Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

5 Ide Usaha Terlaris di Bulan Ramadhan 2022

 

5 Ide Usaha Terlaris di Bulan Ramadhan 2022

5 Ide Usaha Terlaris di Bulan Ramadhan 2022 ini bisa dicoba untuk meraih cuan, lho! Bulan Ramadhan memang bulan yang penuh berkah, ya! Banyak ide usaha yang bisa dilakukan di bulan ini. 

Ide Usaha Terlaris di Bulan Ramadhan 2022

Banyak sekali peluang ide usaha di bulan Ramadhan ini. Kalau jeli, kita bakal mendulang banyak cuan, lho. Melakukan usaha di bulan Ramadhan bisa jadi peluang yang menjanjikan.  

Berikut 5 ide usaha terlaris di bulan Ramadhan yang bisa teman-teman coba. 

1. Jajanan takjil

Tahu sendiri kan kalau bukan puasa itu nggak lengkap tanpa takjil. Saat ngabuburit biasanya orang-orang berburu mencari takjil. Makanya pas banget kalau di bulan Ramadhan berjualan jajanan takjil. Jajanan takjil jadi salah satu ide usaha terlaris di bulan Ramadhan.

Jajanan takjil ini bermacam-macam, lho. Bisa berupa makanan ataupun minuman. 

2. Kue kering

Lebaran nggak lengkap tanpa kehadiran kastengel dan kawan-kawannya.  Makanya usaha kue kering cukup hype saat bulan Ramadhan ini. 

Banyak orang membeli kue kering untuk hidangan di hari lebaran. Atau juga sebagai hampers untuk dikirimkan ke sanak saudara dan kerabat. 

3. Baju lebaran

Biasanya lebaran juga identik dengan baju baru. Nggak heran kalau di bulan Ramadhan ini, usaha jualan baju lebaran cukup laris, lho. 

4. Parcel lebaran

Berjualan parcel lebaran bisa menjadi ide usaha yang bisa dicoba saat bulan Ramadhan ini. Banyak orang yang berkirim parcel saat menyambut lebaran. 

Tak hanya orang pribadi saja yang berkirim parcel. Beberapa kantor juga memberikan parcel pada karyawannya. Jadi usaha parcel lebaran pasti akan laris manis di bulan Ramadhan ini.

5. Jasa penitipan hewan peliharaan

Buat teman-teman yang suka dengan hewan peliharaan, bisa juga lho membuka usaha jasa penitipan hewan peliharaan. Ide usaha ini cukup menjanjikan, lho.

Mengingat bulan Ramadhan banyak orang yang mudik untuk merayakan lebaran. Seringkali mereka tidak bisa membawa hewan peliharaannnya. Jadi jasa penitipan hewan peliharaan akan ramai saat bulan Ramadhan.

Tips Agar Usaha Laris Manis

Setelah tahu ide-ide usaha yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan, yuk simak tips agar usaha tersebut laris manis. 

Berikut tips agar usaha laris manis.

1. Perhatikan kualitas

Tips pertama agar usaha yang dilakukan bisa laris manis adalah perhatikan kualitas. Berikan kualitas terbaik dari produk yang dijual. 

Misalnya kalau menjual kue kering, gunakan bahan-bahan yang berkualitas. Bahan berkualitas akan membuat rasanya lebih enak. 

2. Packaging menarik

Buat yang usahanya menjual produk, jangan lupa untuk memberikan packaging yang menarik. Dengan packaging menarik, akan mudah mencari konsumen. 

3. Promosi di media sosial

Tahu sendiri kan sekarang ini era digitalisasi. Jangan lupa lakukan promosi usahamu di media sosial. Promosi di media sosial terbukti bisa mendongkrak penjualan, lho.

4. Gunakan software akutansi terbaik

Salah satu kunci keberhasilan sebuah usaha adalah pencatatan keuangan yang baik. Gunakan software akutansi terbaik, Kledo. 

Di Kledo ini, teman-teman bisa membuat dan mencatat invoicing, purchase order dan segala aktivitas bisnismu dengan mudah, dan analisa performa usahamu dalam grafik yang cantik. 

Demikian 5 ide usaha terlaris di nulan Ramadhan 2022 yang bisa dicoba. Kira-kira sahabat deestories mau mencoba usaha apa di bulan Ramadhan 2022 ini? Yuk sharing di kolom komentar, ya!




