Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

5 Tips Anti Stres Dampingi Anak Sekolah dari Rumah Ini, Wajib Dicoba

 

Sekolah dari rumah
Stres dampingi sekolah dari rumah | Pixabay

5 Tips Anti Stres Dampingi Anak Sekolah dari Rumah - Tak terasa sudah memasuki bulan Desember, 2020 akan segera berakhir. Ini berarti sudah sembilan bulan lamanya anak-anak belajar dari rumah. 

Bagaimana perasaannya moms? Apa yang dirasakan selama sembilan bulan mendampingi anak-anak belajar dari rumah? Mungkin banyak dari kita yang capek bahkan stres ya karena harus  mendampingi anak-anak sekolah dari rumah. Apalagi masih ada kemungkinan bahwa sekolah dari rumah akan diperpanjang sampai akhir tahun ajaran baru, bulan Juli 2021.

Wahh masih enam bulan lagi ya moms. Nah mungkin 5 tips anti stres belajar dari rumah ini bisa moms coba. Biar moms tetap enjoy dan hepi mendampingi anak-anak sekolah dari rumah.

So, baca sampai habis ya ☺️☺️☺️


Sekolah dari Rumah

Sekolah dari rumah
Sekolah dari rumah | Pixabay


Sekolah dari rumah diambil sebagai keputusan terbaik agar anak-anak bisa tetap mendapatkan pendidikan meski di masa pandemi seperti ini. Dengan sekolah dari rumah anak-anak bisa tetap belajar tanpa khawatir tertular virus Corona COVID 19.

Sekolah dari rumah menjadi hal baru bagi beberapa pihak terkait. Tak hanya anak, orang tua dan guru pun harus beradaptasi dengan cara belajar yang  baru ini.

Orang tua mengambil peran guru dalam mendampingi anak-anaknya sekolah dari rumah. Tentu ini bukanlah hal yang mudah. Sebab selama ini sebagian besar orang tua mempercayakan urusan pendidikan anak secara sepenuhnya bagi guru. 

Baca Juga : Enam Pelajaran Berharga yang Anak Dapatkan Saat Sekolah dari Rumah

Sebenarnya saat sekolah dari rumah, guru juga tetap mengajar. Hanya saja, disini orang tua mengambil peran lebih besar dalam mendampingi anak-anak saat sekolah dari rumah. Orang tua harus memastikan anak-anak tidak terlambat mengikuti pelajaran via daring, mengontrol apakah semua tugas sudah disetorkan dan lain sebagainya. 

Tips Anti Stres Dampingi Anak Sekolah dari Rumah

Sekolah dari rumah
Anti stres dampingi sekolah dari rumah | Pixabay


Sekolah dari rumah membutuhkan kerja sama lebih antara orang tua dan guru. Orang tua terutama para moms mengambil peran kunci sebagai pendamping anak saat belajar dari rumah. 

Pekerjaan tambahan ini seringkali membuat para moms stres ya. Lalu bagaimana ya caranya agar moms tidak stres saat dampingi anak sekolah dari rumah? 

Berikut adalah lima tips yang bisa dilakukan.

1. Selesaikan Pekerjaan Domestik

Langkah pertama yang moms harus lakukan adalah selesaikan pekerjaan domestik sebelum jam sekolah anak dimulai. Ini penting, agar saat mendamping anak belajar, moms bisa fokus. Nggak kepikiran masakan di kompor ataupun jemuran baju yang belum diangkat. 

2. Beri Pengertian ke Anak

Berikan anak pengertian bahwa setiap hari, anak wajib sekolah. Ajak anak menyadari bahwa meski di rumah, mereka tetap punya kewajiban belajar seperti saat di sekolah. 

Ini bisa membuat anak tetap fokus saat jam belajarnya. Anak bisa belajar dan mengerjakan tugas-tugas sesuai jadwal. 

3. Pantau Jadwal Harian Anak

Jangan lupa untuk memantau jadwal harian anak. Pastikan moms tahu kapan anak harus online, kapan anak harus menyetorkan tugasnya. 

