Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tips Tetap Aktif Berolahraga Meski Sedang Puasa

olahraga saat puasa



Berolahraga saat puasa menjadi hal yang sangat dihindari bagi sebagaian besar orang. Olahraga saat puasa dianggap bisa membuat tubuh semakin lemas dan juga menyebabkan dehidrasi. Padahal faktanya, berolahraga saat puasa juga perlu lho. Olahraga saat puasa bisa membuat tubuh tetap bugar dan sehat. Ini akan membuat kita mampu terhindar dari virus Corona Covid 19.


Olahraga Saat Puasa


olahraga saat puasa
Tetap Berolahraga Meski Puasa



Saat berpuasa tubuh kita tidak menerima asupan makanan dan minuman dari luar sekitar 13 jam. Ini membuat kadar darah dalam tubuh menurun. Makanya saat berpuasa kita lebih sering mengantuk dan merasa lemas. Olahraga bisa menjadi solusinya.


Olahraga saat berpuasa sangat dianjurkan. Apalagi saat ini kita berpuasa di tengah pandemi Corona Covid 19. Butuh imunitas yang tinggi akan terbindar dari serangan virus. Olahraga bisa meningkatkan imunitas tubuh.


Namun saat berpuasa kita tidak boleh sembarangan memilih jenis olahraga. Saat puasa lakukan olahraga ringan. Olahraga ringan saat puasa bisa membuat kita tetap sehat tanpa harus mengalami dehidrasi.


Jenis Olahraga Saat Puasa


olahraga saat puasa
Alat Olahraga di Rumah



Saat berolahraga kita bisa memanfaatkan apa yang ada di rumah. Ya tentunya di tengah pandemi virus Corna Covid 19 kita tidak bisa melakukan olahraga di luar rumah. Lakukan olahraga di rumah. Banyak juga olahraga ringan yang bisa kita lakukan saat puasa meski diam di rumah.


Manfaatkan lantai untuk berolahraga di rumah. Kita bisa melakukan push up, sit up dan juga squat. Senam dan Yoga juga bisa kita lakukam saat dirumah. Bisa juga olahraga lunges. Atau berolahraga dengan naik turun tangga di rumah.



Selama puasa ada dua jenis olahraga yang saya lakukan. Yaitu olahraga lunges dan jogging diatas threadmill.


Tips Olahraga Saat Puasa



Selain memilih jenis olahraga ringan, ada beberapa tips lain yang harus diperhatikan agar tetap bisa berolahraga meski puasa.


1. Waktu Olahraga



Berolahraga saat puasa tidak bisa dilakukan di sembarang waktu. Olahraga saat puasa dianjurkan untuk dilakukan 30 menit sebelum buka puasa. Seperti yang dilansir dari Kompas, dr. Saptawati Bardosono mengatakan bahwa olahraga sebaiknya dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka karena mendekati waktu makan. Itu yang saya lakukan selama ini.


Atau bisa juga berolahraga sebelum sahur. Sekitar setengah jam sebelum sahur, minumlah air yang banyak untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Setelah itu, berolahragalah. Sebab, sebelum sahur juga menjadi waktu berolahraga yang disarankan selama bulan Ramadan.


olahraga saat puasa
Senam


2. Konsep FITT



Menurut dr. Michael Triangto, SpKO, Sport Medicine Specialist, lakukan konsep FITT saat berolahraga selama puasa.


Frekuensi: 3-5 kali seminggu

Intensitas: Olahraga ringan

Type: Aerobik dan anaerobik

Time: 30 menit dalam sehari.


3. Perhatikan Pola Makan



Memperhatikan pola makan di bulan puasa juga sangat penting. Meski waktu makan saat puasa waktu makan berubah, usahakan porsinya tidak berubah. Jangan terlalu berlebihan ataupun kekurangan.

olahraga saat puasa
Jogging diatas treadmill



Saat puasa jangan lupa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Selain karbohidrat, protein juga sangat diperlukan tubuh. Makanlah makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ikan, daging, dan telur. Protein merupakan zat yang diperlukan untuk pertumbuhan dan juga sebagai zat pembangun. Protein membantu memulihkan dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak ketika berolahraga.


Baca Juga : Belajar Renang

4. Banyak Minum


Saat berolahraga kita akan mengalami dehidrasi. Sehingga untuk mencegah hal ini terjadi, asupan cairan ke dalam tubuh harus diperhatikan. Asupan cairan yang disarankan adalah 1,5-2 liter per hari.


Selain itu, batasi melakukan aktivitas fisik di siang hari untuk mencegah dehidrasi. Makanya tidak disarankan melakukan olahraga yang berat, agar tidak mengeluarkan banyak keringat.



Semoga tips tersebut bisa membantu kita untuk tetap aktif berolahrga meski sedang puasa ya. Agar tubuh kita tetap sehat dan bugar.


olahraga saat puasa
Olahraga bikin badan bugar



Selamat Berolahraga!


20 komentar

  1. Keren,Mbak masih bisa rutin olahraga, apalagi saat puasa. Bagus juga punya alat olahraga di rumah, ya. Jujur, saya jarang banget olahraga. Jadi salut sama yang rajin olahraga

    BalasHapus
  2. Mantap, mba. Bulan puasa tidak mengurangi olah raga untuk menjaga kesehatan otot. Saya termasuk yang jarang olahraga di bulan puasa, makanya badan suka berasa pegal2 ya. Mau coba juga olah raga sebelum sahur.

    BalasHapus
  3. saya berolah raga dengan urban farming dan sit up mbak
    Tapi stand sit up, lebih mudah tapi malah jadi sering lupa
    hahaha ..... kalo urban farming otomatis ya, ngelihat rumput liar, ngelihat tanaman yang terlalu penuh, ngga bisa dicuekin

    BalasHapus
  4. aku pilih olahraga yang ingan sat puasa, senam tera pernafasan

    BalasHapus
  5. Benar ini..olahraga tetap jalan meski sedang puasa. Meski tidak disarankan melakukan olahraga yang berat, agar tidak mengeluarkan banyak keringat.

    BalasHapus
  6. Aku...olahraga apa ya selama di rumah aja. Naik turun tangga bawa jemuran kayaknya :D

    BalasHapus
  7. Bener nih kelamaan dirumah aku mager banget olahraga, mau mulai lagi ah daripada nih lemak jadi berkerumun betah di perut huhuhu

    BalasHapus
  8. Bener ya mba Saat berolahraga kita bisa memanfaatkan apa yang ada di rumah. Aplg tengah pandemi ininya...

    BalasHapus
  9. Saya punya treadmill di rumah, malah dianggurin mba, dilipat lagi disimpan di gudang. Wkwkwk. Duuuh, malasnya kami berolah raga. Kami gak rutin olah raga aktif seperti di atas. Paling cuma jalan sehat di depan, jemuran, main bola atau lari-larian ngejar anak bayi. wkwkwk. Terima kasih tipsnya. Semoga kita semua tetap sehat selama berpuasa.

    BalasHapus
  10. kalau puasa ak termasuk mager olah raga hahahaha.. bukannya apa2 sih gampang ngantuk kdg2 hehe.. tp klo olga pas puasa ak lbh milih jalan jalan aja, tp sore spy ga lama nunggu bs minum hahahhaa..

    BalasHapus