Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Ide Baju Lebaran Ramah Lingkungan

Baju lebaran


"Baju baru Alhamdulillah, tuk dipakai di hari raya. Tak punya pun tak apa-apa. Masih ada baju lainnya"


Penggalan lagu milik Dea Ananda ini pasti masih membekas dalam ingatan generasi 90an. Lagu ini pas banget ya untuk momen menjelang lebaran. 

Lebaran beberapa hari lagi, pusat perbelanjaan sudah ramai. Banyak orang berburu baju lebaran. Entah sejak kapan, lebaran selalu diidentikkan dengan baju baru. 

Apakah teman deestories juga selalu membeli baju lebaran

Dulu sih iya, saya selalu menghadirkan baju baru saat lebaran. Tapi beberapa tahun terakhir ini, baju lebaran bukan sebuah keharusan saat hari raya tiba. 

Tradisi Baju Baru dan Meningkatnya Sampah Tekstil

Baju lebaran

Beberapa tahun terakhir ini, sejak mulai menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, saya tidak selalu membeli baju saat lebaran. Bagi saya, lebaran tidak harus ada baju lebaran. 

Bukannya, apa-apa sih. Tapi saya prihatin dengan semakin banyaknya sampah tekstil. Menurut, Syarifa Yurizdiana, aktivis Zero Waste Indonesia, data secara global menunjukkan bahwa sebanyak 92 ton per tahun sampah tekstil dihasilkan. Jumlah ini setara dengan satu truk sampah yang datang ke TPA setiap detiknya. 

Belum lagi dalam proses pembuatannya dan bahannya. Penggunaan serat sintetis seperti poliester yang merupakan serat plastik dan tidak dapat terurai secara hayati. Bahkan membutuhkan waktu hingga 200 tahun untuk dapat terurai. Terlebih lagi, sekitar 85 persen dari sampah tekstil dibuang ke tempat sampah dan laut.

Selain itu, menurut World Wild Life (WWF), dalam proses produksi satu kaus katun saja setidaknya menggunakan 2700 liter air. Hal ini menandakan bahwa produksi baju berhubungan erat dengan jumlah ketersediaan air di dunia. Proses pencucian juga menghasilkan karbon dioksida yang berkontribusi terhadap meningkatnya pencemaran.

Tentu semua ini menjadi bahan pertimbangan kita saat memutuskan untuk membeli baju baru. Beli baju baru tidak salah, selama itu memang sebuah kebutuhan. Misalnya, baju lama kita sudah banyak yang tidak cukup atau sudah rusak. Jangan membeli baju hanya untuk tren sesaat. 

Ide Baju Lebaran Ramah Lingkungan

Lalu gimana dong, kalau tetap ingin terlihat modis saat lebaran tanpa baju baru? Tenang, kita bisa pakai mitch and match. Pergunakan apa yang ada di lemari saja.

Ini adalah beberapa ide mitch and match yang bisa dicoba untuk baju lebaran. 

1. Gamis polos dengan outer kontras 


Baju lebaran

Punya gamis polos di lemari? Yuk, padu padankan dengan outer. Pilih outer dengan warna-warna kontras. Bisa juga dengan bahan jeans atau etnik. 

2. Bawahan hitam dengan atasan bermotif

Warna hitam itu netral. Nggak pernah salah untuk dipadupadankan. Makanya, saya selalu punya koleksi bawahan hitam.

Pakai hitam saat lebaran? Siapa takut! Padukan dengan atasan bermotif. Bawahan hitam yang dipilih bisa berupa rok, atau celana. Bisa juga inner gamis tanpa lengan.

3. Gamis polos dengan hijab bercorak

Siapa yang punya banyak koleksi hijab bercorak? Nah, lebaran ini jadi saat yang tepat untuk memakai hijab bercorak mu. Padukan dengan gamis atau tunik polos. Dijamin, lebaran mu tetap on point, deh!  

