Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

5 Program Learning and Development untuk Mengembangkan Kualitas Karyawan

 

 

Kualitas karyawan akan menentukan kinerja dan progress perusahaan secara umum. Untuk itulah perusahaan mengupayakan berbagai cara agar karyawan dapat mengeluarkan kinerja terbaiknya, salah satunya melalui program learning and development.


Program learning and development ini akan membantu karyawan untuk meningkatkan skill, baik soft skill maupun hard skill. Diharapkan kemampuan karyawan dapat berdampak terhadap kemampuan kerja, dan akhirnya juga menguntungkan pihak perusahaan.

Apa saja jenis program learning and development yang biasa dilakukan? Mari simak ulasan di bawah ini!

Kepemimpinan

Yang pertama, pelatihan yang sering diadakan di perusahaan adalah pelatihan kepemimpinan. Pelatihan kepemimpinan ini umumnya akan diberikan kepada karyawan yang hendak dicalonkan untuk mengisi posisi penting tertentu. 

Materi yang diberikan antara lain bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik, manajemen waktu, dan manajemen perubahan yang mendukung untuk menjadi seorang pemimpin di masa depan.  

Mentoring

Mentoring merupakan metode yang paling umum dengan melibatkan karyawan junior dengan karyawan senior. Tujuan utamanya adalah mendukung kemampuan karir serta pengembangan profesional.

Namun, ada juga perusahaan yang menerapkan sistem mentoring di mana karyawan junior melatih karyawan senior atau istilahnya disebut dengan reverse mentoring. Hal ini dimaksudkan agar karyawan senior dapat bekerja secara optimal sama halnya dengan rekan lainnya yang lebih muda.

Buddy Training

Apa yang dimaksud buddy training?  Yang dimaksud dengan buddy training adalah  metode orientasi dan berbagi pengetahuan yang digunakan untuk mengarahkan karyawan baru.

Caranya, karyawan  baru akan dipasangkan dengan rekan kerjanya yang sudah lebih dulu berpengalaman. Kemudian karyawan baru tersebut akan dipandu oleh rekannya selama beberapa minggu atau bulan pertama di tempat kerja.

Pelatihan Bahasa Asing

Selanjutnya, ada pelatihan bahasa asing. Pihak perusahaan akan bekerjasama dengan pihak ketiga dari luar perusahaan sebagai pelatih untuk membantu mengembangkan kemampuan bahasa asing para karyawan. Bahasa asing yang biasanya dilatih untuk karyawan adalah bahasa Inggris dan bahasa Mandarin.

Pelatihan Teknologi

Perkembangan teknologi semakin pesat, begitu juga dengan teknologi dalam produksi perusahaan. Agar karyawan dapat menggunakan mesin sesuai teknologi terbaru, perusahaan memberikan pelatihan teknologi.

Beberapa program learning and development di atas diharapkan mampu menunjang kapabilitas karyawan dan meningkatkan kemampuan bisnis perusahaan. HRD dapat membangun kurikulum program learning and development dengan bantuan Software HRD.

Contohnya adalah Software HRD dari LinovHR. Melalui Software HRD dari LinovHR, HRD dapat merencanakan apa saja yang harus dipelajari oleh karyawan, parameter pembelajaran, sampai pelatih yang akan mengajarkan materi kepada karyawan. Sehingga program learning and development dapat terlaksana dengan akurat dan tepat sasaran.

 

 

LinovHR sendiri sudah dikenal sebagai vendor Software HRD dan ESS ternama yang dipercaya banyak perusahaan. Jadi, kualitas produknya tidak perlu diragukan.

 

Demikianlah ulasan mengenai beberapa jenis program learning and development yang bisa diterapkan di perusahaan. Semoga penjelasan singkat di atas dapat membantu Anda untuk mengembangkan kualitas SDM semakin unggul!

 

29 komentar

  1. Wah ini artikel yang sangat cocok bagi mereka yang mempunyai bisnis dan karyawan. Emang melatih karyawan itu penting ya karena berimbas ke si bosnya.

    BalasHapus
  2. LinovHR emang udah terkenal banget ya mbak sebagai vendor Software HRD dan ESS ternama di Indonesia. Aku kemarin pernah nulis tentang perusahaan ini juga.

