Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Cara Sederhana Mengenalkan Green Jobs Pada Anak


Green Jobs

Cara Sederhana Mengenalkan Green Jobs Pada Anak - Hari ini Chacha mendapat tugas dari gurunya untuk membuat cerita tentang cita-cita. Chacha bingung, cita-cita apa yang harus diceritakannya. Dia ingin jadi koki tapi juga suka membuat komik. Kadang dia juga ingin jadi peneliti yang banyak melakukan eksperimen. Bahkan dia juga tergiur untuk menjadi seorang youtuber. Dia juga suka menggambar baju dan membuat baju untuk boneka barbienya. 

Saya tersenyum melihatnya. Jadi ingat saat saya masih kecil dulu. Saat itu, setiap ditanya apa cita-cita saya, saya mantap menjawab : Dokter! Lalu seiring berjalannya waktu, cita-cita saya berubah. Mulai dari apoteker, polwan hingga wartawan. 

Betapa berbeda gambaran cita-cita masa kecil saya dengan cita-cita Chacha. Zaman sudah berubah, panetrasi internet membuat perubahan cara berpikir, termasuk dalam memilih cita-cita. 

Daripada terus kebingungan, saya kenalkan Chacha pada Green Jobs, peluang kerja di masa depan yang ramah lingkungan. 

Green Jobs Adalah

Sebenarnya sudah beberapa tahun lalu saya mendengar tentang Green Jobs ini. Tapi pemahaman saya tentang Green Jobs secara utuh baru saya dapatkan saat mengikuti #SelasaSharingISB pada tanggal 9 Februari lalu. Sharing yang berjudul "Memahami Green Jobs dan Peluangnya di Indonesia" ini adalah kerjasama antara komunitas ISB dengan Coaction Indonesia. 

Dari acara ini, saya mendapat banyak insight baru tentang Green Jobs. Dan ini yang akan saya bagikan pada Chacha. Dia harus tahu tentang Green Jobs yang merupakan peluang kerja di masa depan. 

Saya mulai dari pengertian apa itu Green Jobs melalui dialog. 

Saya : Menurut Chacha, Green Jobs itu apa sih?

Chacha : green itu hijau, jobs itu pekerjaan. Hmm pekerjaan hijau? 

Saya : hehe, hampir benar nak. Hanya saja kurang tepat. Jadi Green Jobs adalah pekerjaan yang berperan dalam pelestarian lingkungan. 

Chacha : seperti tukang sampah dan petani ya bun? 


Saya tersenyum, nampaknya Chacha mulai paham tentang Green Jobs. Saya lanjutkan bercerita, bahwa peluang pekerjaan Green Jobs itu sangat luas.

Peluang Green Jobs di Indonesia

Green Jobs

Peluang Green Jobs di Indonesia sangat besar. Ini karena Indonesia termasuk negara yang rentan terkena dampak dari adanya perubahan iklim. Ya, Green Jobs tidak bisa dipisahkan dari adanya perubahan iklim. 

Kerusakan lingkungan menjadi penyebab terjadinya perubahan iklim. Disinilah upaya-upaya pelestarian lingkungan perlu segera dilakukan, salah satunya dengan adanya Green Jobs ini.

Baca Juga : Pentingnya Kolaborasi Kampanye Program Langit Biru 

Kehadiran Green Jobs tidak hanya meningkatkan kesejahteraan melalui penghasilan yang layak, tetapi juga mampu untuk berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa digolongkan sebagai Green Jobs. Menurut Gleen Croston (2008), setidaknya saat ini ada 75 pekerjaan yang masuk kedalam kategori Green Jobs. Pekerjaan tersebut berupa pengembangan energi alternatif, pengolahan air dan limbah, hingga produk pertanian organik. 

Selain itu, Green Jobs juga berarti menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Misalnya, selalu hemat energi saat di kantor. Bisa juga bekerja di kantor yang mendukung pelestarian lingkungan, misalnya artsitek yang membuat bangunan eco-friendly juga bisa disebut Green Jobs. 

Indonesia memiliki hampir semua potensi untuk mengembangan seluruh pekerjaan yang dicantumkan oleh Gleen Croston. Dengan berbagai potensi tersebut, Green Jobs dapat tumbuh subur di Indonesia.

Manfaat Green Jobs

Apa sih manfaat Green Jobs ini? Mengapa kita perlu mengembangkan Green Jobs ini? 

Green Jobs tidak hanya memberikan penghasilan yang layak. Tapi juga mendatangkan bergaam benefit lainnya, seperti :

💠 Membuka lapangan pekerjaan baru

💠 Melestarikan lingkungan

💠 Menumbuhkan perekonomian

💠 Menjaga keberlanjutan kehidupan

Aksi Nyata Kenalkan Green Jobs di Rumah

Agar Chacha semakin paham, saya mengajaknya melalukan beragam aksi nyata yang berkaitan dengan Green Jobs. 

