Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Keseruan IG Live Perdana Drakor Class

 

Drakor Class


Keseruan IG Live Perdana Drakor Class kemarin masih membekas sampai sekarang. Ah.. Drakor Class dan para classmate nya memberikan suntikan kebahagian bagi saya. Bagaimana kami bisa saling mendukung untuk terus produktif, menjadi tempat curhat sampai saling gosipin para bias kesayangan. LOL...

Dan kemarin untuk pertama kalinya Drakor Class melakukan siaran langsung di Instagram. Ini menjadi momen perkenalan Drakor Class dan menjadi awal IG Live - IG Live berikutnya.

Hmm penasaran bagaimana keseruan kami kemarin? Baca sampai habis ya...

IG Live Drakor Class

Hari minggu lalu kami ada pertemuan di zoom. Pertemuan bulanan kali membahas rencana Drakor Class kedepan. Salah satunya melakukan optimasi instagram. Caranya ya dengan melakukan siaran langsung.

Para classmate Drakor Class ini juara lho seriusnya. Acara IG Live pun dipersiapkan dengan matang. Mulai dari memilih topik, host sampai bintang tamunya. Kami juga ada gladi bersih beberapa jam sebelumnya lho, keren kan!?

Drakor Class
latihan sebelum live


Eflyer IG Live pun dibikin dengan serius. Thx to Manchin buat desain eflyernya yang kece abis. Gomawo... 😘😘😘😘. Kami pun juga membuat script lho. Biar saat siaran langsung bisa fokus ke tema yang dibicarakan. Kalau nggak ada script nanti bisa kemana-mana. Hehehe..


Drakor Class
kak dwi


IG Live perdana ini host nya Kak Dwi atau yang nama penanya adalah Cho Sweeney. Sedangkan bintang tamunya selain saya tentu ada ibu rektor kesayangan, kak Risna. Juga ada blogger panutan dari Bandung, teh Lendy dan mbak Rella blogger Malang. 

Di IG Live perdana ini selain memperkenalkan Drakor Class juga membahas bagaimana drama Korea dalam pandangan para blogger.

Asal Mula Drakor Class

IG Live diawali dengan bagaimana kak Risna sebagai founder Drakor Class memulai perjalanan menulisnya. Kak Risna sudah lama ngeblog, dari tahun 2000. Blog kak Risna ditulis bareng suaminya, Kak Joe. Lalu setelah punya anak, kak Risna vakum menulis.


Drakor Class
Kak Dwi dan kak Risna


Hingga di tahun 2018 bertemu dengan komunitas ODOP for 99 days. Komunitas yang diinisiasi oleh teh Shanty, blogger dari Bandung. ODOP for 99 days pun berganti nama menjadi KLIP (Komunitas Literasi Ibu Profesional) pada tahun 2019

Di KLIP inilah semuanya dimulai. Anggota KLIP banyak yang suka nonton drama Korea. Dan demi kebaikan bersama, biar rumpi drakor nya nggak ganggu anggota lain, maka kak Risna buat grup wag Drakor & Literasi. Bagi anggota KLIP yang suka nonton drakor boleh gabung. Grup ini ada mulai bulan April 2020.

Baca Juga : Grup Drakor & Literasi, Segala Sesuatu Tentang Drama Korea Ada Disini!

Nggak nyangka yang gabung banyak. Ada 20 orang, termasuk saya. Awal-awal Drakor & Literasi ada challenge review film. Salah satunya me review film Mr Zoo : The Missing VIP.

Lalu biar lebih menantang, diadakanlah menulis 30 topik ke Korean an yang berlangsung dari bulan Juni hingga September 2020. 

Tantangan menulis 30 topik ini memberikan banyak insight. Betapa tema yang sama bisa diulas dari beragam sudut pandang yang berbeda. Daebak....👏👏👏👏.

Setelah tantangan menulis 30 topik selesai, tercetuslah ide bikin blog keroyokan. Nah ini yang menjadi kemunculan Drakor Class. Ada 22 kontributor yang bergiliran menulis di blog keroyokan ini. 

Terakhir kak Risna mengungkapkan bahwa kehadiran Drakor Class ini sebagai wadah buat orang-orang yang suka nonton drakor sekaligus penggiat literasi. Drakor Class ditujukan kepada siapa saja yang mau menyebarkan semangat literasi lewat drama Korea. Kak Risna berharap Drakor Class selain sebagai ajang belajar menulis bersama juga menjadi tempat berbagi kebahagiaan. Menjadi tempat menulis untuk bahagia. Ah so sweet....

Rella, Blogger Parenting dari Malang

Setelah kak Risna, ada mbak Rella yang bercerita tentang pengalaman bloggingnya. Mbak Rella sudah ngeblog sejak tahun 2009 lho, saat itu menggunakan Multiply. 

Awalnya mbak Rella menjadikan blog sebagai tempat curhat. Lalu untuk drakor sendiri mbak Rella baru comback nonton intens selama dua tahun ini.


