Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Begini Tips Agar Pekerjaan Work At Home Mom Berjalan Lancar

 

Kontes Blog Shopee

Sejak Maret 2020 lalu, pandemi COVID-19 melanda Indonesia. Pandemi ini membuat kita semua harus beradaptasi. Kebijakan untuk diam di rumah membuat pemerintah memerintahkan agar pekerjaan dilakukan dari rumah. Anak-anak pun harus sekolah dari rumah.

Suami yang work form home dan anak-anak yang school from home membuat saya harus menata ulang jadwal harian saya. Ini enaknya jadi freelancer, bebas atur jadwal kerja sendiri.

Tapi oh tapi, kenyataan tak seindah harapan. Meski sudah ditata ulang, nyatanya saya tak bisa bekerja dengan tenang. Keberadaan suami dan anak-anak di rumah, mau tak mau mengganggu waktu dan konsentrasi saya sebagai work at home mom.

Menjadi Work At Home Mom

Kontes Blog Shopee

Sudah tiga tahun terakhir ini saya menjalani profesi work at home mom. Ya, saya adalah seorang ibu yang bekerja dari rumah.

Sebelum pandemi datang dan orang-orang harus work form home, saya sudah lakukan duluan. Beragam pekerjaan saya lakukan dari rumah. Saya bisa mendampingi anak-anak dan mengurus rumah tapi tetap bisa menghasilkan cuan.

Beberapa pekerjaan yang saya lakukan dari rumah adalah :

1. Menjadi Blogger

Saya memutuskan menjadi seorang blogger ketika harus resign dari kantor. Blogger adalah profesi impian bagi saya. Hobi yang dibayar.

Siapa sangka dari hobi menulis, saya bisa mendapat penghasilan sendiri. Sebagai seorang blogger saya menerima pekerjaan untuk menulis review produk, content placement, afiliasi, sponsor post atau ikut kontes blog. Misalnya Kontes Blog Shopee #NgeblogDariRumah.

2. Mengajar

Saya juga seorang pengajar di bimbingan belajar. Pandemi membuat saya harus mengajar dari rumah. Setiap sore saya mengajar murid-murid saya melalui aplikasi video conference.

Terkadang saya juga mengajar atau memberikan pelatihan online seputar parenting dan blogging di sekolah dan komunitas.

3. Content Writer

Tak hanya menulis blog, saya juga seorang content writer. Alhamdulillah saat ini saya dipercaya untuk menjadi content writer di dua website besar di Indonesia.

4. Konseling Online

Saya juga seorang konselor menyusui. Biasanya saya mengisi kelas edukasi menyusui di pusat pelayanan kesehatan dan home visit. Tetapi pandemi membuat saya harus melakukan konseling secara online.

Mengisi kelas edukasi menyusui dari aplikasi video conference. Melakukan telekonseling menggunakan platform WhatsApp.

5. Menulis Buku

Kontes Blog Shopee

Alhamdulillah selama pandemi saya berhasil menulis 5 buku antologi dan 1 buku solo. Buku solo kedua saya akan segera terbit. Saat ini sudah dalam tahap finishing di penerbit.

6. Siaran Radio

Teknologi membuat saya tetap bisa berkarya meski dari rumah. Menjadi work at home mom nyatanya memberikan banyak kesempatan bagi saya. Termasuk merasakan siaran di radio.

Kontes Blog Shopee

Saya beberapa kali mengisi program di radio. Mulai dari membahas seputar menyusui, parenting hingga drama Korea.

7. Live IG

Kontes Blog Shopee

Selama pandemi saya juga sibuk melakukan live IG. Berkolaborasi dengan banyak pihak untuk berbagi seputar parenting, blogging dan juga drama Korea.

Alhamdulillah meski pandemi saya tetap bisa aktif dan produktif sebagai work at home mom. Saya tetap bisa menambah penghasilan sekaligus menyalurkan hobi sambil mengasuh anak-anak di rumah.

Tantangan Work At Home Mom

Banyak yang bilang, hidup saya asyik. Bisa melakukan hobi yang dibayar dan tetap berada di dekat anak-anak. Work at home mom bagi sebagian besar orang dianggap sebagai karir yang paling enak buat perempuan.

Hmm nyatanya semua tidak seindah yang dibayangkan orang-orang. Meski saya bersyukur, menjadi work at home mom ini juga banyak tantangannya, lho.

Kontes Blog Shopee

Misalnya :

1. Kurang waktu istirahat

Work at home mom itu punya jam kerja yang fleksibel. Tetapi tetap harus ada deadlinenya. Bekerja dari rumah tak semudah yang dibayangkan.

Saya harus bisa membagi peran dengan baik. Tak hanya tetap melakukan pekerjaan rumah saja, tetapi juga menjadi fasilitator anak-anak saat mereka sekolah dari rumah.