4. Tunik dan celana kulot

Celana kulot lagi happening lagi, nih. Kalau biasanya pakai tunik dipadukan dengan legging, sekarang bisa lho padukan dengan kulot. 

Baju lebaran

Perpaduan gamis dan celana kulot, bisa jadi pilihan yang tepat saat lebaran. Terlihat manis dan elegan.

5. Cardigan panjang dan celana jeans

Celana jeans buat lebaran? Boleh saja, apalagi buat acara santai sore saat silaturahmi dengan keluarga. 

Biar terlihat lebih spesial, padukan celana jeans dengan cardigan panjang. Modis kan?

6. Gamis bercorak dengan Khimar polos

Saya punya cukup banyak gamis bercorak. Tahun ini saya mau padukan dengan khimar polos.

Baju lebaran

Akan lebih elegan jika dipadukan dengan khimar polos bahan ceruti. Jangan lupa untuk memilih yang warnanya senada, ya!

Penutup

Jadi gimana, sudah bongkar isi lemari bajumu? Banyak kan, baju-baju lama yang bisa di mitch and match. 

Tanpa baju baru, lebaran tetap bisa berkesan. Rayakan hari kemenangan sembari menjaga lingkungan

Semoga ide baju lebaran ramah lingkungan ini bisa menjadi inspirasi teman-teman, ya!

#BPNRamadan2022

#Day26

27 komentar

  1. Terima kasih idenya, Mbak. Mungkin bisa dipraktikkan pas hari raya nanti.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, aku pribadi udah lama nerapin ini Mbak. Beli baju kalau butuh. Dan sekarang yang butuh banget dibelikan baju dan alas kaki adalah si bungsu yang 14,5 tahun. Masya Allah, berkembang pesat sekali tinggi badan dan ukuran kakinya. Dan nggak bisa pakai lungsuran kakaknya karena si kakak cewek, dia cowok.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah,
    Kini semakin cantik dengan mix and match yang tepat.
    Bisa semakin trendy dan fashionable tanpa harus punya baju berlemari-lemari.

    BalasHapus
  4. Saya jg biasanya ga beli baju lebaran, cuma anak2 aja beli karena cuma setaun sekali elinya. biasanya ada aja pakaian yg udah kekecilan dan harus diganti baru

    BalasHapus
  5. Sepakat mba, saya saja sejak kuliah sudah mengurangi beli baju lebaran. Hihi

    BalasHapus
  6. Dlu jd momen bgt beli baju lebaran karena memang cuma bisa setahun sekali ibuku kasihkan baju, itu pun hasil jahitan sendiri. Sekarang semenjak menjalani gaya hidup minimalis, benar2 merada senang kalau pakaian berkurang dan bisa decluttering ya mbak. Karena pmsaat membwli barang kita pun harus mikir keberlanjutannya nih

    BalasHapus
  7. mix and match bikin penampilan jadi makin kece... Tutorialnya pas banget dipraktekin pas lebaran besok

    BalasHapus
  8. Pas banget momen lebaran baca ginian. Makasii sharingnya mba dee sangat bermanfaat buat saya.

    BalasHapus
  9. Yang nomor 2 dan 3 kerap daku lakukan itu kak Dee.
    Nggak hanya buat lebaran, tapi juga buat berangkat kerja hehe

    BalasHapus
  10. ini juga ku lakukan dalam praktek traveling kak, selalu mix and match. Tidak ada yang salah menggunakan baju lama, asal dapat memadupadankan pasti tampilannya jadi kece sih

    BalasHapus
  11. Aku selalu nerapin setiap beli satu baju maka harus keluar 1 baju juga. Kalau belum ada yang bisa dikeluarin ya nggak perlu beli baju. Mix and match juga jadi andalan biar kesannya nggak pakai itu2 aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tadinya juga gini, kak Marita.
      Pokonya ada baju yang masuk 1 kudu ada yang eluar satu. Tapi ternyata gak mudah juga zaman sekarang memberikan baju layak pakai ke orang lain, Jadi masih ada beberapa yang menumpuk di kardus.
      Huhuu~
      Bingung menyalurkan kemana.

