Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Grup Drakor & Literasi, Segala Sesuatu Tentang Drama Korea Ada Disini!

drama Korea
All about K-Pop | Pixabay



Grup Drakor & Literasi, Segala Sesuatu Tentang Drama Korea Ada Disini! - Ah, sampai juga di topik 21. Aigoo topik 21 ini sulit kali. Topik 21 ini tentang "Situs update berita/gosip/forom/review drakor yang sering dipantengin". Hmm kenapa sulit, ya karena emang nggak ada situs tertentu yang saya kunjungi untuk update berita/gosip/forom/review drakor.


Hmm tapi yang namanya challenge, mau tak mau harus ditulis. Harus berusaha nulis, semoga tulisan ini nanti bisa sampai 300 kata ya, hahhaha.


Review Drakor


drama Korea
Hasil googling | dokpri



Okay, pertama-tama saya mau bahas dimana saya biasa mencari informasi seputar review drakor. Biasanya kalau penasaran sama drama Korea tertentu, saya langsung saja search di Google. Sekali ketik, semua yang berkaitan dengan drama Korea yang saya cari akan segera muncul.


Atau biasanya saya suka blogwalking ke blog teman-teman yang suka menulis drama Korea. Sejauh ini ada dua blogger favorit saya dalam membahas review drama Korea. Adalah Maria G Soemitro dan Lendyagasshi. Dua blogger tersebut kalau nulis review drama Korea selalu keren.




Ambu, panggilan kepada Mbak Maria G Soemitro kalau nulis review drama Korea itu selalu enak dibaca. Biasanya nggak hanya membahas filmnya saja, tapi juga dihubungkan dengan situasi yang related. Misalnya saat menulis review drama Korea  Rookie Historian Goo Hae-Ryung, Ambu menghubungkanya dengan sejarah politik di Indonesia. Mulai dari zaman PKI sampai Orde Baru. Selain itu, kalau nulis review judulnya selalu menggugah emosi. Contohnya "The World of The Maried, Selingkuh Dibalas Selingkuh". See? Ada sisi emosionalnya kan, tak sekadar menulis review.


Kalau Lendyagasshy, selalu komplit kalau nulis review drama Korea. Nulis reviewnya lengkap tapi jagonya tetap nggak seperti spoiler lho. Baca review teh Lendy, kadang membuat saya ingin nonton drama Korea yang ditulis. Misalnya, akhir-akhir ini teh Lendy sering banget nulis tentang drama Korea Once Again. Drama on going ini membuat saya penasaran. Ceritanya teh Lendy tentang drama ini seru banget. Apalagi pas sesi zoom meeting grup Drakor & Literasi kemarin, meski saya nggak ngikutin sampai habis, cerita teh Lendy tentang drama ini sangat menarik. Saya jadi pengen nonton. Cuma, masih maju mundur karena tahu drama ini punya 100 episode. Aih, panjang nian kaaann..


Gosip Artis Korea



Nah sekarang saya mau cerita darimana saya tahu gosip seputar artis Korea. Honestly, saya nggak pernah cari tahu gosip tentang artis Korea. Sekalipun soal bias kesayangan, Jo Jong Suk. Saya nggak seberapa tertarik dengan gosip artis Korea. Mungkin karena saya sukanya nonton dramanya saja. Nggak kepo kehidupan pribadinya. Selain itu, bukankah artis Korea ini sangat menjaga privasi ya. Mereka jarang mengumbar kehidupan pribadinya. Beda lah dengan artis Indonesia.

drama Korea
Bias baru? | instagram



Biasanya kalau lihat gosip artis Korea itu bukan gosipnya, tapi menikmati keindahan visualnya. Misalnya, saya yang akhir-akhir ini suka banget sama Kim Soo Hyun. Saya follow instagramnya. Selalu cari tahu beritanya, tapi yang berkaitan dengan drama Korea terbarunya, It's Okay to Not Be Okay. Saya suka lihat potongan-potongan behind the scene nya. Saya suka melihat kedekatannya dengan lawan mainnya, Seo Yea Ji. 


