Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Barang-Barang yang Harus Disiapkan Ketika Naik Shuttle Bus

 

Shuttle bus

Naik shuttle bus saat ini menjadi salah satu pilihan transportasi terbaik. Salah satu shuttle bus yang bisa kamu pilih yaitu Xtrans. Xtrans sendiri melayani rute Jakarta-Bandung pulang pergi, sehingga bisa menjadi pilihan kamu naik Xtrans untuk liburan bersama pasangan, kerabat dan juga keluarga.

Tapi perlu diketahui meskipun akan melakukan perjalanan yang tidak terlalu jauh, kamu tentu harus menyiapkan beberapa barang penting yang harus dibawa. Hal ini untuk mendukung kenyamanan selama di perjalanan.

 

Barang Yang Harus Disiapkan Saat Naik Shuttle Bus

Shuttle bus merupakan bus paling nyaman untuk perjalanan kamu. Nah jika ingin melakukan perjalanan baik liburan ataupun urusan lain, siapkan beberapa barang penting berikut ini terlebih dahulu.

 

  1. Barang Pendukung Protokol Kesehatan

Yang pertama kamu harus menyiapkan barang-barang pendukung protokol kesehatan. Karena kamu akan bepergian di masa pandemi yang masih cukup menghantui dan tidak tahu kapan akan berakhir. Barang pertama yang harus kamu bawa adalah hand sanitizer. Meskipun biasanya bus-bus terbaik akan menyediakan hand sanitizer, namun apa salahnya untuk persediaan maka bawa sendiri saja. Lalu kemudian kamu juga perlu membawa masker cadangan selama perjalanan. Masker cadangan berfungsi untuk mengganti masker yang sedang kamu pakai apabila kotor, apalagi untuk perjalanan lebih dari 4 jam. Yang terakhir dan juga cukup penting, kamu wajib membawa tisu basah dan tisu kering. Perlengkapan bersih-bersih ini sangat membantu kamu selama perjalanan dengan naik bus.

 

  1. Bawa Makanan Dan Peralatan Makan Sendiri

Membawa makanan cukup penting di masa pandemi agar kamu tidak jajan sembarangan. Selain itu, bawa makanan dari rumah juga bisa menghemat biaya perjalanan. Kemudian jika membawa makanan berat maka pastikan juga membawa peralatan makan sendiri.

Di masa pandemi seperti sekarang, kamu harus waspada terhadap berbagai virus yang mengancam setiap saat. Maka dari itu, akan sangat baik jika membawa semua barang pribadi milik sendiri dan tidak menggunakan barang-barang yang dipakai bersama. Jangan lupa pula untuk membawa air minum dengan botol air milik pribadi.

 

  1. Bantal Traveling

Sebagian orang suka melakukan kegiatan tidur selama perjalanan, tidak terkecuali ketika naik shuttle bus. Untuk itu kamu wajib membawa bantal traveling atau bantal leher untuk kenyamanan selamat tidur di bus.

Jika tidak menggunakan bantal leher, saat tidur selama perjalanan dikhawatirkan leher kamu akan merasakan pegal-pegal. Meski biasanya untuk perjalanan jauh disediakan bantal dari bus travel sendiri, tapi akan lebih aman untuk menggunakan barang sendiri. Agar kamu aman dari virus-virus yang mungkin saja tertinggal di bantal tersebut.

 

  1. Jaket Atau Cardigan

Ketika melakukan perjalanan pada malam hari dengan bus, maka kamu wajib membawa jaket atau cardigan. Pilih jaket atau cardigan dengan bahan yang cukup hangat dan tebal untuk menghalau dinginnya malam. Apalagi jika kamu menggunakan bus dengan fasilitas AC, jadi tidak boleh ketinggalan yang namanya baju hangat.

 

  1. Obat-obatan Dan Vitamin

Penting juga untuk membawa serta obat-obatan ketika dalam perjalanan, terutama bagi kamu yang memang memiliki riwayat penyakit. Jangan lupa untuk senantiasa membawa paket ‘perjompoan’ seperti minyak kayu putih, balsem hingga obat anti mual.

Kamu merasa bukan orang yang suka mabuk perjalanan tapi apa salahnya membawa obat-obatan ringan, manakala apapun bisa terjadi saat di jalan. Selain itu jangan lupa untuk membawa vitamin atau mengkonsumsi vitamin terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Karena kondisi tubuh yang fit akan sangat dukung perjalanan kamu semakin nyaman.

 

  1. Power Bank

Saat ini umumnya untuk bus-bus modern memang dilengkapi dengan tempat colokan mengecas gadget. Tetapi apa salahnya untuk antisipasi kamu tetap harus membawa powerbank. Powerbank bisa kamu manfaatkan manakala baterai smartphone habis dan membutuhkan pengecasan cepat.

