Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Dengarkan Lagu Anak Terbaru di Hoala & Koala

 
Hoala & Koala

Halo teman Dee, apa kabarnya? Semoga selalu sehat ya. Terima kasih sudah mau mampir ke deestories, kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia, suka traveling dan kuliner. 

Hari ini saya mau cerita tentang lagu anak Indonesia. Iya nih, saya tiba-tiba merindukan masa-masa dimana saya setia nonton TV di hari Minggu. 

Nontonin Agnes Monica di Tralala Trilili atau si centil Maissy di Ci Luk Ba. Hehe, generasi 90an pasti tahu acara-acara TV yang baru saya sebutkan itu. 

Kenangan Lagu Anak Indonesia

Waktu saya kecil, saya suka banget nonton acara musik anak. Dimana saya bisa dengerin lagu anak Indonesia sekaligus menonton video klipnya. 

Banyak sekali penyanyi cilik yang saya idolakan. Baik yang solo ataupun grup vokal. Mulai dari Sherina, Joshua, Maissy, Chikita Meidy, Yrio Kwek Kwek, Agnes Monica, Tasya, 4 MC Cilik dan masih banyak lagi. 

Senang rasanya dulu bisa dihibur dengan lagu anak-anak yang easy listening. Saya bahkan mengoleksi album-album mereka dalam bentuk kaset. 

Bagi saya, kenangan lagu anak Indonesia ini termasuk kenangan yang indah. Banyak sekali manfaat yang saya dapat saat mendengarkan lagu anak-anak. 

Saat ini, saya sudah menjadi seorang ibu. Pastinya saya ingin kedua putri saya juga punya kenangan manis terhadap lagu anak-anak. 

Manfaat Mendengarkan Lagu Bagi Anak-Anak

Kita pasti masih ingat ya, saat duduk di bangku Taman Kanak-Kanak, belajarnya ya cuma nyanyi-nyayi gitu. Banyak sekali lagu-lagu yang diajarkan oleh guru TK.

Memang lagu bisa menjadi salah satu media pembelajaran bagi anak-anak. Seperti saat saya menyanyikan lagu nama-nama hari, saya jadi tahu urutan hari-hari dalam seminggu. 

Dan saya pun mengajari si bungsu nama-nama hari juga dari lagu yang sudah saya dengarkan saat kecil dulu. Lagu nggak hanya bisa menjadi media belajar yang menyenangkan saja, tetapi banyak juga manfaat yang didapat saat anak-anak mendengarkan lagu. 

Berikut adalah manfaat mendengarkan lagu bagi anak. 


1. Mengasah kecerdasan musikal anak

2. Melatih kemampuan berkomunikasi

3. Mengasah kecerdasan emosi anak

4. Stimulasi imajinasi dan kreativitas anak

5. Meningkatkan daya ingat

Tetapi saat ini harus diakui, sudah jarang sekali lagu anak-anak. Tak ada lagi acara lagu anak di televisi. 

Nampaknya ini juga karena perkembangan zaman. Bagi generasi Z, tentu YouTube lebih familiar dibandingkan televisi. 

Saat ini gen Z, menikmati lagu anak di kanal YouTube. Hoala & Koala adalah tempat mendengarkan lagu anak terbaru. 

Hmm apa itu Hoala & Koala? 

Hoala & Koala, Tempat Dengarkan Lagu Anak Indonesia

Hoala & Koala

Hoala & Koala hadir di tengah minimnya lagu anak-anak. Kehadiran Hoala & Koala menjadi angin segar bagi perkembangan musik anak Indonesia. 

Hoala & Koala tidak hanya menyajikan lagu-lagu anak yang easy listening saja, tetapi juga menampilkan animasi 3 D. Pastinya ini membuat anak-anak betah menontonya. Pas banget dengan karakter gen Z. 

Hoala & Koala adalah sepasang sahabat yang sangat gemar menyanyi, sehingga Karakter ini nantinya akan terus mengeluarkan banyak lagu ke depannya. 

Mengapa harus digambarkan dengan karakter 3D? Karena karakter ini akan menjadi karakter yang tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia music anak, tanpa mengkhawatirkan bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara. 

Hoala & Koala

Selain Hoala & Koala, seluruh karakter yang ada di dalam animasi musik ini juga mampu bernyanyi, seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan lainnya. Dengan banyaknya variasi karakter dan suara, diharapkan lagu-lagu yang disajikan tak hanya dapat menghibur anak-anak, namun juga dapat menghibur para orang tua yang menemani anaknya menonton atau mendengarkan lagu dari Hoala & Koala. 

