Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

7 Rekomendasi Kelas Terbaik di Skill Academy untuk Pelatihan Prakerja

Kartu Prakerja


7 Rekomendasi Kelas Terbaik di Skill Academy untuk Pelatihan Prakerja - Tak terasa gelombang Kartu Prakerja sudah dibuka kembali. Apakah teman-teman ada yang lolos? Selamat ya! Nah buat yang lolos, apa sudah tahu mau ambil kelas pelatihan yang mana? Biar nggak bingung mau ambil kelas pelatihan apa, teman-teman bisa melihat tujuh rekomendasi kelas terbaik di Skill Academy berikut ini. 

Sekilas Tentang Kartu Prakerja

Sebelum saya cerita tentang tujuh rekomendasi kelas terbaik di Skill Academy, ada baiknya bahas tentang kartu prakerja dulu, yuk!

Mungkin saja, diantara teman dee, belum ada yang tahu tentang kartu prakerja dan berminat ingin mendaftar juga. 

Sebagaimana yang kita tahu, sudah hampir dua tahun ini Indonesia dilanda pandemi COVID-19. Sudah banyak program yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi dampak dari pandemi ini. 

Salah satunya adalah dengan kartu prakerja. Kartu prakerja ini adalah program pengembangan kompetensi dalam bentuk bantuan biaya gang diberikan kepada pencari kerja atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi di saat pandemi seperti ini. 

Pada program prakerja ini, pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) menggandeng Skill Academy untuk memberikan kursus online. Harapannya kursus online ini bisa membantu para pencari kerja maupun pekerja Untuk bisa mengembangkan skill nya. 

daftar kartu prakerja

Jangan khawatir, program ini akan terus dibuka, kok. Teman-teman bisa mendaftar asalkan memenuhi kriteria. 

Berikut adalah kriteria pendaftaran kartu prakerja. 

1. WNI (Warga Negara Indonesia)

2. Minimal berusia 18 tahun saat mendaftar

3. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

4. Tidak berstatus sebagai pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, TNI, Polri, Kepala Desa, Perangkat desa, serta direksi komisaris, dewan pengawas pada BUMN dan BUMD.

5. Tidak termasuk penerima bantuan pemerintah lainnya, seperti bansos Kemensos, penerima BSU, BPUM ataupun penerima kartu prakerja pada gelombang sebelumnya

Rekomendasi Kelas Terbaik di Skill Academy

Ketika teman-teman telah diterima mengikuti pelatihan prakerja, ada baiknya pilih kelas sesuai dengan skill yang ingin dikuasai. Misalnya, sebagai seorang contet creator, saya pasti memilih kelas-kelas yang berhubungan dengan dunia content creator. Ikut kelas membuat video atau copywriting adalah pilihan saya. 

Teman-teman juga bisa pilih sesuai minat dan bakat masing-masing. Siapa tahu skill yang dilatih nanti tak hanya membantu mendapatkan pekerjaan terbaik, tetapi bisa membuat mandiri. Menciptakan peluang pekerjaan sendiri. 

Bagi yang masih bingung mau pilih kelas apa, teman-teman bisa lihat rekomendasi kelas terbaik di Skill Academy berikut ini. 

1. Menulis Naskah Iklan (Copywriting) dan Menerapkan SEO untuk Menjadi Spesialis Periklanan

Saat ini, pekerjaan sebagai spesialis periklanan sedang naik daun. Apalagi ditunjang dari perkembangan bisnis digital. Ahli periklanan tentu semakin dibutuhkan.

Menulis naskah iklan (copywriting) dan serach engine optimization (SEO) sangat penting bagi aktivitas promosi sebuah brand. 

Di kelas ini teman-teman akan belajar cara menulis naskah iklan dan menerapkan SEO untuk menunjang aktivitas pemasaran dan periklanan. Cara belajarnya menggunakan LMS dengan metode ceramah, studi kasus, membaca handout dan peragaan. 

Instrukturnya adalah orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Ada Rabia Edra yang merupakan content marketing manager di sebuah perusahaan teknologi dan Ilman Akbar, product manager Traveloka dan praktisi SEO. 

2. Membuat Konten Video YouTube untuk Menjadi Content Creator

Menjadi YouTubers sekarang ini menjadi incaran banyak orang. Bahkan anak-anak sekarang juga bercita-cita menjadi seorang YouTubers. Kalau teman-teman juga ingin menjadi seorang content creator, ikut kelas ini! 

Di kelas ini akan diajari bagaimana cara membuat konten dan membangun chanel YouTube. Bagaimana membuat video menarik dengan tools yang sederhana, smartphone. 

