Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

[Live Healthy Be Happy] Tips Sukses Food Preparation di Masa Pandemi

Modena Smart Sensor Refrigerator
Tips Sukses Food Preparation di Masa Pandemi | olahan pribadi



Tips Sukses Food Preparation di Masa Pandemi - Pandemi Corona COVID -19 yang melanda Indonesia sejak Maret lalu, membuat banyak masyarakat mengadaptasi kebiasaan-kebiasaan baru. Misalnya, memilih untuk makan di rumah saja. Ya, sejak pandemi saya dan keluarga sebisa mungkin makan makanan yang dimasak sendiri. Kami masih takut untuk beli makan di luar ataupun memesan makanan.


Ini membuat saya harus lebih banyak menyimpan bahan makanan. Tak hanya untuk makan tiga kali sehari, tapi juga menyiapkan stok kudapan juga. Ya, sejak anak-anak sekolah dari rumah dan suami kerja dari rumah, saya perlu menyediakan kudapan saat mereka sedang istirahat.
Padahal, saat pandemi bukankah kita harus lebih banyak di rumah? Food preparation menjadi solusinya. Food preparation membuat saya tetap bisa memiliki stok bahan makanan tanpa harus sering pergi berbelanja ke luar rumah.


Hari ini saya akan berbagi tips bagaimana sukses melakukan food preparation di masa pandemi. Jadi, silahkan dibaca terus ya teman-teman :)


Apa itu Food Preparation



Food preparation adalag cara mengubah bahan baku mentah (seperti buah, sayur, daging, ikan, biji-bijian, dan lain-lain) menjadi bahan siap masak. Biasanya di dalamnya ada proses seperti membersihkan, mengupas, memotong dan mencampur bahan masakan.
Buat saya, cara ini seperti investasi waktu. Repot sedikit di awal, tapi jadi lebih cepat dalam proses memasak selama satu sampai dua minggu ke depan.


Setiap kali melakukan food preparation saya menghabiskan waktu 3 hingga 4 jam. Namun hari-hari berikutnya, waktu memasak saya jadi lebih cepat.



Modena Smart Sensor Refrigerator
Food Preparation | pixabay



Manfaat Food Preparation



Food preparation ini sangat membantu di masa pandemi seperti ini. Dengan food preparation saya tidak perlu setiap hari keluar rumah untuk berbelanja bahan makanan. Saya cukup berbelanja tiga kali dalam sebulan. Ya, sekali belanja bisa untuk kebutuhan memasak selama sepuluh hari.


Selain itu, food preparation ini membuat waktu memasak lebih singkat. Setiap hari, saya tak perlu berlama-lama di dapur, sebab sebagian proses memasak sudah dipersiapkan sebelumnya.
Melakukan food preparation juga membuat saya bebas galau. Saat bangun pagi, saya tak perlu galau dan bingung mau masak apa.


Terakhir, food preparation bisa menghemat uang belanja lho. Tak perlu beli makan di luar. Juga tidak ada bahan makanan yang terbuang.


Tips Sukses Food Preparation



Banyak teman yang bertanya, apa nggak repot food preparation itu? Food preparation itu mudah kok, ini beberapa tips dari saya.


Buat Papan Menu



Langkah pertama yang harus dilakukan saat melakukan food preparation adalah membuat papan menu. Saya biasa membuat papan menu sepuluh haru sebelum berbelanja ke pasar. Papan menu ini membantu kita saat belanja, tak bingung lagi apa yang mau dibeli.


Modena Smart Sensor Refrigerator
Papan Menu | dokpri



Oh ya, saat membuat papan menu ajak semua anggota keluarga ya. Biar menu yang disusun sesuai dengan keinginan semua anggota keluarga.


Atur Budget


Saat berbelanja untuk keperluan food preparation jangan lupa sesuaikan dengan budget. Food preparation ini bisa membuat kita lebih hemat anggaran belanja.


Simpan Bahan Makanan dengan Benar



Langkah terakhir agar sukses melakukan food preparation adalah menyimpan bahan makanan dengan benar. Pastikan meletakkan bahan makanan sesuai dengan tempatnya di dalam lemari es.