    BalasHapus
  3. Jadi inget waktu masih kerja di hotel jaringan Marriott International, seluruh karyawan wajib ikut pelatihan online. Semua jenjang materi lengkap harus dipelajari dan dipraktekin. Hasilnya, kami semua benar-benar merasa terlatih dan skill pun ikut meningkat.

    Sama halnya seperti pelatihan dari LinovHR, memang penting banget diadakan untuk membantu meningkatkan skill masing-masing karyawan di setiap perusahaan.

    BalasHapus
  4. Wah jadi ingat masa-masa kerja kantoran dulu
    Secara rutin kantor mengadakan pelatihan untuk karyawan untuk meningkatkan skill baik dalam bekerja maupun untuk promosi posisi tertentu
    Kalau sekarang, pelatihan-pelatihan gini rata-rata diadakan online ya

    BalasHapus
  5. Ooo ternyata ketika karyawan baru dipasangkan untuk bekerja dengan karyawan yang sudah lebih lama itu istilahnya buddy training ya? Membantu biar si anak baru bisa beradaptasi juga sih di lingkungan kantor.

    BalasHapus
  6. Training kayak gini memang dibutuhin oleh setiap karyawan agar ada upgrade skill ya, mbak.

    BalasHapus
  7. LinovHR memiliki software HRD terbaik untuk meningkatkan kemampuan/skill karyawan maka akan memberikan kostribusi positif pada perusahaan. Saling menguntungkan.

    BalasHapus
  8. Karyawan ini memang tombak perusahaan, karyawan yang baik dan memiliki skill yang bagus pasti sangat berpengaruh positif untuk perusahaan. Memang perlu banget ya karyawan untuk selalu ditingkatkan skillnya.

    BalasHapus
  9. Walaupun udah jadi karyawan tetap ya harus upgrade skill juga. Bagus nih ada LinovHR, ada learning & development program. Kan kalau karyawan nambah skill, menguntungkan untuk perusahaan juga...

    BalasHapus
  10. Istilah buddy training ni asing banget bagiku. Tapi, kegiatannya ya sering kutemui. Bahkan aku pernah mengikutinya saat pertama kali masuk kebon.

    BalasHapus
  11. Temen2 yg udh kerja tentu punya pengalaman berhubungan dgn HRD yang isinya spt ini. Tapi ngga smua perusahaan menerapkannya sih.

    Emg kerjaan HRD skrg makin dipermudah dgn software LinovHR ini sih. Jadi pgn pelajari apa isinya biar auto lolos kl tes kerja. Hehehe..Tp ini lbh ke kerjaan HRD setelah karyawan direkrut yak.

    BalasHapus
  12. Mentoring dan buddy training ini menurutku oke banget. Jadi inget serial hospital Pharmacist. Setiap karyawan baru punya mentor yaitu rekan kerjanya yang sudah lebih dahulu kerja di sana

    BalasHapus
  13. Ini wajib buat d kantor.. asik neh pelajarannya.. semua karyawan harus paham
    Ya

    BalasHapus
  14. Berarti kalau pakai software ini kita bisa langsung susun materi training untuk setiap karyawan ya? Enak juga sih jadi masing-masing perusahaan yang langsung turun tangan dalam penyusunan materi nya. Begitu pun pas evaluasi

    BalasHapus
  15. Training seperti ini memang penting banget dilakukan secara berkala kepada karyawan ya kak, jadi skillnya bisa diasah

    BalasHapus
  16. meski saya dulu bukan kerja di perusahaan besar, tapi saya beruntung punya bos yang perhatian, beliau sering menyuruh saya ikut di beberapa pelatihan. Jadi terasa banget kita sebagai karyawan semakin termotivasi untuk melakukan yang terbaik. Semoga semakin banyak perusahaan yang sadar akan hal ini, yaitu pentingnya program pelatihan untuk perkembangan skill karyawan di perusahaan

    BalasHapus
  17. Dulu sih kukira perkara bisnis ini hanya soal jual, untung dan rugi. Ternyata banyak ilmu yg mesti diserap utk bisa membawa bisnis melejit maju.

