Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Review Buku : The Cringe Stories

 

The Cringe Stories
The Cringe Stories | dokpri

Saat tahu kak Rijo menulis buku baru dan berbahasa Indonesia, saya langsung pesan. Saya sangat antusias ingin membaca buku kak Rijo. Penasaran dengan bukunya, karena selama ini hanya menikmati tulisan di blognya yang memang sangat enak dibaca. Pasti bukunya juga enak dibaca.

Apa lagi ini buku kumpulan cerpen, pastinya akan lebih enak dinikmati. Terus terang, saya jarang baca buku fiksi. Kalaupun baca, pilih yang ceritanya singkat, ya seperti kumpulan cerpen dari kak Rijo ini.

The Cringe Stories ini adalah kumpulan cerpen yang ditulis oleh Rijo Tobing. Ada sembilan kisah dalam buku ini. Semuanya berceita tentang kehidupan sehari-hari tapi dengan ending yang tak biasa. Jadi selesai membaca akan merasa kaget, meringis bahkan bergidik! Mungkin itu sebabnya diberi judul "The Cringe Stories".

Data Buku

The Cringe Stories
Buku dengan tanda tangan penulis | dokpri

Judul :
The Cringe Stories

Penulis :
Rijo Tobing

Desainer :
Liends

Penerbit :
Pustaka Pranala

ISBN : 978-623-7173-82-3
Cetakan Pertama : Oktober 2020

Biodata Penulis

The Cringe Stories
Rijo Tobing | rijotobing

Rijo Tobing ini adalah seorang ibu tiga anak yang sudah lama berkarya di dunia kepenulisan. Karya pertamanya adalah Randomness Inside My Head, sebuah kumpulan cerpen berbahasa Inggris yang diterbitkan pada tahun 2016.

Beberapa karya lain dari Rijo Tobing adalah Bond, Crazy Sick 2020, dan December. Saya mengenal kak Rijo dari KLIP (Komunitas Literasi Ibu Profesional) dan saat ini kami juga sama-sama tergabung dalam 

Drakor Class, komunitas drakor dan literasi 😊😊😊

Brulb

Tak ada yang setajam bilah
Menyembelih bak kata-kata
Menguak isi hati terdalam
Membongkar tabiat dan senyuman
Benak dan kalbu siapa yang duga
Semua laku ditunjukkan tangan

Tentang Buku The Cringe Stories

Saat melihat cover buku, terus terang saya mengira bahwa buku ini akan berisi kumpulan cerpen misteri. Sampul hitam bergambar telapak tangan sukses menampikan sisi kengerian tersendiri. Ditambah lagi judulnya "The Cringe Stories".

Tapi ternyata, tidak ada cerita misteri dalam buku ini. Eh ada sih. Satu cerita yang berjudul "Suara". Satu cerita pendek misteri yang ada di buku ini dan sukses membuat saya bergidik!

Buku setebal 165 halaman ini berisi sembilan cerita pendek yang mengangkat beragam kisah. Semua kisah yang ditulis disini sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari.

Misalnya, cerita yang berjudul "Pisau" yang menjadi cerita pembuka. Cerita pertama dalam buku ini mengisahkan tentang ibu dan anak yang sedang mencari rumah baru. Dimana pemilik rumah terlihat sangat mencurigakan sekaligus menyeramkan.

Asli saya ikutan ngeri saat membaca kata demi kata dalam kisah "Pisau" ini. Endingnya diluar dugaan, tapi pesan moralnya dapat ; tetap menolong orang lain meski nyawa kita sedang di ujung tanduk.

Ada juga cerpen yang berjudul "Galon". Mengangkat kisah seorang tukang galon yang tidak percaya dengan adanya virus Corona COVID-19, dimana akhirnya dia harus merenggang nyawa karena virus mematikan ini. Wah, cerita ini sangat related dengan kondisi sekarang ya. Sudah setahun pandemi terjadi, sudah banyak korban tapi tetap masih saja yang nggak percaya dengan pandemi ini...  😑😑😑

Saya begitu menikmati cerita demi cerita dalam buku ini. Mungkin karena ditulis dengan baik dan dalam bahasa yang ringan. Nggak terasa selama 1,5 jam duduk, buku ini habis saya baca.

