Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

5 Menu Makanan Favorit Saat Terlambat Sahur

menu sahur favorit


Pernah nggak terlambat bangun saat sahur? Saya pernah! Bahkan saat hari pertama puasa! Saya bangun pukul 4 pagi. Dimana waktu sahur tinggal 15 menit saja. 

Duh auto gedubrakan dong. Bingung, mau masak apa buat makan sahur. Beruntung ada 5 bahan andalan yang bisa dijadikan menu favorit saat terlambat sahur. 

Apa saja? 

⏺️ Buah-buahan

Beruntung di lemari es selalu ada buah-buahan. Selain kurma, biasanya saat puasa saya selalu stok beberapa buah. Ada semangka, apel, pir, anggur dan kelengkeng. Sengaja memilih buah-buahan yang kaya air. Biar nggak bikin haus saat puasa. 

Baca Juga : 3 Resep Andalan Saat Ramadan yang Susah Dilupakan

Sahur dengan buah itu enak lho. Nggak cuma praktis dan cepat makannya, juga sehat buat badan. Dan menjaga kita terhindar dari dehidrasi saat puasa. 

⏺️ Roti tawar

Roti tawar juga bisa jadi menu andalan saat terlambat sahur. Cukup oles dengan selai pilihan atau mentega, roti tawar bisa menjadi asupan energi untuk berpuasa seharian. 

Baca Juga : Nasi Biryani, Kreasi Menu Buka Puasa yang Tak Biasa

⏺️ Sereal

Sereal juga enak buat makan sahur. Cukup tambah susu dan potongan buah, sereal bisa jadi menu andalan saat sahur. Sehat dan bergizi tentunya. 

⏺️ Frozen food

Siapa yang hobi stok frozen food di rumah? Saya selalu stok frozen food di rumah. Frozen food ini biaa membantu saya menyiapkan hidangan yang praktis saat Ramadan. 

Bila tak ada waktu masak yang ribet saat sahur, frozen food jadi andalan. Cukup goreng sebentar, menu sahur pun siap.

⏺️ Makanan instan

Dalam kondisi darurat, makanan instan juga bisa jadi andalan saat sahur. Bermacam-macam makanan instan seperti mie instan, ikan kalengan, kornet bisa dijadikan menu sahur yang cepat. 

Baca Juga : Kastengel, Kue Lebaran Favorit

Tapi ingat, jangan terlalu sering ya. Tentu akan lebih baik dan sehat bila makan sahur tidak dengan makanan instan. 

Ini tadi cerita saya tentang menu makanan favorit saat terlambat sahur. 

Bagaimana dengan teman-teman? Apa menu makanan favorit saat sahur? 

Adakah yang pernah terlambat sahur seperti saya?


Yuk berbagi cerita di kolom komentar..


#Day25

#BPNRamadan2021

9 komentar

  1. frozen food dan makanan instan adalah salah dua penyelamat perut yg sata pilih saat telat bangun..hehe.. karena meskipun buah2an tersedia tp blm bisa sahur ekslusif buah.. nah klo sereal memang blm pernah coba nih..

    BalasHapus
  2. Mie instan dan frozen food adalah jalan ninjaku saat sahur mendekati imsak. Kebayang kalau enggak sahur. Ditambah lagi sahur itu Sunnah.

    BalasHapus
  3. Kalau berdasarkan pengalaman sahur kemarin, ketika bangun sahurnya sudah terlanjur mepet dengan waktu imsyak, biasanya yang dipilih adalah memasak makanan instan, macam mie atau pasta. Selain itu, frozen food bisa jadi alternatif pilihan hntuk makanannya, selain tentu saja mendadar telor.

    BalasHapus
  4. Dulu, saat masih ngekost saya pernah bangun terlambat eh ke warteg sisanya cuma kuah2 aja. Jadi perbanyak minum air putih sama telor ceplok aja. Makanan frozen food bisa jadi alternatif ya mbak, kayak makan dimsum gitu, tinggal kukus sebentar.

    BalasHapus
  5. dulu pas jaman tinggal sendirian , selalu sedia makanan yang sama seperti di atas just in case terlambat sahur. Minimal ga kosong amat perutnya. Tapi yang paling penting buat saya minum. Jadi jangan sampai pasokan air habis. wkwkwk peluk galon

    BalasHapus
  6. Salam dari tim Frozen Food! Kwkkwkw..
    Asli kalau udah telat bangun itu apalagi waktu mepet banget, itu udah ga bener lagi pasti. Udah ngga kepikiran mau megang apa, yang keinget, telinga fokus denger denger kali udah adzan. Hectic parah kalau udah begitu, dan frozen food menjadi penenangnya. Heuheu :v

    BalasHapus
  7. Iya banget..
    Kami malah beberapa kali udahlah telat bangun, nasi belum matang.
    Huaaaa~
    Jadi andalan adalah stok mie cup. Hehhee..anak-anak cukup kenyang denhan menu sahur praktis ini.

    BalasHapus
  8. Selama puasa sebulan kemarin, 3 kali aku mbak nyaris terlambat sayur. Bahkan sampai makan sayur kemarin yang ada di kulakas belum sempat diangetin saking buru-burunya. heheh

    BalasHapus
  9. Ya Allahh, aku biasanya kalo hmpir telat sahur, minum air doang. Tapi bulan ini, alhamdulillah ga ada drama dadakan sahur mendekati imsak hhehehe
    Palingan juga waktu itu, dadakan, lngsung bikin makanan ato minuman instan aja

    BalasHapus