Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

STEM Prasetiya Mulya Cetak Tenaga Ahli di Bidang Energi Terbarukan

 

STEM Prasetiya Mulya

Ada yang anaknya atau keponakannya tertarik menjadi tenaga ahli di bidang energi terbarukan? Jika iya, maka STEM Prasetiya Mulya adalah tempat yang tepat untuk mencetak tenaga ahli di bidang energi terbarukan. Melalui jurusan S1 Renewable Energy Engineering, STEM Prasetiya Mulya akan membantu milenial berkarir di bidang energi terbarukan. Sebuah pekerjaan di masa depan yang sangat menjanjikan. 

Pentingnya Energi Terbarukan

STEM Prasetiya Mulya

Energi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. Seiring peningkatan jumlah penduduk, kebutuhan akan energi pun bertambah. Ini membuat kita semua harus mencari sumber energi lainnya. Kita tidak bisa lagi mengandalkan energi fosil secara terus menerus. Kita perlu menggunakan energi terbarukan. 

Mungkin beberapa dari teman-teman deestories masih bingung tentang apa itu energi terbarukan. Energi terbarukan adalah energi yang bersumber dari proses alami yang berkelanjutan. Beberapa contoh dari energi terbarukan adalah biodiesel, panel surya, tenaga angin hingga geotermal. 

Energi terbarukan ini bisa terus diproduksi tanpa harus menunggu jutaan tahun layaknya energi fosil. Potensi energi terbarukan di Indonesia sangat besar. Inilah yang membuat ahli energi terbarukan sangat dibutuhkan di masa yang akan datang. Milenial bisa memilih berkarir di bidang energi terbarukan.

Menurut World Resource Institute (WRI), energi terbarukan mampu mengatasi berbagai persoalan yang ada di Indonesia. Energi Terbarukan menjadi peluang yang sangat menjanjikan bagi semua pihak, karena : 

⏺️ Energi terbarukan mampu menghasilkan keuntungan ekonomi 3-6 kali lipat dari investasi awal. 

⏺️ Ketidakstabilan harga energi fosil, membuat energi terbarukan menjadi peluang global yang besar.

⏺️ Sektor industri energi terbarukan mampu menciptakan 65 juta lapangan kerja pada tahun 2050.


Pekerja di bidang energi terbarukan menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan dan ramah lingkungan. 

Baca Juga : Langkah Bersama Atasi Perubahan Iklim

Jurusan S1 Renewable Energy Engineering STEM Prasetiya Mulya Cetak Tenaga Ahli di Bidang Energi Terbarukan

Melihat besarnya peluang berkarir di sektor industri energi terbarukan ini, wajar jika diantara ahli energi terbarukan menjadi cita-cita para milenial saat ini. 

Berkuliah di S1 Renewable Energy Engineering STEM Prasetiya Mulya akan membantu terwujudnya cita-cita ini. 

Program S1 Renewable Energy Engineering adalah bentuk kontribusi Universitas Prasetiya Mulya dalam memanfaatkan peluang di bidang energi terbarukan. 

Kurikulum S1 Renewable Energy Engineering 

STEM Prasetiya Mulya

Kurikulum pada program S1 Renewable Energy Engineering disusun secara lengkap dan komprehensif. 

Program S1 Renewable Energy Engineering ini menggabungkan aspek teknis dan manajemen yang mampu membekali setiap mahasiswanya memiliki problem solving tentang energi terbarukan sekaligus menciptakan peluang bisnis dari sektor tersebut.

Ada empat elemen penting dalam kurikulum S1 Renewable Energy Engineering ini, yaitu : 

⏺️ Energi Terbarukan

⏺️ Inovasi di Bidang Energi

⏺️ Bisnis dan Wirausaha

⏺️ Pengembangan Personal

Kelompok Keahlian di Program S1 Renewable Energy Engineering

STEM Prasetiya Mulya

Ada empat kelompok keahlian dalam Program S1 Renewable Energy Engineering ini. Dimana adanya pembagian kelompok keahlian tersebut diharapkan membantu mahasiswa dalam menekuni bidang energi terbarukan secara spesifik, sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing. 

