Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Dukung Anak Menjadi Atlet E-Sport Bersama ASUS ROG Phone 3

ASUS ROG Phone 3


Akhir-akhir ini si sulung senang sekali bermain game. Biasanya game yang sering dimainkannya adalah Gatcha Life, Princess Dress Up Game, Pastel Friends, Barbie Fashion Closet, Drawing dan lain sebagainya. 

Saya tidak melarang si sulung bermain game. Menurut saya bermain game tidak selalu berdampak negatif. Game juga memberikan banyak manfaat positif bagi tumbuh kembang anak. Bahkan game nanti bisa mengantarkan anak menjadi atlet esport, sebuah profesi yang cukup menjanjikan di masa depan. 


Manfaat Game Bagi Anak


ASUS ROG Phone 3



Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Anak-anak sangat suka bermain, termasuk bermain game. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa game memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang anak.

Ketika bermain, anak anak secara “langsung” dapat melatih keseimbangan sensorik motorik. Beragam permainan anak dapat mengembangkan dalam segi keterampilan, kecekatan, fokus dan keuletan untuk memenangkan permainan. Bila diasah dengan tepat, akan mendapatkan dampak yang positif bagi perkembangan anak. 

Pada umumnya, pemikiran orang tua menganggap bahwa sebuah game dikatakan memiliki banyak dampak negatif bagi perkembangan seorang anak, seperti kurang tidur,kecanduan, kurang bergaul, perubahan perilaku. Namun, dalam penelitian bermain game dapat mengembangkan IQ anak.

Selain itu, game juga memiliki manfaat positif dintaranya : 

1. Melatih Logika

Saat bermain game anak dilatih untuk menggunakan logika, menganalisa masalah serta strategi untuk memecahkan masalah yang dihadapi guna memenangkan game yang sedang dimainkan.

2. Melatih Kemampuan Spasial

Bermain game dapat melatih kecerdasan spasial anak. Dengan berinteraksi dengan gambar dan ruang, seorang anak dapat mengenal dan mengingat sebuah bentuk visual. Sehingga anak terasah untuk mengingat bentuk visual dan ruang dan diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Kecerdasan spasial juga berhubungan dengan kemampuan melakukan problem solving.

3. Menstimulasi Otak

Ketika memainkan sebuah game, otak bekerja lebih keras untuk berstrategi dalam memecahkan masalah dalam sebuah permainan. Stimulasi otak ini perperan juga dalam melatih kemampuan kognitif anak.

4. Mengasah Imajinasi

Visual yang disajikan dalam sebuah game  memiliki daya tarik yang tinggi sehingga mampu membuat seorang anak tertarik untuk memainkan. Daya tarik visual yang disajikan ini bermanfaat untuk meningkatkan imajinasi visual anak dan membentuk kreatifitas sejak dini.

5. Melatih Kemampuan Berbahasa

Saat ini, pasar game masih dikuasai oleh pengembang asing. Banyak game yang dikemas menggunakan bahasa inggris. Dengan game berbasis bahasa inggris, secara tidak langsung, seorang anak akan belajar bahasa inggris agar dapat memainkan game tersebut. Ini menjadikan game merupakan sarana belajar bahasa sambil bermain.

6. Sarana Hiburan

Game menjadi salah satu sarana hiburan bagi anak. Sekolah daring menjadi hal yang cukup mengejutkan bagi anak. Perubahan ini terkadang memberi tekanan tersendiri bagi anak. Oleh karena itu saya selalu meberikan waktu sejenak untuk si sulung bermain game setelah dia selesai sekolah daring. Game menjadi sarana hiburan baginya. 

7. Peluang Menjadi Atlet E-Sport

Bermain game juga memberikan peluang tersendiri bagi anak. Anak-anak yang suka bermain game bisa didorong untuk menjadi atlet E-Sport, sebuah profesi yang menjanjikan di masa yang akan datang.


Mendorong Anak Menjadi Atlet E-Sport


ASUS ROG Phone 3


Industri E-Sports yang berkembang pesat, pagelaran berbagai turnamen E-Sports berhadiah uang tunai yang jumlahnya sangat besar,  ketenaran dan mimpi untuk membuat orang tua bangga menjadi beberapa faktor yang membuat banyak anak-anak ingin berkarier di bidang E-Sports.

