Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Review Film Nussa (2021) : Ajarkan Anak Meraih Kemenangan Sejati

 

Film Nussa

Halo sahabat deestories, apa kabarnya? Semoga sehat selalu, ya. Hari ini saya mau cerita tentang Film Nussa, film animasi terbaik Indonesia yang sangat inspiratif.

Nonton Bisokop Saat Pandemi

Film Nussa ini menjadi film pertama yang saya tonton bersama anak-anak di masa pandemi ini. Sudah 1,5 tahun tak mengajak anak-anak nonton di bioskop. 

Bersyukur, selama 1,5 tahun setengah berjuang dalam menghadapi pandemi akhirnya kota Surabaya bisa masuk level 1. Ini membuat anak-anak bisa kembali menonton film di bisokop. Tentunya tetap dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

Film Nussa
Oh ya, ini cuma buat foto ya. Sebenarnya duduknya di biokop berjarak 

Film Nussa ini pertama kali di tayangkan di bioskop Indonesia pada 14 Oktober 2021. Kami sendiri baru nonton pada 21 Oktober 2021 lalu. Kami pergi berempat : saya, Chacha, Aluna dan yangti. 

Nonton film Nussa di bioskop membuat anak-anak bahagia. Bagaimanapun mereka sudah kangen banget sama bisokop. Apalagi nonton Nussa yang sudah lama diikuti di YouTube. 

Sinopsis Film Nussa

Film Nussa ini bercerita tentang Nussa yang akan mengikuti kompetisi sains di sekolahnya. Nussa sang juara bertahan tentu ingin menampilkan yang terbaik. Dia ingin tetap bisa menang seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Tapi ada yang berbeda dengan kompetisi kali ini. Kali ini Nussa punya saingan berat, namanya Jonni. Jonni adalah anak baru di sekolah Nussa. Di sekolah lamanya Jonni juga langganan menang kompetisi sains. Apalagi roket buatan Jonni ini modern banget. Menggunakan mesin yang canggih. 

Baca Juga : Ralph Break The Internet, Menghibur dan Punya Pesan Moral

Kehadiran Jonni membuat Nussa merasa terancam. Dia nggak mau gelar juara bertahannya direbut. Ini membuat dia ingin menampilkan yang terbaik. Membuat roket yang lain daripada biasanya. Dan harapannya, Abba atau ayahnya bisa membantunya. 

Disinilah konflik dimulai. Bagaimana Nussa menghadapi kompetisi menjadi inti cerita dari film ini. 

Review Film Nussa 

Profil Film

Sutradara

Bony Wirasmono

Pemeran/Pengisi Suara

Muzakki Ramdhan; Aysha Raazana Ocean Fajar; Ali Fikry; Malka Hayfa Asy'ari; Widuri Puteri; Fenita Arie; Alex Abbad

Cerita oleh: 

M. Irfan Ramli

Produser

Anggia Kharisma, Ricky Manoppo

Perusahaan produksi: 

The Little Giantz, Visinema Pictures

Durasi

107 menit

Rilis Indonesia

Oktober 2021

Genre

Keluarga, Semua Umur


Rupanya film Nussa ini tak hanya film anak-anak yang menghibur. Menonton film ini tak hanya memberikan banyak pelajaran bagi anak-anak, tetapi juga bertabur hikmah untuk orangtua. Saya belajar banyak dari film ini. Belajar bagaimana menjalankan peran sebagai orangtua ketika anak menghadapi masalah. 

Arti Persahabatan Sejati

Film Nussa

Namanya juga film anak-anak, pastinya akan lekat dengan cerita persahabatan. Dalam film ini, Nussa beruntung punya dua sahabat baik yaitu Abdul dan Syifa juga adiknya Rara. Mereka bertiga sekalu menemani dan mendukung Nussa. 

Bahkan saat Nussa mempersiapkan roketnya. Selalu ada ketiganya yang membantu. Nggak hanya menemani mencari bahan-bahan, tetapi juga membantu proses pembuatannya. Misalnya saat Abdul rela mengayuh sepeda untuk menghasilkan tenaga roket Nussa. 

Saat Nussa merasa putus asa dan sedih, ada Abdul, Syifa dan Rara yang selalu menghibur dan menyemangati. 

Pentingnya Dukungan Orangtua

Di film ini, ada yang berbeda dari Nussa. Nussa disini lebih kaya emosi. Tak hanya digambarkan sebagai anak baik dan penurut. 

Nussa di film ini bisa marah, kesal, bahkan melawan uma. Hal ini sebenarnya wajar, sebagai anak-anak wajar jika Nussa mengungkapkan perasaannya. 

Dia kesal dengan kemunculan Jonni. Merasa tersaingi. Ingin membuat roket yang lebih baik, dia butuh bantuan Abba. Abba sudah janji, tapi ternyata tidak bisa menepati. Abba tidak jadi pulang, Nussa kecewa. 

Dari konflik ini, saya menyadari bahwa anak sangat butuh dukungan orangtua. Tak hanya saat dia ingin meraih sesuatu, tetapi bagaimana jika anak mengalami kesulitan dan kegagalan. 

