Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Ngeblog Produktif dan Bahagia

Ngeblog Produktif dan Bahagia

Ngeblog Produktif dan Bahagia - Kalau ditanya apa harapan terbesar saya buat blog ini, Apakah sering menang lomba blog? Atau banyak dapat penawaran kerjasama? Atau sekadar hanya ingin rutin menulis setiap harinya?

Menjadi Blogger Profesional

Sudah tiga tahun ini saya menekuni profesi sebagai blogger. Blogger menjadi pekerjaan yang pas buat saya yang memilih lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bersama anak-anak.

Alhamdulillah sejauh ini hasil menulis di blog menjadi pemasukan tersendiri bagi saya. Senang rasanya bisa menghasilkan penghasilan dari menulis. Bukankah yang paling enak itu adalah hobi yang dibayar?

Sepanjang tiga tahun ini saya banyak belajar. Bahwa menjadi blogger itu tidak cukup bisa menulis saja. Banyak skill lain yang harus saya kuasai. Mulai dari fotografi, videografi hingga teknik-teknik blogging lainnya termasuk SEO.

Menjadi blogger juga tidak hanya untuk mendapatkan penghasilan saja. Tapi banyak pengalaman berharga lainnya. Apalagi saat bertemu dengan teman-teman blogger lainnya dalam komunitas blogger. Saya bisa banyak belajar dari teman-teman yang lebih dulu menekuni profesi blogger ini. 

Baca Juga : Sukses Menjadi Blogger Profesional

Peluang Blogging

Sebenarnya banyak sekali peluang blogging yang bisa kita manfaatkan. 

⏺️ Sponsor Post

Sponsor post menjadi salah satu peluang yang menjanjikan buat blog. Sponsor post adalah menuliskan artikel atau bisa juga menerbitkan artikel yang disediakan oleh klien. Alhamdulillah blog saya ini sudah rutin menerima sponsor post setiap bulannya. 

Baca Juga : 14 Langkah Monetisasi untuk Mendapatkan Peluang Penghasilan dari Blog

⏺️ Lomba 

Lomba blog bisa menjadi salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan. Saya sering ikut lomba blog, meski sering kalah juga. Haha.

Lomba blog sebenarnya tak sekadar berburu hadiah. Tapi juga bisa mengasah skill blogging lho. 

⏺️ Jasa Backlink

Menulis artikel untuk memberikan jasa backlink pada website klien juga menjadi peluang blogging yang cukup menjanjikan lho. 

Baca Juga : 4 Alasan Mulai Ngeblog

Cara Optimalkan Peluang Blogging

Nah klo sudah tahu apa peluangnya, pastinya kita ingin bisa memaksimalkan peluang tersebut bukan? Saya juga begitu. Lalu apa yang saya lakukan untuk meraih peluang tersebut? 

Ini cara yang saya lakukan untuk mengoptimalkan peluang blog adalah : 

⏺️ Belajar teknik blogging

⏺️ Memahami SEO

⏺️ Membangun personal branding

⏺️ Bergabung dengan komunitas blogger 

Baca Juga : Tips Membangun Personal Branding Bagi Blogger

⏺️ Belajar fotografi dan videografi

⏺️ Belajar desain

⏺️ Manajemen waktu

⏺️ Rutin menulis setiap hari

Harapan Terbesar untuk Blog

Lalu sekarang apa harapan terbesar saya untuk blog ini? Harapan terbesar saya sederhana : ingin ngeblog produktif dengan bahagia!

Saya ingin terus produktif menulis di blog. Menghasilkan tulisan-tulisan yang inspiratif dan bisa menebar manfaat bagi banyak orang. Akan senang dan bangga jika tulisan saya bisa membantu banyak orang. 

Saya ingin blog ini menjadi ladang penghasilan yang barokah bagi saya. Darimana datangnya akan saya terima. Mau dari sponsor post, lomba maupun jasa backlink. Semua akan saya terima asalkan halal dan sesuai dengan nilai yang saya miliki. 

Saya ingin menulis blog dengan bahagia. Menerima setiap kesempatan yang datang. Dan selalu bersyukur dengan setiap rezeki yang datang dari blog ini. 

Sederhana bukan? 

Bagaimana dengan teman-teman? Apa harapan terbesar teman-teman dari blog yang dimiliki? 

Ditunggu ceritanya di kolom komentar ya..

Terima kasih.

#Day3

#BPNRamadan2021


21 komentar

  1. Ini kayaknya harapan semua bloger di kolong langit ya Mba :D
    Semangaaatt upgrading skills plus menjemput rezeki!

    BalasHapus
  2. Yaa .. Kalau sudah bicara monetisasi, penghasilan, uang, sebenarnya sudah bukan lagi di ranah blogging. Itu sudah masuk ke ranah bisnis dan mau tidak mau memang harus belajar lagi berbagai teknik bisnis dan marketing.

    Tujuan akhirnya juga berarti memang sudah uang.