Jam kerja yang biasanya dimulai saat anak-anak belajar di sekolah, kini bergeser. Saya hanya bisa bekerja saat anak-anak tidur. Baik tidur siang ataupun saat malam.

Akibatnya, saya jadi kurang waktu untuk istirahat. Jangankan tidur siang, tidur malam pun berkurang. Dalam sehari saya hanya tidur selama lima jam saja.

2. Harus multitasking

Terkadang, saat harus menemani anak-anak sekolah saya mengerjakan pekerjaan sebagai blogger. Misalnya, melakukan blogwalking ataupun memposting konten di sosial media.

Dan banyak beberapa hal lain yang harus saya lakukan secara bersamaan. Work at home mom itu harus multitasking. Ini yang kadang bikin lelah.

3. Jenuh

Namanya juga manusia, wajar lah kalau kadang merasa jenuh juga. Saat sudah menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop, rasa jenuh pun melanda.

Bekerja dari rumah membuat saya tak pernah melihat suasana lain selain rumah dengan segala isinya. Tak seperti pekerja kantoran yang masih bisa jalan-jalan ke coffee shop saat jam istirahat. Ini yang kadang bikin jenuh. Butuh suasana baru. Tapi kan lagi pandemi, nggak bisa sering-sering keluar rumah.

Tips Agar Pekerjaan Work At Home Mom Berjalan Lancar

#NgeblogDariRumah

Beragam tantangan yang saya hadapi sebagai work at home mom tentu harus diselesaikan. Saya yakin, bukan hanya saya saja yang mengalami tantangan ini.

Setiap pekerjaan tentu ada tantangannya. Dan tentunya tantangan tersebut harus diselesaikan.

Beberapa tips yang saya lakukan untuk menghadapi tantangan sebagai work at home mom antara lain :

1. Membuat to do list

Saya selalu membuat to do list. Biasanya selain mencatat semua kegiatan bulanan, saya juga seringkali membuat to do list harian.

Buat to do list ini penting, agar tidak ada kegiatan yang saya lewatkan. Kan nggak lucu kalau saya sampai lupa jadwal postingan sponsor post, nanti klien marah.

2. Bentuk super tim

Saya bukan super mom yang bisa membuat rumah selalu bersih, anak-anak terurus dan tetap bisa lancar #NgeblogDariRumah. Saya butuh tim.

Saya harus punya super tim yang mendukung pekerjaan saya sebagi work at home mom. Meminta bantuan suami untuk melakukan beberapa pekerjaan rumah. Meminta anak-anak kooperatif dalam mengerjakan tugas sekolahnya secara mandiri.

Dengan begitu, energi saya tidak banyak terkuras untuk mengurus rumah dan anak-anak. Saya tak perlu multitasking lagi. Saya bisa fokus bekerja.

3. Kelola ekspektasi

Kelola ekspektasi ini penting lho. Misalnya, tak apa-apa kalau rumah lebih sering berantakan saat anak-anak sedang beraktivitas. Namanya juga rumah dengan anak-anak, mana mungkin bisa selalu bersih.

Tak apa-apa sesekali beli makan di luar. Anak-anak bisa tetap terpenuhi gizinya, kok. Selama yang dibeli juga makanan yang bergizi.

Dengan mengelola ekspektasi, saya tidak akan mudah stres bila ada sesuatu yang tidak sesuai. Saya bisa tetap menikmati hari-hari saya. Begitulah hidup, tak selalu berjalan manis. Iya kan?

4. Me time

Kontes Blog Shopee #NgeblogDariRumah

Melakukan me time itu penting lho. Me time ternyata punya banyak manfaat. Berdasarkan penelitian dari Washington University, St. Louis, Amerika Serikat, me time membuat seseorang lebih kreatif. Selain itu, me time juga bisa menjernihkan pikiran, menurunkan stres hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Ibaratnya, me time itu semacam tambah daya bagi saya. Agar saya bisa kembali berenergi melakukan pekerjaan sebagai work at home mom.

Hmm lalu, apa sih me time yang saya lakukan? Apakah harus selalu nongkrong cantik di cafe atau belanja di mall? Oh tentu tidak. Saya pun melakukan me time dari rumah.

Ini adalah beberapa kegiatan yang biasa saya lakukan saat me time.

⏺️ Makan

Siapa yang selalu bahagia setelah bisa makan makanan favoritnya? itu saya banget, lho. Dengan makan makanan favorit kita bisa bahagia.

Ini sudah dibuktikan secara ilmiah, lho. Para psikiater nutrisi telah melakukan penelitian. Ternyata dengan mengosumsi makanan yang diinginkan, bisa memberikan rasa nyaman dan perasaan bahagia. Wah jadi ingat drama Korea Dinner Mate. Psikiaternya selalu mengajak pasiennya makan makanan favorit saat terapi.