Solar Energi

Kita pasti tahu, bahwa energi matahari termasuk salah satu energi terbarukan yang sangat besar potensinya. Melalui bidang Solar Energi ini, mahasiswa diajari bagaimana memanfaatkan energi matahari untuk menghasilkan listrik ataupun bahan bakar hidrogen yang ramah lingkungan.

Bidang Solar Energi ini juga mengajak mahasiswa belajar merancang photovoltaic (pv) system berdasarkan kebutuhan listrik dan besarnya produksi listrik dari PV System.

Beberapa fasilitas pendukung untuk kelompok keahlian ini antara lain laboratorium SEM (Scanning Electron Microscope). Dimana laboratorium ini digunakan untuk meneliti karakteristik topografi material dan analisis unsur pengukuran efisiensi sel surya dan lain-lain. 

Bioenergy

Kelompok keahlian Bioenergy mempelajari bagaimana mengubah biomassa menjadi sumber energi terbarukan misalnya untuk energi listrik, biofuel dan lain sebagainya. Keahlian Bioenergy ini tak hanya membuat mahasiswa mampu menciptakan energi terbarukan saja, tetapi juga ikut serta dalam mengurangi sampah dan limbah yang ada di masyarakat. 

Beberapa fasilitas pendukung dalam program keahlian ini antara lain laboratorium gas chromatography, High Performance Liquid Chromatography, Bomb Calorimeter, dan lain-lain.

Energy Management

Keahlian Energy Management hadir untuk mengoptimalkan penggunaan energi pada suatu sistem. Ilmu energi manajemen berperan penting dalam memepelajari bagaimana melakukan audit energi, menganalisa dan merancang agar penggunaan suatu energi bisa efisien. 

Dengan bantuan software simulasi energi Aspen One, ANSYS Fluent, dan lain-lain mahasiswa bisa belajar mengontrol dan melakukan aksi pada suatu sistem secara otomatis agar mencapai efisiensi energi. 

Fluid Structure Interactions

Pada kelompok keahlian ini, mahasiswa akan mempelajari interaksi antara fluida dan struktur yang diaplikasikan pads bidang renewable energy untuk menghasilkan performa struktur yang efisien dari segi aerodinamika maupun structural integrity. 

Kelompok keahlian ini akan mempelajari bagaimana pemanfaatan energi angin maupun energi air untuk menghasilkan energi listrik. 

Keahlian Fluid Structure Interactions didukung oleh software SolidWorks untuk merancang model 3D turbin angin, ANSYS Fluent dan Mechanical untuk melakukan simulasi aliran fluida baik untuk memprediksi performa aerodinamik serta kekuatan struktur. 

Prospek Karir Lulusan Program S1 Renewable Energy Engineering

Pada masa yang akan datang, energi terbarukan menggantikan energi fosil yang terbatas. Apalagi, pemerintah Indonesia sudah menargetkan di tahun 2050 nanti, penggunaan energi terbarukan harus mencapai 30% dari total penggunaan energi nasional. 

Baca Juga : Cara Sederhana Mengenalkan Green Jobs Pada Anak

Ini membuat lulusan Renewable Energy Engineering sangat dibutuhkan. Beberapa prospek karir dari lulusan ini antara lain : 

⏺️ Energy Engineer

⏺️ Energy Auditor

⏺️ Energy Business Analyst

⏺️ Energy Consultant

⏺️ Energy Entrepreneur

Dimana prospeknya tidak hanya di industri langsung seperti pembangkitan energi atau pengolahan sumber energi saja. Tetapi juga bisa di industri-industri lain seperti industri petrokimia, baja dan lain sebagainya. 