Si sulung juga pernah mengungkapkan keinginannya untuk menjadi atlet E-Sport. Dia terinspirasi dari kisah sukses Luxxy dan Zuxxy si kembar fenomenal yang menjadi buah bibir di dunia E-Sports tanah air. Baru berusia 16 tahun, Luxxy dan Zuxxy sudah melanglang-buana wakili nama Indonesia ke event internasional seperti PMCO Shanghai. 

Mengetahui keinginan si sulung ini, saya pun berusaha mendukung keinginannya. Beberapa cara yang saya lakukan untuk mendorongnya menjadi atlet E-Sport adalah : 

1. Cari Tahu Seluk Beluk E-Sport

Hal yang pertama kali saya lakukan untuk mendukung si sulung menjadi atlet E-Sport adalah mencari tahu seluk beluk E-Sport. Mulai dari apa itu E-Sport, apa saja game yang mengenai game apa saja yang masuk ke dalam pertandingan E-Sports dan bagaimana cara meniti karir menjadi atlet E-Sport. 

2. Bergabung dengan Komunitas

Bergabung dengan komunitas gamer juga menjadi salah satu proses pembelajaran yang efektif untuk mendukung anak menjadi atlet E-Sport. Dari komunitas anak bisa berkenalan dengan berbagai orang dan juga bertanya tips dan trick, info terbaru, dan lain sebagainya.

3. Belajar dari Ahlinya

Menjadi seorang atlet E-Sport juga perlu belajar dari ahlinya. Mengajak anak belajar dari para Pro di bidang ini bisa menjadi cara untuk mengetahui pola bermain para pemain pro. Menonton permainan para Pro ini bisa dilakukan dengan mencari siaran ulang ataupun live-streaming di Youtube dan Twitch.

Anak bisa mempelajari banyak hal ketika pertandingan tersebut berlangsung. Ini sebagai pembelajaran langsung gratis dari para pemain pro yang bisa diambil manfaatnya kelak jika anak bermain. 

4. Menerapkan Pola Hidup Sehat 

Menjadi seorang atlet E-Sport tidak hanya perlu mengasah kemampuan dalam bermain game saja, tetapi juga perlu untuk tetap menjaga pola hidup tetap sehat.

Jangan hanya karena anak sedang sangat bersemangat lalu anak bermain game hingga 24 jam. Seorang atlet E-Sport sangat diperhatikan jam istirahatnya, makanan, hingga pola olah raganya.

Istirahat yang cukup adalah kunci agar para atlet mampu mempertahankan staminanya dalam pertandingan. Saya mengajak anak membuatlah jadwal untuk kegiatan mulai sekolah,  latihan game, olahraga dan istirahat. 

5. Perangkat Gaming

Dukungan terakhir yang tak kalah penting saat anak ingin menjadi atlet E-Sport adalah menyediakan perangkat gaming. Saat ini game tidak hanya bisa dimainkan lewat PC saja, ponsel pintar juga bisa menjadi perangkat gaming yang mumpuni.  ASUS ROG Phone 3 bisa menjadi pilihan perangkat game terbaik untuk mendukung anak menjadi seorang atlet E-Sport.

ASUS ROG Phone 3 

ASUS ROG Phone 3

Asus resmi meluncurkan smartphone gaming terbarunya, ROG Phone 3 pada Rabu, 23 September 2020. ASUS ROG Phone 3 ini diklaim sebagai ponsel gaming terkuat saat ini.

Ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh ASUS ROG Phone 3 sehingga layak disebut ponsel gaming terbaik.

1. Powerfull Snapdragon 865 Plus


ASUS ROG Phone 3



ASUS ROG Phone 3 adalah ponsel pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 865 Plus dengan GPU Adreno 650 untuk mengolah grafis. Ponsel ini memiliki RAM 8 GB hingga 16 GB dan ruang penyimpanan hingga 512 GB.

Powerfull Snapdragon 865 Plus yang dimiliki ponsel ini bisa membuat navigasi menu hingga main game bisa dilalui dengan amat lancar. Semua game yang dapat dijalankan dengan lancar pada setting grafis tertinggi. Mulai dari PUBG Mobile, Free Fire, COD Mobile, hingga Real Racing 3 dan Asphalt 9, berjalan dengan mulus. 

2. Stunning 144 Hz Display


ASUS ROG Phone 3



Pengalaman main game yang menyenangkan juga ditentukan oleh kualitas visual. Di sektor ini, kualitas layar ASUS ROG Phone 3 sangat memuaskan. 