Saat butuh me time yang saya lakukan adalah buka Shopeefood dan mencari makanan favorit saya. Senang sekali saat Shopee terus berinovasi untuk kenyamanan pelanggan.

Beli makanan di Shopeefood ini punya banyak kelebihan lho, diantaranya :

1. Makanan diantar langsung oleh mitra pengemudi
2. Ada diskon atau free ongkir
3. Banyak pilihan menu
4. Bisa pakai voucher dengan diskon 50% hingga Rp. 25.000
5. Banyak pilihan marchant atau resto unggulan

Shopeefood menjadi pertolongan pertama saya saat kelaparan atau sekadar ingin menepi sejenak dari kerasnya hidup sebagai work at home mom, hihihi.

⏺️ Menonton drama Korea

Setelah selesai melakukan pekerjaan, saya memberikan reward untuk diri sendiri. Menononton drama Korea. Nontonnya juga cuma boleh satu episode sehari. Jangan banyak-banyak, nanti batuk. Hahaha.

Drama Korea menjadi hiburan tersendiri bagi saya. Me time yang tak perlu repot-repot keluar rumah. Cukup rebahan sejenak di kasur sambil menikmati indahnya ciptaan Tuhan 🀭🀭🀭.

Pastinya saya menonton drama Korea secara legal ya. Di aplikasi streaming berbayar. Saya beli vouchernya di Shopee. Bayarnya pakai Shopeepay, dapat cahsback. Menang banyak saya 😍😍😍.

⏺️ Merawat diri

Bisanya saya rutin me time di salon. Merawat diri untuk menjaga kewarasan. Tapi lagi pandemi, salon tutup. Saya juga takut jika harus melakukan perawatan di salon saat pandemi seperti ini.

Alhasil saya pun melakukan perawatan diri di rumah. Pilih produk-produk bodycare dan facecare yang mudah diaplikasikan di rumah.

Belinya juga di Shopee. Saya bisa dengan mudah menemukan produk perawatan diri yang sesuai dengan kulit saya. Cukup buka Shopee, cari produk yang diinginkan lalu bayar. Cukup tunggu produk datang ke rumah. Tak perlu keluar rumah, kadang juga harganya lebih murah di Shopee. Ongkirnya pun hemat. Cucok lah buat dompet work at home mom seperti saya ini.

Nah itu tadi tips yang saya lakukan agar pekerjaan sebagai work at home mom berjalan lancar.

Bagaimana dengan teman-teman, apakah punya tips lainnya? Ditunggu sharingnya di kolom komentar, ya.

Terima kasih.

98 komentar

  1. Sampai saat ini PRku membagi waktu antara selesaikan kerjaan rumah tangga, ngurus anak dan kerjaan nulis mbak. Waduh, lebih sering hectic daripada enggaknya kalau ada deadline, berasa waktu 24 jam sehari itu kurang banget ehehe

    Btw sukses yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir mirip dengan masalah saya kalau begitu Mbak Lina. Makanya saya gak pernah memaksakan diri untuk soal menulis. Kecuali kalau ada DL ya saya usahakan. Sesekali saya ambil jeda. Gak ikut list, ga ikut lomba kalau memang jauh di luar kemampuan saya.
      Me time dibanyakin. Kaya online shopping gitu hehehe....

      Hapus
  2. Kerja daei rumah memang ada plus minusnya. Tapi tetep enggak bisa fokus jadinya. Karena diribetin pekerjaan rumah ini itu. Kadang pekerjaan yg seharusnya diselesaikan malah jdi terbengkalai.... Aku sih gitu biasanya. Enggak bisa memanage waktu. Apalagi kalo uda diribetin sm anak...

    BalasHapus
  3. Ibu yang satu ini enggak pernah kehabisan baterai, hehehe. Salut banget. Me time-nya asyik sih. Semoga dirimu tetap menginspirasi ya, mbak DK

    BalasHapus
  4. masha Allah keren mba... produktif dari rumah. moga lancar dan makin sukses yaa, aamiin.

    aku mulai dilanda jenuh di rumah. ngeblog juga kacau krna ga bisa bagi waktu. setuju, perlu me time buat penyegaran dan biar semangat lagi kerja dari rumah.