Eco Fashionpreneur

Eco fashionpreneur menjadi salah satu jenis Green Jobs. Saya sengaja mengenalkan Chacha pada eco fashionpreneur, karena Chacha juga suka menggambar mode baju dan membuat baju untuk boneka barbienya. 

Eco fashionpreneur adalah konsep pembuatan fashion yang ramah lingkungan, salah satunya adalah fashion dari bahan daur ulang. Misalnya membuat tas dari celana jeans bekas. 

"Wah, seperti aku yang buat pakaian barbieku dari kaos kaki bekas ya bun?". Saya mengangguk. Ya, Chacha memang senang berkreasi membuat pakaian boneka barbie dari kaos kaki atau baju yang sudah tidak dipakai. 

Urban Farmer

Urban farmer bisa dikatan sebagai peluang Green Jobs terbesar di Indonesia, maklum Indonesia adalah negara agraris. Di rumah kami punya sepetak tanah yang bisa kami tanami beberapa tanaman pangan. Mulai dari kangkung, cabe, terong, pepaya dan timun. 

Berkebun di rumah menjadi salah satu cara saya mengenalkan pekerjaan urban farmer pada anak-anak. Siapa tahu kelak mereka bisa menjadi urban farmer yang sukses. Membantu ketahanan pangan bangsa sekaligus menjaga kelestarian lingkungan. 

Eco Influencer

Eco influencer adalah orang yang gemar mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan. Chacha boleh saja jadi youtuber, asalkan dia bisa mengedukasi masyarakat melalui konten-konten bermanfaat sekaligus ramah lingkungan. Seperti yang dilakukan oleh Agni Pratista dan Ayla Dimitri, dua eco influencer Indonesia.

Atau Chacha bisa menjadi blogger seperti saya. Dimana saya juga banyak menulis tema-tema pelestarian lingkungan di blog. Artikel seputar lingkungan bisa dilihat disini ya. 

Waste Management Start Up

Green Jobs

Di rumah kami menjalankan gaya hidup minim sampah.  Kamu berusaha untuk mencegah produksi sampah dengan diet plastik. Sampah dirumah juga sudah terpilah. Bahkan kami juga sudah mengolsh sampah kami sendiri, melalui keranjang takakura, felita dan ecobrik. 

Baca Juga : Pengelolaan Sampah dari Kawasan, Langkah Nyata Wujudkan Zero Waste Cities

Chacha juga sering ikut saat menyetorkan sampah ke bank sampah. Harapannya, rumah minim  sampah kami bisa memberinya inspirasi untuk mendirikan waste management start up di masa yang akan datang. 

Solar Panel Technician

Energi matahari menjadi salah satu energi masa depan yang bisa menjadi peluang Green Jobs. Pengetahuan Chacha tentang energi masa depan, didapatknya saat kami membaca buku seri Confidence in Science yang berjudul "Mengapa Kita Perlu Beralih ke Energi Masa Depan?". Melalui buku tersebut Chacha jadi tahu bermacam-macam energi masa depan, mulai dari biodiesel, panel surya, tenaga angin hingga geotermal. 

Green Jobs

Di rumah kami mematikan lampu di siang hari, membiarkan sinar matahari sebagai cahaya peneramgan. Atau membuka jendela lebar-lebar di siang hari, agar angin bisa masuk. Jadi rumah tetap sejuk meski tanpa AC dan kipas angin. 

Organik Foodpreneur

Chacha juga ingin menjadi koki, dia suka dengan kegiatan me ifmasak. Maka tak ada salahnya untuk mengenalkan pekerjaan organik foodpreneur padanya. 

Mengajaknya berbelanja di toko sayur organik langganan. Atau mencoba praktik membuat organik food. Misalnya membuat beragam infuse water dari buah dan sayur. Atau mencoba berkesperimen membuat keripik bayam. 


Apa yang saya lakukan di rumah ini semoga bisa memberikan inspirasi bagi Chacha tentang pekerjaan apa yang ingin dilakukannya kelak. Harapannya, Chacha bisa memanfaatkan peluang Green Jobs, pekerjaan masa depan yang ramah lingkungan. 

Bagaimana dengan teman-tema? Apakah juga tertarik mencoba peluang Green Jobs ini? Atau juga sudah mengenalkan pada anak tentang Green Jobs ini? Share pengalamannya di kolom komentar ya.. 

Terima kasih..





37 komentar

  1. Senang ya, sekarang green jobs semakin dilirik
    Karena Energi fosil pasti habis, Indonesia pun sudah lama menjadi negara pengimpor bahan bakar

    BalasHapus
  2. Masya Allah bun, ternyata pilihan pekerjaannya banyak juga ya dan peluangnya pun terbuka lebar. emang cocok untuk edukasi anak sejak dini tentang green jobs ini biar nanti wawasannya makin terbuka saat dia sudah besar.