4. Ciptakan Suasana

Meski sekolah dari rumah, ciptakan suasana yang mendukung. Buat anak melakukan rutinitasnya seperti saat akan berangkat ke sekolah. Anak tetap bangun dan mandi pagi juga sarapan sebelum waktu belajarnya dimulai. 

Setting ruang belajarnya senyaman mungkin. Minta anak tetap berada di ruang belajar selama jam sekolahnya berlangsung. Jangan lupa minta anak memakai seragam sekolahnya. Suasana ini akan membuat anak bisa belajar dengan fokus seperti saat di sekolah. 

Baca Juga : 7 Kunci Sukses Dampingi Anak Sekolah dari Rumah 

5. Siapkan Perlengkapan Pendukung

Sekolah dari rumah membuat sebagian besar proses pembelajaran berlangsung secara online. Jaringan internet dan smartphone adalah dua perlengkapan pendukung suksesnya sekolah dari rumah. 

Pastikan jaringan internet di rumah stabil. Siapkan smatphone yang bisa diandalkan seperti hp Samsung  A 11. Samsung A11 menjadi smartphone yang tepat dalam membantu anak sekolah dari rumah. 


Semoga lima tips ini bisa membantu moms agar tidak stres saat dampingi anak sekolah dari rumah ya. Ditunggu cerita serunya mendampingi anak sekolah dari rumah di kolom komentar ya moms..



Terima Kasih

23 komentar

  1. Betul banget tips tipsnya
    Bersyukuuur banget aku anak2nya dah gede, kebayang yang masih punya dedek bayi gimana ya!

    Satu cara ampuh adalah si ibu memang harus santuy dan nyaman, dan karena yaaa sedia makanan kecil itu muahaaal jadi kalo aku sedia makanan berat aja sekalian! Ini karena anak anak akan "riwil" kalo perutnya lapar..

    BalasHapus
  2. Kita perlu tips dan mengikutinya biar bisa happy terus mendampingi anak belajar. Perlengkapan memang penting banget.

    BalasHapus
  3. Paling gemes kalau belajar di rumah itu soal jadwal, sih. Suka nawar, deh, anak2ku. Didukung dengan gawai yang mumpuni, belajar pun jadi lancar, ya

    BalasHapus
  4. ibu dan anak memang kudu belajar ikhlas dan mindfulness.
    ga gampang memang, apalagi kondisi serba tdk jelas seperti sekarang.
    yg penting tetap berusaha dan semangaaattt yhaaa

    BalasHapus
  5. sepakat sama semua tipsnya. Kalau kerjaan rumah udah beres, ibu pun akan tenang mendampingi anak-anak belajar. Tapi kalau koneksi internet lelet, ya bisa bikin bete juga. jadi perangkat pendukung juga sangat penting

    BalasHapus
  6. Benar sekali.. proses pembelajaran yang berlangsung secara online memerlukan jaringan internet dan smartphone, dua perlengkapan pendukung suksesnya sekolah dari rumah. Diantaranya dengan menggunakan perangkat samrphone Samsung. Pas anakku keduanya juga pakai Samsung nih..memang mumpuni

    BalasHapus
  7. Pandemi membuat Kaum Ibu lebih struggling terutama dalam hal mendampingi Anak untuk PJJ. Manajemen waktu jadi salah satu hal terpenting supaya semua kegiatan setiap harinya berjalan dengan baik. Perlu effort lebih dari biasanya terutama untuk Ibu dengan Bayi / Balita. Dan iya, gadget yang mumpuni sangat dibutuhkan mengingat semua proses pembelajaran dan pekerjaan mostly dilakukan secara online ya.

