Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Cara Investasi Reksadana Terbaik yang Menguntungkan


Digibank

https://pixabay.com/photos/texting-mobile-phones-hands-two-1490691/

Saat memutuskan untuk terjun ke dunia investasi, Anda harus memilih instrumen yang akan digunakan termasuk Reksadana. Tentunya dalam penggunaan Reksadana ini tidak boleh sembarangan, sehingga Anda harus tahu bagaimana cara investasi Reksadana yang tepat.

Reksadana banyak dipilih para investor karena dapat menjadi solusi tepat bagi pemodal kecil dan sangat cocok untuk investor yang tidak memiliki waktu atau kemampuan dalam menghitung risiko investasi.

Nah jika Anda adalah investor dengan modal kecil dan ingin memiliki return tinggi tanpa harus menggeluti seluk beluk investasi, sebaiknya coba pertimbangkan investasi Reksadana.

5 Cara Investasi Reksadana Agar Menguntungkan

Namun sebelum Anda berinvestasi pada instrumen ini, sebaiknya simak terlebih dulu apa saja cara melakukan investasi di Reksadana agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

1. Tentukan Profil Risiko dan Tujuan Investasi

Sebagai investor, tentunya Anda harus menentukan profil risiko dan tujuan investasi terlebih dulu sebelum beranjak ke langkah selanjutnya. Perlu diketahui juga bahwa setiap investor memiliki profil risiko yang berbeda.

Baca Juga : Buka Tabungan Online 

Investor dengan profil risiko agresif mampu menerima tantangan harga sehingga penempatan investasinya akan cenderung ke investasi Reksadana saham. Sedangkan investor yang memiliki profil risiko konservatif cenderung tidak bisa menerima gejolak harga yang besar. Sehingga lebih cocok untuk Reksadana obligasi dan pasar uang. Jadi, yang mana pilihan Anda?

2. Kenali Jenis Reksadana

Selain menentukan profil risiko dan juga tujuan investasi, selanjutnya Anda harus mengenali apa saja jenis-jenis Reksadana yang banyak digunakan di pasar investasi. Reksadana merupakan solusi tepat dengan modal rendah sehingga Anda bisa menentukan jenis yang sesuai kebutuhan.

Ada banyak jenis Reksadana seperti campuran, pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan ada juga produk Reksadana dengan berlandaskan pada syariah islam. Dalam memilih produk Reksadana, jangan lupa juga untuk detail cara investasi Reksadana agar bisa menghasilkan return stabil.

3. Lakukan Riset Memilih Manajer Investasi

Dalam proses berinvestasi menggunakan instrumen Reksadana, peran Manajer Investasi sangat penting karena akan mengurusi semua kebutuhan Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak asal memilih Manajer Investasi dan sebaiknya lakukan riset terlebih dulu.

Mulai dari cek legalitas hingga mengetahui daftar nama Manajer Investasi legal melalui website OJK atau Otoritas Jasa Keuangan semuanya harus dilakukan agar terhindar dari kasus penipuan yang bisa merugikan Anda. Pastikan untuk melakukan cara investasi Reksadana yang satu ini.

4. Lihat Track Record Reksadana Pilihan

Setelah melakukan ketiga cara investasi Reksadana di atas, apakah Anda sudah menentukan jenis Reksadana yang akan digunakan? Jika sudah, selanjutnya lihat track record dengan melihat berapa banyak investor yang telah berhasil mendapatkan return dari Reksadana tersebut dan review lainnya agar semakin meyakinkan Anda.

Cara investasi Reksadana ini wajib dilakukan agar Anda bisa mencapai target dengan mendapatkan feedback yang stabil. Jika dirasakan track record yang dimiliki tidak begitu baik, Anda bisa mempertimbangkan pilihan Reksadana lainnya.

5. Cari Tahu Manajemen Fee

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa dalam proses investasi Reksadana akan ada peran Manajer Investasi yang mengurus semua keperluan investasi yang Anda jalankan. Nah tentunya mereka tidak akan secara cuma-cuma membantu Anda mendapatkan return.

Anda harus mengetahui berapa besar fee yang harus diberikan kepada Manajer Investasi. Bayaran ini berkembang luas seiring dengan kompleksitas dalam melakukan investasi. Anda juga bisa menyebutnya sebagai biaya penasihat.

