Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Enam Ide Lebaran Saat Pandemi Covid 19

lebaran saat pandemi covid 19



Enam Ide Lebaran Saat Pandemi Covid 19 - Lebaran tahun ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Lebaran di saat pandemi Covid 19, membuat beberapa tradisi lebaran sebelumnya tak bisa dilakukan. Tapi jangan khawatir, meski di tengah pandemi lebaran tetap bisa dirayakan. Isi lebaran dengan tujuh ide kegiatan berikut.


1. Sungkeman


Ya ada atau tidak ada pandemi, yang namanya lebaran ya pasti harus ada sungkeman. Sungkeman menjadi momen yang paling mengharukan saat lebaran. 


Semua anggota keluarga saling bermaaf-maafan. Kalau di rumah, sungkeman dimulai dari minta maaf ke mama. Lalu ke suami. Habis gitu baru deh adik dan anak-anak nyusul sungkem ke saya. 


2. Makan Bersama

Seperti lebaran biasanya, habis sungkeman biasanya dilanjutkan dengan makan bersama. Hidangan lebaran biasanya sih kare ayam atau gulai maryam. 


3. Kue Lebaran



Meskipun lebaran kali ini nggak ada acara open house, kue lebaran harus tetap ada dong. Di rumah tetap ada berbagai kue lebaran yang memeriahkan suasana lebaran.

lebaran saat pandemi covid 19




Nastar, kastengel dan putri salju menjadi kue wajib yang ada saat lebaran. Nah seperti biasa, kue lebaran yang ada di rumah pesan di adik ipar. Mohon maaf saya nggak bisa baking. Lebih tepatnya nggak minat, hehe.

4. Silaturahmi Virtual


Momen silaturahmi di lebaran kali ini sangat berbeda. Tahun ini nghak bisa mudik ke Bojonegoro. Bahkan mungkin nggak bisa juga ketemu ibu mertua dan keluarga besar mama yang ada di Surabaya. 


Meski tak bisa berkunjung langsung, silaturahmi tetap jalan. Lebaran besok mau nyoba silaturahmi virtual. Video call dengan mertua dan keluarga besar lainnya. 


5. Berbagi Angpau



Tradisi angpau saat lebaran tetap bisa dilakukan loh. Nggak ada salahnya untuk tetap berbagi dengan orang-orang terdekat. Mengirim angpau lebaran via transfer. Biar tetap memberi bahagia meski raga tak bertemu.


6. Staycation



Lebaran di tengah pandemi Covid-19 saat ini bisa menjadi momen tepat untuk mempererat bonding antarkeluarga. 
lebaran saat pandemi covid 19




Staycation juga bisa mengobati rasa bosan karena selama ini hanya diam di rumah. Saat akan staycation pilih hotel ysng menjalankan standar operasional prosedur (SOP) pencegahan penyebaran Covid-19. Seperti rutin melakukan penyemprotan disinfektan, pengecekan suhu tubuh, menyediakan wastafel dan hand sanitizer, menjaga jarak antar tamu maupun karyawan hotel hingga penggunaan kamar antara tamu satu dengan berikutnya diberi jeda waktu.


Nah bagaimana, meski di tengah pandemi lebaran tetap bisa dirayakan. Bagaimana denganmu? Sudah ada rencana apa untuk lebaran besok? 


12 komentar

  1. Sedih deh mba kalau inget kenyataan lebaran tahun ini ga bisa mudik karena Pandemi.. ga bisa sungkeman.ga bisa makan bersama ortu, nangis deh..baru pertama kalinya. Yang bisa dilakukan silaturahmi virtual. Ya Alloh, semoga Pandemi ini cepat' berlalu Aamiin

    BalasHapus
  2. Wah, tips paling terakhir boleh dicoba nih. Minimal bisa ganti suasana ya, mba? Coba akh kasih proposal ke paksu, biar anak-anak juga ada hiburan. Terima kasih mba, tipsnya ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bisa staycation saat libur lebaran

      Hapus
  3. Di rumah aja, enggak mudik. Mau ke ortu dan mertua juga dekat, tinggal jalan.

    BalasHapus
  4. Huhhuhuhu, kangen ortu dong, udah 4 tahun nggak ketemu, kayaknya nanti silaturahmi via handphone lagi :D
    Palingan cuman telpon-telponan, nggak bisa video call an huhuhu.
    Tapi insha Allah, doa selalu buat ortu, aamiin :)

    BalasHapus
  5. Selalu bisa happy di hari Lebaran ya mbak
    Kita makluk bernalar, pastinya bisa melewati masa pandemi di hari Lebaran
    Semangat ya

    BalasHapus
  6. Sekarang sungkeman dan silaturahmi secar virtual dulu ya mbak, tetap semangat menuju hari kemenangan ^^

    BalasHapus
  7. Lebaran yang pasti berbeda, sedih pasti tapi bukan berarti meruntuhkan makna dan hakikat hari kemenangan itu.
    Berharap banget semoga ada keajaiban Pandemi bisa selesai bahkan sebelum hari raya

    BalasHapus
  8. mau saya jg staycation. tp suami pasti heboh deh. nyuruh di rumah ajah, nerima video call dr kedua ortu kami yg tinggal di kota yg sama. ah gak bs pilkaaaaam

    BalasHapus
  9. Lebaran kami bakal tetap di rumah aja, sih. Aku tinggal bareng orangtua di Bogor. Ada kakak yang tinggal satu kota dengan kami. Mungkin dia yang akan ke rumah. Semoga boleh pergi sama Pak Walikota, hahaha ... Keluarga besar ada di Solo dan Semarang, jadi kami video call-an aja kali, ya.

    BalasHapus