drama Korea
Harapan netizen | instagram



Chemistry mereka oke banget, wajar kalau banyak penggemar yang ingin mereka menjadi real couple. Termasuk saya! Saya mengandalkan instagram untuk mencari informasi seputar Kim Soo Hyun dan dramanya. Makanya search instagram saya akhir-akhir ini bertabur drama Korea. Ya, karena drama Korea yang sering saya cari saat berselancar di instagram, hehehe.


drama Korea
Instagram serach saya | dokpri


Grup Drakor dan Literasi


drama Korea
Grup Drakor & Literasi | dokpri



Sejak April lalu, saya bergabung dalam grup WhatssApp Drakor & Literasi. Grup ini terdiri dari anggota KLIP (Komunitas Literasi Ibu Profesional) yang suka dengan drama Korea. Ya bisa dibilang grup ini adalah KLIP cabang drakor, hehehe.


Sejak gabung di grup ini pengetahuan saya seputar drama Korea semakin banyak. Saya jadi update terus tentang drama Korea terbaru sampai gosip artis-artisnya. Sebagian teman-teman di grup ini sudah senior di bidang kekoriyaan. Makanya pada fasih bener kalau bahas drakor plus artis-artisnya. Saya yang masih suka bingung dengan nama-nama artis Korea, mulai bisa terbiasa.




Grup ini bisa memberikan saya informasi lengkap dan update soal drama Korea. Bahkan nggak hanya dramanya, tapi juga bahas artisnya, soundtrack, bahkan hal-hal K-Pop lainnya.

drama Korea
Meeting zoom grup Drakor & Literasi | dokpri



Makanya sekarang, kalau mau tahu drama Korea yang recomended, ya tinggal nanya di grup. Seperti hari ini, saya tanya drama apa ya yang bagus ditonton selain yang sedang on going saat ini. Kak Rijo menyarankan saya menonton drama Korea Warm and Cozy. Dan ternyata memang itu rekomendasi yang oke. Saya nonton, lalu langsung jatuh cinta pada episode pertama!


Jadi sekarang kalau mau tahu tentang update berita/gosip/forom/review drakor, saya tinggal buka grup Drakor & Literasi. Semua bisa saya dapatkan. Teman-teman di grup ini sudah seperti wartawan profesional. Segala update an bisa tahu, daebak dah!


Ah jadi ingat mimpi dari grup ini. Someday kami ingin membuat website khusus all K-Pop. Berharap website ini menjadi salah satu rujukan terbaik dalam mencari informasi seputar K-Pop. Doakan berhasil ya. Semoga project ini bisa tercapai.


Amin...


Tulisan Genk Drakor & Literasi

Situs update berita/gosip/forum/review drama Korea yang sering dipantengin.


1. Rijo - Cikarang

2. Risna - Chiang Mai


3. Gita - Bandung


4. Dwi - Jakarta

5. lendyagasshi - Bandung
/

6. Lithaetr



7. Alienda Sophia - Bandung

8. Lala - Bandung

9. Ima - Sukabumi

9 komentar

  1. KYAAAAAA! Kiyowo bgt sihhh Mba DK :')

    BalasHapus
  2. Waww ada grupnya juga ya mbak, bagus buat wadah pecinta drakor

    BalasHapus
  3. Cihuuy mantap. Selain berdrakoria kita juga berliterasi. Menciptakan sesuatu yg berfaedah gak hanya sekedar menonton drakor. Hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya, mengasah skill nulis juga kan yaa

      Hapus
  4. Kalo saya pribadi nonton film yg episode panjang suka gampang bosen hihi

    BalasHapus
  5. Aku suka nonton drakor yang episode panjang, cuma biasanya aku cek dulu rating nya. Kalau ngga bagus ngga jadi ditonton.hihihi

    BalasHapus