Film Nussa


Ada gambaran kelurga Jonni yang selalu sibuk. Jonni jarang bertemu orangtuanya. Kalau bertemu keduanya bahkan sibuk dengan gawainya masing-masing. 

Saat Jonni menang lomba, orangtuanya tetap cuek. Tidak ada apresiasi. Duh, scene ini sukses bikin saya mewek. 

Anak-anak tak hanya ingin dipenuhi semua kebutuhannya. Mereka juga butuh perhatian dan dukungan dari orangtuanya. 

Film Nussa, Ajarkan Anak Meraih Kemenangan Sejati

Cerita Nussa saat mengikuti kompetisi sains ini bisa memberi pelajaran bagi anak-anak bagaimana seharusnya menghadapi sebuah kompetisi. Mengikuti kompetisi bukan hanya untuk menjadi pemenang, namun lebih pada memupuk jiwa sportivitas. 

Baca Juga : Lima Pelajaran Berharga yang dari Film Koki-Koki Cilik

Ending film ini sangat menyentuh. Betapa akhirnya Nussa bisa menjalani kompetisi ini dengan sportif. Bahkan Nussa menjadi seorang pemenang yang sejati. 

Bagi saya film ini tak hanya menghibur dari sisi cerita dan animasi terbaiknya, tetapi juga inspiratif kaya akan pesan moral. Demikian review film Nussa, film yang mengajarkan anak untuk menjadi pemenang yang sejati. 

Bagaimana dengan teman-teman? Apa sudah nonton film ini? Apa kesan teman-teman setelah menonton film ini? 

Yuk share di kolom komentar 🤗🤗


37 komentar

  1. Banyak yg review film ini dan katanya baguuus banget, mba.
    Apalagi Nurul Hayat kalo ga kliru, bikin acara NoBar, trus berapa studio di Transmart Rungkut fully booked buat acara ini.
    Yes, antusias bgt anak2 (dan ortunya) buat nonton film berfaedah

    BalasHapus
  2. pas mau tayang rame banget nih diobrolin di grup2 wa sama rame di TL twitter, pas banget ya momen peluncurannya pas bioskop dibuka dan boleh dikunjungi sama anak2 juga, spill cerita dari orang2 emang inspiratif dan edukatif ya mba

    BalasHapus
  3. Kalau liat nama sutradaranya, kayaknya menjanjikan nih alur ceritanya bakal rapi dan kaya emosi

    BalasHapus
  4. Duduknya sama anak-anak berjarak juga mvak DK? Udah pengen banget nonton bioskop ya Allah, mau nonton nussa juga tapi kok anakku kayak e masih kekecilen ya diajak ngebioskop..

    BalasHapus
  5. Film yang sangat bagus dan menyentuh.. Saya heran dengan berita miring yang mengaitkan film ini dengan isu isu politik

    BalasHapus
  6. tuhkan aku jadi pengen nonton deh sama anakku. masih ada ga ya minggu depan di bioskop pengen banget deh

    BalasHapus
  7. aku belum nonton, meskipun film yang ditujukan buat anak-anak tapi aku suka, bahkan orang dewasa lainnya juga pasti suka
    karena film kayak gini,, nilai yang bisa diambil banayak juga

    BalasHapus
  8. Sakiit ya mbak liat film ini, based on realita kehidupan kita sehari hari soalnya
    rev film Nussa ini bikin saya ikutan mewek

    BalasHapus
  9. Keren ini memang film Nusa, ceritanya relate dengan kehidupan sehari-hari yang bikin nyess, apalagi buat anak2 tetang berkompetisi, memberi pelajaran untuk memupuk jiwa sportivitasnya, huuuu beneran layak menjadi tontonan film keluarga.

    BalasHapus
  10. Film Nusa ini salah satu film yang ingin saya tonton loh Mba Dee. Udah lama juga engga nonton di Bioskop. Nonton sekaligus belajar juga, soalnya di film ini mengajarkan anak untuk mendapatkan kemenangan secara sportif. Rekomended banget ya film Nusa 2021 ini

    BalasHapus
  11. hHampir semua yg kasih komentar udah pd nonton Nussa nih. Md2an cucu Bunda ngajak bunda nonton kl diputar di bioskop TangSel.

    BalasHapus
  12. Selama ini nonton serialnya dan sukaaa. Pesan moralnya dapat banget, dikemas dalam animasi yang anak-anak sukai dan ga terkesan menggurui.
    Nah, jadi penasaran dengan filmnya. Dari review ini makin kepo, karena pasti di versi layar lebar lebih keren tampilan animasi. Juga ternya lebih lengkap pesan moralnya ya...wah, salut buat film Nussa!

    BalasHapus
  13. Aku belum nonton tapi kedua anak aku udah bersama bapake 😁 mereka happy kelar nonton film ini dan bagus ceritanya. Aku jg diceritain sama mereka. Berkesan sekali buat anak2. Tentu banyak pelajaran buat ortu dari film Nussa ya mba seperti yg udah ditulis ini. Kasih sayang ortu hal yg utama

    BalasHapus
  14. Ini film yang sedang happening ya. Sampai bioskop boleh buka buat anak usia di bawah 12 tahun, heheh... Semoga makin banyak film animasi bermutu buatan sineas Indonesia.

