Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

5 Tips Merapikan Mainan Anak yang Mudah dan Menyenangkan, Wajib Dicoba!

 

Tips merapikan mainan anak

Tips merapikan mainan anak ini saya tulis untuk membagikan pengalaman saya selama ini. Meski saya juga masih terus berusaha untuk menata mainan anak-anak agar selalu rapi. 

Punya anak kecil artinya harus siap jika rumah sering terlihat berantakan. Mainan anak-anak tercecer hampir di semua bagian rumah. 

Tentunya kita semua ingin punya rumah yang selalu rapi dan bersih. Tapi apakah mungkin jika ada anak-anak yang masih kecil di rumah? Hmm sebenarnya mungkin saja sih. Jika kita bisa tahu cara yang tepat untuk merapikan mainan anak. 

Kalau mainan anak-anak tertata rapi, bukankah itu akhirnya juga membuat rumah nampak rapi? 

Cara Mudah Merapikan Mainan Anak

Sebenarnya sudah beberapa bulan terakhir ini saya mencoba mengikuti seni merapikan rumah ala Jepang yang disebut Konmari. Saya sudah menerapkan metode Konmari untuk menata pakaian dan perlengkapan rumah tangga, termasuk juga mainan anak. 

Harus diakui, memang tidak semua metode Konmari ini saya terapkan di rumah. Ya, menyesuaikan dengan keadaan rumah dan keluarga pastinya. 

Berikut adalah beberapa cara yang saya lakukan di rumah untuk merapikan mainan anak. 

1. Libatkan anak

Cara pertama untuk merapikan mainan anak adalah dengan melibatkan anak. Ajak anak untuk selalu merapikan mainannya setiap selesai digunakan.

Cara ini tak hanya mampu memupuk rasa tanggung jawab ada anak saja, tetapi juga bisa menghemat waktu dan tenaga kita sendiri. Ya, biar ibunya nggak capek karena harus selalu beresin mainan. Setuju?

2. Tentukan waktu rutin

Cara merapikan mainan anak yang kedua adalah dengan menentukan waktu rutin untuk beberes. Jangan buru-buru meminta anak membereskan mainannya. Ajak anak membereskan mainan secara rutin. Misalnya, setelah selesai bermain. 

Atau saat anak akan beralih permainan. Minta dia membereskan dulu mainan pada permainan sebelumnya. 

Intinya, rapikan mainan secara rutin setiap selesai digunakan. 

Tips merapikan mainan anak

3. Buang yang sudah rusak

Adakalanya anak-anak masih menyimpan mainannya yang sudah rusak. Ini yang membuat mainan terus menerus menumpuk di rumah. Rusak tidak dibuang, tapi sudah beli mainan yang baru. 

Agar rapi, buang mainan yang sudah rusak. Jangan menyimpan mainan rusak, toh tidak ada gunanya karena tidak bisa dimainkan lagi. 

4. Kelompokkan mainan berdasarkan jenisnya

Cara merapikan mainan yang keempat adalah dengan mengelompokkan mainan berdasarkan jenisnya. Misalnya karena anak-anak saya perempuan maka mainannya terdiri dari masak-masakan, dokter-dokteran, boneka, action figure hingga balok kayu. 

Dengan mengelompokkan mainan berdasarkan jenisnya, maka mainan akan terlihat rapi. Selain itu juga mudah mencarinya. 

5. Maksimalkan tempat penyimpanan

Simpan mainan anak di tempat khusus. Maksimalkan tempat penyimpanan mainan. Simpan sesuai jenis mainan. Pilih tempat penyimpanan yang tertutup agar mainan tidak tercecer. 

Saya memilih container box sebagai tempat penyimpanan mainan anak. Container box bisa memiliki ruangan penyimpanan besar sehingga bisa maksimal menyimpan mainan anak-anak. Selain itu, container box juga tidak menghabiskan banyak tempat. Bisa diletakkan di sisi kosong yang ada di dalam rumah, misalnya di bawah tangga. 

Memilih Container Box Terbaik untuk Merapikan Mainan Anak

Tips merapikan mainan anak

Saat ini di pasaran banyak sekali jenis container box yang dijual. Harganya juga bervariasi, bisanya sih mulai dari 100 hingga 400 ribuan. Harga tersebut berdasarkan kualitas dan ukuran dari container box. 

Diantara banyaknya merk container box yang ada di pasar, pilihan saya jatuh pada container box Shinpo.

Shinpo ini sudah terkenal, lho. Banyak sekali container box Shinpo yang dijual di pasaran. 

Kelebihan Container Box Shinpo

Kenapa sih saya memilih container box Shinpo? Itu karena kontainer box Shinpo ini punya banyak kelebihan dibandingkan container box merk lainnya. 