52 komentar

  1. Harus mulai dari sekarang ya. Jasa penitipan hewan itu yanv nggak kepikiran sih. Kalo saya udah mikir lebaran aja.. hehe

    BalasHapus
  2. Pas banget nih lagi cari ide bisnis selama ramadhan. Jualan takjil ini emang mainstream sih tapi selalu bertahan krn semua orang yang puasa butuh. Kalo kita bisa ngasih takjil yg istimewa, pasti banjir pesanan. Semoga puasa tahun ini bisa kembali satu bulan penuh ya.

    BalasHapus
  3. Keknya jualan takjil mulai siap2 nih menjelang ramadan. Ah, kangen jajan2 atau bikin takjil juga dan ga sabar menyambutnya . Nah, ide2 usaha ini bisa dilakukan oleh mentemen yang mau menambah cuan buat bekel lebaran yaaa.
    makasih mak .

    BalasHapus
  4. No 5 diluar dugaanku nih, bener juga ya kalau pas lebaran pasti pada mudik dan menitipkan hewan peliharaannya juga..

    BalasHapus
  5. nomor 5 ga kepikiran ya buka jasa penitipan hewan peliharaan, ini pasti laku banget ya karena banyak yang mudik, binatangnya banyak yang tidak ada yang menjaganya, potensi bisnis selama bulan ramadhan niy kak

    BalasHapus
  6. belum masuk Ramadhan aja nih, saya sudah ditawari beberapa jenis kue kering dari beberapa produsen, dan bener sih dengan kualitas dan packaging yang menarik, tertarik banget buat beli

    BalasHapus
  7. Pengen deh buka jasa penitipan hewan, secara aku gak mudik dan hewan peliharaanku di rumah ada ayam dan ikan. Pastinya gak boleh sembarangan sih ya klo mau buka jasa titip hewan gini. Harus paham kondisi masing2 binatang yg dititipkan.

    BalasHapus
  8. Mantap bangett alhamdulillah Ramadan emang jadi berkah untuk semua orang ya mbaa, banyak yang bisa dijadikan ide untuk usaha sampingan

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah ya kita ketemu lagi ramadhan. Jadi momentum banget buat upgrade ibadah. Juga peluang usaha buat nambah nambah angpau lebaran, hehehe. Aku pernah usaha baju lebaran dan omsetnya luar biasa, sekarang belum coba lagi. Tapi baca artikel ini kayak ke idean gitu, jadi pengen lagi 😁

    BalasHapus
  10. Iya sih. Jualan takjil tu emang laris manis di bulan ramadhan. Atau jualan bangsa es-esan macem es campur gitu. Wuih. Cuan deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan lebih bagus lagi kalau jualannya tetep lancar pada jam-jam kritis kayak jam adzan maghrib yaa..

      Hapus
  11. Jasa titip hewan peliharaan. Bener banget tuh. Pemilik toko listrik (yang jual bohlam, kabel, dsb) di depan kompleks. Kebetulan sama-sama penyuka kucing. Kalo musim Lebaran dia nerima penitipan kucing. Yang nitip seneng karena kucingnya diurus sama yang bener2 suka kucing. Yang ketitipan juga seneng karena ad penghasilan tambahan :)

    BalasHapus
  12. Wah iya ya pet shop jadi bisnis yang ramai juga saat lebaran, tapi ini perlu punya pengalaman dan harus profesional siy, nggak sembarang orang bisa. Tapi kalau sesama pet lovers kayaknya bisa ya, numpang diurusin gitu...

    Kalau yang kue kering dan baju lebaran kayaknya udah banyak siy yaaa

    BalasHapus
  13. Insya Allah bulan Ramadan saya mau jualan Susu Jelly, Mbak. Tadinya mau sekalian dengan kacang disko dan gorengan. Tapi minyak mahaaaaaaal... walau stok sudah melimpah hahaha. Dan saya setuju, harus mengutamakan kualitas juga dengan pilihan bahan yang bagus.

    BalasHapus
  14. Takjil ini selalu diburu buat santapan berbuka.
    Cuma ya yang gorengan nih, kira² harganya bakal naik berapa ya dari biasanya hehe

    BalasHapus
  15. Bulan ramadhan emang bulan penuh berkah kak, bisa juga punya usaha sampingan kaya gini. Aku dulu pas masih kuliah setiap bulan ramadhan pasti jualan es, dan lumayan banget nih pemasukannya hihi

    BalasHapus
  16. Iya, ramadhan itu tak lagi makan 3 kali sehari, tak ada ngemil di siang hari, tapi perputaran ekonomi selalu bagus saat ramadhan. Bahkan juga di masa pandemi. Jadi yang mau usahanya laris, mesti dipikirkan benar konsepnya ya

    BalasHapus
  17. Waaahh ga terasa ya sudah mau puasa eh tau2 lebaran. Ide buat parcel boleh juga nih, berhunung saya ga bisa bikin kue kayaknya boleh nih cari partner buat kerja sama.

