuan bisa belajar banyak, dan memilih keputusan yang terbaik untuk anak dan keluarganya sendiri.

    BalasHapus
  15. Buku ini wajib dimiliki oleh Mommy wanna be karena isinya bagus banget & bermanfaat. Cucok juga ya buat kado lahiran supaya para ibu busa tercerahkan bagaimana nanti persiapan menyusui anaknya

    BalasHapus
  16. Penting banget tau ilmu tentang menyusui gini biar saat melahirkan bisa menyusui dengan lancar, ya. Buku kayak gini wajib dah dibaca para ibu2 yang lagi hamil. Apalagi buku ini infonya detail ya juga dilengkapi dengan data ilmiah. Recomended banget.

    BalasHapus
  17. Nah ini dibutuhkan para ibu di seluruh dunia, sebenernya ya karena tidak semua ibu muda yang baru melahirkan bisa langsung ujug ujug tahu cara menyusui, ditambah lagi mengelola emosi mereka saat menyusui!

    Sukses untuk peluncuran buku Smart Mommy’s Guide to Breastfeeding semoga menjadi panduan lengkap bagi ibu menyusui dan membantu ibu untuk sukses menyusui

    BalasHapus
  18. Buku menarik. Sayangnya tidak sempat membaca buku seperti ini pada saat anak saya lahir, akhirnya jadi tidak disusui oleh ibunya.
    Btw saya juga dari Sosiologi Unair, cuma angkatan tua banget tahun masuk 1997, hehehe.

    BalasHapus
  19. Insyallah cara-cara dan tips breadfasting dalam review buku ini bisa aku aplikasikan nanti ketika really being mommy, kak.

    Hehehe.. maklum masih jomblo ��

    BalasHapus
  20. beneran super lengkap informasi bukunya ya kak, ini bisa jadi panduan ibu untuk memberikan ASI terbaik bagi si buah hati tanpa cemas

    BalasHapus
  21. Buat Ibu-ibu baru, penting banget nih bukunya. Soalnya tiap Ibu beda, ada yg langsung lancar bisa memberikan ASI, ada yg harus ada penanganan spesial. Semua Ibu pasti mau yg terbaik untuk buah hatinya ya...

    BalasHapus
  22. Aku udah bukan masanya baca buku breastfeeding nih kayaknya hehe. Dulu saat anak masih masa menyusui, semua buku tenyang menyusui, mpasi, dll dilahap aja.

    Memang menyusui itu harus dengan ilmu ya, nggak bisa asal menyusui saja. Apalagi memberikan ASI terbaik bagi anak-anaknya.

    BalasHapus
  23. Hebat banget s3 khusus Breastfeading di ausie lagi. Gak diragukan isi buku nya bermanfaat banget

    BalasHapus
  24. Hwaaa aku baca profilnya mbak Andin langsung auto tercengang. Keren banget. Auto kepo ehehe. Keren nih kalau setiap tahapan di buku ini dijelaskan berdasar riset ilmiah namun tetap ringan dibaca. Buku kayak gini idaaman aku banget mbak. Soalnya gak bisa akutu baca buku yang terlalu serius. Ada cara menyapih yang baik juga ya. Aku jadi pengin bukunya buat bekal di masa depan saat sudah menikah dan jadi ibu. Makasih infonya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga nih, langsung takjub sama profile penulisnya. Keren banget dan bener-bener mumpuni di bidangnya. Jadi wajar kalau tulisannya berdasarkan riset ya. Terus cara menyajikan buku dengan konten "berat" tapi ditulis dengan gaya "ringan" ini yang bikin makin penasaran.

      Hapus
  25. Yes, Breastfeeding is best.Buku yang lengkap dan bisa jadi panduan calon busui. Setuju jika semua ibu bisa menyusui, termasuk ibu bekerja maupun ibu dengan bayi kondisi khusus. Apalagi ASI adalah nutrisi yang terbaik bagi bayi!

    BalasHapus
  26. Buku yang pas bangey dikadoin buat calon ibu ya mba. Terlebih kalau hamil dan lalu menyusui anak pertama, butuh banget pengalaman dan ilmu tentang ASI.

    BalasHapus