1. Terbuat dari bahan yang berkualitas, tebal, kuat dan memiliki struktur yang kokoh

2. Awet karena tidak mudah pecah

3. Food safe, BPA Free, tidak berbau kimia

4. Tutupnya memiliki seal karet silikon dengan 4 klip yang kuat

5. Anti bocor karena kedap udara dan air

6. Memiliki handle yang kuat dan nyaman sehingga mudah dibawa

7. Desain minimalis 

8. Bisa ditumpuk sehingga menghemat tempat penyimpanan

9. Banyak pilihan jenis dan ukuran

Tips merapikan mainan anak

Shinpo ini tidak hanya punya container box saja, lho. Tetapi juga punya beragam produk rumah tangga yang bisa digunakan sehari-hari. Mulai dari keranjang belanja, kursi, tempat sampah, ember, rak sepatu, toples, wadah makanan, termos dan masih banyak lagi. 

Produk Shinpo ini selain bisa dibeli di pusat-pusat perbelanjaan juga bisa didapat di agen Shinpo. Di marketplace pun juga sudah tersedia. 

Oke, semoga cerita saya tentang cara merapikan mainan anak ini bisa membantu, ya. Boleh lho kalau teman-teman punya cara lain yang bisa digunakan untuk merapikan mainan anak. Silahkan cerita di kolom komentar, ya. 

Terima kasih.

50 komentar

  1. Waah saya juga simoan di container. Soalnya banyak babyet sampe 3 container mainan Adek Fi semua. Cuma saya blm pilah2 tuh sesuaijenis mainannya. Seperti yg ditulis mba dee. Paling misahinnya cuma buku dan mainan. Itu aja

    BalasHapus
  2. Setuju, tempat penyimpanan itu akan membantu kita untuk merapikan mainan anak. Maka Shinpo ini bisa jadi pilihan, mana ada produk lainnya ya...wah, cek Shinpo ah saya

    BalasHapus
  3. Untuuung ada container box yang cakep cakep kayak gini ya mbak Dian
    aku suka deh sejak itu decluttering karena ngerasa terbantu dan suka aja stacking dengan yang bening bening kayak gini

    BalasHapus
  4. Yang pasti orang tua harus jadi contoh terbaik nya ya.
    Saya pernah disindir anak saat saya sangat ingin anak disiplin simpan mainannya kalau sudah main, eh saya malah suka lupa simpan barang saya di sembarang tempat. Hehhe... Jadi malu kan...

    BalasHapus
  5. Box container memang pas nih buat tempat mainan anak. Gampang ngerapiin juga portabel gitu. Nanti bisa dibawa ke kamar trua ke ruang tengah. Ponakan saya tu yg kaya gitu hehe.

    BalasHapus
  6. Bener mba aku sendiri juga lebih suka rapihin mainan anak yang terserak dimana mana pakai container box daripada pakai kardus, lebhih simple dan kalau kena hujan tuh tetep amann

    BalasHapus
  7. Kalau yang ada di rumah sepupuku, box pakaiannya juga bermerk shinpo. Iya sih. Bikin ringkes gitu. Tertata rapi. Manis juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener kak, manis kalo dah rapi gituu yaa. Warnanya juga cerah dan gampang banget perawatannya. Ibuku malah pake shinpo ini untuk simpen sembako hahaha

      Hapus
  8. makasih tips-nya, mbak. jujur aku masih kesulitan nih ngerapihin mainan anak dan kecampur semua padahal sudah dimasukin ke container. bahkan ayahnya saking sebelnya dimasukin ke karung mainan anak-anak. heu

    BalasHapus
  9. Wah, asik bangett kalo ada container box kayak gini.
    acara bersih2/rapih2 rumah bakal menyenangkan banget
    yg mau decluttering juga makin gampil, ye kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ada container box gini biasanya anak-anak jadi lebih semangat untuk merapikan mainan. Nggak khawatir rumah bakalan berantakan terus sepanjang hari. Makasih infonya ya Mba Dian.

      Hapus
    2. Kalau pakai container box bisa pada semangat buat rapikan mainan ya, boleh juga nih idenya buat ponakan daku jadi mandiri rapikan mainannya hehe

      Hapus
  10. Saya sama istri entah udah berapa kali beresin mainan anak setiap harinya. Mesti berantakan terus. Kesemua tips udah saya terapin, kecuali yang nomor 4, belum misahin jenis mainan yang ada. Untuk box mainan, oke juga nih.

