Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

6 Cara Tetap Sehat di Tengah Pandemi

Multivitamin


Cara tetap sehat di tengah pandemi wajib dilakukan. Tidak boleh lengah. Meski sekarang beberapa daerah di Indonesia sudah masuk zona hijau. 

Apalagi bagi saya, katanya ibu nggak boleh sakit. Kalau ibu sakit, siapa yang urus anak, rumah dan suami? 

Itulah mengapa saya selalu berusaha untuk tetap sehat. Berikut adalah beberapa cara yang saya lakukan untuk tetap sehat di tengah pandemi. 

1. Makan makanan gizi seimbang

Cara tetap sehat di tengah pandemi yang pertama adalah selalu makan makanan gizi seimbang. Gizi seimbang artinya mengandung beragam nutrisi dalam porsi yang sesuai dengan kebutuhan, tanpa menghilangkan jenis nutrisi tertentu. 

Memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan asupan bergizi seimbang sangatlah penting dilakukan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari beragam penyakit.

Makan makanan gizi seimbang itu terdiri dari makanan pokok, protein, sayur dan buah. Dalam setiap sesi makan, saya selalu makan separuh bagian piring makan berisi buah dan sayur-sayuran. Separuh piring lainnya berisi karbohidrat dan protein.

Saya juga berusaha untuk selalu masak sendiri. Masak sendiri tentu lebih higenis dan hemat. 

2. Rajin olahraga

Di sela-sela kesibukan sebagi ibu rumah tangga, saya selalu menyediakan waktu untuk berolahraga. Biasanya saya melakukan yoga di rumah. Atau berlari diatas treadmill. 

Cukup 15-30 menit sehari berolahraga. Kalau rutin, tentu juga baik untuk meningkatkan imunitas. Jadi nggak gampang sakit. 

Olahraga juga bikin saya selalu bugar. Saya jadi punya energi untuk menjalankan semua aktivitas saya. 

3. Kelola stres

Mengelola stres juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, lho. Makanya saya juga berusaha mengelola stres. 

Memang sih saat pandemi ini pekerjaan jadi bertambah. Selain tetap melakukan kesibukan sebagai work at home mom, saya juga harus menjadi fasilitator belajar anak-anak. 

Mengelola stres salah satunya adalah dengan tetap memberikan waktu untuk diri sendiri. Melakukan me time sejenak. Biasanya saya selalu menyempatkan waktu untuk menonton drama Korea setelah selesai beraktivitas. Nonton drama Korea adalah me time favorit saya. 

4. Jaga protokol kesehatan

Tentunya agar tetap sehat di tengah pandemi, nggak boleh lengah melakukan protokol kesehatan. Meski sudah vaksinasi secara lengkap, saya tetap patuh terhadap protokol kesehatan. 

Selalu pakai masker jika harus keluar rumah. Menjaga jarak aman dan tak lupa cuci tangan pakai sabun setelah melakukan aktivitas di luar rumah. Juga membatasi aktivitas di luar rumah. 

5. Tidur cukup

Setiap hari saya selalu berusaha untuk tidur selama 7-8 jam sehari. Saya perlu cukup tidur agar bisa sehat dan bugar dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Menurut penelitian, kurang tidur tak hanya mengganggu kesehatan tubuh, tapi juga kurang waspada dan mungkin lebih bingung, mudah tersinggung dan terasa lelah. 

Saya sebisa mungkin menghindari diri untuk begadang. Meski banyak deadline di depan mata, saya berusaha menyelesaikannya di waktu kerja saya.

6. Konsumsi multivitamin

Saya juga rutin mengosumsi multivitamin. Meski sudah makan dengan pedoman gizi seimbang, konsumsi multivitamin tetap diperlukan. 

Konsumsi multivitamin menjaga terpenuhinya kebutuhan tubuh akan nutrien-nutrien penting yang diperlukan agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Jadi tubuh saya bisa selalu sehat. 

Biasanya saya membeli multivitamin di toko online vitamin. Saya tidak perlu repot keluar rumah. Dengan rutin multivitamin, kesehatan tubuh saya jadi lebih terjaga. 

Demikian enam cara yang saya lakukan untuk tetap sehat di tengah pandemi. Bagaimana dengan teman-teman? Apa cara yang teman-teman lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemi? Yuk saling sharing di kolom komentar, ya. 