    BalasHapus
  8. Iya, bener semua nih. Paling kelimpungan kalo kerjaan domestik mengganggu proses belajar. Jd mmg sebaiknya musti bangun pagi banget buat nyelesaiin kerjaan Domestik

    BalasHapus
  9. Fasilitas pendukung yang wajib sekali ada buat abak anak belajar itu hp ya mbk. Kalo di desa, tugasnya paling via WA saja. Kalo di kota seringnya zoom ya mbk, jadi wajib punya hp

    BalasHapus
  10. Bener nih kita siap amunisi biar gak stress anak anak juga kalau sterss aneh aneh tingkahnya, jadi tetap semangat ya moms

    BalasHapus
  11. Huhu, aku nih salah satu ortu yang lumayan terbebani dengan PJJ ini. Anakku ini sensitif. Saat pelajaran susah, atau aku sedikit ngebentak, pasti aja anak langsung mogok dan nangis. Fyuuuh... semoga masih bisa bersabar ya. :D

    BalasHapus
  12. sejujurnya rada pusing banget PJJ akhir2 ini. ada 2 praremaja yang menguji kesabaran, dan 2 cewek yang aduuhh lah. hahha..

    suka bingung sama jam belajar 3 anak jg sih enaknya gimana baginya. karena sekolah ga ada zoom, cuma kasih tugas dr wa everyday aja. kebayang ga sih ��

    BalasHapus
  13. Diperlukan banget ya Mbak suasana yang mendukung terutama menggunakan baju seragam agar anak bisa fokus dan tidak bermain

    BalasHapus
  14. Penerimaan yang tulus orang tua terhadap kondisi anak juga menentukan cara kita mendidik anak di rumah ya mbak

    BalasHapus
  15. Seting ruangan yang nyaman juga penting buat kita yang kerja dari rumah ya, Mak.Biar mood tetep terjaga dan ga bikin stress juga. Lagi masa PAS gini di rumahku tiap pagi pasti rame juga karena ponakan harus standby di depan laptop buat setor muka dan adikku yang jadi emaknya malah nunda kerjaan domestiknya sampai PASnya selesai

    BalasHapus
  16. Di rumah yang sekolah online itu adikku tapi dia udah kelas 12 SMK jadi nggak serempong yang punya anak TK atau SD. Aku sering sih dengerin curhat temen-temenku yang stress dampingin anak-anaknya sekolah online, menguras energi banget..

    BalasHapus
  17. Pas awal-awal sekolah dari rumah itu tuh rasanya yang berat. Sepertinya karena saya selalu pengen anak saya jadi yang terbaik. Hahahah. Makin ke sini, saya udah ke situasi ya udah sih, gimana si anak nyaman sekolahnya. Gak usah pikir melulu harus dapat nilai bagus, dll.

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah banget kalau anak saya setelah diberi pengertian ternyata dia faham dan mulai dapat mengikuti pembelajaran online ini secara mandiri.

    BalasHapus
  19. Pada awalnya memang mendampingi anak belajar khususnya buat yang masih usia kelas kecil tu capek haha. Namunm, lama kelamaan ibu akan menemukan ritmenya sendiri ya mbak?
    Sepakat tu sebaiknya selesaikan kerjaan rumah tangga dulu biar fokus dan mungkin mengurangi standar jg hehe

    BalasHapus
  20. nah, agree with you, aku lagi kepoin juga nih samsung, buat Athifah dia enjoy drawing, jadi butuh tab buat support dia

    BalasHapus
  21. Kadang yg bikin stress krn kita juga harus work from home dan kerjaannya malah makin banyak meski WFH sementara anak2 juga demanding bnagt utk didampingi.
    Rasa dah gimanaa gt bbrp bulan kayak gini.
    So far msh berusaha utk melihat sisi positifnya supaya bs jaga mood

    BalasHapus
  22. Lha ini saya kalau pagi jadi gedubrakan. Anak saya bangunnya pagi, tapi males banget disuruh mandi. Biasa sebelum jam 6 saya sudah beres masak. Jam 7 mulai PJJ kan, langsung PJJ dulu sampai after zuhur. Habis zuhur gedubrakan lagi sama kerjaan rumah. Akhirnya kerjaan nulis yang dikorbanin untuk sementara waktu.

    BalasHapus
  23. Suka banget sama tips nya, tapi realitanya tu cem susah banget..apalagi kalo working mom, waktu harus bener2 di plot, kadang sampe lembur buat kerjain tugas kantor haha

    BalasHapus