Baca Juga : Buku Pulih : Kisah Inspiratif Perjalanan 25 Perempuan Bangkit dari Masalah Kesehatan Mental

Paling berkesan adalah cerpen yang berjudul "Handphone". Cerpen ini mengisahkan tentang anak yang terinspirasi dongeng ibunya untuk berbuat baik pada orang lain. Saat dia berbuat baik pada orang lain, ternyata dia malah tertimpa kemalangan. Ah ternyata, jadi orang baik itu susah ya. Ada saja cobaannya.

Secara keseluruhan, cerita pendek dalam buku ini sangat menarik untuk dibaca. Ringan namun sarat akan hikmah. Membuat kita mengerti bahwa apa yang kita rasakan tentu tidak sama dengan apa yang dirasakan oleh orang lain.

Berikut daftar isi buku secara lengkap :

Daftar Isi

Pisau
Mobil di Pengkolan
Handphone
Galon
Cermin
Rekening
Suara
Gendut
Ombak

Kesan dari Buku The Cringe Stories

The Cringe Stories

Sembilan cerita pendek dalam buku ini mengangkat kisah-kisah yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Setiap kisahnya menyadarkan pembaca bahwa apa yang kita pikirkan belum tentu hal yang benar. Kadang kita terlalu cepat mengambil kesimpulan dari apa yang nampak.

The Cringe Stories ini menyajikan kisah yang nyata meski judulnya buku fiksi. Setiap tokoh yang dikisahkan itu ada dalam kehidupan sehari-hari. Meski mengangkat kisah tokoh yang berbeda dalam setipa ceritanya, semuanya memiliki persamaan. Sembilan cerita mengakat kisah tokoh yang mengalami kesepian dalam hidupnya.

The Cringe Stories ini mengangkat dark stories yang ada di masayarakat. Tetapi sekelam apapun kisah yang disajikan, selalu ada pesan moralnya.

Baca Juga : Review Buku Cinta untuk Perempuan yang Tidak Sempurna

Setelah membaca buku ini, saya belajar untuk lebih berpikir terbuka terhadap setiap permasalahan yang ada. Bahwa setiap orang punya kisahnya masing-masing. Jangan cepat-cepat menghakimi dan mengambil kesimpulan dari pengamatan sepintas.

Nah bagaimana? apakah teman-teman sudah baca buku The Cringe Stories ini? Kalau belum dan tertarik membaca, bisa kontak langsung dengan penulisnya ya, mampir saja ke IG kak Rijo : @randomnessinsidemyhead.

The Cringe Stories
Bedah Buku | KLIP


Oh ya, teman-teman juga bisa menyaksikan acara bedah buku The Cringe Stories di FBG dan YT Kelas Literasi Ibu Profesional pada tanggal 21 Maret 2021 pukul 15.00-16.30 WIB. Jangan sampai ketinggalan ya, acaranya seru dan bertabur door prize 😍😍😍.

41 komentar

  1. Twist ending semua ya mbak Dee!

    Suka deh! Aku pertama kali berkenalan dengan kata twist ending ya pas gabung di Komunitas PBA. Aneh sih karena mereka kan penulis buku anak hwee hweee hweee...

    Tapi ternyata dengan membiasakan berpikir twist, menjadikan kita tidak terbiasa berpola pikir : The Princess Will Always have a Happy Ending Story.

    BalasHapus
  2. Aku suka baca cerpen mba karena ceritanya bisa dinikmati sekali duduk, jadi ga sampai kebawa mimpi saking penasaran sama ending-nya wqwq

    BalasHapus
  3. Nah mantap nih jadinya jangan melihat buku dari covernya aja, jadi baca dulu isinya ya. Apalagi ternyata isinya ada twist, wah makin penasaran buat disimak

    BalasHapus
  4. Selalu dibikin bengong sama cerita yang ga bisa ditebak endingnya... aku penasaran fullnya nih cringe...