Apalagi jika kamu memiliki mobilitas yang tinggi, dalam perjalanan tetap harus menggunakan smartphone. Saat ini banyak powerbank yang memiliki kapasitas yang besar untuk pengisian daya lebih cepat.

 

Itu tadi beberapa barang-barang yang perlu kamu bawa selama perjalanan dengan shuttle bus. Jadi meskipun kamu melakukan perjalanan yang terbilang cukup dekat dari Jakarta ke Bandung, persiapan maksimal tetap perlu dilakukan. Untuk kamu yang ingin menggunakan layanan transportasi shuttle bus dengan Xtrans, maka kamu bisa membeli tiket perjalanan resmi di Traveloka. Di Traveloka kamu bisa memilih tiket semudah belanja online.

Selain itu Traveloka juga akan membantu kamu untuk mencari jadwal sampai pesan dan bayar tiket secara online. Untuk yang ingin mendapatkan promo harga termurah Xtrans kamu bisa daftarkan alamat email, pada website hingga aplikasi Traveloka. Dan nikmati diskon khusus untuk kamu seorang.

52 komentar

  1. Yess setuju ketika akan melakukan perjalanan menggunakan public transportasi di masa pandemi memang haruss membawa pernik2 sendiri buat kenyamanan kita, meminimalisir menggunakan barang umum.

    BalasHapus
  2. bantal traveling itu yang nggak boleh ketinggalan kalau buat saya saat naik bus malam mbak. Soalnya kebiasaan kalau naik bus, belum lama udah ngantuk aja bawaannya, jadi ya ubah posisi duduk yang nyaman terus tidur deh

    BalasHapus
  3. Wah, kebetulan nih, Mbak. Saya lagi ada di Depok dan pengin ke Bandung. Ternyata bisa naik XTrans menuju Bandung. Pasti perjalanan bakal nyaman, apalagi sudah dikasih tips sama Mbak Dee.

    BalasHapus
  4. aku sekarang malas bawa bantal kalo naik transportasi umum, sebab belum ganti yang imut, hehehe. Berasa lebih ribet aja sih, hehehe. tapi yang lainnya sepakat selalu siap, in sya Allah

    BalasHapus
  5. Saya biasa bawa minyak kayu putih aja buat di jalan. Atau tolak angin gitu..

    BalasHapus
  6. Terakhir pergi aku lupa bawa bantal traveling..berasa banget, mau pakai bantal dari bisnya kuatir pula. Memang mesti ada persiapan sebelumnya saat naik shuttle bus biar nyaman dan aman di perjalanan:)

    BalasHapus
  7. Pas masa pandemi gini emang paling aman bawa semua kebutuhan sendiri ya mbak. Meakipun protokol kesehatannya baik tapi lebih baik kita hati2 aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat mbak, lebih aman dan nyaman rasanya kalau memakai perlengkapan yang sudah disiapkan dan dibawa sendiri.

      Hapus
  8. Suamiku kalo pas males nyetir sendiri, biasanya pesan tiket aja naik travel begini... Mobilnya shuttle bus yang nyaman karena dibatasi jumlah penumpangnya. Dan masalah waktu, tiket PP Bandung Jakarta atau sebaliknya ini sudah trayek gemuk.

    Alhamdulillah.
    Mudah dan nyaman pesannya di Traveloka.

    BalasHapus
  9. Traveloka memang aplikasi super lengkap mba mau layanan transportasi shuttle bus dengan Xtrans, bisabbeli tiket perjalanan resmi di Traveloka praktis lagi

    BalasHapus
  10. Langsung aku masukan ke dalam buku catatan dong, biar nanti kalau mau traveling, semuanya sudah lengkap dan perjalanan jadi semakin happy

    BalasHapus
  11. Nomer satu pokoknya barang prokes ya mba, apalagi yang digunakan adalah transportasi umum, penting banget bawa handsanitizer supaya bisa menjaga diri sendiri dan orang lain juga sih

    BalasHapus
  12. Kalau aku ada 2 hal yang selalu ga terlupa, bantal leher dan jaket atau selimut. soalnya sering menggigil kedinginan apalagi naik busnya malam

    BalasHapus
  13. Shuttle Bus ini aku gapernah lhooo naiknya heheh. Tapi kalau bepergian aku selalu bawa selimut sihh karena kadang ACnya terlalu dingin

    BalasHapus
  14. Ketambahan earphone/headphone bluetooth juga, Dee..
    Kadang kalau dijalan pusing sambil scrolling HP, aku lebih seneng dengerin musik sambil merem.

    Nyaman banget yaa...meski pandemi tetap aman melakukan perjalanan menggunakan Xtrans.