STEM Prasetiya Mulya Kembangkan Future Life Skills

STEM Preasetiya Mulya bertujuan untuk mengembangan future life sklill bagi para mahasiswanya. Selain terdapat program S1 Renewable Energy Engineering, di STEM Prasetiya Mulya juga terdapat beberapa program jurusan yang bisa membantu generasi milenial untuk memiliki future life skill, seperti : 

⏺️ S1 Computer System Engineering

⏺️ S1 Food Business Technology

⏺️ S1 Digital Business Technology

⏺️ S1 Product Design Engineering

⏺️ S1 Business Mathematics

Fasilitas STEM Prasetiya Mulya

STEM Prasetiya Mulya dilengkapi oleh berbagai macam fasilitas pendukung kegiatan perkuliahan dan penelitian, antara lain ruang kuliah, ruang komputer, dan laboratorium. Saat ini terdapat beberapa laboratorium dasar, yaitu Laboratorium Komputer, Virtual Laboratory, Laboratorium Kimia, dan Laboratorium Fisika.

Tak hanya itu, STEM Prasetiya Mulya juga memiliki Collaborative STEM Laboratories. Collaborative STEM Laboratories ini dirancang untuk memfasilitasi eksperimentasi dan prototyping yang bersifat kolaboratif dan multidisiplin untuk menghasilkan produk-produk inovatif yang mendukung pengembangan bisnis-bisnis baru, namun tidak terbatas pada, bidang inovasi berikut: E-Platform, Modelling dan Simulation, Analis dan Pengembangan Produk Pangan, Material dan Energi.

Semua fasilitas dan program studi yang ada di STEM Prasetiya Mulya dirancang untuk mengembangkan keahlian masa depan. Generasi milenial yang akan menjadi penerus bangsa, sangat layak untuk mengasah future skill nya di STEM Prasetiya Mulya ini.

Lokasi STEM Prasetiya Mulya

STEM Prasetiya Mulya

Universitas Prasetiya Mulya ini berlokasi di : 

BSD City Kavling Edutown I.1

Jalan BSD Raya Utama, BSD City 15339

Kabupaten Tangerang


Jadi bagaimana? Adakah teman-teman yang memiliki anak ataupun keponakan yang tertarik di bidang energi terbarukan? Atau ingin mengembangkan future life skill? Kuliah saja di STEM Prasetiya Mulya, ya. 

Pendaftaran mahasiwa baru sudah dibuka. Jangan khawatir, masih ada pendaftaran untuk gelombang kedua yang dibuka mulai tanggal 14 September hingga 11 Oktober 2021

Dapatkan informasi lebih lengkapnya disini

52 komentar

  1. Aku sering lewat kampusnya nih, keren tempatnya. Lengkap ya fasilitas dan program studinya.
    Apalagi semua fasilitas dan program studi yang ada di STEM Prasetiya Mulya dirancang untuk mengembangkan keahlian masa depan generasi mendatang.Kampus impian nih!

    BalasHapus
  2. energi terbarukan memang menjadi salah satu elemen penting dalam upaya kita menjaga kelestarian lingkungan. Kuliah ini bisa jadi bidang studi baru yang akan sangat relevan nantinya

    BalasHapus
  3. Saat ini Indonesia memang sedang mengembangkan energi terbarukan, mengingat Bahan Bakar Minyak kini sudah semakin langka. Saatnya memikirkan penelitian yang terbaik demi kelangsungan hidup anak cucu kita di bumi.

    Keren sekali STEM Prasetiya Mulya fokus ke pengembangan energi terbarukan.

    BalasHapus
  4. Sebenarnya, kalau boleh jujur, akutu baru kali ini mendengar sebutan energi terbarukan. Sebelumnya nggak pernah. Heehehe...

    Urusannya sama BBM. Aku bisa rekomendasikan ini untuk adikku. Barangkali dia suka.

    BalasHapus
  5. Program-program studinya mantep ya. Anak sulungku sih udah kuliah di kampus lain. Nggak tau nih si bungsu, bakal tertarik atau enggak. Minatnya masih belum mengerucut.

