Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Lima Ide Kreatif Ngabuburit Saat Ramadan

ngabuburit ramadan






Lima Ide Kreatif Ngabuburit Saat Ramadan - Ngabuburit menjadi tradisi yang tak bisa dipisahkan dari bulan Ramadan. Ngabuburit menjadi salah satu aktivitas mengisi waktu di bulan Ramadan.


Ngabuburit di Tengah Pandemi


Saat bulan Ramadan, ngabuburit terasa sudah menjadi tradisi yang selalu kita lakukan. Ngabuburit ini dikenal sebagai kegiatan yang dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa, seperti mencari takjil atau hanya sekadar berjalan-jalan saat sore. 


Istilah ngabuburit ini berasal dari bahasa Sunda, yaitu burit atau sore hari menjelang magrib. Ngabuburit biasanya dimulai selepas shalat ashar hingga datangnya adzan magrib. 


Biasanya ngabuburit diisi dengan jalan-jalan di taman kota atau berburu takjil di pusat kuliner. Tapi itu dulu. Sebelum pandemi Corona Covid 19.


Tahun ini, tidak ada ngabuburit seperti itu. Pandemi Corona Covid 19 memaksa kita untuk tetap ada di rumah. Melakukan semua kegiatan dari rumah, termasuk ngabuburit.

Bisakah ngabuburit dari rumah? Bisa kok! Berikut lima ide kreatif ngabuburit yang bisa dilakukan di rumah. 


1. Tadarus



Ngabuburit tak selalu identik dengan kegiatan hura-hura. Saat di rumah saja, kita bisa mengisi waktu ngabuburit dengan membaca Al Qur an. Bukankah intinya tetap sama, mengisi waktu menjelang buka puasa. 


Tadurus tak sekadar mengisi waktu ngabuburit. Tapi juga menjadi ladang pahala bagi kita. Membaca Al Qur an saat Ramadan, pahalanya menjadi berlipat. Menarik bukan?


2. Membuat Takjil



Kalau dulu ngabuburitnya berburu takjil di pusat kuliner, sekarang ngabuburitnya bikin takjil sendiri. Bikin saja takjil yang sederhana. Misalnya salad buah, puding cokelat ataupun bola-bola kentang. Bila setiap hari ngabuburit diisi dengan kegiatan menbuat takjil, dijamin lepas Ramadan skill memasak kita melesat naik. Trust me!


3. Ngeblog



Menulis cerita di blog juga akan menjadi kegiatan ngabuburit yang menarik. Apalagi selama Ramadan ada BPN 30 Day Ramadan Challenge 2020. Menulis satu artikel setiap hari. Ngabuburit jadi lebih bermanfaat, deh!

4. Mabar


Pecinta game online bisa mengisu ngabuburitnya dengan mabar. Mabar juga bisa melepas rindu dengan teman. Sebab sudah lama tak jumpa karena harus social distancing.


5. Nonton Drakor



Nah ini pasti jadi pilihan ngabuburit favorit buat ibu-ibu ya. Saat menu berbuka sudah siap dan rumah sudah bersih, waktunya nonton drakor (drama korea) sambil menunggu adzan magrib. Ramadan ini ada dua drakor yang menemani saat ngabuburit, The King Eternal Monarch dan The Beauty Inside.


Gimana, seru kan meski ngabuburit di rumah. Mana kegiatan ngabuburit favorit? 




44 komentar

  1. tiga ide terakhir aku banget dah, ngeblog mabar dan nonton. ngeblognya paling cari cari inspirasi bukan nulis akunya hahaha

    BalasHapus
  2. kalau aku pasti masak, karena klo main laptop di jam ngabuburit dikeplak emak yang ada wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, masaknya sebelum ngabuburit dong

      Hapus
  3. Sebenernya.. favorit tetep ngeblog dan ngedrakor haha.. berhubung Ramadhan, banyakin laahh tadarusnyaa.. kan nggak selalu ada ramadhan hehehee

    BalasHapus
  4. biasanya aku jalan2 sore tapi sekaarng mah gak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sekarang ngabuburit di rumah saja

      Hapus
  5. Ngabuburit aku, ya ngeblog, nyiapin buku, dan ngerjain hobby sih...Duh, harusnya tadarus juga nih.