    BalasHapus
  15. Bantal leher jadi barang wajib untuk perjalanan darat begini :))
    Pernah lupa bawa dan itu rasanya puegeeeel!
    Dan bener sih power bank! Colokan di bis takut berebutan sama orang lain
    Bawa sendiri emang paling oke lah

    BalasHapus
  16. Sama satu lagi sih perlengkapan solat juga perlu dibawa, biar gak pakai minjem hehe

    BalasHapus
  17. jaketttt penting banget sihhh, soalnya aku ga kuat dingin, bahkan biasanya aku juga bawa kain tenun buat selimutan! hahahhaha, mesti hati2 dan lengkapi bekal sih emang karena masih pandemi gini

    BalasHapus
  18. Bantal travelingg paling maless bawaa maak aku bikin ribet menuh2in tas hehehe sebetulnya ada sih yaa bantal traveling yg bisa di tiup tp ga nyaman, dan yg bisa di lipet2 aku belum cobain sih.

    BalasHapus
  19. Udah lama nih gak naik bus. Terakhir kmrn waktu ke Jogja. Aku biasanya selalu bawa tolak angin aja sih mb. Nah, klo jauh musti siapin camilan biar gak ngantuk. Hihi..

    BalasHapus
  20. Semua peralatan di atas emang wajib dibawa sih. Tapi bagi aku, bantal buat traveling gitu emang bikin sakit dan bikin rempong juga saat dibawa kemana2. Aku orangnya pelor (nempel langsung molor, terutama kalo capek bgt).

    Pernah pas ke Manado iseng2 bawa bantal gitu. Eh malah sakit kepala. Apa mgkn ga cocok. Ya ngga tahu sih. Tapi kayaknya bantalnya ya sama spt dibawa penumpang lain. Abis itu ngga mau repot bawa bantal gituan lagi. Wkwkwk..

    BalasHapus
  21. Aku terakhir naik bus beberapa tahun lalu, jadi kepikiran deh pengen arrange liburan bareng keluarga besar kayanya enak nih pakai bus dari aplikasi trac yaa, bagus-bagus kendaraannya

    BalasHapus
  22. aduh, baca ginian jadi kangen perjalanan darat pas lagi travelling. Seru banget pasti naik shuttle bus dan emang sih lebih aman dan cocok buat solo traveller cewek yak

    BalasHapus
  23. wah bener banget nih, apalagi di masa pandemi gini, barang-barang yang bisa dibawa sendiri, mending bawa sendiri deh hehehe lebih aman ya

    BalasHapus
  24. Jujurly rindu banget traveling sampe berjam-jam pakai bis kayak gini. Aduuuhh sampai lupa kapan terakhir 🙈.

    Btwe, dari semua tipsnya saya setuju sekaliii terutama bawa Jaket Atau Cardigan.

    BalasHapus
  25. kalau ngantukan, bawa penutup mata yang buat tidur itu boleh juga hehehehe

    BalasHapus
  26. Setuju banget nih, jaket, powerbank, cemilan emang barang yang penting banget dibawa dalam perjalanan yaaaaa

    BalasHapus
  27. Bantal traveling ni simpel banget tapi ngaruh! Beberapa kali naik bus jarak jauh rasa leher kakuuuu sekali.
    Kalau makanan dan camilan, nah ini, wajib bawa...

    BalasHapus
  28. Membawa peralatan yang dibutuhkan saat bepergian ini wajib banget.
    Terutama hal-hal yang bisa kita lakukan selagi menunggu sampai ke tempat tujuan dengan aman menggunakan shuttle bus Xtrans.

    BalasHapus
  29. Langgananku dulu zaman bolak-balik Jakarta-Bandung ya Naik Xtrans. Pool-nya dekat sini, 5 menit sampai. Tapi adanya Mobil travel kecil itu mbak, minibus apa yah. Perjalanan ga tentu berapa lama tergantung kepadatan lalu lintas jadi ya perlu persiapan seperti di atas

    BalasHapus
  30. Jangan lupa kaos kaki dan kupluk karena biasanya AC bus itu sangat dingin. Untuk bus-bus executive biasanya selimut dan bantal yang tersedia sudah dicuci, masih dalam plastik laundry karena belum dipakai orang lain. Kalau bekas pakai orang lain, jelas jangan dipakai lagi oleh kita. Singkirkan.

    BalasHapus
  31. aku dulu langganan banget pakai xtrans kalau lagi dari bandung ke jakarta. sekrang malah makin gampang karena sudah ada di traveloka.. komplit memang sih traveloka ini yaa

    BalasHapus
  32. Nah kan, aku jadi kangeenn naik shuttle bus!
    Terutama rute Jkt - Bdg nih aku demen banget mbaa
    aaakkk, patut aku catet nihh, apa aja yang mau kubawa klo naik shuttle bus!