Layar ROG Phone 3 ini sudah mendukung refresh rate 144Hz. Ini membuat animasi layar menjadi sangat mulus. Selain itu ponsel ini bisa menjalankan game hingga 144 frame per second, sehingga membuat mata menjadi nyaman saat bermain game.

3. Monster 6000mah Battery

Bermain game pasti membutuhkan ponsel dengan baterai yang tahan lama. Baterai ASUS ROG Phone 3 ini memiliki baterai berkapasitas besar, 6.000 mAh dengan pengisian daya cepat 30W serta teknologi pemindai sidik jari (fingerprint), dan USB Power Delivery.

4. Built for Gamers

ASUS ROG Phone 3 adalah ponsel built for gamers. Ponsel ini memiliki spesifikasi tingkat dewa sehingga menjadi ponsel idaman para gamer. Dengan menggunakan ROG Phone 3 game apa sih yang tidak bisa dimainkan, mulai dari PUBG Mobile, Asphalt 9, Call of Duty, Real Racing 3, Fortnite, dan lain sebagainya bisa dimainkan secara prima. 

Pada ROG Phone 3 juga terdapat berbagai fitur bawaan yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan gameplay permainan, yaitu : 

a. ROG Connect

ROG Connect adalah fitur komunitas atau forum yang sengaja dibuat ROG Phone untuk menghubungkan para usernya untuk saling berhubung dan berkomunikasi. Disini user juga bisa mengirim Game Profil, Foto, dan Video.

b. Game Genie

Game Genie adalah jendela mengembang yang berisi tools-tools canggih, seperti contoh Mengaktifkan Air Trigger, Mengaktifkan X Mode, Mempercepat game, Perekaman layar, Menurunkan kecerahan, Mengunci ponsel agar tidak ada panggilan yang masuk, ada juga bagian info untuk megetahui berapa banyak FPS yang dihasilkan.

c. Unparalleled Connectivity

Saat ini game multiplayer sangat diminati, karena itu butuh ponsel dengan koneksi yang lancar. Adanya dukungan 5G dan WiFi 6, ROG Phone 3 menjadi ponsel dengan koneksi yang cepat berkat ultrastabil yang ditawarkannya, selain itu dilengkapi juga dengan teknologi HyperFusion.

Ini membuat koneksi simultan atau bersamaan ke WiFi dan Jaringan seluler, sehingga sinyal dari koneksi ponsel memiliki sinyal baik dan cepat.

Pada ROG Phone 3 juga terapat antena yang berfungsi untuk memastikan koneksi dalam kondisi baik.

d. Quad-Microphone System

Pasti seru ketika bermain game suara yang dihasilkan keras, lantang, dan jernih. Inilah yang hadir di ROG Phone 3 yaitu teknologi noise-cenceling quad-mic array yang berguna untuk meredam kebisingan serta mengoptimalkan kualitas suara yang dihasilkan.

5. The most immersive gaming experience

ASUS ROG Phone 3 memiliki berbagai fitur yang membuat penggunanya memiliki pengalaman yang lebih menyenangkan saat bermain game. 

Beberapa kelebihan yang bisa diandalkan ketika memainkan game menggunakan ROG Phone 3 adalah : 

a. Air Trigger

Air trigger adalah fitur yang berguna untuk meningkatan pengalaman pengguna dalam bermain game. Fitur ini bisa mendeteksi setiap pergerakan jari, entah itu Klik, Swipe, Slide, dan lainnya. Ini membuat pengalaman bermain game menjadi lebih intuitif dan nyata.

b. Kontrol Sensor Gerak Terbaru

ASUS ROG Phone 3 ini memiliki sensor gerak internal yang bisa mendeteksi setiap guncangan yang diberikan. Teknologi ini bisa gunakan dalam game-game populer seperti PUBG Mobile, Freefire, Real Racing 3, dan lain-lain.

c. Sistem Audio GameFX

Bekerja sama dengan spesialis pengoptimalan audio Dirac, ROG Phone 3 mampu memberikan keunggulan pada sistem audionya.

Fitur Mode Game pada ponsel ini berfungsi untuk memberikan speaker yang lebih besar, magnet yang lebih banyak, dan kekuatan volume jernih dan lantang yang dapat mendengar setiap pergerakan dalam game dengan jelas.

d. Sistem Pendingin GameCool 3 

Saat bermain game dengan ASUS ROG Phone ini, tak perlu khawatir akan mengalami over heat atau panas berlebihan. ROG Phone 3 sudah menggunakan sistem pendingin canggih yang ditempatkan dalam perangkatnya.