    BalasHapus
  6. Sekarang ngabuburit online aja deh yang aman. Makanya aku jadi rajin blogwalking dan IG walking :D

    BalasHapus
  7. Bolehlah 5 ide ini untuk kita2 yg g bs jln keluar lagi. Yg penting positif n produktif aja lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, yg penting melakukan kegiatan yg positif

      Hapus
  8. Saya juga ngelakuin semuanya kecuali mabar, Mbak. Kalau itu sih suami saya yang suka, saya nggak ngerti main game begituan. Saya juga ngerjain urusan dapur satu dua jam menjelang buka puasa. Jadi sibuk kerja, eh ga kerasa udah magrib deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhe iya, biasanya emamang para suami yg suka mabar

      Hapus
  9. Banyak hal yang bisa kita lakukan saat ngabuburit ya Mba.. Yang penting bisa bikin kita happy sembari menantikan waktu berbuka puasa tiba..

    BalasHapus
  10. Aku kalau sore bikin takjil dan buka aja sih. Ngedrakor itu malam atau siang. Kalau sore tuh nanggung. Enak buat ngaji aja

    BalasHapus
  11. Sebenarnya sih kalau yg paling disukai buat ngabuburit yang nge-Drakor. Tapi malah selama Ramadan ini ga sempat ngedrakor. Berhubung sudah ada yang hrs dikasih makan, jadi ya kalau sore ngabuburitnya masak. Ngajinya biasanya habis subuh. Kalau ngeblog biasanya mlm pas anak2 sdh tidur. Mabar ga masuk daftar krn ga main game online, hehehe...

    BalasHapus
  12. Ngabuburit saya selalu diisi dengan menyiapkan takjil dan kebutuhan berbuka lainnya, mba. Karena saya memasak itu harus ngelihat contekan, jadinya 'lelet', selesainya selalu mepet waktu berbuka, hihihi.

    BalasHapus
  13. kalau saya ngabuburit selalu nyobain ide masak sih sekarang. Serunya banyak aplikasi belanja bahan memasak online. biasaya pesen dulu setelah menemukan resep sorenya langsung eksekusi seru!

    BalasHapus
  14. Ngabuburitku sekarang masak rame-rame sama anak-anakku cowok yang ABG. Seru juga ternyata nyiapin buka rame rame sana anak-anak

    BalasHapus
  15. ngabbuburitku sekarang nyiapin makanan, masak, ama ngaji si mba hehehe soalnya kudu ngeladenin orang banyaak di rumah jadi kudu ready terus detik2 jelang berbuka puasa.

    BalasHapus
  16. Saya ngabuburit mah gak ngapa-ngapain hihi.. ntr setengah jam mau buka, baru bikin minuman 🤣

    BalasHapus
  17. Ide menarik, tambah satu lagi dong belajar membuat karya konten kreatif lain seperti membuat infografis, edit video, dan karya ilurstrator lainnya. Hehehe

    BalasHapus
  18. Kalo saya biasanya ngeblog bust ngabuburitnya. Kadang beli kolak atau kue2 takjil di dekat rumah. Ngegame dan nonton drakor malah jarang,

    BalasHapus
  19. Hihihi ngabuburit bisa dengan banyak kegiatan bermanfaat di rumah ya, kalau saya sih nyiapin takjil dan ngurus anak-anak juga udah nyita waktu, ngeblog kalau luang waktunya

    BalasHapus
  20. Dari kelima poin di atas, cuma nomor 4 yang ga aku lakuin hehe. Paling seru itu masak takjil sih. Soalnya bisa berkreasi nyobain resep-resep yang ditemui di internet.

    BalasHapus
  21. Semuanya hal yang postif. Tapi aku tidak melakukan 4 hal lainnya. Aku cuma ngeblog aja. Ehehehe salam kenal mbak dee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, harus melakukann yg positif memang
      sala kenal juga ya

      Hapus
  22. ngeblog so pasti dong, cuman karena ditemani istri saat WFh jadi nomor 5 gak bakal terlewati. ikut nonton drakor dan akhirnya ketagihan deh. he

    BalasHapus