    BalasHapus
  5. Seneng buangeettt ada Shopee ini ya
    Semangat buat berkarya dari rumah aja
    Enak banget emang kalo shopping di Shopee

    BalasHapus
  6. Work at Home butuh disiplin yang tinggi. Apalagi kalau kerjaannya seperti content writer yang gak ada jam kerjanya. Ternyata di Shopee bisa beli voucher buat aplikasi streaming juga, ya

    BalasHapus
  7. kelak, mayoritas pekerjaan emang dari rumah

    karena energi fosil pasti habis dan energi baru terbarukan sangat mahal

    jadi pilihan kerja dari rumah sangat realistis

    dan kita sudah memulainya

    BalasHapus
  8. Mbak Dee apa kabar? Keren ih dirimu.. aku jg me time nya gak beda jauh dr km, merawat diri, terus shoppeing window di shopee (klo ada rezeki lgs chek out), makan, dan belajar parenting. Hehhehe

    BalasHapus
  9. sukses terus mba, produktif walau di rumah aja ya mba.
    Aku paling motret dan nulis nih buat blog sendiri. Nonton dan sama sih palingan intip2 pot2 buat diboyong ke rumah. hihiiii. windows shopping itu menyenangkaaan^^ apalagi klo sampai abang paket dataaang

    BalasHapus
  10. Masyaallah, aktif sekali dirimu di rumah. Aku related banget dengan segala tantangan dan juga solusinya. Nice article.

    BalasHapus
  11. walaupun di rumah memang harus tetep produktif ya ...banyak yang dilakukan seperti belajar parenting lewat webinar, kemudian bisa berkebun, dan bisa nonton bareng keluarga, ah ... sangat menyenangkan sekali

    BalasHapus
  12. Iya Mbak, aku juga sama nih, work from home tapi sepertinya dirimu lebih sibuk hehehe. Kalo aku pribadi biasanya ngatur waktunya ya sesuaikan dg deadline aja, jd masing² aktivitas ada deadlinenya. Kalo jenuh ya istirahat dulu. Ad kalanya 'nekat' refreshing ke mal. Cuci mata hehe.

    BalasHapus
  13. aku juga kdang kalau jenuh suami suka tiba-tiba transfer shopee pay buat jajan katanya ga bisa ngemall jalan2 ke shopee mall ajalah buat me time hehe

    BalasHapus
  14. Multitasking banget mba. Kereeen. Nulis juga, jadi penyiar radio juga, live IG juga. Pastinya manajemen waktunya gak main-main ini. Urusan rumah tangga pastinya membentuk super tim ini ya, dari suami dan anak-anak. Terima kasih tipsnya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konseling online, menulis buku dll hebat nih mbak Dian. Menggurita banget kayak ga ada capeknya hehehe. Asik ya bisa memenuhi kebutuhan hobi di Shopee semua tersedia. Lanjutkaaan segala aktivitasnya yaaaa, keren!

      Hapus
  15. Salut deh aku sama mbak yang aktifnya bukan main ya hehehe. Banyak bener profesinya tapi pandai mengelola waktu dan ada me time juga. Iya ya di Shopee tersedia segala macam produk yang dapat mendukung aktivitas kita. Sukses selalu dan sehat2 ya mbak. Aku juga sering belanja online di Shopee, bisa ngeblod dari rumah dengan cara menyenangkan!

    BalasHapus
  16. emang shopee mah segala ada ya, Mba. Saya juga gitu kalau pas mau masak-masak peralatannya kurang langsung aja buka shopee. Bosen, saya main game shopee... xixixi... suka banget deh

    BalasHapus
  17. Kalau saya perlahan2 mulai belajar investasi. Apalagi kalau penghasilannya recehan, jadi sedikit2 masukan investasi yang menerima recehan. Lama2 kan juga bisa lumayan.

    BalasHapus
  18. Mbak, aku salut sama Mbak. Walaupun wfh tapi kegiatannya banyak banget dan bisa membagi tugasnya dengan baik ❤️ Memang, perlu kedisiplinan untuk menjalankannya ya, Mbak.
    Untung sekarang ada Shopee juga, jadi serba gampang, akupun di rumah apa-apa tinggal pesan di Shopee, ga perlu keluar rumah dan tinggal tunggu aja barang sampai 😊

    BalasHapus
  19. Ya ampun kak baru tahu saya kalo di Shopee bisa beli voucer untuk nonton drakor fav. Hehe...

    BalasHapus
  20. Bekerja dari rumah tuh nyatanya gak segampang yang kita pikirkan dan laksanakan. Apalagi untuk mereka yang tidak terbiasa disiplin atau pandai dalam mengatur waktu. Karena nyatanya urusan-urusan domestik yang terlihat langsung, butuh perhatian lebih. Jadi tips dan trik di atas, kalau mau dijalankan, pasti lebih meringankan hidup kita.