Sistem pendingin ini sangat efektif sekali untuk menghilangkan hawa panas selama pengguaan ponsel, ini terjadi karena setiap ventilasi didesain khusus agar tidak menimbulkan overheat ketika memainkan game dalam waktu lama sekalipun.

Lebih dari 14% peningkatan thermal serta Heat sink yang 6 kali lebih besar menjadikan ROG Phone 3 sangat komperhensif dan canggih mengatasi suhu panas ponsel. 

Spesifikasi ASUS ROG Phone 3

Ini adalah spesifikasi lengkap dari ASUS ROG Phone 3. 


ROG Phone 3

Processor

3.1 GHz Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor

GPU

Qualcomm® Adreno™ 650

UI

Android™ 10 with ROG UI

Display

6.59” 19.5:9 2340x1080 (391ppi) 144Hz/1ms AMOLED HDR10+ certified;

270Hz touch sampling rate, 25ms touch latency;

650nits HBM brightness & 1000 nits peak brightness, 113% DCI-P3 Delta E average <1%;

1.07 billion colors; 1,000,000:1 contrast ratio;

Front 2.5D Corning® Gorilla® 6 Glass;

TÜV Low Blue Light (Hardware Solution) and Flicker Reduced certifications for eye comfort;

Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports Glove touch)

Memory/Storage

LPDDR5/UFS3.1

8GB/128GB

12GB/256GB

SD storage

no SD-card reader; NTFS support for external HDD

Sensor

Accelerator, E-Compass, Proximity, Hall sensor*2, Ambient light sensor, in-display fingerprint sensor, Gyro, Ultrasonic sensors for AirTrigger 3 and grip press

Main Rear Camera

64MP SONY IMX686 sensor, 0.8 µm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 µm large effective pixel size, F1.8, 1/1.7” sensor, 2x1 OCL PDAF, LED flash

Second Rear Camera

13MP, 125˚  ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera

Third Rear Camera

5MP Macro, F2.0

Front Camera

24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.0,

27mm equivalent focal length in 35mm film camera

Video Recording

8K (7680 by 4320) @ 30 fps (main rear camera)

4K (3840 by 2160) @ 30/60 fps (main rear camera), @ 30 fps (second rear camera)

1080p @ 30/60 fps; 720p @ 30 fps

3-axis electronic image stabilization for rear cameras

Time Lapse (4K)

Slow Motion video (4K @ 120 fps; 1080p @ 240/120 fps; 720p @ 480 fps)

Take still photo while recording video

Speaker

Dual front-facing speakers with GameFX & Dirac HD Sound

7-magnet stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect

Audio Output

Hi-Res audio 192kHz/24-bit standard (USB-C™ output) that is 4 times better than CD quality

GameFX audio system for improved in-game audio experience

New AudioWizard with multiple listening profiles tuned by Dirac

Microphone

Quad microphones with ASUS Noise Reduction Technology

Wireless Technology

WLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax 2.4 & 5GHz and Wi-Fi 6

2x2 MIMO, Bluetooth 5.1

Wi-Fi Direct support

Navigation

GNSS support GPS(L1/L5), Glonass(L1), Galileo(E1/E5a),

BeiDou(B1/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(L5)

SIM Cards

Dual SIM dual standby

Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

5G+4G or 4G dual SIM dual standby support

Data rate

 

Support EN-DC(6DL+FR1, 4DL+2FR1)

FR1: DL up to 4.4Gbps / UL 542Mbps

LTE 6CA DL Cat20 up to 2.0Gbps / UL Cat13 up to 150Mbps

DC-HSPA+: DL 42Mbps / UL 5.76Mbps

4x4 MIMO and CA with 4x4 MIMO support

Bands

 

5G (Bands N1, N2, N3, N5, N28, N41, N66, N71, N77, N78, N79)
FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 28, 29, 30, 32, 66, 71)
TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42, 48)
WCDMA (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 19)
EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
CDMA (Bands BC0) (CN and HK only)
TD-SCDMA (Bands 34, 38) (CN and HK only)

Interface

Side-port: 48 pin Customized/Type C connector USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Fast Charging (QC3.0+QC4.0/PD3.0) / Direct Charge

Bottom-port: Type C connector USB2.0/Fast Charging (QC3.0/PD3.0)/Direct Charge

NFC

Support (Card mode support in power off)

OS

Android™ 10

Battery

6.000mAh

Charger

Output: 10V 3A, supports up to 30W QC4.0 / PD3.0 / Direct Charge adapter

Dimensions

171mm, 78mm, 9.85mm

Weight

240 grams

Price

Rp9.999.000 (8GB RAM & 128GB Storage)

Rp14.999.000 (12Gb RAM & 256GB Storage)



Dengan segala kelebihan yang dimiliki, tak berlebihan jika saya ingin bisa memberikan ASUS ROG Phone 3 ini kepada si sulung. ASUS ROG Phone 3 bisa menjadi perangkat yang tepat dalam menggapai cita-citanya sebagai altlet E-Sport .

