Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

5 Kegiatan yang Dilakukan Ibu dan Anak Saat Menunggu Waktu Berbuka

 

Kegiatan Saat Ngabuburit

Waktu berbuka puasa adalah waktu yang dinanti-nanti semua umat muslim. Berpuasa selama belasan jam tentu tidak mudak. Makanya waktu berbuka itu sangat dinanti-nantikan ya. 

Biasanya dua jam sebelum berbuna menjadi saat di mana tubuh sudah sangat lemas. Waktu seolah berjalan melambat. Rasa bosan menunggu jam berdetak mulai terasa. 

Nah untuk itu biasanya ada yang namanya kegiatan menunggu waktu berbuka puasa, atau istilahnya ngabuburit. 

Istilah ngabuburit ini berasal dari bahasa Sunda, yaitu burit atau sore hari menjelang magrib. Ngabuburit biasanya dimulai selepas shalat ashar hingga datangnya adzan magrib. 

Kalau dulu saya biasa menghabiskan waktu ngabuburit dengan jalan-jalan bersama teman-teman, sekarang ngabuburit saya di rumah saja. Selain karena adanya pandemi COVID-19, juga karena saat ini saya sudah jadi ibu.

Baca Juga : Tips Ajarkan Anak Berpuasa

Jadi ibu dua anak, membuat saya lebih sering menghabiskan waktu di rumah bersama anak-anak, termasuk saat ngabuburit. Saya juga sengaja menciptakan waktu ngabuburit yang berkesan, agar anak-anak tetap semangat dan bahagia saat menjalani puasa. Apalagi, tahun ini menjadi tahun pertama bagi si bungsu untuk ikut berpuasa meski setengah hari. 

Saya dan anak-anak banyak melakukan kegiatan seru untuk menunggu waktu berbuka puasa. Berikut kegiatan saya bersama anak-anak saat menunggu waktu berbuka tiba. 

⏺️ Membuat takjil

Si Sulung suka bereksperimen di dapur, jadi membuat takjil menjadi salah satu kegiatan menunggu waktu berbuka yang sering kami lakukan. Anak-anak request takjil favorit mereka untuk dimasak bersama. 

Kegiatan Saat Ngabuburit
Roti Bakar Takjil Favorit | dokpri


Sengaja pilih takjil favorit anak-anak, biar mereka semangat bikinnya. Selain itu juga karena, takjil yang diminta anak-anak kebanyakan takjil yang mudah pembuatannya. 

Takjil yang biasa kami buat adalah puding susu, roti bakar , kue srikaya dan es kopyor. Sangat mudah bukan? 

⏺️ Membaca buku

Membaca buku juga menjadi kegiatan ngabuburit bersama anak-anak di rumah. Kami biasa membaca buku-buku koleksi perpustakaan pribadi kami. Kadang juga membaca buku digital. 

Baca Juga : Mainan DIY, Aktivitas Menyenangkan untuk Anak Saat Ramadan

Membaca buku menjadi kegiatan ngabuburit yang paling efektif. Waktu menjadi cepat berlalu saat kami asyik berpetualang menjelajah setiap lembar buku. 

⏺️ Main boardgame

Main boardgame ampuh mengusir rasa bosan saat menunggu waktu berbuka. Anak-anak juga bisa lupa akan rasa lapar dan hausnya. Mereka senang bermain boardgame bersama. 

⏺️ Nature walk

Kegiatan Saat Ngabuburit
Nature Walk | dokpri


Saat menunggu waktu berbuka, kami juga sering kali jalan-jalan keliling kompleks perumahan. Melihat beragam tanaman yang ada. Kebetulan di pojok perumahan ada mini forest. Disana banyak tanaman, mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan hingga beragam tanaman hias. 

Anak-anak senang jalan-jalan sore seperti ini. Mereka senang mencari tahu aneka jenis nama tanaman dari aplikasi pengenal tanaman yang ada di ponsel. 

Menurut mereka ini seperti jelajah alam. Mereka bermain peran menjadi seorang peneliti tumbuhan. Wow, imajinasi anak-anak sungguh luar biasa ya! 

Nature walk menjadi kegiatan bersama anak-anak saat menunggu waktu berbuka. Nggak hanya menyenangkan, tapi juga menyehatkan lho. Jalan santai seperti ini menjadi salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan saat puasa. 