    BalasHapus
  33. Lagi serius baca tahu-tahu ada paket perjompoan, aku langsung ketawa. Eh tapi bener juga sih, sekarang itu sudah menjadi travel kit kalau pergi-pergi, minyak angin dan perbalseman duniawi hahaha. Aku belum pernah nih cobain XTrans, padahal sudah beberapa kali kepoin tarifnya di Traveloka.

    BalasHapus
  34. Jadi ingat udah lama banget nggak travelling dengan BUS. Iya benar banget beberapa barang diatas memang bagiku juga wajib ada. Aku pernah pakai XTrans JKT-BDG waktu dulu masih gadis. Ecieeee hahay

    BalasHapus
  35. Biasanya untuk perjalanan jauh suka ada bis yang menyediakan bantal kecil. Tapi, kalau lagi pandemi begini agak ngeri, ya. Mendingan bawa bantal sendiri biar lebih aman

    BalasHapus
  36. naik transportasi umum emang harus ada persiapan khsuus..terutama barang-barang pribadi yang sekiranya bakal dibutuhkan selama perjalanan ya...

    BalasHapus
  37. bener bangeet nih mba.. aku juga selalu bawa dan persiapkan barang - barang yang ada di list ini kalau mau bepergiaan dengan shuttle bus

    BalasHapus
  38. Iya naik transportasi umum sekarang harus ekstra hati-hati ya jangan sampai peralatan pribadi seperti masker, botol minum dan lainnya tertinggal..pas diatas juga jangan sampai buka masker ya...

    BalasHapus
  39. Nah yang bantal traveling ini sering kelupaan dibawa mba. Paling enak tuh yang bantalnya bisa dikempisin, jadi modelnya ditiup gitu mba. Ketika tidak digunakan bisa dilipat dan dimasukkan tas, enggak ngejendol gede.

    BalasHapus
  40. jaket itu penting banget maakk hahaha karena biasanya shuttle bus itu dingin pisan AC nya, trus headset and yes powerbank is a must eh sama hape

    BalasHapus
  41. Kalau traveling palai bus sekarang nyaman sekali mba.. Udah AC, bersih. Betah selama perjalanan. Apalagi benar sudah ada colokan listrik

    BalasHapus
  42. Sejak pandemi, aku belum bepergian pakai kendaraan umum. Dulu pas keluar kota tuh sebisa mungkin cari bus yang oke dan nyaman. Kalau sekarang, pesannya lewat Traveloka aja ya biar gak ribet. Tinggal persiapan lain-lain di rumah

    BalasHapus
  43. Power bank bagi saya penting banget mbak, soalnya cek kerjaan pun tiap waktu kadang ngedraft artikel, kalau udah lowbat kan enak tinggal colokin aja ke power bank

    BalasHapus
  44. Kadang aku lupa bawa bantal traveling baik saat traveling bawa kendaraan sendiri maupun kendaraan publik. Padahal enak juga ya buat mengatasi lelah dalam perjalanan.
    DI Traveloka sekarnag bisa beli tiket shuttle bus juga ya, aku belum pernah cobain nih, udah lama gak naik bus juga. Mudah banget ya sekarang.

    BalasHapus
  45. Wah makasih mbak list baramg yang harus di bawa saat naik bus suttle. Biasanya saya naik travel sih, tapi baik bus suttle juga kayaknya jadi pilihan menarik ya. Apalagi kalau pesan tiketnya di traveloka. Tambah praktis

    BalasHapus
  46. Suka lupa nih bawak powerbank, hahahaha. Merasa bahwa akan mudah dan banyak colokan listrik

    BalasHapus
  47. Aku kalau keluar rumah walaupun udah tahu di tempat itu atau di kendaraan umum ada colokan juga tetp bawa powerbank, ya buat jaga2 juga sih :D
    Kalau bantal jarang bawa tapi kalau jaket bawa apalagi kalau bus-nya dingin ber-AC :D

    BalasHapus
  48. aku ga bisa makan2 di dalam bus mak. biasanya ga boleh kan ya takut ganggu yang lain? jadi paling minnum ama roti aja kalau inget nminum. kebantu pakai shuttle bus gini

    BalasHapus
  49. Sekarang wajib banget memasukan barang-barang prokes pada saat naik shuttle bus begini. Selain itu hp dan power bank gak boleh lupa.

    Sama makanan dan minuman juga wajib banget biar di dalam bus gak bingung kalau kelaparan.

    BalasHapus
  50. barang-barang prokes, cardigan, makanan dan power bank kudu full , perjalanan aman sentosa apa lagi pakai buss dari trac aman banget..

    BalasHapus
  51. Wah, samaan ini kalau lihat list barang bawaannya. Apalagi bantal buat traveling. Kalau saya kadang suka pegel, jadi pingin nyender ke yang empuk empuk.

    BalasHapus