Saat ini Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube. Senang saat dua putri saya melihat dan mendengar lagu dan animasi anak-anak. Sekarang jadi tahu dimana mencari konten yang ramah anak. 

Melihat kebanyakan musik anak-anak di Indonesia selama ini tidak pernah mendapat perlakuan istimewa dalam sisi penggarapan, Hoala & Koala menggarap seluruh musiknya dengan serius dan matang. 

Banyak musisi internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala & Koala, serta banyak sekali alat musik yang tak lazim digunakan untuk lagu anak yang dipakai dalam penggarapan album-album Hoala & Koala, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung.

Hoala & Koala ingin membuktikan bahwa tak selamanya musik anak-anak adalah musik yang sederhana dengan balutan musik yang juga sederhana. 

Selain itu, kualitas vokal yang ditampilkan juga merupakan kualitas vokal yang bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak.

Selain kualitas vokal, keterlibatan musisi internasional hingga banyaknya instrumen yang digunakan, Hoala & Koala juga memiliki keunikan lainnya dalam pemilihan genre. 

Tak hanya satu genre children pop yang diangkat oleh Hoala & Koala, namun terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.

Hoala & Koala

Kehadiran Hoala & Koala diharapkan dapat membangkitkan kembali dunia musik anak-anak dan menaikkan level serta pandangan umum atas lagu anak. 

Saya senang sekali dengan adanya Hoala & Koala ini. Anak-anak saya bisa bisa mendengarkan lagu-lagu sesuai usianya. Nantinya, mereka juga akan punya kenangan manis tentang lagu anak-anak, seperti yang saya miliki. 

Jadi, sekarang teman-teman jangan  khawatir lagi ya. Anak-anak generasi Z punya tontonan yang edukatif dan menghibur. 

Dengarkan lagu anak terbaru di Hoala & Koala melalui Youtube, Spotify dan iTunes. Nikmati Youtube lagu dan animasi anak Hoala & Koala sekarang juga. 

43 komentar

  1. Kecerdasan musikal juga ternyata penting ya untuk anak
    Saya mencobanya dengan nada nada saat masih batita
    Dan sekarang bisa jadi teman di rumah nih Hoala Koala
    Apalagi pas pandemi begini

    BalasHapus
  2. wah jadi keinget jaman masa kanak2 nih, saya sekeluarga juga suka dengerin lagu anak2 mba yg easy listening deh. Untung sekarang streaming via YouTube di channel Hoala Koala bisa denger juga

    BalasHapus
  3. Sekarang semakin jarang muncul lagu anak yang baru. Sudah teracuni oleh tiktok, lagu dan joget yang kurang jelas.

    Sebelumnya saya juga koleksi VCD lagu anak, cuma VCD playernya udah nggak ada, jadi harus lewat digital saja. Tapi beruntung nih sekarang ada Hoala dan Koala, bisa dengerin banyak lagu anak. Udah gitu karakternya 3D, jadi lebih menarik. Makasih ulasan menariknya Mba.

    BalasHapus
  4. Iya, miris ya dulu sewaktu saya kecil, lagu anak-anak tuh banyak banget. Artis cilik semuanya nyanyi lagu-lagu sesuai usianya. Tapi sekarang banyak anak-anak justru menyanyi lagu orang dewasa.

    Hoala dan Koala semoga bisa jadi cara agar anak-anak sekarang bisa dengarkan lagu anak. Dan menambah wawasan mereka mengenai genre lagu yang bervariasi :))

    BalasHapus
  5. Wiiih asyik banget nih lagu baru anak Indonesia nya. Pengen coba juga deh sama anak anak disini ehehehe

    BalasHapus
  6. Seneng ya ada lagu-lagu anak Indonesia yang bagus kayak gini. Aku Udah lama gak denger lagu anak yang mendidik. Suka miris nih klo denger anak nyanyiin lagu dewasa

    BalasHapus
  7. Kecerdasan musikal bagi anak ini sangat menunjang untuk tumbuh kembang selanjutnya. Bukan hanya setelah anak lahir, tapi sejak dalam kandungan juga...

    BalasHapus
  8. Semoga dengan adanya Hoala dan Koala, anak-anak akan mendengarkan musik yang sesuai peruntukannya ya mba. Kita sebagai orang tua harus cerdas mengenalkan mana tontonan yg bermanfaat.

    BalasHapus
  9. Padahal dgn mendengarkan lagu anak banyak bgt manfaatnya mbak. Sayangnya jaman sekarang, anak-anak hampir tidak mengenal lagu untuk seusianya. Mereka cenderung sering mendengarkan lagu orang dewasa.