⏺️ Bersepeda

Kegiatan Saat Ngabuburit
Bersepeda|dokpri

Saat puasa, kita juga disarankan untuk rutin melakukan olahraga ringan lho. Bersepeda salah satunya. Jadi saat menunggu wakti berbuka, kami pun bersepeda bersama. 

Baca Juga : Olahraga Saat Puasa? Bisa Kok! Ikuti 3 Tips Berikut!

Keliling kompleks selama 20 menit bisa menjadi kegiatan menunggu buka puasa yang sangat bermafaat bagi kesehatan tubuh. 


Ini adalah cerita kegiatan yang saya lakukan bersama anak-anak saat menunggu waktu berbuka tiba. 

Baca Juga : 7 Kegiatan Favorit Bersama Keluarga Saat Ramadan

Bagaimana dengan teman-teman? Apa kegiatan yang dilakukan saat menunggu waktu berbuka tiba? 

Share di kolom komentar ya..

Terima kasih..

#Day27

#BPNRamadan2021

15 komentar

  1. aku baru tau kalau istilah ngabuburit diadaptasi dari bahasa sunda :D
    astagahhh kemana aja aku ya

    roti bakarrrr, itu kesukaan aku banget mbak. Buat cemilan berbuka enak juga ya

    BalasHapus
  2. banyak yang bisa dilakukan, untuk mengalihkan perhatian agar anak gak merasa lapar

    BalasHapus
  3. kalo anakku aku ajak ke luar rumah buat beli makanan buka puasa yang dia suka, lumayan dari rumah ke depan cluster trus ke luar lagi jalan raya, ada kali 2km hahaha

    BalasHapus
  4. Banyak juga yang bisa dilakukan bersama anak ya Mbak Dian ... in syaa Allah anak gak bosan.

    BalasHapus
  5. Wiwin | pratiwanggini.net11 Mei 2021 05.58

    Menjelang berbuka biasanya saya menemani anak saya bermain. Kebetulan dia masih berusia 3.5 tahun, jadi belum puasa. Ayahnya bikin makanan buat berbuka, saya nemenin si adik bermain.

    BalasHapus
  6. Dari lima poin diatas, saya suka melibatkan anak pas lagi buat takjil.. seru jugaaa soalnyaa..

    BalasHapus
  7. Senang sekali jika bisa melakukan kegiatan bermanfaat bersama anak. Apalagi kegiatan positif yang dilakukan bikin bonding bagus

    BalasHapus
  8. Aku gak puasa sih, tapi aktivitas di atas bisa dilakukan juga ya setelah bulan puasa. Tetap menyenangkan dilakukan bareng anak

    BalasHapus
  9. Memang jadi ibu itu harus kreatif ya... Aku juga selama Ramadhan harus muter otak biar anak pertamaku yang lagi belajar puasa, jadi lebih semangat dan senang puasanya.

    BalasHapus
  10. Ramadan baru pergi udah kangen lagi
    Semoga tahun depan bisa ketemu Ramadan lagi dan bisa melakukan banyak kegiatan juga bersama anak2 ya aamiin

    BalasHapus
  11. Aaaa baca tulisan ini jadi kangen ramdhan lagi,
    Rasanya baru kemarin ramdhan ya.. udah selesai aja.

    Biasanya aku sama anak2 lebih suka bikin camilan wtau masak masak kue dirumah sambil nunggu magrib, kadang juga kita jalan sore cari camilan.

    BalasHapus
  12. kegiatannya seru-seru ya.
    aku catat ah, buat modal puasa tahun depan anak ku.

    BalasHapus
  13. selalu seru ya kalau bikin takjil bersama anak. kegiatannya seru-seru mbak, jadi anak juga ga bosen menunggu buka puasa

    BalasHapus
  14. Anakku nunggu waktu berbuka dengan tidur wkwkw. Pengen juga ngajak Nature Walk, soalnya mereka males jalan keluar nih.

    BalasHapus
  15. Aku juga senang membuat takjil sama anak hehehe. Termasuk cireng, gorengan sampai yang manis-manis. Berhubung kita berdua ga puasa, bisa icip icip hehe

    BalasHapus