    BalasHapus
  21. Merawat diri alias me time harus dilakukan ya apalagi jaga kesehatan, karena tantangan WFH ada aja. Maka kudu dihadapi dengan semangat

    BalasHapus
  22. Seneng ya mba walaupun dirumah kerja tapi bisa tertata gini Aku nih yg jarang Membuat to do list padah membantu banget ya jarang bngt mencatat kegiatan bulanan

    BalasHapus
  23. Setuju banget. Karena saat work from home, ibu-ibu nggak hanya akan mengerjakan pekerjaannya saja. Tapi segudang pekerjaan domestik juga ikut andil dalam kesibukan WFH moms. Makanya kudu multitasking. Hehhee

    BalasHapus
  24. Senang juga ya mbak jika kita lakukan hobi dan dibayar jadi ga beban dan enjoy aja mengerjakannya ,..btw saya juga gunakan Shopee nih untuk beli pernak pernik ngeblog hehehe

    BalasHapus
  25. me time itu kunci agar tetap waras sebagai seorang ibu yang juga bekerja dari rumah ya, biar bisa mengerjakan segala urusan domestik dan kerjaan lancar jaya

    BalasHapus
  26. Keren banget meski di rumah tapi multitalent dan multitasking, cocok emang disuguhi diskon shopeefood biar makin bertenaga karena happy bisa makan sepuasnya

    BalasHapus
  27. MasyaAllah, keren mbak Dian ini. Banyak banget kerjaannya, multi talent banget. aku aja ngurus anak-anak dan ngeblog aja sering kewalahan. makanya males belanja keluar rumah, udah capek duluan. Mending belanja pake shopee ya.

    BalasHapus
  28. Woah.. Meski di rumah kegiatannya banyak banget ya, mbak.. Keren!! Kalau saya boro-boro dah..

    BalasHapus
  29. Yang susah kalau bagiku itu bagi waktu ya mbak. Apalagi saya masih kerja kantoran tapi tetap ingin berpenghasilan sampingan.

    BalasHapus
  30. Aku ngerasain banget, bekerja dari rumah itu banyak tantangan dan godaannya, makanya salut banget bagi orang-orang yang bisa mengatur waktunya dengan baik saat bekerja dari rumah.

    Di Malang juga sudah banyak nih saya ketemu pengendara motor berjaket orange bertuliskan shoope, kayaknya drivernya shoopefood.

    BalasHapus
  31. Nah kalau soal me time saya duduk paling depan. Hehehe ...
    Merasakan banget jadi ibu rumah tangga saja lelahnya bagaimana. Apalagi disertai bekerja lainnya. Kalau ada Shopee sedikit bisa jadi waktu me time kita untuk happy meski sejenak ya ..

    BalasHapus
  32. Laah sama banget mbaa hehe saya juga suka nonton drakor, jajan, baca buku kalo lagi me time. hehe. ngisi amunisi sebelum kerja sampe burnout

    BalasHapus
  33. Kalau aku, WFH tuh beneran kudu hilangkan kejenuhan, atau mininal mengatasi kejenuhan krn aktifitas yg sama terus-menerus di rumah

    BalasHapus
  34. MasyaAllah keren banget mbak, aktivitasnya meski di rumah saja tapi padat ya. Moga berkah waktunya ya mbak. Btw sepakat banget mbak, kalau kerja di rumah harus menurunkan ekpektasi pada keadaan rumah ya. Kalau mikirin rumah yang berantakan terus karena ada anak anak di rumah, kita bakalan ga bisa produktif ya mbak. Makasih tipsnya ya

    BalasHapus
  35. Aaaahh...keren sekali sahabat DC yang satu ini...
    Kalau nanya manejemen waktu, uda terlalu standart yaa, Di.. Aku nanya belanja apa di Shopee aja deeh..hahhaa..biar jadi mood booster aku juga niih..ketika jenuh melanda.

    Sering kalau uda jenuh tuh, malah banyak over thinkingnya.
    Kan meng-sedih sekali yaa..kalau jadi toxic mom atau toxic friend bagi circle terdekat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi Ibu bukan berarti meletakkan seluruh impian yang ada untuk keluarga yaa, Di..
      Ada saatnya aktualisasi diri dan tetap menuangkan buah pikiran, ide dan segala yang dimiliki kepada dunia.

      MashaAllah~
      Tabarakallahu.

      Sukses selalu, DK.

      Hapus
  36. Keren banget Mba, justru banyak hal yang bisa dilakukan ya setelah resign dari kantor. Tertantang untuk selalu mencari peluang-peluang usaha ya. Aku merasakan banget deh tantangan sebagai WFH Mom.

    BalasHapus
  37. OMG, mbak produktif sekali. Aku aja yang kerja agency + nyambi blogger udah ngos-ngosan banget hahaha. Aku biasanya kalau jenuh WFH (lebih tepatnya burnout sih) langsung ambil cuti lalu staycation atau SPA hehe.

    BalasHapus
  38. Saya nih kurang beristirahat, kurang tidur dan makan seingatnya saja. Padahal harus benar-benar dijaga biar nggak drop ya.

    BalasHapus
  39. Kalau me timenya sama shopee aku pun senang banget, karena ini jadi andalan banget semenjak pandemi. Tingkat belanja online lebih meningkat dari sebelumnya, padahal sebelumnya aku paling males kalau belanja online.