Modena Smart Sensor Refrigerator
Cara Menyimpan Sayur | dokpri



Misalnya, sayur-sayuran cukup diletakkan di bagian bawah lemari es. Oh ya, sebelum dimasukkan kulkas baiknya sayur-sayuran seperti bayam dan kangkung sudah dipetik dari tangkainya. Beri alas kertas koran atau tisu pada wadah penyimpanan, setelah itu tutup dengan rapat.


Modena Smart Sensor Refrigerator
Cara Menyimpan Seafood | dokpri



Sedangkan untuk daging dan seafood letakkan di dalam frezer. Cuci bersih seafood, lalu beri garam dan air lemon sebelum dimasukkan frezer. Untuk daging, biasanya saya rebus dulu sebelum dimasukkan frezer. Sedangkan ayam, sebelum disimpan sudah saya ungkep terlebih dahulu.
Telur disimpan di bagian lemari es. Pastikan sudah mencuci telur dengan bersih ya sebelum dimasukkan lemari es.


Modena Smart Sensor Refrigerator


Modena Smart Sensor Refrigerator
Modena Smart Sensor Refrigerator | modena



Modena mendukung budaya kesehatan baru yang mengutamakan kebersihan dan mendukung gaya hidup sehat. Salah satunya dengan meluncurkan produk Modena Smart Sensor Refrigerator. Lemari es pintar dari Modena ini sangat membantu kita melakukan food preparation lho.


Smart Sensor dengan Intelligence Compressor



Lemari es menjadi alat utama dalam melakukan food preparation. Sebagian bahan makanan disimpan di lemari es. Makanya butuh lemari es yang bisa membantu menyimpan bahan-bahan makanan agar tidak membusuk sebelum waktunya.


Modena meluncurkan lemari es dengan Smart Sensor. Teknologi ini bisa mendukung gaya hidup sehat. Teknologi sensor pintar dari Modena ini bertugas mengintegrasikan seluruh fitur yang ada. Ini membuat lemari es bekerja secara optimal.


Smart Sensor pada lemari es ini bisa mendeteksi setiap kondisi yang berpotensi mempengaruhi kestabilan lemari es, misalnya saat kita membuka dan menutup pintu lemari es, tingkat kelembapan hingga temperatur ruangan. Teknologi ini membuat suhu pada lemari es tetap stabil.


Suhu yang stabil adalah kunci dalam menjaga kesegaran bahan makakan. Modena Smart Sensor Refrigerators ini bisa membantu kita berbelanja sekaligus dalam jumlah banyak tanpa khawatie akan turunnya nilai gizi bahan makanan ketika disimpan di lemari es dalam waktu yang lama. Dengan lemari es ini, bahan makanan akan tahan sampai tiga minggu!


Fitur



Modena Smart Sensor Refrigerators ini memiliki fitur Multiflow Cooling System. Fitur ini memastiman proses pendinginan tersebar merata hingga ke sudut ruang dalam lemari es. Dengan Multiflow Cooling System ini, kita bisa bebas meletakkan bahan makanan dimana saja, tanpa harus khawatie akan perbedaan suhu di tiap kompartemen.


Ada juga Fresh Keeper, laci khusus menyimpan buah dan sayur yang dilangkapi dengan Humidity Control atau pengatur kelembapan. Laci khsusu ini membantu kesegaran dan nutrisi pada buah dan sayur tetap terjaga.


Modena Smart Sensor Refrigerators dilengkapi dengan teknologi LTC Sterilization. Teknologi ini bisa menjamin bahan makanan bebas bakteri  serta menetralisir bau tidak sedap.


Smart Sensor Refrigerators memiliki pusat kendali layar sentuh yang modetn dan mudah dioperasikan. Berbagai pilihan program bisa disetel tabpa harus menjangkau bagian dalam lemari es.


Tipe dan Kapasitas



Tipe Argento


💠 RF 4540 S, ini adalah lemari es empat pintu dengan ukuran 180 x 70 x 80 mm. Kapasitasnya 460 liter, tipe ini memiliki kelebihan fitur Holiday Power Saving Mode.