Bagaimana dengan teman-teman? Adakah yang memiliki keinginan yang sama seperti saya? Ingin memberikan ASUS ROG Phone 3 untuk mendukung anak menjadi atlet E-Sport. Atau apa yang akan teman-teman lakukan bila memiliki ASUS ROG Phone 3 yang merupakan ponsel game terbaik saat ini? Sharing di kolom komentar yuk... 









51 komentar

  1. Emang ya, main game ini ada sisi positif, ada juga sisi negatifnya.

    Hp keren ini, tapi bagi saya harganya nggak keren. Seharga laptop dengan spesifikasi yang lumayan tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, tergantung dari mana kita memanfaatkan game..
      hehe, harganya sesuai dgn kualitasnya mbak

      Hapus
  2. Hp impian Raka banget nih spec-nya. Raka juga sempat suka si kembar Luxxy, Zuxxi itu. Nggak nyangka, kita sampai juga ke masa mendukung anak-anak buat main game untuk prestasi ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teteh, zaman terus berubah ya..
      anak anak generasi alpha akrab bgt dgn teknologi, termasuk dgn game

      Hapus
  3. Anakku doyan main game, rcnanya klo ud agak gedean mau suppport dengan fasilitas game di rmh..asus rog ini emang best referensi.

    BalasHapus
  4. Setuju mbak, apapun yang kita kerjakan pasti baik asal ngga berlebihan
    Seperti makan kalo secukupnya baik, Ngga baik jika berlebihan
    Eniwei mumpuni banget spec Asus ROG phone 3 ya, worth it lah untuk harga 10 juta -14 juta
    Kalo anakku tau bakal pingin nih 😀😀😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya ya ambu..
      sesuai dgn kebutuhan dan speknya

      Hapus
  5. wuah iya nih, semoga si adek keturutan jadi atlit e-sport yaaa
    semoga dengan rog bisa menjadi titik awal untuk keberhasilannya di masa depan
    aamiin

    BalasHapus
  6. ROG PHONE 3 ini memang canggih. Selain full support untuk gaming, hasil photographynya juga keren. Sesuailah kualitas "jeroan" nya dengan harga yang ditawarkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,, sangat mumpuni dalam semua speknya

      Hapus
  7. Asus Rogphone 3 ini memang beneran mantap dan tangguh ya mb. Ternyata anak mb juga hobi game juga ya, cocok banget donk ya dengan rog phone 3 ini, apalagi kalau mendukung untuk jadi atlet e-sport. Semoga sukses yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mbak..
      semoga bisa mendukung dan menfasiitasilitasi impian anak

      Hapus
  8. Suami aq ngiler liat Rogphone satu ini mbak, pake hape biasa suka ngelag katanya.
    Tapi ya harus merogoh kocek lebih dalam kalo pengen meminamang si Rogphone idaman ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, suka nge game ya mbak suaminyya? emang ini hp impian para gamers

      Hapus
  9. Hape yg sedang ku pakai ini juga asus, jadi pengen upgrade ke ROG 3, karena Spek nya cakep, dan harganya memang sesuai dengan kualitasnya

    BalasHapus
  10. Kalau pingin anak jadi gamer profesional memang harus update teknologi yak. Mesti modal gadget yang canggih dan mendukung.

    BalasHapus
  11. ROG Phone 3 merupakan perangkat terbaik untuk bermain game di hp, kualitas teratas dan paling powerful, tak diragukan lagi kemampuannya.

    BalasHapus
  12. Gahar ya mbak spesifikasinya, pantes bandel buat gaming. Atlet e-sport itu lumayan juga lho potensi penghasilannya asal bisa mengelola. Sekali menang turnamen bisa dapet tuh 10 juta

    BalasHapus
  13. Asus ROG phone 3 ini paling mengerti kebutuhan anak zaman now ya Mba. Apalagi buat mereka yang bercita-cita jadi atlet e sport. Tentu dari awal sudah disediakan perangkat yang mumpuni.