    Hanya memang harus dikompromikan antara kesukaan, kesenangan, hobi, dan uang. Juga suka atau tidak suka harus belajar banyak ilmu lainnya untuk meningkatkan daya saing.

    Itu kalau memang sudah berpikir ke arah "menghasilkan" materi..

    Salam kenal mbak..

    BalasHapus
  3. Waduh baru 3 tahun tetapi udah kerenn bangetttt....
    Hasil emang nggak mengkhianati hasil ya
    Mbak Dee saya lihat selalu konsisten menulis, malah sekarang ikut BPN dan Kompasiana ya?
    Jaga kesehatan sayangkuuu.....sukses ya

    BalasHapus
  4. Makasih sharingnya ya mba. Aku ngeblog ya ngeblog aja rupanya banyak ya peluang yang bisa didapat 😘

    BalasHapus
  5. Ternyata samaan kita Mba, saya juga baru 3 tahunan aktif ngeblog, meski udah lama punya blog, tapi sebelumnya nulis sesukanya aja.

    Baru 3 tahun belakangan ini serius ngeblog.
    Yang jelas, memang setuju sama Pak Anton, kalau blogging sebenarnya hanya sekadar menulis dll itu, kalau mau masuk penghasilan, butuh banyak hal yang harus kita persiapkan.

    Semangat selalu untuk kita :)

    BalasHapus
  6. Ah bener banget. Ngeblog produktif dan bahagia itu juga jadi mimpi-mimpi saya. Plus selalu belajar mengembangkan diri agar blog kita semakin berkualitas, enak dibaca dan membawa manfaat bagi para pembacanya. Semangat ngeblog Mbak Dee.

    BalasHapus
  7. Akuuuu... suka nulis emang anaknya. Segitu aja udah happy banget, gak receh loh kebahagiaan menulis itu.

    Makanya kenal blog, blogging rutin dan kenalan ama para blogger, rasanya aku pengen bilang, aku melakukan hobi yang berujung tersampainya semua mimpi!

    BalasHapus
  8. Masih jadi PR besar nih bagi saya untuk bisa menulis tiap hari.
    Tapi memang saya nggak mau memaksakan diri sih, karena ngeblog itu bagi saya buat hiburan juga, kalau dipaksan nulis, malah jadinya tertekan

    BalasHapus
  9. Tapi untuk sering dapat job, DA minimal 10, saya masih di bawah 😂 bagi tipsnya dong Mbak buat meningkatkan DA dan PA Blog. Hiksss ... Apa harus pakai jasa web lain buat backlink kan web blog kita gitu ya?

    BalasHapus
  10. Saya awal ngeblog karena hobi seneng nulis aja. Tapi makin ke sini ternyata terbuka peluang dapet penghasilan dari blog.

    Saya nikmati aja prosesnya. Ya, biar bahagia ngeblognya.

    BalasHapus
  11. Ngonten memang perlu komitmen setiap waktu dengan conten planning terjadwal. Blogging hobi yang bisa dikembangkan profesional.

    BalasHapus
  12. Harapan daku, biar blog daku tetap hidup dibaca dan disukai para pembaca, di komentari bahkan di share

    BalasHapus
  13. Semua pekerjaan akan menjadi menyenangkan jika dijalani dengan hati riang. Memang pekerjaan blogger nih bukan cuma nulis makanya upgrade berbagai skill itu penting banget. Sekarang pun saya sudah menikmati masa mendapatkan penghasilan dari berbagai job di dunia blogging.

    BalasHapus
  14. Yang pasti pengennya blogku bermanfaat buat orang yang mampir..menemukan solusi,pencerahan,hal2 bermanfaat lainnya...

    BalasHapus
  15. Bermanfaat dan bikin diri lebih baik adalah harapan kita semua pasti nya ya. Semoga saja keinginan kita ini tercapai ya Mbak...

    BalasHapus
  16. Masih pr buat aku nulis tiap hari. Bulan februari sama maret aja itu cuma berapa biji postingan.
    Tapi aku tetap senang sih ngeblog karena banyak banget manfaatnya. Terutama sambil berkomunitas.

    BalasHapus
  17. Samaan Kak. Saya bertujuan memang menjadikan blog sebagai pekerjaan. Karena itu berusaha buat belajar banyak hal yang belum diketahui. Mulai dari SEO, desain, dll.

    BalasHapus
  18. Kalau ingin terus konsiten menulis blog memang salah satu kunci utamanya harus bahagia. Biar ide terus mengalir dengan lancar. Kita juga jadi gak terpaksa ngeblognya

    BalasHapus
  19. ngeblog itu untuk bahagia tapi kalau udah menyerang mental health tandanya ada sesuatu yang keliru ya dari visinya. ada banyak hal yang masih harus dipelajari dari ngeblog ini, aku pun sama sih. semangat kak!

    BalasHapus
  20. Nge blog yang bikin bahagia itu kalau menurut aku sih bisa share hal yang bermanfaat dan kita nya juga gak gak jadi suatu hal yang membebankan sampe stress karena dikejar deadline.

    BalasHapus