Agar bisa mendapatkan return yang menguntungkan dari investasi yang Anda pilih, pastikan untuk melakukan 5 cara investasi Reksadana di atas. Selain itu Anda bisa mulai berinvestasi dengan menggunakan digibank by DBS – Reksadana yang sudah terjamin akan membantu Anda berhasil dalam berinvestasi.

Investasi Reksadana Menguntungkan Bersama digibank by DBS

Digibank

https://www.pexels.com/photo/person-holding-smartphone-white-sitting-1310532/

digibank by DBS menjadi pilihan tampat untuk berinvestasi yang sangat recommended untuk Anda karena menawarkan sejumlah kemudahan dalam prosesnya.

Adapun di bawah ini merupakan sejumlah keuntungan yang akan Anda rasakan jika melakukan investasi Reksadana bersama digibank by DBS.

1. Modal Kecil

Produk Reksadana yang ditawarkan oleh digibank by DBS bisa dibeli dengan modal mulai dari Rp. 100 ribu saja. Tentunya angka ini relatif murah dan bisa dijangkau oleh semua investor.

2. Pembelian Fleksibel

Dengan menggunakan produk digibank by DBS – Reksadana Anda bisa merasakan pembelian berkala yang fleksibel sehingga mampu memudahkan Anda dalam cara investasi Reksadana.

3. Pilihan Reksadana Lengkap

Tidak hanya sampai disana, digibank by DBS juga menawarkan 3 pilihan Reksadana kategori seperti kinerja terbaik, terpopuler, dan juga scoring terbaik. Menarik bukan?

Baca Juga : Tips Kuliah S2 Sambi Bekerja Menggunakan Pinjaman KTA

4. Pilihan Produk Beragam

Yang menarik lainnya dari digibank by DBS – Reksadana adalah Anda bisa merasakan berbagai pilihan produk Reksadana yang ditawarkan. Pasalnya digibank by DBS menyuguhkan lebih dari 50 varian produk Reksadana yang bisa dipilih sesuai keinginan Anda.

5. Satu Aplikasi untuk Semua

Hanya dengan satu aplikasi, kini Anda bisa melakukan berbagai jenis transaksi seperti daftar SID (Single Investor Identification), jual-beli, dan switch produk investasi secara bebas.

Selain beberapa keuntungan memilih produk investasi Reksadana dari digibank by DBS di atas, Anda juga bisa mendapatkan cashback 100% biaya pembelian dan pengalihan. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa berkunjung langsung ke website resmi digibank by DBS.

Dengan demikian, yuk segera siapkan diri Anda untuk daftar menjadi bagian dari investor digibank by DBS sekarang juga. Jangan lupa untuk menerapkan 5 cara investasi Reksadana di atas agar kinerja dana Anda semakin mantap.


23 komentar

  1. Wah ada lebih dari 50, banyak juga varian produk reksadana yang ada di DBS ya. Aku belum terlalu paham sih tentang investasi. Baru mulai coba investasi reksadana yang pasar uang saja, pilih yang profil resikonya rendah dulu :)

    BalasHapus
  2. Wah, makasih mbak insightnya. Kalo dilihat lihat dan diamati, banyak yang suka invest reksadana ya mbak. Yang penting dari investasi ini, sebelum terjun ke dunia investasi harus tahu scara detail aturannya.

    BalasHapus
  3. Investasi reksadana cukup menguntungkan jika kita mengenal inves di mana dan apa saja resiko, berikut tempat beli reksadananya ya Mbak. Memang untuk investasi apapun, kita wajib belajar utuh jika tidak mau boncos :)

    BalasHapus
  4. Kalo ngikuti akun socmed para certified financial planner, banyaaakk bgt yg suggest buat inevst reksadana. karena memang paling aman dan kredibel ya

    BalasHapus
  5. Dennise Sihombing28 April 2022 22.45

    Aku baru tahu loh detailnya tentang investasi reksadana di review Kak Dee. Ternyata lumayan menguntungkan ya.Hmmm, aku pelajarin dulu deh. Suatu hari ada rejeki nanti ikut bergabung

    BalasHapus
  6. aku kurang paham tentang reksadana. baca postingan ini jadi tercerahkan. nanti mau dipelajari lagi kalo mau investasi reksadana :)

    BalasHapus
  7. Enaknya memilih reksadana ini emang karena ada Manajer Investasinya yah jadi ngga ribet ngurus sendiri. Tapi harus pinter2 milih ya.