Modena Smart Sensor Refrigerator
Argento RF 4540 S | modena


💠 RF 2335 S, lemari es dua pintu atas bawah dengan ukuran 185 x 600 x 690 mm dan memiliki fitur Holiday Power Saving Mode.

Modena Smart Sensor Refrigerator
Argento RF 2335 S | modena



💠 RF 2255 S, lemari es dua pintu dengan ukuran 178 x 680 x 790 mm.

Modena Smart Sensor Refrigerator
Argento RF 2255 S | modena



💠 RF 2336 S, lemari es ini memiliki kapasitas 336 liter. Dua pintu atas bawah dengan ukuran tinggi hampir dua meter serta lebar dan kedalaman masing-masing 60mm.



Modena Smart Sensor Refrigerator
Argento RF 2336 S | modena


Tipe Vetrolia

Modena Smart Sensor Refrigerator
Vetrolia | modena




RF 2555 L memiliki kapasitas 552 liter, side by side jenis T-Door dengan tampilan elegan balutan Black Tempered Glass.


Tipe Allegra


Modena Smart Sensor Refrigerator
Allegra | modena



RF 2551, lemari es dua pintu kanan kiri dengan dimensi 177 x 655 x 905 mm.


Tipe Guilia

Modena Smart Sensor Refrigerator
Guilia \ modena




RF 2552, lemari es dua pintu kanan kiri dengan dimensi 1720 x 625 x 920 mm.





Nah bagaimana, lemari es terbaru dari Modena ini sangat keren kan? Kalau ada lemari es ini di dapur kita, dijamin food preparation akan berjalan sukses. Tak perlu lagi sering keluar rumah untuk berbelanja bahan makanan. Kita juga tidak perlu khawatir dengan kesegaran bahan makanan yang yang disimpan.


Semoga tips ini bisa membantu teman-teman untuk tetap #LiveHealthyBeHappy di masa pandemi.
Ditunggu sharingnya di kolom komentar ya :)

35 komentar

  1. Food preparation itu bakalan lebih asyik kalau nyimpannya di kulkas Modena yang keren-keren ini ya, saya juga sering pakai food preparation, tapi dibungkus koran doang :D
    Memang membantu banget, salah satunya menghemat waktu banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, lemari es modena membantu bahan makanan tetap sahat dan segar

      Hapus
  2. Untuk food preparation, saya biasanya bikin ayam ungkep, tahu rebus, tempe yg udah dimarinasi dg bumbu trus disimpan di kulkas. Kulkas yg berkualitas bagus jelas sangat mendukung u.kualitas food preparation.

    BalasHapus
  3. AKu pernah bikin food preparation waktu itu sebentar doang sih hehehe. Paling sering ya ungkeban ayam, ikan aja. Sesekali sayur-sayuran dan buah. Jadi praktis ya tiap mau masak jd lebih cepat. Lepengen deh punya kulkas Modena smart sensor, canggih bener fiturnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya food prwparation bikin masak lebih cepat
      Sama mbak, saya juga pengen..
      Hehe

      Hapus
  4. Saya juga terbiasa food preparation mbak karena malas bolak balik belanja. Tapi kalau saya sih enggak pakai wadah kotak gitu, soalnya makan tempat karena kulkasnya kecil,hihi. Mungkin harus ganti pakai modena ya....hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya, biar bisa simpan bahan makanan lebih banyak

      Hapus
  5. Aku yaa gitu sih, sebelum masukkan kulkas, disiapkan dulu. Ada yg diungkep, dipotong-potong, dibuka dari plastik dr supermarket/ tukang sayur. Pasti lebih awet kalau lemari esnya pun keren. Modena memang top yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, modena bikin bahan makanan yg disimpan tetap sehat dan segar

      Hapus
  6. Mauuuu...
    Udah lama pingin ganti lemari es, eh ada disini
    Lengkap, sampai bingung 😀😀😀

    BalasHapus
  7. Ah ukuran kulkas Modena besar ya, kalo fitur Holiday Power Saving Mode untuk apa fungsinya?