    BalasHapus
  40. selama pandemi, ngalai yang namanya WFH, tapi sejak awal bulan ini, mulai aktif lagi dan apel pagi sore lagi kayak dulu, semoga tetap sehat aja deh, doain yah, dan bnayak dilema tentunya nih.

    BalasHapus
  41. Happy ya ternyata wfh tuh asalkan sama bisa me time juga heheh, aku kalau me time baca buku atau berselancar di market place, hehe

    BalasHapus
  42. Ya Allah mbak salut aku. Aktivitas nya banyak sekali. Mantap manajemen waktunya. Aku mungkin terlalu banyak nonton dan scroling medsos.
    Nulis blog doang kadang berasa ga ada waktu

    BalasHapus
  43. wow... kerjaannya banyak banget ya mom. aku bacanya udah geleng - geleng sendiri. kerennn....
    bisa banget bagi waktunya, aku aja masih kelimpungan klo ada jadwal deadline kerjaan blog/igek atau webinar.

    sehat - sehat ya mom. supaya bisa terus berkarya.

    BalasHapus
  44. Ngga nanggung-nanggung ya Shopee.. Bener-bener PALUGADA, apa yang lu minta gua ada. Setelah semua barang kebutuhan ada di sana, kini merambah dengan nonton drama di bisa melalui Shopee. mantul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, di Shopee apa aja ada
      eh tapi Bagian nonton drama ini daku belum coba. Nanti ceki-ceki ah

      Hapus
  45. Wih samaanlah kita mbak! Saya juga udah tiga tahun lebih nge blog sebelum banyak orang mulai work at home ini, alasannya ya supaya bisa jaga anak sekaligus kerja juga. Dan aku lagi ditahap jenuh nih, semoga tips disini bisa membantu ya.

    BalasHapus
  46. Shopee ni bikin bahagia banget ya Mbak. Aku belanja nya yang sering voucher gramedia digital hehehe soalnya langganan tiap bulam

    BalasHapus
  47. Allhamdulilah udah make Shopee sejak awal dari jaman masih beli 30rb free ongkir bebas. Sampai sekarang masih jadi idola nih.

    BalasHapus
  48. Komplit banget mba kegiatan produktifnya selama pandemi, terus yang soal me time di Shopee aku juga udah sering melakukan itu lumayan buat refreshing hehehe

    BalasHapus
  49. Waa produktif sekali mba...
    Memang ya work from home kelihatannya enak, di rumah aja tapi dapat penghasilan. Namun kenyataannya susah bagi waktu. Lumayan nih ada shopee jadi kalo butuh belanja tinggal pesen ya

    BalasHapus
  50. Masya Allah, Mbak Dian produktif banget. Ya, bener banget WFH itu kita mesti multitasking. Saya yang mengalami WFH bentar, bikin pusing aja. Ya kudu ngerjain kerjaan kantor, denger anak nangis, terus lihat cucian. Haa, pusing pokoknya. Emang butuh me time banget, deh.

    BalasHapus
  51. MasyaAllah keren mba tetap produktif di masa pandemi ini, wfh ini memang banyak tantangan yaa apalagi kalau punya anak kecil

    BalasHapus
  52. wah kebayang gimana bagi waktunya Mbak.. saya saja cuma nulis di blog jadang2. urusan rumah udah bener2 menyita waktu..

    BalasHapus
  53. Me time sama shopee emang keren sih. Berasa window shoping tapi sambil rebahan. Kaki nggak pake pegel. Dan nggak khawatir ini atau itu. Apalagi di masa seperti sekarang ini. Virus mengintai dimana-mana. Aman dan nyaman dah pokoknya. HEhehehe

    BalasHapus
  54. Artha Nugraha Jonar3 Oktober 2021 14.24

    Ternyata tantangan work from home ini banyak banget ya, terutama buat seorang ibu. Kalau saya sih kendalanya rebutan meja dengan anak, karena dipakai sekolah online, hehehe.

    BalasHapus
  55. Wah produktif sekali ya Mom. Tapi tetep harus punya me time. Salah satunya dengan jalan jalan virtual lewat Shopee. Ini membantu banget mengurangi tingkat jenuh dan stres bisa belanja online.

    BalasHapus
  56. Menjadi work at home mom ini menarik ya mbak. Banyaknhal yang bisa kita gali juga ternyata.
    Tentu tak lepas dari peran suami dan anak2 juga untuk saling melengkapi.

    BalasHapus
  57. sangat challenging sekali ya mbak sebagai working mom apalagi yang tengah menjalani work from home. memang peran pasangan itu sangat penting untuk saling melengkapi rumah tangga

    BalasHapus
  58. Salut buat produktivitasnya selama pandemi ini kak. Bisa nulis 5 buku antologi dan 1 buku solo loh. Aku aja nulis blog cuma sekali seminggu. Hahaha..Tp bener sih. Selama pandemi ini seharusnya bisa lebih produktif krn lbh banyak di rumah. Mau pesen apa2 juga gampang. Kan tinggal buka Shopee.