    BalasHapus
  8. Bacanya pelan pelan demi meresapi tentang literasi keuangan khususnya investasi reksadana, selama ini aku masih gelap nih soal investasi reksadana ini.. lumayan ngebantu banget tulisan ini jadi paham sedikit dan mulai terang tentang investasi reksadana

    BalasHapus
  9. Sejujurnya investasi reksadana ini pernah dilakukan oleh Bapak rahimahullah.
    Alhamdulillah.
    Tapi memang gak ada investasi yang gak ada resikonya yaa.. Kudu banget belajar dengan seksama untuk mengetahui apa saja yang menguntungkan sampai ke risk yang harus dihadapi meski memiliki seorang manajer investasi yang mendampingi.

    BalasHapus
  10. Terima kasih infonya, Dee. Jadi tahu jika melakukan investasi Reksadana bersama digibank by DBS ada banyak keuntungan yang didapat. Semoga bisa jadi pilihan buat mereka yang mau invest ya.

    BalasHapus
  11. Waaah dengan 100 ribu udah bisa beli reksadana ya mbak. Aku belum berani beli reksadana sih. Masih tipe konvensional

    BalasHapus
  12. Aku nih main reksadana pertama kali tahun 2017 dari temanku, karena lihat dia dan diajari juga dasar pemilihan dan akhirnya sampai sekarang investasiku masih memilih reksadana.

    BalasHapus
  13. Sekarang udah mulai investasi ke reksadana. Hasilnya kecil sih, tapi naik terus daripada nabung biasa reksadana ini lebih menguntungkan.

    BalasHapus
  14. Modal awal seratus ribuan sih iya sangat terjangkau ya. Insyaallah semua orang pasti mampu Investasi di Reksadana ini
    Lebih lama lagi kan terus bisa ditingkatkan ya

    BalasHapus
  15. Meski sudah pernah invest RD, sejujurnya saya masih suka bingung pilih RD yg mana hahaha. Meski ada panduan utk pilih bdasar kritera a-b-c, bahkan jg ada aplikasi yg bisa kasih panduan sesuai tipe risiko, tetap aja suka bingung macem.pilih2 buah manggis hihihi

    BalasHapus
  16. wah ini membantu banget penjelasannya buatku yang masih buta tentang investasi reksadana ini. Padahal investasi reksadana itu cocok untuk perempuan ya mbak

    BalasHapus
  17. Nah ini nih yang kudu dikenali saat mau investasi reksadana ya. Jangan langsung beli kalo gak tahu. Aku dulu gitu, langsung beli aja. Tapi untungnya, manajer investasinya baik. Dia nerangin ke aku ini itunya.

    BalasHapus
  18. Sekarang investnya enggak harus dg jumlah banyak ya, Maakk. Mulai dari 100 ribu aja bisa belajar invest reksadana.

    BalasHapus
  19. Fitur DBS ini banyak juga ya nggak hanya tabungan tapi juga Reksadana ya ada dan beragam pilihannya, investasi pun bisa mulai dari nominal kecil..

    BalasHapus
  20. Cukup membantu reviewnya, aku yang belum terlalu paham terkait investasi dapat membantu dan bisa hati-hati dlam melakukan investasi. jadi memang perlu utk mengetahui objek dan tujuan investasi, belum lagi harus memilih manajer investasi.

    BalasHapus
  21. Ini mudah banget sih ya...di satu aplikasi, digibank by DBS, kita bisa melakukan berbagai jenis transaksi, bisa daftar SID (Single Investor Identification), jual-beli, dan switch produk investasi secara bebas.

    BalasHapus
  22. Ada banyak banget platform yang menyediakan layanan untuk investasi reksa dana. Tinggal kitanya yang mesti pintar-pintar memilih ya mbak. Nah digibank by DBS ini bisa jadi salah satu pilihannya.

    BalasHapus
  23. Pas banget aku lagi cari metode investasi nih untuk nanti sekolah anak-anak. Reksadana jadi salah satu pilihan buat nanti melabuhkan budget untuk investasi hehehe. Terima kasih infonya mbak!

    BalasHapus