Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Novel Kekasih Semusim : Menikmati Praha Bersama Kekasih Semusim

 

Kekasih Semusim

Sesekali saya menyempatkan untuk membaca buku-buku fiksi. Meskipun selama ini saya lebih banyak menulis non fiksi, dengan membaca buku fiksi saya bisa melenturkan tulisan-tulisan non fiksi saya agar lebih renyah dinikmati. Selain itu membaca buku fiksi bisa membuat saya lebih rileks, seperti saat membaca novel Kekasih Semusim. Saya seperti diajak jalan-jalan ke Praha, yang merupakan setting dari novel ini.

Tulisan demi tulisan yang ada di novel Kekasih Semusim ini dituturkan dengan apik. Kemampuan storytelling penulisnya sudah tak diragukan lagi. Romansa yang ada pada novel ini tergambar nyata, saya bisa merasakannya meski hanya lewat tulisan. Novel Dini Fitria ini membuat saya seolah-olah menikmati Praha bersama kekasih semusim.

Kekasih Semusim

Novel Kekasih Semusim ini membuat saya tak hanya bisa memikmati romansa Kanaya dan Reno saja. Tapi juga mengajak saya menikmati Praha secara utuh. Mulai dari keindahan alamnya, sejarahnya, kemegahan landmark nya hingga kelezatan kuliner khasnya. 

Ada tiga tokoh utama dalam novel ini, Kanaya, Reno dan Nina. Ketiganya punya rahasia tersendiri tentang cinta yang dirasakannya. Meski judulnya Kekasih Semusim, novel ini tidak hanya bercerita romansa tentang sepasang kekasih saja. 

Romansa yang diangkat dalam novel ini sangat kompleks. Mulai dari cinta sepasang kekasih, cinta ibu pada anaknya hingga cinta kepada tanah air. Komplit!

Kekasih Semusim


Judul : Kekasih Semusim

Penulis : Dini Fitria

Penyunting : Jia Effendi

Jumlah Halaman : 412

Penerbit : PT. Falcon

Cetakan Pertama : April 2021

ISBN : 978-602-6712-63-3

Praha

Bagi saya yang belum pernah sekalipun pergi ke luar negeri, Eropa adalah kemegahan tersendiri. Tak jarang saya senang sekali jika membaca buku dengan setting Eropa. 

Kekasih Semusim membuat saya bisa berjalan-jalan menikmati Praha dalam setiap lembar-lembarnya. Saya serasa ikut berpetualang menjelajah tempat-tempat ikonik di Praha. Mulai dari Astronomical Clock, tempat dimana Kanaya dan Reno bertemu, alun-alun Praha yang melegenda hingga Cafรจ Louvre sebuah kafe tua tempat dimana Franz Kafka dan Einstein bercengkrama di waktu muda.

Baca Juga : Review Buku : Cinta untuk Perempuan yang Tidak Sempurna

Di Praha selain banyak kastil juga ada gedung-gedung Bohemian dengan gereja gepeng yang tinggi menjulang, membuat suasana antik begitu kental terasa. 

"Praha itu wanita cantik yang pintar bersolek meski usianya tak lagi muda,"  (hal 91)

Novel ini juga membawa saya pada kelezatan kuliner khas Czech. Mulai dari beef goulash soup, bebek panggang saus, red cabbage, kentang kukus hingga Trdelnik, pastry seharga 50 Euro!!

Memaknai Arti Cinta 

Kekasih Semusim

Membaca novel Kekasih Semusim ini membuat saya semakin memaknai arti cinta. Bagian yang paling berkesan adalah tentang cinta ibu kepada anak perempuan. Bagaimana dengan segala keterbatasannya sebagai ibu tunggal, Nina memiliki cinta yang sangat berlimpah untuk anaknya, Kanaya. Cinta yang begitu besar ini membuat Nina ingin selalu melindungi anaknya. Namun, diartikan sebagai rasa posesif yang besar bagi Kanaya. 

Ibunya serasa tak memberikannya ruang. Hidupnya serasa diatur dan tidak merdeka. Kanaya ingin bebas dari ibunya. Inilah yang membuat dia ingin segera menikah. Ah, andai Kanaya tahu, pernikahan itupun sejatinya bukanlah sebuah kebebasan. 

Baca Juga : Buku Pulih, Kisah Inspiratif Perjalanan 25 Perempuan Bangkit dari Masalah Kesehatan Mental

Cinta yang dirasakan Kanaya sangat menggebu-gebu. Dia sangat beruntung punya kekasih seperti Reno. Tak hanya rupawan, Reno juga memiliki harta berlimpah. Membantu setiap kesulitan Kanaya. Reno adalah guardian angel nya. 

Dalam usia yang tak lagi muda, Reno punya pandangan yang berbeda tentang cinta. Dia ingin Kanaya bahagia, memberikan setiap kemewahan adalah caranya untuk mencintai Kanaya. Padahal, kemewahan saja tidak cukup untuk membuktikan rasa cinta, ya. 

Tak hanya kisah Nina, Kanaya dan Reno saja yang dibahas dalam novel ini. Ada juga kisah eyang Yono, saksi sejarah yang telah direnggut paksa kewarganegaraanya. 

Dari eyang Yono, pembaca diajak menjelajah sejarah panjang politik di Indonesia. Dimulai dari kelamnya peristiwa G 30 S/ PKI, kejatuhan orde baru hingga euforia reformasi. 