    BalasHapus
  10. aku mau ngajak anakku nonton juga lah mbaa, cobain siapa tau mereka bakal suka. biar lebih variatif gitu laah tontonannya yah :D

    BalasHapus
  11. Anak2 zaman now memang ga bisa lepas dari konten digital, anakku pun lebih cepat belajar dengan konten digital daripada belajar via buku... apalagi kalau kontennya macam Hoala Koala gini, bagus plus mendidik lagi.

    BalasHapus
  12. Btwe, ngomongin soal lagu anak-anak nih bener aku dulu pernah nonton Maissy yaapun diriku masih kecil banget pokoknya. Seneng deh sekarang ada konten lagu anak-anak gini.

    BalasHapus
  13. Baca artikel ini mendadak kangen dengan lagu anak zaman dulu. Hikss.. Dulu tiap hari Minggu ada film Unyil yang lagunya sampai sekarang masih terngiang di telinga. *ketauan deh umur saya berapa heheheee..
    Setuju dengan Mbak Dee bahwa sekarang lagu anak makin sulit dicari, ya. Syukurlah klo ada musik animasi lucu seperti Hoala dan Koala gini, bikin anak-anak kita gak menjadi cepat dewasa dan menikmati usia mereka dengan bahagia lewat konten yg memang sesuai untuk mereka.

    BalasHapus
  14. Aku seneng nih bacanya. Soalnya jaman aku kecil ya aku tuh suka banget denger2in lagu anak2. Bahkan sampe sekarang masih inget lagu-lagunya dan siapa aja penyanyinya.

    Terus aku kayak punya kekhawatiran gt gimana ya kalo anakku nanti gabisa dengerin lagu2 anak2 lagi krn gada wadahnya kayak jaman aku kecil.
    Ternyata sekarang ada Hoala & Koala. Anak-anak jadi tetap punya kesempatan untuk menikmati masa anak-anak mereka yang penuh warna dengan lagu-lagu anak-anak.

    BalasHapus
  15. wah senang banget ya ada aplikasi ini bisa mengembalikan rasa kangen buat dengerin lagu anak-anak, bisa kurekomendasikan ke keponakan aku yang masih anak-anak

    BalasHapus
  16. Deretan penyanyi ciliknya idola saya semuaaa, ternyata satu era mas akanak-kanak ya hehehe. Btw baru dengar tentang Hoala & Koala ini, langsung meluncur cekkk cocok nih buat anak balitaku.

    BalasHapus
  17. Anak-anak wajib nih denger dan buka chanel Hoalah koala karena positif banget banyak yang bisa dipelajari makasih mba buat rekomendasi nya

    BalasHapus
  18. Kalau easy listening, dan menarik visualnya begini, pasti Hoala Koala bakal digemari. Bagus nih jadi rujukan lagu anak-anak Indonesia

    BalasHapus
  19. Kebetulan banget aku lg concern dgn kecerdasan musikal anak²ku. Jd pgn ngenalin lagu ini jg ke mereka. Krn sekalian home schooling juga aku di rumah. Tfs mba.

    BalasHapus
  20. Seruuu nih Mba, utk materi pendidikan juga utk buah hati ye kan
    Alhamdulillah ada Hoala Koala
    Makin mantuull!

    BalasHapus
  21. penasaran sama musik jpop dan etnik dari musik Hoala Koala ini. Senoga semakin berkembang ya Hoala Koala

    BalasHapus
  22. Wih pas banget nih, aku punya keponakan yang masih balita. Dia paling suka dengerin lagu anak dan emang ngedengerin lagu anak itu banyak manfaatnya ya. Kudu download nih aplikasii.

    BalasHapus
  23. makasih infonya, karena aku suka dongeng dan nyanyiin lagu2 anak2

    BalasHapus
  24. senang banget rasanya dengan kehadiran Hoala dan Koala ini, anak-anak sekarang jadi punya lagu anak juga yang nantinya bisa dikenang kayak generasi 90an juga dengan lagu-lagu asyik yang dulu itu yaa.
    yang tiap kali lihat lirik aja kita bisa happy dan auto nyanyi juga dong pastinya :)

    BalasHapus
  25. Hoala dan Koala ini rekomended ya buat anak dengar lagu dan musik, karena ada pilihan sesuai umur. Kualitas videonya juga bagus.

    BalasHapus
  26. Seneng deh ada channel lagu2 anak Indonesia semacam ini. Soalnya selama ini sepertinya masih didominasi channel yang isinya nursery rhymes luar negeri.