    BalasHapus
  14. Aku sampai membaca bagian ini berulang-ulang loh, Mbak. RAM antara 8GB hingga 16GB? Kebayang deh, ini kerja ponselnya secepat apa. Unduh aplikasi lewat RAM 8GB aja tuh udah cepet banget. Keren banget nih ASUS menciptakan ROG Phone 3 dengan kemampuan yang luar biasa.

    BalasHapus
  15. wah keren ini, mbak. mumpung e-sport sekarang lagi populer ya, kudu punya peralatan yang mumpuni nih biar selalu jadi pemenang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, perlu di dukung dgn gadget yang kece

      Hapus
  16. Kayaknya kalau aku juga dikasih spesifikasi main games begini juga bakalan betah dirumah. Tapi kudu belajar banyak juga menggunakan e-sport ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, esport nggak hanya main game saja, banyak yg harus dipelajari juga

      Hapus
  17. E-sports ini jadi bidang yang menjanjikan untuk ditekuni, ya. Aku juga mau kenalkan e-sports ke anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, menjadi salah satu profesi impian di masa depan

      Hapus
  18. Wadidaw fitur2nya canggih banget dan ini pasti impian para gamers sejati salah satunya anak saya kpngen bngt punya tapi apa daya harganya super sekali sesuai dengan fitur2 canggihnya

    BalasHapus
  19. Anakku masih main game Pou hehe.
    Mungkin kalau aku punya hape ini kyknya gk utk ngegame, tp kumanfaatin buat video2 gtu, pasti juga kuat gak bakal ngelag ya, mengingat speknya jg ok gtu

    BalasHapus
  20. Saya setuju, game juga bermanfaat buat tumbuh kembang anak asal bijak. Dan jika anak memang tertarik untuk mendalami kita bisa dukung dengan menyiapkan piranti mumpuni seperti ASUS ROG Phone 3 ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iiya mbak, tergantung bagaimana kita menyikapi game ini ya mbak

      Hapus
  21. Sekarang kalau anak suka main game baiknya diarahkan dan disupport ya Mbak, kali nanti bisa jadi atlet E-sport ya. Sulungku juga suka main game, dari gamenya juga dia belajar kenali huruf dan bahasa Inggris. Lebih mudah belajar dari game daripada diajarin langsung.
    ASUS ROG Phone 3 ini kece banget ya, idaman gamers banget lah ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, game juga menjadi sarana belajar ya mbak

      Hapus
  22. anakku juga suka main game.. nggak papa sebenernya yang penting bisa ngatur waktu dengan kegiatan lain misalnya belajar.. dan dia suka banget produk produk Asus especially ASUS ROG Phone 3.. cuman mau beli kudu nabung dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mbak, asal tahu waktu main game nya

      Hapus
  23. ASUS memang jenama yang konsisten dengan inovasi dan up-to-date dengan kebutuhan jaman sekarang. Salut untuk ASUS yang selalu berkembang dan menghadirkan teknologi AI yang luar biasa

    BalasHapus
  24. Nyatanya game juga memiliki sejumlah manfaat ya Mbak. Bisa melatih kecerdasan dan imaginasi anak juga tapi harus tetap diawasi. Apalagi kalau mereka udah punya smartphone gaming canggih kayak ASUS Rog Phone 3 ini. Jangan sampai kecanduan dan lupa waktu gitu.

    BalasHapus
  25. Sekarang dunia memang sudah berkembang pesat, bahkan olahraga bisa dilakukan melalui dunia maya dan peluang nya cukup menjajikan.

    Selama kita bisa mengarahkan nya dengan baik, kemajuan teknologi punya dampak sangat positif bagi kehidupan.

    BalasHapus
  26. Dimasa sekarang, perubahan jaman. Game ternyata juga bisa dikembangkan utk mendukung prestasi anak ya Kak. Brg kali ini yg dimaksud teknologi berdampak positif.

    BalasHapus
  27. Wah jadi ingat hp saya sebelum sekarang ini merknya Asus jg, bahkan laptop Asus juga, suka bgt sama Asus, bandel mesinnya

    BalasHapus
  28. Ternyata main game bukan hanya sekadar have fun aja ya mba. Justru, saat ini bisa berkembang menjadi atlet e-sport. Menarik banget nih. Ditambah, lihat hp kayak gini, duh spec-nya cakep banget sih.

    BalasHapus