    BalasHapus
  18. Kue kering dan parcel itu cukup menggiurkan ya kak. Apalagi kalau ramadan gini kan emang pas banget vibes nya dengan dua poin itu. Jadi peluang cuannya juga makin besar

    BalasHapus
  19. satu lagi mbak, harga yang kompetitif. Zaman serba mahal ini, kita dituntut hemat. Eh tapi untuk menambah penghasilan, kita bisa juga mulai berwirausaha dari salah satu ide usaha di atas

    BalasHapus
  20. Jasa penitipan hewan ini ide yang out of the box, lho. Di tengah masyarakat yang sedang demam kucing, sepertinya usaha ini akan booming saat orang-orang mudik lebaran. Bisa jadi mesin penghasil cuan nih.

    BalasHapus
  21. Tadinya bingung, kok jasa penitipan hewan peliharaan juga termasuk ya? Oalah baru mikir, iya juga yaa..pas mudik lebaran gitu, ada kalanya/ada kondisi yang membuat seseorang gak bisa membawa serta pula hewan peliharaannya. Ya kan gak mungkin ditinggal sendirian di rumah, pastinya dititiplah sama yang terpercaya dan emang bisa merawatnya.

    BalasHapus
  22. Banyak pilihan usaha saat Bulan Ramadhan semoga membawa berkah yaaa. Idenya pun unik
    Jasa penitipan hewan biar gak kabur kemana2 hhahah

    BalasHapus
  23. Ramadan membuka kesempatan yang luar biasa untuk beribadah dan mencari rezeki di dalamnya. Ada banyak usaha yang bisa dilakukan. Paling happy hunting kue kering. Meski belum lebaran, biasanya suamiku rajin banget menghias ruang tamu dengan toples-toples kue cantik.

    BalasHapus
  24. Jual Frozenfood sama peralatan sholat biasanya juga di serbuuu disaat Ramadhan. Oiya sama kurma jadi lariss juga ya. Apapun jualannya yakin tiap Ramadhan pasti lakuu lho, mungkin pada berlebih rejekinya ya krn dpt Thr.

    BalasHapus
  25. senang saja meliaht banyak yang jualan bikin ramai

    BalasHapus
  26. Jasa penitipan hewan peliharaan menarik..Dulu banget, pernah serumah mudik pulangnya hamster mati..anak-anak sedih. aku titip ke pak satpam komplek. Waktu itu belum marak jasa penitipan hewan

    BalasHapus
  27. bulan yang benar - benar penuh berkah yaa mba... penitipan hewan benar - benar berjasa tuh terutama yang mau pada mudik yaaa

    BalasHapus
  28. Sebenernya jasa katering harian tuh bakal laris manis tanjung kimpul kalo di bulan puasa ini mba.
    sayangnya, yg deket2 kompleks rumahku tuh rerata masakannya yaaa gt deh :)
    Walhasil, aku masih ngandelin menu2 depot scorpio, beli di GrabFood.

    BalasHapus
  29. Aku jarang banget keluar rumah.
    Sekalinya keluar rumah, kaget banget karena banyak yang jualan makanan takjil. Memang ini yang paling dinanti saat Ramadan. Saling berbagi dan menikmati hidangan berbuka yang khas.

    BalasHapus
  30. Aku dari dulu mba usaha kuker Dan lumayan bnget pelanggannya dah bnyak n selalu repeat order. walaupun itu usaha kakakku tapi lumayan lah klo bantuin dapat juga

    BalasHapus
  31. Penting nih mulai hunting tempat penitipan hewan karena mau ditinggal mudik. Sambil hunting sambil ngabuburit cari takjilan

    BalasHapus
  32. Jadi pengen bisnis kue kering ntar buat lebaran, lumayan banget soalnya dulu pernah bantuin ibu bikin pesanan orang :)

    BalasHapus
  33. sebenarnya banyak peluang usaha yang bisa kita lakukan ya di bulan Ramadan, salah satunya memrpoduksi kue lebaran. Wah ini paling menyenangkan ya, selain bisa menyetok kue lebaran pribadi juga bisa menjual produk dengan jumlah masal dan laris manis.