    BalasHapus
  59. Menyenangkan bangeettt ada Shopee ini.
    Bener2 bisa menjadi coping mechanism selama pandemi
    Semangattt buat kita semua, ya

    BalasHapus
  60. Keren banget mbaak bisa nulis banyak buku. Aku nih ada bayi, jadi ya fokusnya disitu aja. Tapi tetep me time juga scrolling Shopee hahaha. Dan bagi bagi info diskon sama teman-teman. Siapa tau ada yang butuh juga kan yaaa

    BalasHapus
  61. banyak kegiatan menyenangkan dirumah. paling penting sih emang mengefektif dan mengefesienkan waktu supaya lebih kreatif dan efektif.

    BalasHapus
  62. Meskipun di rumah tapi produktif sekali Mbak Dee. Akhir-akhir ini saya malah rebahan aja. Entahlah malas banget mau ngapa-ngapain, heuheu. Kayaknya kebanyakan nonton drakor. Akhirnya malah jadi malas ngapa-ngapain. Bener kata Mbak Dee, sehari 1 episode aja biar gak batuk, eh salah, ngantuk. Haha

    BalasHapus
  63. hua asik banget ya bisa me time dengan shopee bisa belanja online banyak itu bikin hati lebih segar, apalagi buat kaum hawa jadi pereda stress heheheh

    BalasHapus
  64. Senangnya bisa ikutan nulis ngeblog dari rumah bareng Shopee
    Sayangnya saya tidak termasuk dan cukup puas dengan 50K saldo ShopeePay
    Semoga sukses ya Mbak

    BalasHapus
  65. Ternyata kunci wfh adalah bagi tugas rumah tangga dengan suami dan gimana caranya anak2 lebih mandiri ya mbak. Kuakui anak2 ku masih ada beberapa hal yang butuh dibantu. Dan ya, aku juga belanja via Shopee

    BalasHapus
  66. Keren, Mbak. Produktif banget kerja dari rumah. Aku yg baru nyeriusin blog sama ngonten sosmed aja udah berasa puyeng ngatur waktunya antara pekerjaan dg ngurus anak & kerjaan rumah tangga. Boleh nih tipsnya. Ada beberapa yg sama dgn yg aku lakukan, kayak bikin to do list & me time ngedrakor, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau daku me time drakornya pas lagi makan, hehe. Jadi sambil makan nonton drakor, biar makin semangat

      Hapus
  67. Wow keren banyak kerjaan dimasa pandemi bikin kita harus mengatur waktu jadi lebih baik lagi .

    Work from home bisa menyenangkan keluarga dan tugas selesai

    BalasHapus
  68. Masyaallah mbak Dee keren banget sih, produktif sekali dan masih sempat nonton drakor juga. Saya baca blognya juga sering review drakor juga, ikut komunitas pecinta drakor juga, uwuwuwu... blogger panutan ini mah. Tipsnya mantul banget mbak, makasih yaa

    BalasHapus
  69. Kalau aku bosen itu sih, kadang yaa nongki di cafe buat ngetik2 kwkwkwk.
    Dari rumah udah buat kerangka tulisan biar cepat

    BalasHapus
  70. Memang bener sih harus multitasking, waktu berasa banget cepetnya dengan aktivitas irt plus nulis ini. Kadang bosen juga iya. Setuju sama membentuk support team biar bisa kerja sama di rumah. Mba Dian udah lumayan banyak ya kegiatan wfhnya. Sehat-sehat buat Mba Dian dan keluarga ya

    BalasHapus
  71. Iya banget, kerja dari rumah memang butuh manage juga ya. Huhu aku kadang masih keteteran nih. Jadinya kadang ada yang dikorbankan. Dan iya juga, kerja dari rumah pun butuh me time, biar gak stres. Belanja di Shopee bisa jadi salah satu me time ini. Gajian dari online, belanja online di Shopee. Bisa beli apa pun yang dimaui. Nikmat manakan yang kau dustakan? Hehehehe.

    BalasHapus
  72. Inspiratif Mbak..dirimu memang produktif sekali, salut akutuuu. Sekian banyak profesi dilakoni dan bisa dari rumah alias jadi woark at home Mom. Memotivasi aku nih buat tetap semangat menjalani pilihan dari rumah tapi tetap bisa berkarya dan berpenghasilan. Mesti perbaik to do list dan tips yang ada di artikel ini. Dan tentu saja tetap ingat me time barengan Shopee

    BalasHapus
  73. Selama work at home emang banyak kelebihan yang didapat seperti lebih fleksibel, tapi hal yang palingq rasain itu bosen sih mbak karena nggak bisa kemana2.

