Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Olahraga Saat Puasa? Bisa Kok! Ikuti 3 Tips Berikut

 

olah raga saat puasa

Di hari ke 22 Ramadan ini, bagaimana dengan puasa teman-teman? Apakah masih lancar? Biar lancar, saat puasa tetap sempatkan waktu untuk berolahraga. Perhatikan tips berikut, agar bisa tetap olahraga saat puasa.

Olahraga Saat Puasa, Bolehkah?

Saat berpuasa tubuh tidak makan dan minum selama belasan jam. Tentu ini membuat kita menjadi lebih cepat lemas dibanding hari-hari biasa. Jangankan olahraga, melakukan aktivitas rutinan saja serasa tak bertenaga ya. 

Tapi sebenarnya, bolehkan berolahraga saat puasa? Adakah efek sampingnya saat berolahraga dalam kondisi perut kosong? 

Olahraga saat puasa bukan hanya boleh dilakukan, tetapi juga memperoleh banyak manfaat. 

Sebuah studi dalam Journal of Nutrition and Metabolism tahun 2016 menemukan bahwa olahraga dalam keadaan puasa dapat meningkatkan oksidasi lemak, yang berarti tidak mengandalkan karbohidrat dari makanan terakhir untuk energi, akan tetapi tubuh membakar simpanan lemaknya.

Baca Juga : Olahraga Saat Puasa, Siapa Takut!

Penelitian lain menyebutkan,  dalam jurnal Obesity tahun 2017 menemukan bahwa periode puasa teratur lebih efektif daripada pembatasan kalori secara keseluruhan dalam membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, manfaat olahraga saat puasa sangat penting untuk menjaga kesehatan, kebugaran, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Tips Olahraga Saat Puasa

Nyatanya, olahraga saat puasa berdampak baik pada kesehatan. Malahan, olahraga saat puasa sangat dianjurkan. Namun, kita perlu tahu bagaimana tips-tips olahraga saat puasa. Agar kita tetap bisa berolahraga tanpa mengganggu jalannya ibadah puasa. 

Berikut 3 tips yang harus diperhatikan ketiaka berolahraga saat puasa. 

1. Pilih waktu yang tepat

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika berolahraga saat puasa adalah pemilihan waktu olahraga yang tepat. Ada tiga waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa, yaitu : 

⏺️ Sebelum sahur

Olahraga saat puasa dapat dilakukan sebelum sahur. Sekitar setengah jam sebelum sahur, minumlah air yang banyak untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Setelah itu, berolahragalah. Sebab, sebelum sahur adalah waktu berolahraga yang disarankan selama bulan Ramadan.

⏺️ Setelah berbuka puasa

Setelah buka puasa juga menjadi waktu olahraga saat puasa yang tepat. Tunggulah makanan dicerna dengan baik oleh tubuh. Kalau kita memaksakan diri untuk olahraga di saat makanan belum selesai dicerna, maka kerugian yang kita dapatkan.

Opsi lainnya adalah tidak mengonsumsi makanan berat saat berbuka puasa, supaya sesi olahraga berjalan efektif dan optimal. Setelah berolahraga, barulah mengonsumsi makan berat.

⏺️ Setelah isya

Kalau mau lebih amannya, setelah Isya adalah waktu yang disarankan untuk berolahraga. Sebab, pada jam 19.00 ke atas, makanan yang  dilahap saat buka puasa sudah tercerna dengan baik. Sehingga sesi olahraga  pun jadi lebih berenergi.

Ingatlah, sesi olahraga pada bulan puasa tidak boleh melebihi 60 menit. Selain itu, batasilah olahraga kardio sebanyak 2 kali saja dalam seminggu.

2. Pilih jenis olahraga

Tidak hanya memperhatikan waktu yang tepat saat berolahraga, memilih jenis olahraga juga sangat penting untuk dilakukan. 