    BalasHapus
  18. Jadi inget dulu pernah jadi Buddy Training, trus digosipin sama anak baru kalau aku orangnya galak! Haha


    Padahal aku merasa udah disabar-sabarin. Memang tantangan tersendiri sih ngajarin orang tapi yang ngajarin gak punya skill buat transfer ilmu yang baik dan efektif. Wkwkwk

    BalasHapus
  19. Walaupun sudah lama sekali saya tidak "mengenyam" lagi masa kerja kantoran, tapi pengalaman bagaimana waktu itu kantor tempat saya bekerja selalu care dengan peningkatan kinerja, masih terasa sampai sekarang. Bermanfaat banget, bahkan saat tak sudah bekerja!.

    Itu artinya, program-program seperi yang ada pada Software HRD dari LinovHR ini, tidak hanya bermanfaat untuk perusahaan saja, tapi melatih dan meng-upgrade skill dari masing-masing sumber daya individu itu sendiri.

    BalasHapus
  20. terimakasih ulasannya mba.
    "memajukan" SDM dari dalam memang penting ya. tidak lupa refereshing nya mba. jalan-jalan agar karyawan tidak jenuh. hehe. itu masuknya ke bagian mana ya?

    BalasHapus
  21. Istilah2 seperti ini lekat dan sering aku pelajari di bangku kuliah kak, tapi skrg aku akan mencoba praktikkan di kehidupan perusahaan... Pentingnya mengembangkan kualitas karyawan ya kak apalagi fresh graduated spti aku yang butuh banget melatih soft skill ini karena dari dulunya dari organisasi2 kampus saja dan skrg harus dijalani dari perusahaannya kali kak...

    BalasHapus
  22. Dulu di kantor saya ada kegiatan mingguan namanya Friday Flocket. Setiap hari Jumat, dipilih satu karyawan yang akan 'unjuk gigi' di depan teman2 lain untuk menunjukkan bakat dan pengetahuan yg dimiliki untuk berbagi. Bisa sendiri atau berdua sama teman lain. Kebanyakan presenting tentang ilmu yang sesuai dengan bidang kerja yang skrg dilakuin, supaya teman2 dari divisi lain paham apa aja sih yg dikerjain sehari2, dan manfaatnya. Ada juga yang menunjukkan bakat seni, ngelucu, bahkan ceritain pengalaman tentang pendidikannya di universitas/negara lain. Tujuannya supaya kita semua gak cuma tau ttg keahlian kita sendiri tp juga belajar dr keahlian orang lain. Dan belajar present depan orang lain jg. Bagus deh programnya hehe

    BalasHapus
  23. Karyawan jadi makin berkualitas dengan mengikuti program pengembangan dari kantor. Sehingga ada peningkatan

    BalasHapus
  24. PR banget bagi HRD dalam memantau perkembangan karyawan dan mengulik kebutuhan karyawan itu sendiri. Kudu jeli. Sekarang itu bukan masalah lagi, karena banyaknya lembaga yang konsen dalam bidang HR

    BalasHapus
  25. Salah satugas berat HRD adalah mengembangkan potensi karyawan. Karena setiap manusia punya kemampuan uniknya masing-masing. Terima kasih sudah berbagi i formasi keren seputar dunia kerja Kak.

    BalasHapus
  26. Program Buddy training ini menarik sebetulnya konsepnya. Jadi semacam transfer knowledge dari pegawai lama ke pegawai baru.

    BalasHapus
  27. Makasih artikelnya ya kak, saya jadi interest ini melakukan yang buddy training. Karena biasanya masih agak sulit kalau disuruh kerelaan sendiri senior di pasangkan dengan junior, karena dianggap kurang pengalaman. Dengan buddy training diharapkan bisa membantu karyawan junior untuk meningkatkan skill dan pengetahuan dari senior

    BalasHapus
  28. Bagus banget nih LinovHR, buat program learning dan development. Soal istilah buddy training juga saya baru tau, soalnya kayaknya sering disebutnya bareng sama program mentoring itu.

    BalasHapus
  29. Artikelnya bermanfaat sekali, tentang Manajemen Sumber Daya Manusia.

    Saya setuju sekali dengan program pengembangan yang ditulis, menurut saya sangat aplikatif apalagi yang buddy training.

    Saya baru pertama kali denger LinovHR, pasti sudah sering dipakai di sistem HRD hotel

    BalasHapus