      Hapus
  12. baju lebaran dipake 1x aja ya padahal, emang paling oke tuh mix and match dari baju2 yang tersedia yaa, looks nya bisa keliatan beda klo udh mix and match

    BalasHapus
  13. Mbak, tahun ini aku ga beli baju lebaran lagi. Hehe. Pakai aja yang ada di rumah. Di mix and match. Tapi anak-anak masih kubeli kan.

    BalasHapus
  14. wah aku gak kepikiran lho ada baju ramah lingkungan XD

    aku sih udah berapa tahun kali ya gak beli baju lebaran. soalnya di rumah aja juga, kerja. pakai baju yang ada aja :D

    BalasHapus
  15. Kalau baju ramah lingkungan versi aku adalah baju lama aja yang dipakai. Jadi nggak beli baru dan nggak nyampah nantinya.

    BalasHapus
  16. Kalau masalah baju, suami yang justru lebih cerewet. Pun yang sering praktik cara di atas malah dirinya. Ternyata justru berguna ya, baru sadar kalau cara sederhana seperti ini membantu program ramah lingkungan.

    BalasHapus
  17. Wah iyaaa, drpd beli baju baru, lebih baik recycle baju lama aja ya kak.. hemat dan ramah lingkungan kaaaan

    BalasHapus
  18. Mantap mbak Dee. Tinggal mix and match saja, baju yang masih suka tak terjamah di lemari, biar kelihatan fresh saat dipakai. Izin ATM ide kerennya ya, mbak Dee

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah aku tahun ini juga gak beli baju lebaran mbak. Aku cuma beli khimar aja untuk disenadajan dengan gamis ku yang jarang di pakai dilemari. Alhamdulillah masih bagus dan tetap senang makenya di hari raya.. 🤩

    BalasHapus
  20. Mix and match baju yang sudah ada memang jadi ide yang cemerlang nih mbak, asalkan......... ukurna bajunya tetap sama dengan baju-baju sebelumnya hahahaha. Pandemi gini agak was was sama ukuran baju, kebanyakan di rumah dan nguyah bikin lemak tumbuh di mana-mana dan ngefek ke ukuran baju :D

    BalasHapus
  21. wah terimakasih idenya mbak, mulai pandemi saya jg mengurangi beli baju...,

    BalasHapus
  22. Terima kasih sharingnya mba, ga terbayang ya, sampahnya bagaikan 1 truk per detik :( sedangkan tren saat ini di mana beli baju aja sampe rebut2an di jam launchingnya. Setelah kurenungin juga, baju2 lebaran yg dulu selalu beli, dipakainya hanya beberapa kali dlm setahun.. mulai ngurangin beli2 baju juga

    BalasHapus
  23. Sejak punya anak, aku jarang beli baju lebaran. Kalau pun beli, aku cari yang bahannya awet dan modelnya berkelanjutan, lalu harus ada baju lain kondisi bagus yang aku turunkan ke saudara

    BalasHapus
  24. penting banget ya sekarang kudu concern juga ke baju yg meman ramah lingkungan, atau cari yang model dan bahannya everlasting gitu jadi bias dipake turun menurun hehe

    BalasHapus
  25. aku juga ga semuanya baju baru saat lebaran, cuma beli atasan aja. Bawahannya yg tinggal di mix match

    BalasHapus
  26. Kebetulan udah beberapa tahun nggak beli baju lebaran. Tahun ini sengaja mau mengganti isi lemari, dan menghibahkan baju2 yang masih layak ke yang membutuhkan. Waktu baca ini aku manggut2, ternyata apa yang kulakuin selama ini bisa disebut sebagai ide baju ramah lingkungan hehe. Mix and match...

    BalasHapus