Tak hanya sejarah saja yang diceritakan oleh eyang Yono. Banyak sekali nasihat-nasihat kehidupan yang diberikannya. Mulai dari bagaimana cara kita memandang masa lalu, memaknai arti cinta, menjalani peran sebagai orang tua hingga memperlakukan masa lalu. 

"Kamu boleh marah pada masa lalu, tetapi kamu tidak bisa mengembalikan apa yang sudah terjadi dulu, ke hari ini." (hal 122)

Novel Kekasih Semusim membuat saya bisa menikmati keindahan Praha seraya menikmati romansa kekasih semusim. Bila teman-teman ingin tahu bagaimana kelanjutannya kisah Kanaya, Nina dan Reno sekaligus ingin menikmati kecantikan Praha, pastikan ikut membaca novel ini juga ya. 

Teman-teman bisa menghubungi penulisnya langsung lewat laman instagramnya @Diary.Dinifitria

Rasakan keindahan Praha bersama kekasih semusim. 


18 komentar

  1. Jadi pingin ke Praha ....

    hehehe pingin baca bukunya agar bisa ikut tamasya ke Praha dalam angan ^^

    BalasHapus
  2. Buku Kekasih Semusim ini patut dimiliki dan dibaca. Bisa sambil membayangkan kita berada di Praha ya mbak Dian ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜ Kisah cinta yang komplit ada di sini...Duh kuliner Czech ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Mauuuuu ๐Ÿ˜‹

    BalasHapus
  3. Praha memang luar biasa. Banyak sudut untuk sekedar diam, menikmati landscape atau sekedar minum kopi sembari melamun atau ngobrol dengan orang terdekat. Kalau ke sini mungkin baru puas setelah 1 bulan. Saya pernah tinggal kurleb 1 minggu untuk urusan bisnis beberapa tahun yang lalu. Sayangnya saat itu hobi menulis belum tersalurkan karena terikat waktu yang ketat untuk bekerja. Seandainya bisa balik lagi ke sana.

    Membaca sinopsi ini, setebal 412 halaman, tentu bukan hal yang mudah bagi sang penulis. Setidaknya dalam setiap bagian flows bercerita yang runut dan berkualitas harus bisa dipertahankan hingga bagian terakhir. Salut untuk penulisnya.

    BalasHapus
  4. Besok2 kalo pas ke gramed lagi coba mau cari2 buku kekasih semusim ini, mudah2an sudah tersedia ya kak. Jadi penasaran isi bukunya. Bagus tuh, sepertinya ada kisah perjuangan G30S/PKI .

    BalasHapus
  5. Aku suka halu bayangin seting cerita di novel deh kak apalagi Praha salah satu tempat indah di Eropa sana ya, semoga bisa kesana deh

    BalasHapus
  6. wah aku belum baca novel dari mbak Dini, tapi dari resensi dan pernah ikut kelas webinarnya tulisan novelnya pasti menarik.

    BalasHapus
  7. lihat sinopsohnya sih seru banget nih buku kekasih semusin, jadi pengen baca kisah cinta kekasih semusim, cus ah beli bukunya.

    BalasHapus
  8. Sinopsisnya singkat tapi ceritanya dalam, sebuah kisah yang menceritakan pengalaman dan kehidupan.

    BalasHapus
  9. Daku pas baca bukunya, langsung kebayang tentang latar tempat di Praha yang indah, karena skripsinya sangat bagus disampaikan

    BalasHapus
  10. Dini Fitria nih jaminan mutu produk literasi yg ciamik banget ya Mbaaa
    Apalagi setting-nya di Praha
    Kebayang aura indah dan amazing-nyaaaa

    BalasHapus
  11. Setting-nya membuatku pengen baca bukunya. Entah mengapa, setting di luar negeri selalu membuat saya tertarik

    BalasHapus
  12. Judulnya bikin penasaraaan ... Tapi bener loh, kalau sudah bicara Eropa, rasanya mata kita membaca huruf demi huruf di atas kertas, tapi angan kita udah melayang-layang sampai kesana. Gimana ya, keindahan bangunan-bangunan di Eropa tuh luar biasa. Semoga suatu saat nanti bisa kesana. Eh, sambil bawa novel Kekasih Semusim dan berfoto di sana, keren kali yaaa.

    BalasHapus
  13. udah setahun ga baca novel menarik juga baca novel ini

    BalasHapus
  14. menarik nih bukunya, jadi pengen baca juga. dini fitria keren2 bukunya...Setting cerita di LN keren ya. pengen deh bisa bikin cerita keren kaya praha ini.

    BalasHapus
  15. Sudah lama gak ngulik novel romance Indonesia. Sedang senang-senangnya dengan tulisan penulis Asia Timur nih. Membaca buku itu menyenangkan, otak berpetualang tetapi badan tetap tinggal di rumah.

    BalasHapus
  16. Berarti di sini dibahas soal cinta secara universal juga yaa. Paling mengharu biru sih klo ngomongin cinta anak ke ibu atau cinta ibu ke anak hiks. Anw aku jadi penasaran sama pastry 50 euro! wkwk

    BalasHapus
  17. Aku punya bukunya hore, tapi belum kelar baca mba hehehe

    tebel banget soalnya ya, tapi kisah yang apik dan seru.

    BalasHapus
  18. Aku baru tahu novel ini. Sepertinya tertarik juga membacanya. Next, semoga kebeli.

    BalasHapus