    BalasHapus
  11. Kalau di klasifikasi kan mainan satu persatu jadi lebih rapi ya. Boleh ah diterapkan ke keponakanku, biar dia semangat berbenah, hehe

    BalasHapus
  12. Belum punya anak, doain ya kak hueue
    aku simpen dlu nih tipsnya manatau kepake suatu hari nanti :))

    BalasHapus
  13. Mbaaaa susah disini klo mau buang mainan. Harus nunggu anak tidur dulu. Klo gak, yang udha aku buang, pasti dipungut lagi. "Ini kan masih baguuusss" "ini kan masih bisa dimainin". Wkwkwkwkwkwkw cape deeehh

    BalasHapus
  14. Tadi aku ke supermarket dan ketemu beberapa produknya Shinpo, bagus-bagus dan kokoh bahannya. Eh di rumah ternyata tempat kerupuk ibuku selama ini SHINPO hihi

    BalasHapus
  15. Mainan anak ini emang pe er banget
    Aku sering ngomel ke anak2 gara2 ini haha. Udah di sortir kadang yang ga guna. Kok ya masih aja banyak dan berantakan.
    Perlu pakai shinpo nih biar tertata rapi

    BalasHapus
  16. Kalau saya gak cuma melibatkan, tapi menugaskan. Pokoknya saya nggak mau merapikan bekas bermain mereka. Mau sehari, dua hari gak dirapihin yang tak biarin aja. Cuma emang tantangannya kalau gak pakai wadah khusus yang proper kayak container box gitu susah rapinya. Coba deh aku mau kepoin SHINPO.

    BalasHapus
  17. Biasanya orang tua enggan melibatkan anak ngeberesin mainan karena justru dianggap bakal kerja 2x. Padahal namanya belajar, memang pastinya anak-anak gak akan langsung rapi ngeberesinnya. Tetapi, setidaknya anak dilatih. Manfaatnya baru terasa nanti. Ibu juga gak jadi terus-terusan capek karena ngeberesin sendirian

    BalasHapus
  18. emang paling enak nyimpen mainan itu pakai kontainer, lebih praktis dan aman. nggak bakalan kececer...

    BalasHapus
  19. Iya benar ini. Aku juga selalu minta anak2 untuk bantu merapihkan mainnannya. Lalu klasifikasikan.
    Pakai container box memang lebih rapi ya.

    BalasHapus
  20. Container ini juga aman buat nyimpan buku dan peralatan lain ya, Kak. Apalagi untuk teman-teman yang tinggal di daerah rawan banjir. Insyaallah, barang-barang jadi aman dari kebasahan.

    BalasHapus
  21. Conatiner box ini sangat membantu dalam hal penyimpanan barang, jadi lebih aman ada tutupnya, dan hemat temat juga, praktis lagi.

    BalasHapus
  22. Wah, kontainer box shinpo ini anti air dan kedap udara juga nggak bocor. Wah pas banget memang buat menyimpan mainan anak anak. Kalau menyimpan koleksi buku juga bisa kali ya.

    BalasHapus
  23. Sama Mba, Aku pun pakai kontainer buat simpen mainan anak. Emang mengajarkan anak biar mau merapikan mainannya sendiri butuh proses, tapi kalau dianya udah terbiasa, nanti bakalan ngeberesin sendiri setelah main

    BalasHapus
  24. Kontainer Box Sealfresh ini keren banget. Soalnya fungsinya banyak. Butuh banget nih buat wadah mainan anak saya. Biasanya kan, kalau mainan suka asal wadahin, terus yang lama lupa nggak dikasih ke anak-anak. Kalau ada wadahnya yang khusus dan bagus, pasti bisa terpakai semua kapan saja.

    BalasHapus
  25. Membereskan mainan itu sebenarnya menyenangkan kalau dikerjakan bersama ya mak, tapi biasanya anakku membereskan sendiri sesuai dengan kotaknya. Aku hanya mengingatkan saja saat ia main bahwa nanti harus dibereskan kembali seperti semula.

    BalasHapus
  26. Lho aku punya nih di rumah Container Box Shinpo Sealfresh ini yang sekarang sudah beralih fungsi jadi tempat menyimpan buku anak-anak, kalau dulu sih memang tempat paling enak buat nyimpen mainan anak-anak yang seabrek apalagi anakku 3 ada yang cowok dan cewek yang mainannya beda. Setelah anak-anak mulai remaja kontainer-nya masih awet lho hanya isinya ada yang berubah...hehehe.

    BalasHapus
  27. Sebagai kontraktor, alias tukang pindah-pindah rumah kontrakan, kontainer box ini sangat bermanfaat. Mau pindahan tinggal masukin ke kontainer box, terus angkut.

    Kalau saya merutinkan beres-beres itu berdasarkan waktu mbak. Misal jam 10 pagi sama jam 3 sore

    BalasHapus
  28. Saya sudah searching container box merek ini. Udah masuk keranjang juga, tinggal dibayari doang, haha. Akhirnya mainan anakku punya tempat baru, biar mereka makin semangat beberes mainannya.