Drakor Class
Kak Dwi & Mbak Rella


Menurut mbak Rella, drakor itu seru. Banyak hal yang bisa dijadikan jalan cerita. Dan bisa menjadi inspirasi menulis.

Seperti contohnya, baru-baru ini mbak Rella menulis tentang cerita keluarga Rubah antara Lee Yeon dan Lee Rang dalam drama Korea Tail of The Nine Tailed. Siapa sangka drama fantasi terbaru dari Lee Dong Wook bisa menjadi inspirasi tulisan bagi blogger parenting. 

Mbak Rella juga pernah menulis tentang pelajaran bisnis dalam drama Korea Start-Up. Atau pernah juga nulis review film Korea Along With The Gods : The Last 49 Days. Film yang bercerita tentang kehidupan setelah kematian. 

Antara Saya dan Drakor

Setelah mbak Rella, tibalah giliran saya. Kak Dwi bertanya sejak kapan saya mulai suka drakor. Sebenarnya saya nonton drama Korea sejak dulu. Saya nonton Full House, My Sassy Girl, Princess Hour sampai Boys Over Flower. Dulu nontonnya di TV. 


Drakor Class
Kak Dwi & Saya


Lalu mulai kembali nonton drakor pas sama suami. Nontonnya lewat DVD. Drakor yang ditonton ada Ghost Detective, Catch the Ghost, Doctor Stranger dan Sky Castle. 

Setelah bergabung dengan genk Drakor Class, saya makin intens nonton drakor. Apalagi suami memfasilitasi dengan beberapa situs langganan streaming, seperti Netflik, VIU dan IQIYI. 

Nonton semakin intens, nulis juga makin intens dong. Gara-gara ikut challenge menulis 30 topik Korea, saya pun punya label Drama Korea di blog. Menulis tentang drama Korea terbukti meningkatkan performa blog saya. DA naik dua digit, trafic pun naik dan setiap nulis tentang drakor, sering banget masuk pejwan google.. Horayyy ..

Terus selain meningkatkan performa blog, menulis tentang drakor melatih skill menulis saya agar lebih smooth. Maklum sebagai penulis buku non fiksi, saya belum terbiasa menulis dengan gaya yang santai.

Selain itu, secara pribadi drama Korea membuat hubungan saya dan suami makin harmonis lho. Drama Korea membuat kami bisa menghabiskan waktu bersama, nonton bareng. Dan bisa meminimalisir konflik dalam rumah tangga, serius lho ini. 

Baca Juga : Manfaat Menonton Drama Korea Bagi Keharmonisan Rumah Tangga

Teh Lendy, Drakorian Senior

Sebagai penutup, ada sharing dengan teh Lendy. Saya sudah lama kenal dengan teh Lendy. Bahkan kami pernah bertemu langsung, saat saya jalan-jalan ke Bandung. 

Kalau ngomongin teh Lendy, saya ingatnya ya drama Korea. Blog teh Lendy dari dulu banyak menulis tentang film dan drama Korea. Senior banget di dunia drakor. 

Drakor Class
Kak Dwi & Teh Lendy


Meski sudah lama suka drakor, teh Lendy sangat bersyukur bisa bertemu dengan Drakor Class. Ketika ketemu Drakor Class, teh Lendy nggak merasa berenang sendirian di kolam. Renangnya ada temannya ya sekarang teh, hehehe. 

Drakor Class membuka wawasan teh Lendy, bahwa drama Korea itu ternyata bisa dilihat dalam berbagai sudut pandang. Bahkan menurut teh Lendy, orang yang suka nonton drakor itu akan menulis lebih smooth dan lebih kaya ide. Seperti salah satu classmate di Drakor Class, teh Rijo. Teh Rijo itu penulis fiksi, tulisan-tulisannya sangat kaya. Woow luar biasa ya drama Korea itu. 

Namanya IG Live, maksimal ya cuma 1 jam. Tapi berhubung yang dibahas seru, akhirnya molor. Meski sempat terputus, akhirnya ada part 2. Teh Lendy nggak cukup sharing selama 10 menit, hehe. Soalnya seru banget, jadi nambah deh 10 menit lagi.

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Menonton Drama Korea Bisa Membuat Kamu Kreatif Menulis

IG Live perdana ini sukses, alhamdulillah. Banyak yang join. Banyak yang makin pensaran sama Drakor Class. Ah, semoga misi Drakor Class bisa berhasil ya. Menyebarkan literasi melalui drama Korea. Amin...

Jadi kalau teman-teman suka dan kepo dengan drama Korea, jangan lupa untuk selalu berkunjung ke Drakor Class. Follow juga semua sosmed nya ya. Biar nggak ketinggalan info per drakoran.. 

😘😘😘

25 komentar

  1. Episode 1 kemarin seru yaa. Hihi..

    BalasHapus
  2. Chukha chukha ❤️❤️❤️

    BalasHapus
  3. Wah keren banget nih. Bermula dari sama-sama penggemar drakor, Lalu bikin blog buat menyebarkan semangat literasi lewat drama Korea.

