Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

7 Kegiatan Favorit Bersama Keluarga Saat Ramadan

kegiatan favorit bersama keluarga saat Ramadan

Tak terasa sudah memasuki sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan. Rasa haru dan sedih mulai menyeruak. Bulan yang penuh kemuliaan ini segera berlalu. 

Selama Ramadan, kami sekeluarga lebih banyak menghabiskan waktu bersama. Ramadan di tengah pandemi membuat kami lebih sering berada di rumah. 

Baca Juga : 7 Pelajaran Berharga Saat Ramadan di Tengah PandemiI

Saat di rumah, kami banyak melakukan kegiatan bersama. Seperti 7 kegiatan favorit ini. 

Tarawih bersama

Berhubung Ramadan tahun ini masih dalam situasi pandemi, kami memilih melakukan shalat tarawih di rumah. Kami tidak pergi ke masjid. Shalat tarawih di dalam rumah, membuat kami lebih khusyu beribadah sekaligus mempererat bonding antar sesama anggota keluarga. 

Buka bersama

Buka bersama selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan. Pandemi membuat kami tak lagi menghadiri acara bukber (buka bersama) di luar rumah. Hampir setiap hari kami selalu berbuka bersama dirumah. 

Momen buka bersama akan terasa lebih menyenangkan ketika menu berbuka adalah hasil masakan kami sendiri. Ya, sebelum berbuka kami menyiapkan menu bersama.

Berbuka bersama di rumah tentu lebih sehat dan hemat. Apalagi tak perlu bertemu banyak orang, sesuai dengan protokol kesehatan saat menghadapi virus COVID-19.  

Mengaji bersama

Setelah shalat tarawih, biasanya kami mengaji bersama. Kebetulan Si Sulung sudah fasih membaca Al Quran. Saat saya, suami dan Si Sulung mengaji, Si Bungsu mendengarkan dengan khidmad. 

Selain membaca Al Quran bersama, kami juga menggunakan momen ini untuk mengajak anak-anak bermurojaah. Mengulang kembali hafalan surat-surat pendek mereka. 

Membuat takjil

Ramadan menjadi lebih seru saat kami membuat takjil. Anak-anak request takjil favorit mereka. Lalu kami bersama-sama membuatnya. Ini menjadi acara cooking class bagi mereka. Mereka hepi banget saat berhasil membuat takjil favoritnya. 

Baca Juga : Tujuh Rekomendasi Takjil Enak yang Wajib Dicoba 

Beberapa takjil yang sudah kami buat selama Ramadan ini adalah kolak pisang, puding susu, kue srikaya, es permen karet dan juga bolu cokelat.

Membaca buku bersama

Saat Ramadan, reading time di rumah kami berfokus pada buku-buku keagamaan. Ensiklopedi muslim dan Siroh  Nabi adalah dua jenis buku yang selalu kami baca di bulan Ramadan. 

Baca Juga : Meneladani Nabi Muhammad yang Tak Segan Melakukan Tugas Domestik

Ramadan menjadi momentum memperdalam ilmu agama. Salah satunya melalui membaca buku. 

Menonton film

Sambil menunggu waktu berbuka, terkadang kami juga menonton film bersama. Kebanyakan film yang ditonton juga film kartun favorit anak-anak yang mengangkat kisah-kisah Ramadan.

Kadang kami juga menonton film yang mengangkat kisah-kisah para Nabi dan sahabat. Mengenalkan anak-anak tentang Nabi dan sahabatnya juga menjadi goals yang ingin kami capai saat Ramadan. 

Berbelanja keperluan lebaran

Berbelanja keperluan lebaran juga menjadi agenda favorit bersama keluarga saat Ramadan. Kami berbelanja keperluan lebaran, mulai dari baju baru hingga kue-kue khas lebaran. 

Kebanyakan kami membelinya secara online. Anak-anak sangat menikmati saat mencari baju baru di marketplace. Mereka jadi tahu tentang cara belanja online. 

Baca Juga : 5 Kegiatan Seru yang Dilakukan Saat Hari Libur

Belanja online menjadi gaya hidup di tengah pandemi. Belanja online membuat kita bisa terhindar dari penularan virus COVID-19 ini. 

Nah itu tadi 7 kegiatan favorit bersama keluarga saat Ramadan. Bagaimana dengan teman-teman? Apa kegiatan favorit bersama keluarga saat Ramadan? 

Ditunggu ceritanya di kolom komentar ya. 

Terima kasih. 

#Day21

#BPNRamadan2021


Tidak ada komentar

Posting Komentar