    BalasHapus
  27. Senang sekali ketika ada hoala dan koala ini, mau mendengarkan lagu anak dengan flashback jaman dulu jadi lebih mudah, sangat bermanfaat. Dan pastinya tbtb bikin kangen sama suasana waktu kecil

    BalasHapus
  28. Seneng banget ada Hoala & Koala ini, bisa jadi salah satu cara untuk mendengarkan lagi lagu anak. Di masa sekarang emang anak-anak malah banyak mendengarkan lagu-lagu yang tidak sesuai umurnya, padahal pada masa kecil itu masanya untuk menyerap segala sesuatu dan saat yang baik buat ngebentuk wataknya. Lagu anak hadir untuk membantu hal itu

    BalasHapus
  29. kangen ya denger lagu anak anak. entah sudah berapa lama lagu anak anak seakan punah, padahal dengan nada yang mudah diingat dan lirik yang jauh mendidik bisa memberikan stimulan positif

    BalasHapus
  30. keponakanku juga dengerin ini, alhamdulillah ya bisa jadi alternatif hiburan anak-anak yang bener nganak-nganak banget.

    BalasHapus
  31. udah lama bangeet nih aku ngga ernah dengar lagu anak. anak mba.. seru jugaa yakalu bisa cek di platform ini

    BalasHapus
  32. Banyak juga ya Mbak manfaat dari mendengarkan musik bagi anak-anak. Asalkan isi lagunya sesuai usia anak, it's okay.
    Alhamdulillah ya Hoala Koala hadir saat ini, bisa jadi pilihan anak-anak Indonesia untuk belajar dari lagu-lagu yang dihadirkan. Tokohnya pun animasi 3D, jadi gak akan gedhe juga meski 10 tahun yg akan datang. Hihihi.

    BalasHapus
  33. Kehadiran Hoala dan Koala bakal jadi channel favorit orang tua dan anak-anak nih. Terlebih pilihan lagunya juga banyak ya, memanjakan anak-anak dengan lagu yang sesuai dengan usia mereka

    BalasHapus
  34. Udah lama gak dengar lagu-lagu anak Indonesia, ini ternyata ada yang terbaru ya. Bagus nih Hoala & Koala bisahadir di tengah anak-anak Indonesia yang kekurangan lagu sesuai dengan usianya

    BalasHapus
  35. Iyaya, dulu sangat menantikan acara lagu anak setiap minggu di TV Nasional Indonesia.

    Alhamdulillah,
    Kini, ada Hoala Koala yang juga berinovasi sehingga anak Indonesia tidak kehilangan masa kanak-kanak yang menyenangkan.

    BalasHapus
  36. Manfaat mendengarkan lagu ini didapatkan Gi yang suka nonton Youtube. Banyak kosakata yang ia tahu dan pakai. Kadan kaget juga dapat dari mana.

    BalasHapus
  37. Semoga y dengan Hoala & Koala hadir di tengah minimnya lagu anak-anak bisa bangkit lagi nih lagu anak2 jadi anak2 bisa bernyanyi dengan lagu pas seusia mereka

    BalasHapus
  38. Kangen banget masa kecil dengan lagu anak-anak yang banyak dan dan liriknya itu memang sesuai dengan anak-anak semoga kehadiran Hoala dan koala ini menjadi Harapan Baru untuk jayanya lagu-lagu anak Indonesia

    BalasHapus
  39. Aku sukaaaa hoala koala ini mba. Skr tiap pagi, anakku yg TK pasti denrrin lagu2 ini dulu. Dia paling suka lagu yg 'kata ibu'. Tapi lagu2 yg berbau jazz ga doyan anaknya :D.

    Ini baguus sih memang. Lirik dan iramanya asik didenger, dan gampang diikuti.

    BalasHapus
  40. Emang lagu anak tempo doloe itu easy listening banget ya, liriknya gampang diingat plus musiknya juga ceria cocok buat anak.

    Nah saya baru tau nih tentang Hoala Koala, ntar kucek dulu deh baru kudengarkan sama anakku. Mudah-mudahan dia suka juga.

    BalasHapus
  41. Jangankan anak kecil ya Mbak, akupun yang udah gede suka nontonin Hoala dan Koala, rasanya seperti bernostalgia masa kecil era 90an hehehehe habisnya keren banget sih, lebih modern

    BalasHapus
  42. Anak saya juga suka nih nonton Hoala Koala. Sejak saya kenalkan dengan lagu anak Indonesia ini. Senang juga karena sekarang sudah ada channel youtube seperti Hoala dan Koala ini yang dukung anak agar bisa lebih akrab dengan lagu anak-anak dalam negeri dan sesuai dengan usia mereka

    BalasHapus
  43. setuju banget kalau lagu anak-anak ajang lomba lagunya suka lagu orang dewasa, ddengan adanya channel koala ini jadi bisa banyak pilihan untuk anak=-anak nyanyi seru dan ceriaaa

    BalasHapus