    BalasHapus
  5. Kalau hanya lihat covernya terkesan kayak cerita horror padahal bukan, ya. Ceritanya juga ada yang sesuai dengan kondisi pandemi.Penasaran juga karena endingnya gak tertebak

    BalasHapus
  6. Hihihi kirain tadi tuh penulisnya laki Mba, ternyata mamak-mamak juga.
    Baca reviewnya bikin saya penasaran banget dengan bukunya.
    Sebenarnya saya kurang puas baca cerpen sih, tapi kalau kisahnya kece-kece, kan bikin penasaran juga :)

    BalasHapus
  7. Baca kumpulan cerpen gini lebih enak buat saya soalnya kadang baru baca beberapa lembar, udah keburu disamber bukunya sama anakku. Baca review ini jadi penasaran juga.

    BalasHapus
  8. bukunya bikin penasaran baca

    udah lama nggak beli buku, kayanya sekarang harus mulai hunting buku the cringe stories

    BalasHapus
  9. Kak Rijo Tobing ini salah satu penulis/content creator favorit akuuu
    kalo mampir di blognya, serasa pengin baca semuaaaa tulisan yg dia bikin
    ga heran, aku super mupeeengg dgn The Cringe Stories ini.
    Keren!

    BalasHapus
  10. Covernya saja sudah bikin bergidik Mom. Hihihiii ... tapi ternyata bagus banget ya isinya. Boleh banget nih rekomendasinya. ❤️❤️❤️

    BalasHapus
  11. Sampul dan isinya buku kelihatannya perlu menyiapkan adrenalin karena bagus.

    BalasHapus
  12. Wih, mantap banget nih antologi cerpennya mbak Rijo Tobing. Meski sampulnya rada-rada serem gitu liatnya, tapi cerpen-cerpennya pasti menarik untuk disimak.

    BalasHapus
  13. wah menarik dibaca nih kumpulan-kumpulan cerita cringe dalam satu buku, boleh juga nanti cari klo pas ke toko buku

    BalasHapus
  14. ada sembilan cerita di dalam buku cringe yang kalo dibaca seperti kejadian sehari-hari ya, semacam relate gitu

    BalasHapus
  15. Terima kasih ulasannya mbak. Aku kira juga karena judulnya the Cringe, maka isinya bakal cerita misteri semuanya, taernyata nggak semuanya ya mbak.
    Bleh nih jadi rekomendasi.

    BalasHapus
  16. The Cringe Stories tapi hanya satu cerita misteri dalam buku ini, wah, penasaran..kalau film suka menghindari genre ini, tapi buku masih mau lah baca, jadi penasaran saya

    BalasHapus
  17. kalo endingnya cerpennya sulit ditebak bikin makin penasaran buat baca mba :) apalagi buku ini ada yang pas banget ceritanya dengan kondisi saat ini, tentang pandemi. Siap kepoin lebih lanjut mba Dee

    BalasHapus
  18. Paling suka baca buku kompilasi artikel atau cerpen dari seorang penulis. Kita bisa melahap beragam cerita dari satu buku yang sama. Konsep yang akhirnya akan saya ambil untuk buku solo pertama saya. InshaAllah

    BalasHapus
  19. wah asiknya ntar ada event online nya ya... Duh kebayang nih kalo baca buku genre horor gini kayaknya gak berani baca malem2 deh..

    BalasHapus
  20. Tak ada yang setajam bilah
    Menyembelih bak kata-kata
    Menguak isi hati terdalam
    Membongkar tabiat dan senyuman
    Benak dan kalbu siapa yang duga
    Semua laku ditunjukkan tangan

    Duhh, kak Rijo Tobing ini DAEBAAKK banget!
    Pilihan diksi dan ide2nya segaarrr, out of the box ya mba.
    Keren!

    BalasHapus
  21. Wah aku belum pernah baca buku bukunya. Kayaknya harus beli satu karena Oke buat di rekomendasiin

    BalasHapus
  22. Asli, aku penasaran dengan bukunya Mbak Rijo, mau ah pantengin bedah bukunya besok ya.. Izin simpan posternya ya biar nggak lupaa...