Mentor dari kelas ini sudah nggak diragukan lagi. Gita Savitri! YouTubers terkenal yang sangat menginspirasi anak-anak muda. 

3. Membuat dan Memasarkan Konten Kreatif Digital untuk Menjadi Content Creator

Ini adalah kelas favorit saya juga lho. Kelas yang penting banget buat diikuti oleh seorang content creator. 

Tahu sendiri kan, di era digital seperti ini banyak orang mengakses media digital untuk mengosumsi berbagai konten kreatif, mulai dari artikel blog, konten audio, foto, video dan lain sebagainya. Apalagi, konten kreatif menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat menarik. Banyak perusahaan yang akhirnya menggunakan jasa content creator untuk memasarkan produknya secara soft selling. 

Kalau ikut kelas ini, teman-teman bisa belajar bagaimana membuat konten kreatif yang menarik dan berkualitas. Mulai dari menyiapkan strategi konten, proses pembuatan konten hingga memasarkan atau publikasi konten. 

Instruktur dari kelas ini adalah Astri Soeparyono, managing editor Gojek. Juga ada Carin Sanjaya seorang senior creative designer dan Yoga Arizona, seorang conten creator. 

4. Membuat Tulisan dengan Storytelling untuk Penulis Media Interaktif

Masih berkaitan dengan dunia content creator. Tulisan yang storytelling tentu sangat diminati. Oleh karena itu, bagi teman-teman yang ingin menjadi penulis, baik fiksi maupun non fiksi, penting banget ikut kelas ini. Cocok untuk menulis dalam berbagai media, mulai dari blog, microblog maupun platform digital lainnya. 

Tak hanya belajar bagaimana menulis konten yang storytelling saja. Di kelas ini juga diajari bagaimana membuat konten yang lebih engaging lagi. 

Instruktur kelas ini adalah Raditya Dika, lho. Radit sudah punya banyak pengalaman di bidang content creator. Mulai dari menulis blog, buku hingga podcast. 

5. Menyusun Strategi Pembuatan Bisnis Online Shop

Kali ini kelas terbaik dalam bidang bisnis. Bagi teman-teman yang ingin memulai bisnis online shop, baiknya belajar di kelas menyusun strategi pembuatan bisnis online shop ini.

Di kelas ini akan belajar tentang materi dasar membuat bisnis. Mulai dari mengasah mindset untuk kesuksesan bisnis, menemukan produk yang tepat, hingga memahami cara promosi yang baik. 

Juga mengola bisnis online di berbagai platform sosial media. Mulai dari Instagram, WhatsApp, hingga membuat website toko online sendiri. 

Ada instruktur di kelas ini, yaitu Jihan Ariya Wiyana (Digital Marketing & WordPress Enthusiast), Michael Sugiarto (Online Business Expert, Founder & Director Dogimaru) dan Karlina Kurniawati (Entrepreneur dan Founder Avocadron).

6. Menyusun Model Bisnis untuk Memulai Bisnis sebagai Pemilik Usaha

Menjadi seorang entrepreneur adalah cita-cita bagi anak muda masa kini, lho. Kalau teman-teman juga berminat menjadi entrepreneur, bisa lho ikutan kelas menyusun model bisnis untuk memulai bisnis sebagai pemilik usaha. 

Di kelas ini, akan dipelajari dasar-dasar menjadi entrepreneur. Lalu juga belajar bagaimana memulai usaha. Dari menemukan ide bisnis, membuat bisnis plan, menemukan investor dan lain sebagainya. 

Instruktur kelas ini kece lho. Ada Christian Sugiono, artis yang juga seorang entrepreneur handal. 

7. Meracik Kopi dan Membuat Latte Art untuk Menjadi Barista

Suka kopi? Atau pengen jadi barista? Boleh nih ikut kelas meracik kopi dan membuat latte art untuk menjadi barista dari Skill Academy ini. 

Tahu sendiri kan, kedai kopi kekinian tuh lagi hapening akhir-akhir ini. Tentunya, profesi sebagai barista juga lagi naik daun. Ikut kelas ini bisa membuka peluang menjadi barista

prakerja


Jadi gimana? menarik bukan 7 rekomendasi kelas terbaik di Skill Academy ini? 

Sudah tahu mau ambil kelas apa? Apapun kelas yang diambil, jangan lupa pilih sesuai minat dan bakat teman-teman, ya. Oh ya, jangan lupa pakai kode referral saya ya : DIANKUSUMAWA3CK, biar dapat potongan harga 😍😍😍.

Selamat mencoba, semangat melatih skill yang dimiliki. 