    BalasHapus
  4. Tetap semangat berbagi dan menyebarkan literasi melalui media drama Korea, kompak selalu ya.

    BalasHapus
  5. Luar biasa sih untuk para reviewer drakor, untuk yang baru mau mulai nonton bisa dapat pencerahan sebelum nonton. Eh jangankan reviewer tapi orang yang ga skip-skip nonton drakor dengan telaten aja udah keren banget kwkwkw.
    Aku aja kadang suka skip ditengah LOL

    BalasHapus
  6. Seru ya mbak bisa bikin blog keroyokan gitu, aku juga sering ngikutin nih tulisan drakoclass... semacam penyegar dahaga bagi emak-emak penggemar drakor seperti saya, hehehe. Suka banget sama review-reviewnya deh meski blog baru tapi menarik

    BalasHapus
  7. Wah seru ini, melalui drakor malah ada inspirasi menulis ya. Aku udah baca beberapa artikel temen-temen yg membahas tema dari film, bukan tentan filmnya malah. Suka ada aja ilmu-ilmu baru melalui film.

    BalasHapus
  8. Huwaaaaa seru banget. Ijinkan aku biat follow IG nya ya. Penasaran sama IG Live apa yang selanjutnya bakalan digelar nih sama Drakor Class. Ih baca tulisan Mba aja aku seneng banget lho.

    BalasHapus
  9. Saya juga suka drama korea. Kayaknya bisa cari referensi drama yang bagus juga ya di drakor class ini ya mbak?

    Hehehe

    BalasHapus
  10. Waaa keren, ada kelas drakornya juga ya pastinya semuanya suka drakor nih, obrolannya pastinya masalah drakor dan pada nyambung

    BalasHapus
  11. Seru banget acaranya ya, rupanya bukan cerita soal Drakor aja ada kelas optimasi juga. Mau ikutan bolehkah

    BalasHapus
  12. Uwoowww Drakor Class. Baru tahu kalau ada perkumpulan seperti ini.

    Btw akutuuuu suka takut kalau nonton drakor. Belum bisa manajemen waktunya wkwkwk.
    Khawatir jadi addict gitu.

    BalasHapus
  13. Wah saya ketinggalan, padahal sempat liat eflyernya... Jadi makin penasaran nih sama kegiatannya drakor class...

    BalasHapus
  14. Wah seru ya sampai ada drakor class. Memang drakor bisa jadi pemersatu bangsa

    BalasHapus
  15. Senang banget bisa tergabung dikelas yang memberi inspirasi dan terus memberikan dan membagikan hal positif untuk komunitasnya ya kak, seru banget nih kelasnya

    BalasHapus
  16. Hi kak, aku juga suka nonton drama Korea tp jarang nulis nya sih di blog ternyata ad komunitas nya yah, aku mau gabung dong kak biar ad semangat nulis review stlg nonton

    BalasHapus
  17. Sempat nonton nih waktu live drakor class kemarin. Seru juga ya Mbak.. berawal dari KLIP sampai bisa membentuk kelompok sesama penyuka drakor. Ini berarti kalau gabung di KLIP dan juga suka nonton drakor masih bisa gabung ya Mbak?

    BalasHapus
  18. Drakor ada kelasnya? Luar biasa. Harusnya aku ikut nih karena sebagai pecinta drakor pasti butuh pengetahuan lain tentang dunia perdrakoran, hahaha. Ajak aku, Mbak.

    BalasHapus
  19. sekarang udah jarang nonton drakor, paling dengerin cerita temen temen soal drakor dan search review drakor, salah satunya blog nya teh lendy
    asyik ya ada drakor class, bisa jadi tempat rujukan review drakor, kerenn

    BalasHapus
  20. Wah, seruu..berkumpul dengan orang-orang dengan hobi yang sama pasti jadi nyambung ya. Saya jadi tertarik nonton drakor nih, habis bikin DA naik 2 digit dan PV meningkat sih. Hihi....

    BalasHapus
  21. Aaaak gemas sekali, pasti seru nih kemarin IGlivenya. Kalau blogger yg sering ulas drakor selama ini kalau aku seringnya ke Teh Lendy, hihi skrg udah sekalian ngumpul d drakor class gini jd nambah serrruu :D

    BalasHapus
  22. Waah, seru ya Mbak, kalau bisa ketemu dengan teman-teman yang satu frekeuensi. Bisa sama-sama ngebahas yang disukai dengan seru. Apalagi bisa nonton bareng dengan suami, wah, klop banget, deh!

    BalasHapus
  23. Wuih, seru banget deh ih ngobrolin drakor. Pastinya, ngobrolin hal yang kita suka, dengan temen-temen yang suka juga, akan sangat mengasyikkan. Aku lupa dengan jadwalnya. Padahal kepengen bisa dengerin. :D

    BalasHapus