    Aku jaman anak-anak masih kecil dulu suka food preparation, apalagi pasar cukup jauh. Tapi setelah anak-anak dewasa, aku lebih santai masak

    BalasHapus
  8. naksir kulkas modena yang tipe vetrolia, harganya berapa ya?

    Saya masih belum telaten food prep, cuma kupas bawang merah bawang putih aja yang sudah dilakukan

    BalasHapus
  9. Kalau sudah atur sedemikian rupa bahan makanannya, asik nih bisa lebih awet apalagi kulkasnya modena

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bahan makanan yg disimpan tetap awet

      Hapus
  10. Food prep ngebantu banget menurutku. Karena waktunya cuma dikit kalo pagi, keburu anak2 bangun ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar itu mbak, memghemat waktu memasak

      Hapus
  11. Legaaa banget mbak kalau punya argento 4540 ya, kapasitas besar sampai 460 liter dan ada mode holiday power saving mode jugaa. Uwaaa pengeen hehehe
    Oiyaa dirumah juga nerapin food prep gtu mbaak, tp gak sedetail mbaak sampai bikin papan menuu hehehe perlu ditiru nih biar menunya jd beragam ya mbak dan gak bingung lagi pas eksekusi masaknya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lega ya, bisa nyimpan lebih banyak lagi

      Hapus
  12. Setuju banget mbak..food preparation memang memudahkan. Dan membuat lemari es juga lebih rapi tertata. Sehingga acara masak memasak tidak membutuhkan waktu yang lama. Wah, lemari es modena keren banget ya, dan banyak yang bilang merk modena itu awet

    BalasHapus
  13. Rajin bangett...Di.
    Aku sejak anak PJJ, uda males aja ke pasar. Mengandalkan mang jual sayur yang lewat, harganya juga ga jauh beda plus bisa bayar cashless.

    Tapi food preparation iya juga sii...dikit-dikit.
    Jadi kalo ganti Modena, bakalan semua mua simpen di kulkas.
    Asiikk~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya, kapasitas modena gede, bisa simpan banyak bahan makanan

      Hapus
  14. Karena dulu rumah ku jauh dari supermarket dan pasar, saya selalu bikin food preparation.
    Seperti daging sapi berbumbu untuk isian Martabak, campuran dadar, casserole dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama ya kita mbak..
      Food prep emang sangat membantu ya

      Hapus
  15. Mbak Dee, kok pas banget kulkas di rumah memang harus dipensiunkan, hehe. Mesti cari pengganti, kayaknya Modena ini pas banget karena ada Smart Sensor-nya. Duo krucil di rumah itu hobi banget buka tutup kulkas padahal ya isinya itu-itu aja, haha. Kalau gini kan ga cepat rusak, sayur tetap awet dan tetap irit listrik. Hidup sehat bisa dimulai dengan pilih kulkas yang tepat ya Mbak. Thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas rudi, modena ini membantu kita untuk bisa hidup lebih sehat dan bahagia..
      Modena membantu menyimpan bahan makanan dgn awet dan tetap terjaga kualitasny

      Hapus
  16. bener juga ya, disiapin dulu. aku senengnya dadakan, alhasil ujungnya malah beli. cocok buat referensi deh, pas juga kulkasku lg rusak, dah tua dia mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya kak..
      enak bikin food preparation
      masak lebih mudah

      Hapus
  17. Nah ini saran dari banyak temen katanya gitu. Belanja banyak gak apa-apa lalu disimpan baik-baik dalam bentuk sudah siap sesuai takaran. Jadi setiap mau masak tinggal ambil cemplung Mateng.
    Sayangnya aku belum punya kulkas, di tempatku enggak semua rumah punya kulkas karena emang cuaca juga dingin.
    Bagus ini kulkasnya. Semoga besok bisa kebeli buat rumah baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu ya mbak, lalu klo simpan bahan makanan gmn

      Hapus
  18. Awalnya memang butuh waktu lama ya untuk food preparation ini. Tapi memudahkan proses berikutnya. Karena kita ga bingung mau masak apa

    BalasHapus