Saat puasa, pilihlah jenis olahraga yang ringan dan berintensitas rendah.

Jangan salah, olahraga ringan dan berintensitas rendah memiliki dampak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Sebuah riset dari Universitas Georgia, Amerika Serikat bahkan menyatakan, olahraga ringan berintensitas rendah bisa mencegah rasa lesu.

Baca Juga : Dukung Anak Meniadi Atlet E - Sport

Beberapa contoh olahraga ringan yang cocok dilakukan saat puasa adalah jalan kaki, yoga, bersepeda, naik turun tangga, taichi dan jogging. 

Pilih salah satu olahraga ringan yang sesuai dengan kemampuan. Kalau saya, selama puasa ini memilih jalan kaki sebagai olahrga rutin saat puasa. 

3. Jaga asupan makanan 

Terakhir, agar olahraga saat puasa berjalan lancar, jangan lupa memberikan tubuh asupan makanan dengan gizi seimbang. 

Contoh makanan gizi seimbang yang wajib dipenuhi saat berolahraga sewaktu berpuasa adalah :

⏺️Mengonsumsi 6-10 gram karbohidrat per kg berat badan (saat buka puasa dan sahur)

⏺️Mengonsumsi 1,2 gram protein per kg berat badan

⏺️ Asupan lemak harus mencapai 20-30% dari total asupan energi

⏺️ Memenuhi kebutuhan cairan agar tubuh tetap terhidrasi


Olahraga saat puasa sangat direkomendasikan untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun perlu diingat juga, pilihlah olahraga dengan intensitas rendah, agar puasa tetap lancar. Selain itu, jangan lupa waktu-waktu terbaik berolahraga di bulan Ramadan.

Baca Juga : Tips Tetap Aktif Berolahraga Meski Sedang Puasa

Jika perlu, konsultasikan dulu dengan dokter mengenai olahraga saat puasa. Sebab, dokter bisa memeriksa ketahanan dan kesiapan tubuh tubuh kita untuk berolahraga di bulan puasa.

Nah bagaimana dengan teman-teman? Olahraga apa yang dilakukan saat puasa? 

Share di kolom komentar ya...

Terima kasih

#Day22

#BPNRamadan2021


6 komentar

  1. pilihan waktunya ga ada di list jadwal olahraga saya mbak, whehe... saya olahraga sebelum buka puasa, biasanya 1 jam sebelum waktu berbuka. Olahraga yg saya lakukan juga berat, yaitu angkat beban, tapi dibawah pengawasan trainer, jadi aman... btw makasih sharingnya mbak, ngasih insight pada bulan Ramadhan ini

    BalasHapus
  2. aku malas banget deh mba olga selama ramadhan baik itu malam apalagi diwaktu siang, karena kalau ramadhan fokusnya ngejar khatam tadarus ya udah deh jadinya olga tuh terkesampingkan, kalau lagi pengen aja paling main sepeda sekitar rumah

    BalasHapus
  3. Wah iya..aku sering membaca tentang ini tapi kok masih blm berani mempraktekkannya. Misal olahraga sesuah berbuka, apa nggak 'suduken' ya? hihi.. Ah, mungkin itu hanya ketakutanku saja.. Kapan2 mau cb juga ah, ygmenjelang berbuka mungkin..

    BalasHapus
  4. Paling gampang sih pas bangun tidur, push up bentar trus cuci muka. Nggak nyari keringet sih, sekedar gerak badan aja walaupun nggak heboh.

    BalasHapus
  5. hehehe iya kalo olahraga diluar waktu yang diatas mah nanti kalo haus ga bisa minum :D

    BalasHapus
  6. Saya kayaknya pilih olahrga setelah berbuka deh, soalnya kalau udah haus suka berabe. Takut ga kuat. Kalau sehabis sahur suka nunggu solat subuh, lalu ngantuk. Betapa simple permasalahan hidupku ini. Hahahaha

    BalasHapus