    BalasHapus
  3. Green jobs ibu rumah tangga yg selalu saya bawelin anak aialah suruh irit listrik, irit air dan minimalisir sampah...

    BalasHapus
  4. Jika dicermati lebih teliti lagi, Green Jobs ini peluangnya gede banget ya. Banyak profesi yang sesungguhnya sangat berhubungan dengan pelestarian lingkungan dan keterbelangsungan kehidupan alam. Bahkan bisa dimulai dari lingkungan terkecil.

    Harusnya program seperti ini harus sering kita sosialisasikan ke anak-anak. Agar pemikiran dan kepedulian mereka akan sumber daya alam dan pelestariannya, mendapatkan perhatian lebih. Dan itu harus mulai dari sekarang.

    BalasHapus
  5. wow info baru nih ... sekarang green jobs semakin dilirik untuk peluang pekerjaan dengan pilihan terbuka lebar yang cocok untuk edukasi anak . terima kasih informasinya.

    BalasHapus
  6. Green job mengingatkan pada salah satu organisasi pecinta lingkungan. Penting dan bagus mengedukasi anak dan masyarakat. Lingkungan hijau langit biru kembali lagi ke masyarakat.

    BalasHapus
  7. emang penting banget mengenalkan greenjobs ke anak, agar nanti sampai dia dewasa selalu menanamkan pentingnya kelestarian alam di setiap kegiatan yang dilakoni..

    BalasHapus
  8. Ternyata banget banget jenis green jobs. Jadi bekerja tapi ramah lingkungan. Semoga semakin banyak pekerjaan yang bisa melestarikan lingkungan.

    BalasHapus
  9. bagus banget nih mengenalkan anak-anak untuk memahami green jobs sedari dini ya semoga kelak mereka menjadi generasi yang sukses dan peduli lingkungan

    BalasHapus
  10. Inspiratif sekali Mbak cara mengenalkan green jobs dan mengalikasikan di keseharian. Bisa saya ikuti nih, beberapa belum saya lakukan di rumah. Setuju jika edukasi seputar ini bisa dilakukan sejak dini demi lingkungan yang lebih baik lagi nanti

    BalasHapus
  11. Oh itu tuh yang dimaksudkan dengan green jobs. Wah, ini aku yang udah dewasa juga enak nih pahamnya baca pembahasan mbak, kayaknya bakal berhasil banget kalau untuk anak-anak ya.

    BalasHapus
  12. Kalau mau dari rumah dimulai dengan memilah sampah - mengurangi pemakaian listrik dll - tidak bepergian kalau tidak perlu dengan kendaraan bermotor - bekerja secara online dan bergerak sebagai green farmers, maka bisa dipastikan 10 tahun ke depan kita akan menjadi Indonesia baru ya mbak Dee

    BalasHapus
  13. wuah keren banget artikelnya
    aku gak pernah kepikiran sih untuk ada ide tentang mengenalkan green jobs pada anak
    padahal bagus banget ya, biar anak2 gak terdoktrin utk jadi dokter tentara polisi
    see, masih banyak pekerjaan menarik yang bisa berkontribusi untuk menyelamatkan lingkungan

    BalasHapus
  14. Ide yang bagus ya mba tuk mengenalkan Green Jobs pada anak, mengapa ? Karena supaya mereka terlatih sejak kecil tuk mencintai lingkungan serta dapat memanfaatkannya dengan bijak.
    Dan kita bisa memulai itu dari hal hal kecil dirumah ya

    BalasHapus
  15. Waah ternyata ada banyak pekerjaan green job ya. Ada 75 pekerjaan, banyak ya. Waah salut sudah menerapkan green job di rumah di lingkungan terkecil. Bahkan mengolah sampah jadi ecobrick.Saya jujur masih susah lepas dari plastik nih mbak.

    BalasHapus
  16. Wah, sama nih kak. aku juga mulai mengenalkan green jobs kepada si sulung. Biar wawasannya luas. Pekerjaan itu gak sekedar polisi, dokter, guru dan sejenisnya. Tapi ada banyak termasuk green jobs ini.

    BalasHapus
  17. Kalo anak2 jaman dulu punya cita2 konvensional jadi dokter, insinyur, guru, dll, maka anak jaman sekarang perlu banget diperkenalkan dg pekerjaan yg bisa menjaga kelestarian lingkungan ya. Makin hari kualitas lingkungan kita makin menurun, makanya perlu banget dijaga, salah satunya dg grenn jobs ini

    BalasHapus
  18. Di masa mendatang aku yakin makin banyak pemuda yang bergerak di bidang green jobs, Mbak. Makin peduli sama alam, ga melulu cari keuntungan. Nah solusi cerdas ya seperti Mbak Dian ngenalin ke anak sejak kecil. Bagus ini agar mereka paham dan terlibat langsung terutama soal pengolahan sampah. Siapa tahu mereka jd ecopreneur di masa depan nanti, bisa mengajak anak lain utk menggeluti green jobs. Sukses ya, keren keluarga Mbak Dian!