    BalasHapus
  74. Masya Allah.. Mbak Dian, dirimu produktif syekaliiii. 😍
    Btw, aku lagi menyusui nih. Kerasa banget to do list aku aku banyak yang tidak terceklis. Benar-benar harus manage waktu ya. Pokona mah me time penting banget buat bikin emak bahagia. Hihihi.

    BalasHapus
  75. Sibuk bener emang Mbak DK ini yaa. Mantap time management-nya, belom ngurusin anak sekolah juga ya Mbak. Cucok lah me time pakai shopee supaya tetap waras, mamak kudu jajan. Hehe..

    BalasHapus
  76. Mbak produktif banget ya. Salut sekali. Saya juga sudah mulai kerja dari rumah dari sebelum pandemi, jd iya ngerti deh semua kadang harus di multi tasking

    BalasHapus
  77. Ngerti banget sih kalo jenuh, apalagi kalau ga bisa keluar rumah. Ruang gerak terbatas. Beruntunglah kalau bisa menyeimbangkan me time dan kerjaan walaupun tempatnya sama2 di rumah.

    BalasHapus
  78. Aku tidak sanggup rasanya kalau WFH. Secara manajemen waktuku kalau di rumah itu malah berantakan dan rasanya jam tidurku jadi jauh berkurang. Hebat euy DK bisa menjalaninya.

    BalasHapus
  79. Keren mbaaa, produktif sekali nulis buku selama pandemi ya 😍 ditambah lg dengan ngurus keluarga dan kesibukan lainnya

    BalasHapus
  80. Aktivitas Mba Dian ini cukup padat, ya. Produktif sekali. Semua ini pasti dapat support system yang baik. Perlu juga memang sesekali me time di tengah padatnya aktivitas seorang ibu yang multitasking

    BalasHapus
  81. Ya ampun ciyusan lo Mbak Dian aku kok baru tahu kalau dishopee itu ada buat beli voucher dll, tahunya cuma buat belanja baju🀣

    Ini ni efek sudah putus dari akun shopee 2 tahun laluπŸ˜ͺ

    BalasHapus
  82. Wah gahar banget ini plus plusnya haha. Aku cuma blogger, content writer, sama sesekali bimbingan atau jadi speaker itu aja ga bisa nambah lagi slot waktunya haha

    BalasHapus
  83. Luar biasa aktif nih Mba Dian, jadi ikutan bersemangat deh baca artikelnya. Banyak ternyata ya yang bisa dilakukan meskipun kita di rumah aja. Boleh juga nih praktekkan tipsnya untuk mengatasi masalah yang mungkin timbul selama kita bekerja dari rumah.

    BalasHapus
  84. MasyaAllah Mbak DK produktif sekali, kegiatannya padat dan tetep perhatian sama kondisi diri. Banyak belajar dari baca postingan Mbak...

    BalasHapus
  85. Keren, mbak produktif banget nih selama di rumah. Memang sejatinya kita harus pintar ya membagi waktu agar bisa selalu produktif di rumah

    BalasHapus
  86. Wah iya, Menjadi blogger itu hobby yang dibayar... Keren ya mbak hihihi jadi nagiih nih ngeblog

    BalasHapus
  87. Eh, ada fotonya Uti. Mbak Dian dan Meutia ini keren banget, produktif di bidang masing-masing. Untung ada Shopee yang memudahkan kita juga ya, Mbak. Mulai dari beli makanan, kebutuhan sehari-hari sampai bayar tagihan bisa lewat Shopee.

    BalasHapus
  88. nice tips.nih mba. mmg klu lg wfh tuh hrs slalu jaga motivasi kerja biar ga mager n gabut

    BalasHapus
  89. Masyaallah mbak Dee super sekali aktivitasnya sehari-hari. Iri aku, aku hanya blogger dan pengajar honorer aja udah kelimpungan atur waktu kalau deadline.

    BalasHapus
  90. Aihhh banyak banget kerjaanya, saluttt, aku pikir aku doang yg banyak kerjaanya, seakan2 24 jam tuh ga cukup πŸ˜‚

    BalasHapus
  91. to do list ini sebenernya perlu juga, cuman kadang aku sering meleset
    tapi kalau nggak ditulis malah suka lupa
    aku seneng banget tuh mbak kalau urusan belanja online hahaha, dikit dikit buka shopee juga

    BalasHapus
  92. Wah.. MasyaAllah Mbak Dian produktif sekali.. aku masih sebatas jadi blogger dan content creator, itupun sering ga Istiqomah ��.

    Semoga aku bisa lebih aktif dan menghasilkan seperti Mbak.

    Semoga Allah mudahkan.

    BalasHapus
  93. setuju mbak, me time itu perlu, karyawan kantoran seperti aku juga selalu menyempatkan waktu untuk me time.
    biasanya pergi ke salon buat hair mask, lumayan pijatan di kepala bisa membantu meredakan pusing kerjaan :D

    BalasHapus