    BalasHapus
  15. Pengen banget ngajak anak nonton film nussa ini tapi sayang di kotaku sudah nggak tayang filmnya

    BalasHapus
  16. Waah rekomended banget ya mbak film nussa ini jadi pengen ajakin keponakan buat nonton juga ah Suka banget pasti

    BalasHapus
  17. Aku seneng juga niihh Nussa bisa dapat tempat di hati penonton Indonesia, bisa bertahan cukup lama di bioskop

    BalasHapus
  18. Tak sabar rasanya pengen nonton. Rencana Ahad besok mau pergi sama anak-anak. Penasaran, mau lihat Nussa yang kaya emosi.

    BalasHapus
  19. Asik banget yang udah bisa nonton bioskop sama anak. Ini filmnya rekomen banget ya nonton sama anak. Thank mba infonya.

    BalasHapus
  20. Saya belum nonton nih. Sepertinya menarik kalau bawa anak-anakku nonton nusa

    BalasHapus
  21. Pesan moral agar lebih memperhatikan anak seperti joni di film nussa

    BalasHapus
  22. Senang ya..meski pandemi, anak-anak sudah bisa kembali menikmati film anak Nussa di bioskop kesayangan. Film anak Nussa selain memberikan pelajaran bagi anak, tentu ada insight tersendiri bagi orangtua.

    BalasHapus
  23. Rara Nussa ini menurutku salah satu serial yang recomended, anakku suka nonton di YouTube. Kalau filmnya aku belum nonton, emang belum ke bioskop selama pandemi ini. Baca reviewnya, jadi pengen ngajakin anak nonton nih.

    BalasHapus
  24. senang baca reviewnya, soalnya kami gak jadi nonton film ini kemaren, padahal udah siap anak berangkat, hehehe. Moga lain waktu bisa nonton lagi di lain kesempatan, anak-anak juga bisa dikondisikan

    BalasHapus
  25. Wah seru ya nonton film Nussa di bioskop, aku belum nonton di bioskop lagi nih. Anak-anak pasti seneng ya akhirnya bisa nonton di bioskop lagi. Selain refreshing, nonton film Nussa juga bisa diambil pembelajaran buat anak-anak

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah aku sudah nonton bareng si kecil mba. Di tengah film, banyak adegan yang menyentil para parents, termasuk aku. Semoga film animasi keluarga seperti ini makin berjaya ya karena banyak pesan moral yang penting disampaikan untuk keluarga

    BalasHapus
  27. Nussa ini memang kartun bagus sih, mulai dari animasinya, dan jalan ceritanya yg super keren. walau kami bukan muslim, tapi anak2 jg aku ajak nonton kartunnya krn banyak pelajaran yg bisa diambil dr kartun nussa. tp ini belom berani nonton filmnya nih

    BalasHapus
  28. Setuju banget film Nussa ini tdk hanya film anak-anak yang menghibur. Menonton film ini memberikan banyak pelajaran bagi anak2 bnyk pesan positif dn edukasi yg diselipkan

    BalasHapus
  29. rame nih kayanya film Nussa, setelah ditunggu-tunggu sekian lama akhirnya bisa nonton di bioskop ya maaaaak.. Anak anak juga pasti seneng banget nonton Nussa, biasanya liat series-nya aja nih di Youtube..

    BalasHapus
  30. Pengen banget nonton film Nussa di bioskop dan ajak anak-anak. Pasti seru nih, tar ah kalau pas pulang kampung.

    BalasHapus
  31. Aku belum nonton filmnya mba, tapi aku paling suka lihat serialnya di TV, selalu menarik mencermati cerita2nya

    BalasHapus
  32. Bagus banget ya filmnya, penuh hikmah dan syarat emosi... Pengen banget ngajak anak-anak nonton film nussa...

    BalasHapus
  33. aku suka banget film Nussa, 9/10

    BalasHapus
  34. kemenangan sejati inilah yang harusnya senantiasa kita raih ya mba, bukan yang artificial atau semua. Aaah film ini memiliki banyak pesan baik yang dalam tentang hidup/ Aku belum nonton filmnya tapi selalu liat serinya di YT dan sukaaaa bangeeet

    BalasHapus
  35. Bikin mewek terharu ya ini filmnya. Tentang kemenangan sejati, orang dewasa pun masih banyak yang kurang menyadarinya. Karena kemenangan yang terlihat itu bisa saja menggelisahkan dan kekalahan yang terlihat boleh jadi membahagiakan.

    BalasHapus
  36. Seneng deh, akhirnya ada film animasi anak Indonesia yang bisa tayang di bioskop.
    Apalagi film Nussa ini kaya pelajaran dan nilai baik untuk anak-anak. Animasinya juga ngga kalah keren dari produksi animasi Hollywood

    BalasHapus
  37. Saya sudah ada rencana buat menonton film ini mbak, tapi ngepasin jadwal sama suami akhirnya gak kesampaian. Kira-kira masih tayang gak ya di bioskop saat ini?

    BalasHapus