    BalasHapus
  23. Walau kelam tetap ada pesan moral ya.. kayaknya cakeep nih bukunya mbaa. Bisa dapetin sesuatu dari buku ini, asyik bangeet. Sukses yaa utk buku kak Rijo Tobing

    BalasHapus
  24. Penasaran juga dengan Buku The Cringe ini, semua cerpennya pasti punya makna cerita sendiri2 yang susah ditebak di awal ya (kayaknya), mau baca bangeeet

    BalasHapus
  25. Wah keren nih kayaknya bukunya. Kepengen deh bisa baca semua ceritanya. Sama nih, sekarang ini aku jarang banget baca buku fiksi. Cerita yang panjang. Palingan juga kumpulan cerpen. Buku ini kayaknya pas nih buat aku. Suka juga dengan tulisan Rijo Tobing. Aku baca blognya. Kebetulan satu komunitas, di komunitas MGN.

    BalasHapus
  26. Jadi penasaran ingin membaca blog dan buku-buku Rijo Tobing. Keren ya bukunya dalam Bahasa Inggris semua. Btw blog Kak Rijo Tobing apa namanya Mbak?

    BalasHapus
  27. Penasaran euy pingin baca bukunya. Aku kira buku ini itu buku cerita misteri gitu, karena lihat covernya, ternyata salah ya. Banyak kisah kelam yang dituangkan dalam sebuah cerita, menarik sekali

    BalasHapus
  28. Aku banyak baca ripyuan The Cringe ini di blog mentemen dan keren pisan tulisan2nya menginspirasi banget. Jadi kepo sama semua isinyaa, yang kek horor ngeliiat covernya padahal ...

    BalasHapus
  29. Aku catat ah tanggal tayang di YT tanggal 21 Maret ya. Penasaran itu tentang kang Galon, gimana akhir cerita nya

    BalasHapus
  30. Iya, pertama lihat temanku menunjukan buku Cringe ini kok horor ya? serius dan serem yaaa?

    Dah banyak ya yang suka ngereview buku the cringe ini.

    BalasHapus
  31. Wah jadi penasaran nih sama cringe stories.. kayanya cerpennya seru seru semua ya maaaak

    BalasHapus
  32. Loh nama rijo tuh perempuan toh. Saya pikir laki2. Bener deh, Mba. Apalagi pas ngeliat fotonya, potongan rambutnya kayak laki. Eh pas baca.. ternyata ibu dari 3 anak.

    BalasHapus
  33. Kisahnya sungguh luar biasa.
    Aku suka banget sama kak Rijo yang kisahnya sederhana dan diakhiri dengan luar biasa.
    Pembaca diajak berkelana liar ke runag pikir kak Rijo.

    Sukses terus, kak Rijo.

    BalasHapus
  34. Kalau lihat covernya tuh berasa kayak misterius gitu ya mba. Baca reviewmu ini ternyata kok bukan buku misteri gitu. Menarik nih, jadi pengin baca.

    BalasHapus
  35. wah bedah bukunya besok ya mba jadi penasaran baca bukunya nih soalnya menarik gitu tema bukunya

    BalasHapus
  36. Aku kira buku ini tuh buku cerita horor loh mbak soalnya sampulnya kayak buku cerita horor. Hehe

    Tapi justru bikin penasaran sama isi bukunya nih.

    BalasHapus
  37. Wah sore nanti ya mbak. Aku udah lama ga baca cerpen nih. Seperti nya menarik. Aku suka cerpen dg bahasa ringan biar mudah dipahami. Hehe

    BalasHapus
  38. Ga sabar mau baca buku ini. Alhamdulillah tempo hari menang kuisnya, hehe.
    Eh tapi kayaknya baca saat siang aja supaya ga parno

    BalasHapus
  39. kirain novel horor, taunya novel tentang pengalaman sosial ya mak, dikemasnya apik ya. jadi penasaran aku mau baca.

    BalasHapus
  40. Sudah lama gak baca Kumcer. Btw baru tahu kalau Kak Rijo ini juga adalah seorang penulis buku. Selama ini tahunya beliau nulis di blog saja hehe. Kenal beliau juga di KLIP, hehe

    BalasHapus
  41. Paling suka dengan cerita yang endingnya nggak mudah ditebak.karena selalu bisa buat penasaran saat bacany. Menarik nih kisah2 cerpen di buku ini kalau liat ulasan singkat dari tulisan mbak Dee. Cari ah bukunya☺

    BalasHapus