    BalasHapus
  6. STEM Prasetiya Mulya ternyata di BSD City lokasinya. Keren euy.
    Bener banget nih, jurusan energi terbarukan ini prospeknya bagus banget ke depannya. Ntar direkomendasikan pada tetangga yang anaknya masih nyari-nyari tempat kuliah. Makasih infonya mba.

    BalasHapus
  7. Rekomendasi bagus untuk ponakan yang mau lanjut kuliah nih. Penting buat menyiapkan skill yang dibutuhkan ke depan dan tempat belajar yang tepat ya

    BalasHapus
  8. Ini aku yang kudet apa karena emang baru sih ya soal prodi energi terbarukan hahaha.Sebuah bukti kalau Prasetiya Mulya ini bener-bener inovatif dan menawarkan pembelajaran sesuai zaman ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya memang prodi baru ya, Rai. Menyesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan zaman.

      Hapus
  9. wow keren banget STEM Prasetiya Mulya punya jurusan energi baru terbarukan, bahkan ITB gak punya jurusan ini
    Padahal energi fosil gak lama habis dan EBT harus segera dipersiapkan, karena prosesnya kan panjang.

    BalasHapus
  10. Saya memprediksi bahwa ke depan ada banyak kebutuhan perusahaan atau instansi di bidang EBT ini, bahkan bisa jadi green jobs di masa mendatang. Progress bagus jika ingin mendalami EBT dengan berkuliah di STEM Prasetiya Mulya Tangerang ini.

    BalasHapus
  11. Di beberapa tahun ke depan lulusan Prasetya Mulya ini bakal jadi garda terdepan dalam urusan energi terbarukan di bumi ini ya. Keahlian yang sangat jarang dimiliki tuh.

    BalasHapus
  12. Nggak heran ya, saat ini dan ke depannya nanti dibutuhkan sarjana-sarjana di bidang energy engineering. Apalagi potensi energi terbarukan di Indonesia sangat besar. Bisa jadi peluang emas nih bagi putra putri yang tertarik di bidang energi.

    Wah keren nih bisa ngambil kurikulum S1 Renewable Energy Engineering di STEM Prasetiya Mulya. Lokasinya strategis pula. Makasih infonya Mba.

    BalasHapus
  13. Suamiku pernah ikut pelatihan di Universitas Prasmul dari kantornya. Emang keren banget Prasmul ini. Apalagi pas tahu ada STEM prasmul ini, program studinya jarang ada di univ lain. Ditambah lagi semuanya bisa jadi karir masa depan yang menjanjikan banget ya mbak, salah satunya tentang energi terbarukan ini.

    BalasHapus
  14. Mencetak generasi pendidikan berkualitas bisa bermanfaat untuk generasi masa depan, apalagi untuk memikirkan san membuat strategi energi alternatif buat masa depan

    BalasHapus
  15. Kerennn program jurusannya 😱 ilmunya kepake banget di masa yang akan datang dengan life skill yang berbeda dari program jurusan yang lama. Jurusannya anti mainstream banget.. Duh, jadi pengen kuliah lagi

    BalasHapus
  16. Keren banget ini kampus. Jurusannya itu lho, kece dan kekinian banget. Bener-bener yang dibutuhkan dunia kerja saat ini.

    BalasHapus
  17. Mungkin saya yang kurang info, tapi senang banget sekarang ada fakultas dengan jurusan energi terbarukan ini. Perhatian kita terhadap lingkungan meningkat karena bumi sedang memerlukan perhatian yang sangat serius. Dengan tenaga ahli semoga banyak energi yang akan terbarukan

    BalasHapus
  18. Aku baru tau loh kak STEM Prasetya Mulya ini dan menurut aku jurusannya tuh sangat cerah yah, rekomendasi banget

    BalasHapus
  19. Pilihan program studinya bagus bagus ya mba, saya baru dengar ada jurusan energi terbarukan seperti itu. Untuk biayanya gimana mba? Apakah terjangkau? Pengen tau juga ni informasi biaya2nya

    BalasHapus
  20. Keren STEM Prasetiya Mulya punya jurusan energi baru terbarukan. Kedepan bakal banyak dibutuhkan EBT disegala bidang

    BalasHapus
  21. Yaampun, menarik dan keren2 jurusannya hemm Renewable Energy Engineering seandainya ada kesempatan kuliah lagi, mungkin jurusan ini menjadi salah satu pilihanku.