    BalasHapus
  29. Karena belum punya anak, jadi kontainer box biasanya dipakai buat nyimpen baju atau tas.

    BalasHapus
  30. Dari dulu udah melibatkan anak kalo soal urusan membereskan mainan, Alhamdulillah sampai sekarang kalau habis main mau beresin sendiri. KAdang diingatkan dan langsung beres-beres ^^. Paling pas memang mainan itu ditaruh di box container, langsung masuk, aman ya ahahaha

    BalasHapus
  31. Aku juga suka pakai container seperti ini buat rapi-rapi. Dari perkakas sampai buku bisa masuk semua ke situ. Masing-masing dipisahkan sesuai barangnya. Lebih rapi kalau pakai container seperti ini, ya

    BalasHapus
  32. aku nyimpan buku juga pakai Container Box karena anak2 udah gak banyak beli maenan lagi jarang simpan pakai Container Box

    BalasHapus
  33. Aku juga pake container kayak gitu mak, cuma yang membereskan karena anak sudah besar ya mereka sendiri. Kalo boneka, ada lemari khususnya

    BalasHapus
  34. Nah ini nih yang aku butuhin. Container buat nyimpen mainan anak-anak juga. Huhu, kalo pake tempat kecil, gak muat. Pake kantong plastik gak rapi. Kalo pake container begini pas ya. Jadi mudah pula. Mana gam gak berantakan. Nyari ahhh...

    BalasHapus
  35. saya juva selalu nyuruh anak bereskan mainannya dimasukkan dalam kotak khusus mainan.. lebih bagus lagi.kalo dipisah.. awalnya saya dipisah tapi tempatnya ga mendukung bentuknya beda ladang ada yang rusak hehe.. enak kalo ada tempatnya gede begini dan tahan lama..

    BalasHapus
  36. Cara paling ringkas dan praktis yaa...membereskan mainan dan dikumpulkan menjadi satu dalam container box.
    Tipsnya bagus banget agar anak-anak bahagia dan mandiri.

    BalasHapus
  37. Sama sih, aku juga kalau beresin mainna anak juga libatin mereka.

    Selain supaya memiliki tanggung kawab. Biar terbiasa dengan hidup rapi juga

    BalasHapus
  38. Duduh, beneran ini masalah mainan anak bikin runyam karena rumah mudah berantakan, kalau ada kontainer box begini bikin praktis ya, dan mainan kayak lego dll tidak mudah hilang

    BalasHapus
  39. Pake Kontainer box ini seru, mainan tetap terlihat anak karena kontainer box bening. Melatih anak untuk menyimpan mainan sesuai dengan jenisnya juga challenging, anakku kalo lagi ngambek, mainannya asal dimasukin aja. ��

    BalasHapus
  40. udah paling bener pakai box gini ya
    di sekolah anakku pun beginipakai box biar cepet masukin
    walau ga berapa lama dituangkan lagi ke lantai, begitu seterusnya repeat wkwkkw
    tapi emang enak punya box gini mak

    BalasHapus
  41. Butuh banget memang kontainer kayak gini biar mainan gampang ngerapiinnya ya

    BalasHapus
  42. betul! container box emang penting dan bermanfaat banget deh buat rapihin barang2 di rumah termasuk mainan anak2. Aku pun punya beberapa container box buat packing berbagai peralatan

    BalasHapus
  43. Cara merapikan mainan bersama anak terdengar menyenangkan sekali mbak, kebetulan saya juga lagi nyari dan pilih-pilih nih container box kayak gini, hemmm ini boleh dipertimbangkan.

    BalasHapus
  44. Container box gini cocok banget buat rumah tangga yang punya banyak barang perintilan. Ya, perintilan mainan anak, hobi emak, juga hobi bapaknya. Semua dimasukkan box sesuai kriteria masing-masing jadi rapi dan gampang dicari. Nah, untuk bahan crafting dan project anak pun cocok banget, jadi lebih tertata.

    BalasHapus
  45. Container box ini memang sangat membantu untuk merapikan rumah. terutama mainan anak. Di simpan pun mainan anak tidak mudah kotor. Atau juga ntuk naruh baju-baju yang nggak di pakai sementara waktu.

    BalasHapus
  46. Makasih kak jadi belajar banyak nih buatnaku yang belom punya anak harus Memrsiapkan diri juga biar gak kaget

    BalasHapus
  47. aku sudah cukup lama pakai container box shinpo, ada yang kupakai sejak tahun 2006 dan sampai saat ini masih layak pakai banget

    BalasHapus