    BalasHapus
  34. Ramadhan berkah untuk semua ya. alhamdulillah jadi membawa rejeki untuk pedagang makanan, baju dan juga perlengkapan selama ramadhan
    jualan takjil pasti laris banget nih

    BalasHapus
  35. Banyak juga ya jenis usaha yang bisa ditekuni di bulan Ramadan. Pengen coba uaha juga tapi masih bingung bagi waktunya hehe. Penting juga buat catat keuangan usaha di software akuntansi yang bagus kaya Kledo ini.

    BalasHapus
  36. Ide bisnis saat lebaran yang poin terakhir tuh sedang naik daun, seiring dengan makin tingginya orang yang gemar memiliki hewan kesayangan. Temanku ada tuh mba yang buka jasa penitipan ini di Batam, selalu full deh penitipannya.

    BalasHapus
  37. Mayan nih mba, bisa cuan dan dapat berkah Ramadan insyaALLAH ya.
    Mupeng buat coba.
    Semoga dimudahkan ya buat kita semuanyaaa

    BalasHapus
  38. Ide-ide usahanya menarik, Mbak. Dan memang banyak dibutuhkan orang jasa-jasa seperti itu. Apalagi jasa penitipan hewan peliharaan. Soalnya beneran pusing kalo ninggalin pets di rumah dalam waktu yang cukup lama :)

    BalasHapus
  39. Nah iya nih..saya kepikiran juga buat terima jasa penitipan hewan khususnya kucing. Manfaatin peluang yang penting berkah ya mba

    BalasHapus
  40. Jasa penitipan hewan ini bisa jadi ladang menggiurkan untuk meraih pundi-pundi rupiah. Tapi tentu saja tidak semua orang bisa melakukannya. Harus punya tempat dan peralatan yang memadai mengingat ini hewan peliharaan orang. Dan satu lagi harus sayang hewan dan punya karyawan biar gak keteteran kalau hewannya banyak

    BalasHapus
  41. Kualitas rasa, packaging dan promosi itu sangat penting. Penentu yang tak bisa ditawar. Tapi software akuntansi itu yang sangat membantu karena jadi cepat tahu kondisi riil stok, jumlah penjualan dan masih banyak lagi tanpa pusing menghitung. Bisa lebih fokus pada 3 kunci lainnya kalau masalah hitung-hitung sudah beres

    BalasHapus
  42. Boleh juga nih adikku kusuruh buka jasa penitipan hewan wkwk... selama ini juga temannya nitipin kucingnya ke rumahnya kalo mau pulkam, tapi ga ada biayanya sih. Murni pertemanan hahaha

    BalasHapus
  43. Ada peluang bikin kue lebaran nih soalnya banyak banget peminatnya, pengen bikin juga di rumah sama ipar

    BalasHapus
  44. Dari kelima peluang ide bisnis ini, no.5 masih jarang aku temui. Yang jual takjil, kuker, baju lebaran dan parcel mah banyak, tapi penitipan hewan peliharaan ini di daerah aku malah belum ada.

    BalasHapus
  45. Ramadan selalu menjadi momen saling berbagi dengan bahagia.
    Dan momen yang pasling dinanti bagi pengusaha kuliner karena selalu bisa mendapatkan cuan lebih.

    BalasHapus
  46. wah senangnya sekarang ada aplikasi akutansi Kledo ya?

    sehingga bisa kerekap dan terkalkulasi, untung ruginya

    juga bisa dikomparasi dengan tahun tahun sebelumnya

    BalasHapus
  47. saya sedang lakuin ide usaha no. 1, kebetulan setiap tahun juga memang jualan ini saat bulan ramadan

    BalasHapus
  48. Mulai usaha memang harus mulai belajar mencatat semua pemasukan dan pengeluaran yang ada. Untungnya sekarang ada Kledo yang simpel dan mudah dipakai.
    Usaha takjilan sepertinya bisa dimulai karena modalnya tidak terlalu besar deh.

    BalasHapus
  49. Bulan Ramadan memang bisa jadi tambahan penghasilan ya, mbak buat mereka yang bisa lihat peluang. Kayak teman di kantorku ini selama Ramadan dia jual berbagai cemilan keren banget bisa dapat banyak suplier gitu jadi tinggal promosi aja di kantor

    BalasHapus
  50. top business sih parcel dan baju lebaran itu hahaha
    selama ini yang dua itu selalu jadi pencarian utama kalau udahmendekati lebaran

    BalasHapus
  51. Alhamdulillah, bulan ramadhan juga dapat menjadi berkah, membuka banyak peluang juga dalam dunia usaha

    BalasHapus