    BalasHapus
  19. Beberapa tahun lalu aku bikin buku antologi tentang menjaga bumi untuk anak-anak. Dari situ kami belajar banyak hal tentang lingkungan. Dan sangat menarik jika anak-anak bisa memahaminya ya

    BalasHapus
  20. Duh gemes mbak liat cita cita si anak, yang suka berubah ubah, sama kaya aku waktu kecil. Hihi.

    Info nya menarik mbak,dan aku berharap bisa menerapkan ini ke keponakan ku, biar mereka melek terhadap green jobs dan belajar dari kecil.

    BalasHapus
  21. Jawaban dek Chacha sama banget nih dengan jawaban adekku. Apalagi kan dia baru lulus kuliah dan sedang cari peluang pekerjaan nih ya.

    Semoga banyak anak muda dan adek adek lainnya yang tergoda untuk berkecimpung di Green Jobs ini ya.

    BalasHapus
  22. sedari kecil emang harus diberi pemahaman tentang bagaimana menjaga alam ini. Sepertinya anak juga bakalan happy kalau diajak mencoba menjadi urban farmer. Memanfaatkan sampah untuk wadah bercocok tanam. bakalan kece nih

    BalasHapus
  23. Waj keren nih si cacha. Semoga jadi the real organik foodpreneur ya. Salah satu profesi keren di masa depan

    BalasHapus
  24. Meski belum pernah cerita soal green job, tapi anak saya udah punya cita-cita ingin membuat mobil yang ramah lingkungan...

    BalasHapus
  25. Aku baru terpikir untuk sounding anak-anak tentang green jobs ini. Eeh, di sini ada tips dan triknya. Aseek, jadi bisa di ATM deh. Anak-anak emang perlu dikenalkan tentang green jobs ini sedini mungkin ya mbak, biar nanti banyak pelaku green jobs di dunia dan bumi kita jadi lebih sehat tiap tahunnya. Aamiin.

    BalasHapus
  26. Ada batasan umur nggak yaa untuk mendaftar di green job? Menarik juga yaa green job jadi bahan cerita untuk anak2, jadi wawasan mereka berkembang mengenai alternatif profesi

    BalasHapus
  27. Aku setuju nih sama urban farmer. Selain mengajarkan anak mengenl lingkungan. Juga pasti berdampak baik pada motorik anak.

    Duh, sungguh ide pekerjaan yang anti mainstream. Patut dicoba

    BalasHapus
  28. keluarga memang menjadi fondasi yang kuat agar generasi mendatang memiliki mindset bahwa ramah lingkungan itu harus diterapkan di segala bidang..

    BalasHapus
  29. wah cocok ni sama denganku yang kuliah di jurusan teknik lingkungan, wah aku baru tau kalo ada green jobs untuk bisa mendapatkan pekerjaan di sana

    BalasHapus
  30. Green jobs ala sy membuang sampah pada tempatnya, irit listrik. Malah pengen nanam sayur dari hidroponik..

    BalasHapus
  31. Aku belum pernah kepikiran sama sekali sih tentang mengenalkan green Jobs kepada anak-anakku di rumah. Karena aku sendiri juga masih susah untuk memelihara kelestarian lingkungan semacam memilah-milah sampah. Biasanya langsung ke buang gitu aja deh...

    BalasHapus
  32. sejak kecil penting ya mengenalkan ini demi massa depan mereka juga di masa depan. bismillah berusaha aman h mendidik mereka untuk lebih menjaga lingkungan

    BalasHapus
  33. Keren Mbak sudah mengenalkan green jobs sejak dini pada anak-anak. Saya jadi terinspirasi nih. Mumpung kedua anakku masih kecil-kecil.

    BalasHapus
  34. Si kecil harus dikenalkan cita-cita yang banyak agar terarah ya. Green jobs pun bisa diterapkan pada cita-cita impiannya. Karena semua pasti bisa melakukan hal ramah lingkungan.

    BalasHapus
  35. bagus loh kalau dikenalkan ke anak sejak dini. agar dia pun punya pandangan dan visi sejak kecil yaa

    BalasHapus
  36. Dollar Panel Technician aku baru denger Mbaak. Ternyata banyak ya peluang green jobs itu.

    BalasHapus
  37. Betul juga, anak-anak sudah bisa dikenalkan pada green jobs ya bun.. zaman mereka gede nanti, jenis pekerjaan udah beda banget sama kita pastinya

    BalasHapus