    BalasHapus
  22. Senang rasanya saat mengetahui ada institusi pendidikan yang peduli akan isu energi yang terbarukan. Dengan membuka beberapa fakultas yang berhubungan dengan hal ini, tentunya akan melahirkan para ahli di berbagai bidang bagi masa depan tanah air. Salut untuk PRASETYA MULIA. Universitas yang selalu lahir dengan banyak inovasi dan pemikiran-pemikiran baru.

    BalasHapus
  23. Sayang banget keponakan saya sudah telanjur kuliah di kampus lain. Coba baca artikel ini saya suruh kuliah di STEM Prasetiya Mulya deh

    BalasHapus
  24. jadi inget jaman kuliah dulu sering membahas tentang energi ramahh lingkungan dan terbarukan, keren Universitas Prasetya Mulia yang fisioner membangun dan membuka fakultas yang aware pada energi terbaru sukses seklalu

    BalasHapus
  25. yaampun baru tau aku kalo ada prodi energi terbarukan ini. bagusnya jadi mengkuti kebutuhan zaman, keren ya, inovatif banget.

    BalasHapus
  26. Aq mau rekomendasikan STEM Prasetya Mulya ini sama tetangga dan sodara yang nantinya mau kuliah. Program study nya bagus untuk masa depan

    BalasHapus
  27. Selain digital marketing, jurusan energi terbarukan ini emang lagi booming sih. Soalnya masalah di bumi ini beragam. Salah satunya ya energi terbarukan tsb. Energi fosil ya lama2 abis krn dipake terus. Nah butuh inovasi dr energi terbarukan utk menggantikan energi fosil itu. Di tangan anak2 muda nantilah masa depan bumi dipertaruhkan. Salut buat STEM Prasetiya Mulya yg bikin jurusan keren ini.

    BalasHapus
  28. Sumpah baru tau ada Jurusan energi terbarukan kayak gini.
    Semoga bs berkontribusi agar energi di bumi tak cepat habis

    BalasHapus
  29. saya alumni jurusan elektro dan penelitiannya tentang energi terbarukan ini kak. Kebetulan mengambil konsentrasi mengenai pembangkit listrik tenaga angin, dan jika memang didalami hal itu oleh pemerintah ataupun perseorangan insyaAllah bisa kok membantu menghemat energi. minimal bisa untuk penerangan pribadi

    BalasHapus
  30. Bagus ada jurusan iniii. Aku baru tau ada di Prasetiya Mulia. Mudah2an nanti lulusannya bermanfaat untuk masyarakat. Amiin. Ini jurusannya penting ^^ alhamdulillah Indonesia punya

    BalasHapus
  31. Keren ya jurusannya, semoga semua para lulusannya bisa memberikan manfaat, mendapatkan ilmu yang berkah.

    BalasHapus
  32. Prasmul emang keren sih kampusnya. Dan setau aku jurusan ini emang langka kan ya. Gak ada juga di kampus lain. Dan prospek ke depannya utk jangka panjang kayaknya bagus dan menjanjikan ya.

    BalasHapus
  33. STEM Prasetiya Mulya ini sekarang lokasinya dekat rumah juga mbak,
    ya ga dekat banget sih, sekitar 40 menitan dari rumah, dan memang fokus mereka saat ini bertujuan untuk mengembangkan future life skill

    BalasHapus
  34. Melihat minat dan besarnya peluang berkarir di sektor industri energi terbarukan ini, anak milenial pastinya ingin menjadi ahli energi terbarukan juga ya

    BalasHapus
  35. Salut untuk STEM Prasetiya Mulya yang membuka program S1 Renewable Energy Engineering. Emang energi terbarukan ini bakal jadi trend ke depan, dan selayaknya tenaga ahli dalam bidang ini harus dipersiapkan. Salah satunya dengan belajar di jurusan Renewable Energy Engineering STEM Prasetiya Mulya

    BalasHapus
  36. Beneran menyediakam future life skill nih Kampus STEM Prasetiya Mulya. Peluang karirnya di masa depan akan terbuka lebar.