24 komentar

  1. Pas nih, Mbak ... butuh rekomendasi toko vitamin. Zaman pandemi begini saya setuju, kita butuh multivitamin.

    BalasHapus
  2. Tidur cukup itu pengaruh banget mba, beberapa hari aku begadang makan ga bener wes langsung sakit flu, radang tenggorokan bah makanya benera banget sih tips yang mba tulis tuh

    BalasHapus
  3. Memang harus jaga kesehatan selama pandemi karena kalau sudah kena covid-19 bakalan tersiksa banget

    BalasHapus
  4. dari poin diatas, yang paling susah buat aku adalah mengelola stree :(

    BalasHapus
  5. Tidur cukup dan Kelola stres, dua yang masih menjadi PR aku nih Mak, hiks. Manajemen waktu agak berantakan semenjak Pandemi. Bismillah sekarang dikit-dikit udah mulai produktif offline lagi, Anak cikal udah mulai PTM terbatas, jadi bikin kebiasaan berubah (lagi), karenanya harus makin pintar jaga kesehatan psikis juga ya selain fisik. Semangaaaat!

    BalasHapus
  6. Pandemi mengajarkan kt agar menerapkan pola hidup sehay secara disiplin, alhamdulillah udh nerapin tips di atas

    BalasHapus
  7. Mantap, nih. Di zaman pandemi begini harus banget ya punya amunisi vitamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak deh kalau multivitamin bisa diorder online. Jadi tetap sehat dan aman, ya

      Hapus
  8. Aku agak ngurangi buat minum multivitami, lebih ke makan buah-buah aja. Apalagi sekarang harga buah lagi turun yah

    BalasHapus
  9. Kalau pas ngedrop banget, aku utamakan buat beli multivitamin. Pengennya ya tiap hari makan buah dan sayur 😁😁

    Tapi yaaa.. Gitulau

    BalasHapus
  10. Makanya selama pandemi aku bener-bener ngurangi begadang, makan makanan sehat dan booster vitamin. Kalo sakit itu rempong sekarang.
    Alhamdulillah selama pandemi diberi sehat.

    BalasHapus
  11. Iya nih kudu jaga kesehatan bener baik fisik maupun mental yaaa supaya bisa beraktivitas dgn baik walau suasananya msh kyk skrng.
    Aku pas pandemi gini juga rajin konsumsi vitamin selain makan makanan bergizi, soalnya lumayan buat booster2 imun tubuh.
    Sakit di masa pandemi bakal sangat merepotkan soalnya ribet ya, semoga sehat2 semua yaaaa

    BalasHapus
  12. Sehat jiwa raga penting banget diusahakan di masa pandemi ini ya, Mbak. Kalau aku me time-nya ngeteh/ngopi + ngemil makanan kesukaan sambil scroll2 timeline aja, haha.. (soalnya gak suka ndrakor 😂).

    BalasHapus
  13. bener banget mbaaa... aku juga sekarang selalu memastikan setiap hari berolahraga dan at least joging or jalan 5000 - 600 langkah.. kalau tidak 10 ribu hehhe. harus semangat sehat yaaa

    BalasHapus
  14. Kurang lebih sama dengan 6 cara di atas, mbak. Alhamdulillah udah jarang begadang dan sekarang Makin rutin olahraga karena anakku tiap hari minta renang. Heheh

    BalasHapus
  15. Minum vitamin tuh sejak pandemi langsung dirutinkan. Termasuk vitamin untuk anak juga..
    Bismillah, ikhtiar terbaik untuk jaga kondisi dan kesehatan diri juga keluarga.

    BalasHapus
  16. Multivitamin penting banget nih di masa pandemi gini untuk menjaga kesehatan tubuh. Ditambah dengan makanan bergizi dan olahraga teratur, Insya Allah badan tetap fit dan siap beraktivitas maksimal.

    BalasHapus
  17. Setuju banget deh dengan tipsnta. Alhamdulillah, semua tips di atas selalu aku laksanakan. Sehat-sehat selalu kita semua

    BalasHapus
  18. MAkasih tipsnyambak, yang utama perhatikan asupan dan istirahat yang cukup yah. Semoga sehat selalu.

    BalasHapus
  19. aku yang susah itu tidur cukup rasanya sehari kurang tidur huhu padahal biar cepet sehat ya begitu kudu hikx

    BalasHapus
  20. Kelola stress dan menjaga pola makan emang penting banget ya mbak. AKu dari beberapa tips yang mbak sebutkan diatas lebih fokus ke manajemen stress dan menjaga pola makan. Karena kalo sudah stree pasti imun tubuh juga drop

    BalasHapus
  21. Iya nih, bersyukur banget masih dikasi nikmat sehat ditengah pandemi gini yaaa.. emang mesti fdijaga ya kondisi tubuh dan kesehatan dengan minum vitamin tentunyaaaa. Maaci tipsnya ya mba Diaaan

    BalasHapus
  22. Memang bener mba, di masa saat ini tuh kerasaaa bgt kalo sehat adalah anugerah yg priceless banget!
    Aku juga mau jalankan semua tipsnya
    makasiii mba

    BalasHapus
  23. Mantap kak,
    Masa Pandemi ini memang sulit,
    Kita harus senantiasa menjaga pola hidup dan juga pola pikir 😎😍

    Tetap Bahagia ya Kaka.

    BalasHapus