24 komentar

  1. Di saat kondisi pandemi yang membuat banyak orang kehilangan pekerjaan atau malah belum menemukan pekerjaan, kartu prakerja ini ngebantu banget sih. Apalagi bisa dipakai untuk membeli kelas-kelas online kayak skill academy ini, bisa jadi salah satu cara biar tetap bisa mencari pundi-pundi uang secara daring nih

    BalasHapus
  2. Eh masih dibuka kah pendaftaran prakerja sekarang? Cara tau info terkini gimana sih

    BalasHapus
  3. Kaya seru yah kelas-kelasnya. Bisa meningkatkan skill banget nih terutama untuk blogger yang pengen menerapkan SEO.

    BalasHapus
  4. Banyak pilihan kelas yang menarik ya di skill academy. Enggak rugi deh ikutan

    BalasHapus
  5. 7 kelas yang direkomendasikan menarik semua kak, jadi bingung mau pilih yang mana hehe.

    BalasHapus
  6. Kelas di Skill Academy ini emang lengkap dan bagus-bagus ya mbak. Aku pernah ikutan kelas SEonya. Jadi pengen ikutan kelas lainnya..

    BalasHapus
  7. Kelas-kelas ini bisa diikuti juga sama yang nggak ikut kartu prakerja kah, Mbak? Naksir kelasnya Raditya Dika. Sekarang pun saya masih mengikuti beberapa kelas di Skill Academy. Keren-keren materinya.

    BalasHapus
  8. wah kelas-kelasnya menarik banget nih di skill academy. kalau aku kayaknya pengen coba kelas bisnis online sama nulis pastinya

    BalasHapus
  9. Aku pilih nomor satu, 4, duh banyak deh yang pengen kuambil di skill academy tuh
    sayangnya aku belum punya prakerja mba, gagal terus mau mendaftar.

    BalasHapus
  10. Sampe saat ini saya belum bisa mengikuti kelas ini, padahal sangat menarik sekali apalagi soal Menulis Naskah Iklan (Copywriting) dan Menerapkan SEO untuk Menjadi Spesialis Periklanan itu materi yang menarik sekali

    BalasHapus
  11. Kalo liat list ini rasanya pengen ngikutin semuanya deh, semoga pelan2 bisa kesampaian ya

    BalasHapus
  12. aku pengin daftar prakerja nih, biar bisa ikut training. Pengin nambah skill juga, jadi meskipun di rumah tetap nambah ilmunya

    BalasHapus
  13. Program belajar di prakerja ini keren2 ya materinya. Cocok nih buat yg ingin nambah skill biar siap kerja

    BalasHapus
  14. banyak banget ya kelasnya.. aku malah pengen ikut semuanya :) tinggal siapin waktu yang pas

    BalasHapus
  15. Setuju, Kak. Kelas di Skill Academy bagus-bagus. Aku udah 2x beli kelas di Skill Academy. Alhamdulillah, sangat bermanfaat semua.

    BalasHapus
  16. Skill academi ini emang kelas yang bagus. Aku juga suka beberapa materi yang diajarkan emang mudah di pahami dan enak penjelasannya

    BalasHapus
  17. seru banget nih kayaknya, jadi pengin ikutan nyoba biar agak keasah juga nih otaknya

    BalasHapus
  18. Kelas yang nomor 4 kok keren banget tuh dilatih oleh Raditya Dika ya, suka semua deh sepertinya 7 kelas ini, menarik, kreatif, dan relate banget sama bisnis kekinian ya Mbak Dee say

    BalasHapus
  19. Aseekk mau cobain pake kode referralnya mba dian ahhh <3
    Aku juga minat nih mauuu bangett

    BalasHapus
  20. Andai saya masih dibidang kopi, tentu akan ambil kelas pelatihan latte art
    Ada pelatihan SEo

    BalasHapus
  21. Tertarik mengikuti kelas copywriting dan SEO.
    Sepertinya bisa langsung praktek yaa.. apalagi bagi para content creator. Kelasnya sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  22. Skill Academy membantu banget buat yang pengen meningkatkan skill ya.. Pilihan materinya banyak dan kita bisa nyaman memilih.. Apalagi kalau udah ikut proses pembelajarannya..makin sip lagi

    BalasHapus
  23. solutif banget ya skill academy?

    Pemerintah menyediakan kartu prakerja, skill academy menyediakan fasilitas pendidikan

    sehingga lulusan SMA atau PT yang belum dapat kerja bisa menambah skill

    BalasHapus
  24. Kelas-kelas yang ditawarkan prospetikf banget di era sekarang, jadi nggak usah kuatir pasti nanti akan berguna sebagai bekal kerja atau buka usaha sendiri.

    BalasHapus