    BalasHapus
  37. gemes deh bacanya, anak aku kan semua cewek,gak ada arahan mau kuliah di bidang ini, hehehe.moga ada anak-anak teman-teman kuyang lain bisa kuliah di kampus kece ini deh, hehehe

    BalasHapus
  38. Seneng ya lulusan dari STEM Prasetiya Mulya Cetak sudah siap kerja Karena lulusannya bisa jadi Tenaga Ahli di Bidang Energi Terbarukan

    BalasHapus
  39. Keren STEM Prasetiya Mulya. Andai saya kuliah lagi, saya mau nih kuliah di S1 Renewable Energy Engineering. Menarik banget mengembangkan energi terbarukan di Indonesia. Menarik dan sekaligus menantang.

    BalasHapus
  40. Aku baru tahu ada istilah energi terbarukan. Ternyata, jenis-jenis sumber energinya, adalah energi-energi alternatif. Oke, oengetahuan baru yg bisa aku kenalkan ke anakku yg sedang belajar ini di kelas 4 SD

    BalasHapus
  41. Bidang energi terbarukan insya Allah bakal kepake banget di masa depan ya mam. Apalagi di tengah perubahan iklim seperti sekarang. Perlu gebrakan di bidang energi.

    BalasHapus
  42. STEM Prasetiya Mulya di BSD City ini Keren banget ya mbak.
    Apalagi jurusan energi terbarukan ini prospeknya memang bagus banget ke depannya ya mbak. Good recomended banget nih

    BalasHapus
  43. Salah satu kampus swasta keren ya PrasMul ini. Gak heran deh jika lulusan dan produknya berkualitas. Semoga semakin banyak nih kampus yang begini. Mampu menghasilkan teknologi energi terbarukan.

    BalasHapus
  44. Jawaban untuk tantangan krisis energi berbahan baku migas nih. Bener banget, pengembangan energi terbarukan harus mendapatkan prioritas. Butuh banget tenaga ahli yang terdidik di bidang ini agar segera berkembang tuh produksi energi terbarukan yang ada di negeri kita.

    BalasHapus
  45. Jurusannya bagus ya mengikuti perkembangan zaman dan mendukung go green life semoga makin banyak mahasiswanya dan lapangan pekerjaan pun semakin luas..

    BalasHapus
  46. keren euy sekarang ada jurusan energi terbarukan. memang sekarang lagi digalakkan banget ya mbak energi terbarukan ini demi bumi kita

    BalasHapus
  47. Dulu,informasi soal energi terbarukan masih langka. Sekarang sudah mulai dikenali. Keren ini STEM Prasetiya Mulya sudah ada jurusan terbarunya.

    BalasHapus
  48. Jurusan yang dibutuhkan untuk masa depan nih energi terbarukan secara energi yg berasal dari bumi spt minyak bumi lama kelamaan bisa habis. Btw STEM singkatan dari apa mba? S dan T nya pasti sekolah tinggi. E mungkin energi M manufaktur ya... Nebak nebak karena penasaran heheh

    BalasHapus
  49. Jurusan yang prospek ke depannya bagus ini.. Sudah saatnya dunia beralih ke energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan juga..

    BalasHapus
  50. Program strukturnya tertata dengan baik ya mbak.

    Kelompok keahliannya juga bervariasi. Yang mana sangat tinggi peminatnya di era saat ini

    BalasHapus
  51. Pilihan jurusan atau bidang untuk kuliah makin banyak ya mbak, salah satunya ya yang berkaitan dengan energi terbarukan dan prospek masa depan lebih baik ya

    BalasHapus