Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

4 Kriteria Online Shop Favorit di Ecommerce

Online shop


Halo, teman deestories

Apa kabar? 

Tak terasa sebentar lagi lebaran tiba. Apa saja persiapan lebaran yang sudah dilakukan? 

Kue kering, sudah adakah? Baju baru, sudah punya kah? 

Mempersiapkan lebaran sekarang sangat mudah, ya! Cukup sambil rebahan, semua keperluan lebaran akan datang ke rumah. Selama punya uang untuk membayarnya. 

Apalagi kalau bukan online shop. Online shop memudahkan kita membeli semua barang yang dibutuhkan.

Online shop ini sudah menjadi bagian sehari-hari orang Indonesia, lho. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat 88,1 persen pengguna internet di Indonesia telah menggunakan layanan e-commerce dalam membeli sejumlah produk. Bahkan, Indonesia tercatat sebagai negara kelima terbesar pembelian online  ini. 

Tak heran, semakin hari semakin banyak marketplace di Indonesia. Mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli dan lain sebagainya. Jumlah online shop pun semakin banyak. 

Ditengah banyaknya online shop yang ada, pasti teman-teman punya online shop favorit, ya! Online shop yang sering menjadi tujuan saat belanja online di marketplace. 

Pasti ada alasannya mengapa online shop tersebut jadi pilihan teman-teman. Saya pun begitu, ada beberapa kriteria mengapa sebuah online shop menjadi pilihan dalam berbelanja, tak hanya sekali tapi bisa berkali-kali. 

Kriteria Online Shop Favorit

Berikut beberapa kriteria online shop favorit pilihan saya. 

1. Bahan berkualitas

Kualitas bahan selalu jadi pilihan setiap pembeli saat berbelanja. Buat saya, online shop yang menyajikan bahan berkualitas selalu jadi pilihan. 

Baca Juga : Konsumen Cerdas di Era Digital, Perhatikan 7 Hal Berikut Sebelum Berbelanja Online

Saya bahkan nggak segan-segan untuk repeat order. Belanja berkali-kali di online shop yang sama. 

2. Pelayanan memuaskan

Pelayanan adalah kunci. Tak hanya saat bertransaksi secara langsung saja, belanja online pun butuh dilayani dengan baik. 

Misalnya, penjual yang menulis deskripsi produk secara lengkap atau menjawab setiap pertanyaan pembeli secara responsif adalah contoh pelayanan yang memuaskan. 

Kalau penjual bisa memberikan kepuasan tersendiri, pasti pembeli tidak akan berpaling ke penjual lainnya. 

3. Harga bersaing

Saya tidak selalu suka dengan harga murah. Bukannya sombong. Bagi saya, harga menentukan kualitas. 

Kenyataannya, kalau harga murah selalu patokan utama kita dalam membeli produk, seringkali kualitas tidak dipertimbangkan. Walau, bukan berarti tidak ada harga murah yang berkualitas. 

Saya cukup senang dengan online shop yang menyajikan harga bersaing. Harga wajar dan tidak terlalu mencolok dengan online shop lainnya. 

4. Promo menarik

Online shop yang sering memberikan promo menarik, pasti akan sering dikunjungi. Saya juga pasti akan kembali lagi ke online shop yang sering memberikan promo menarik. 

Baca Juga : Tips Cerdas Menyikapi Promo Belanja Online

Promo menarik ini bermacam-macam bentuknya, mulai dari gratis ongkos kirim, diskon, cashback dan lain sebagainya. 


Nah, itu tadi 4 kriteria online shop favorit di e-commerce pilihan saya. Bagaimana dengan teman-teman? Punya kriteria juga dalam memilih online shop favorit? Atau mungkin, teman-teman punya rekomendasi online shop favorit di e-commerce? 

Yuk, cerita di kolom komentar. 

Terima kasih.

#BPNRamadan2022

#Day25


9 komentar

  1. Bahan berkualitas ditambah dengan pelayanan yang memuaskan sih ya yang pada akhirnya membuat konsumen menjadi loyal. Ditambah dengan hadirnya berbagai promo yang tentunya bikin hati pembeli jadi senang.

    BalasHapus
  2. 4 syarat mendasar di atas sih, setuju pake banyak.
    Tapi, praktik di real life, sudah patah hati dengan belanja online. Ndak berjodoh terus dapat produk atau seller yang cocok di hati.
    Padahal ya sdh pernah juga punya lapak sendiri.
    Kali memang ndak jodoh ya.. Hehehe..

    BalasHapus
  3. Setuju, kalau berbelanja online ini memang sangat penting kualitas ya terlebih kita tidak dapat mengetahui langsung bahan2nya. Dan gak mudah jga tergiur harga yang murah, yg terpenting memang mesti jeli dgn pilihan barang yg ingin dibeli gitu ya Mbak

    BalasHapus
  4. Betul juga. Kadang tergiur harga murah, tapi kadang setelah diamati lagi kok ya jelek kualitasnya. Itulah makanya kalau lihat harga murah, saya suka lihat2 galeri foto pembeli

    BalasHapus
  5. Aku diajarin suamiku buat bacain semua komen sekaligus melihat testimoni dari berbaga rating.
    Kalau relevan, misal dari sekian ribu pembeli, hanya kurang dari 10% nya memberi bintang 1 dan 2, maka toko online shopnya masih amanah. Dan perlu juga diteliti, apakah komennya fake atau beneran.

    karena di toko online shop juga ada tuh jualan komen.
    Hiiks~

    BalasHapus
  6. Setuju banget.... awal2 tuh belanja di online shop kaya deg-degan gtu dapet barang bagus enggak. Lama2 keseringan

    BalasHapus
  7. Memang yang bikin ngiler itu promo-promonya itu sih yang paling ditunggu-tunggu hha, keranjang belanja udah penuh dan gatel pengen di cekot.

    BalasHapus
  8. aku paling suka kalau harganya bersaing dan lebih murah di olshop, pasti jadi langganan

    BalasHapus
  9. benar banget, 4 syarat di atas juga saya pakai untuk berbelanja di suatu toko di ecommerce. Biasanya saya tambahkan juga sama ongkirnya yang gak terlalu mahal ke daerahku, hehehe

    BalasHapus