Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tokocrypto dan Indodax : Kenali Perbedaannya Sebelum Melakukan Investasi Kripto

 


Investasi kripto


Kripto menjadi salah satu incaran saya akhir-akhir ini. Saya tertarik untuk menambah instrumen investasi untuk mengelola keuangan keluarga. Setelah reksadana dan emas, kini saatnya berinvestasi di kripto. 


Mulai Investasi Kripto


Kripto menjadi perbincangan akhir-akhir ini. Selama beberapa tahun terakhir, banyak orang yang memilih kripto sebagai instrumen investasi. 


Jumlah investor aset kripto di sepanjang tahun 2021 mencapai 11,2 juta menurut Bappebti. Jumlah ini bahkan lebih tinggi dari pada investasi lain, misalnya saham. Investor pasar modal hanya meningkat 8,1 juta di tahun itu.


Konon katanya, investasi kripto bisa jadi pilihan kalau mau cepat dapat cuan. Hmm benarkah demikian? 


Tentu sebelum melakukan investasi, kita harus mengetahui instrumen investasi yang dipilih. Begitu juga yang saya lakukan, saya pun mulai mempelajari tentang investasi kripto ini. 


Sebelum berinvestasi, tentu saya harus paham dulu, mulai dari apa itu kripto hingga bagaimana cara berinvestasinya. Saya tentu tak boleh hanya tergiur dengan iming-iming cepat dapat cuan. 


Platform Jual Beli Kripto


Setelah tahu tentang kripto, mulai dari pengertian, sejarah, jenis hingga cara berinvestasinya, saya pun mulai mencari tahu tentang platform jual beli crypto terbaik.


Seiring dengan semakin banyaknya orang yang tertarik dengan investasi kripto, maka semakin banyak juga platform jual beli kripto. 


Untuk membuat ekosistem aset kripto yang sehat, BAPPEBTI juga telah mengeluarkan tanda daftar legalitas kepada 13 perusahaan saja. Perusahaan inilah yang nantinya menjadi platform jual beli kripto. 


Memilih platform jual beli ktipto juga harus jadi pertimbangan utama bagi calon investor. Diantara banyaknya platform jual beli kripto, saya tertarik untuk mempelajari dua platform, yaitu Tokocrypto dan Indodax. Keduanya sudah memiliki legalitas di BAPPEBTI. 


Tokocrypto dan Indodax, Mana yang Terbaik? 


Tampilan


Pertama, saya mulai membandingkan Tokocrypto dan Indodax dari sisi tampilannya. Tokocrypto memiliki tampilan warna hitam. Sedangkan Indodax menggunakan tampilan warna puith biru. Sedangkan Tokocrypto lebih menggunakan warna hitam.


Fitur


Kemudian saya melihat fitur-fitur antara Tokocrypto dan Indodax. 


Tokocrypto cenderung lebih susah digunakan saat trading. Karena Tokocrypto hanya memiliki sedikit kripto. Namun, pairnya ada banyak sekali. Selain Rupiah dan USDT, Tokocrypto juga memiliki pertukaran kripto ke ktipto. 

Misalnya BNB. Ini masih sulit bagi investor pemula seperti saya. 


Sedangkan Indodax memiliki fitur yang dinilai lebih mudah digunakan dari pada Tokocrypto. Karena fiturnya sederhana ada maker dan taker. Walaupun pair hanya menggunakan Rupiah dan USDT, tapi di Indodax aset kriptonya ada banyak sekali. Investor bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. 


Biaya transaksi


Biaya transaksi juga menjadi salah satu pilihan dalam memilih platform jual beli kripto. Tentunya biar lebih menguntungkan, investor tentu memilih yang lebih murah. 


Mulai 1 Mei 2022, biaya trading fee di Tokocrypto menjadi 0,31 persen (trading fee 0,1 persen + PPN-PPh 0,21 persen).


Sedangkan Indodax mulai dari Rp0 untuk maker dan 0,5 persen untuk taker. Dalam sisi biaya transaksi, tentu Indodax lebih unggul daripada Tokocrypto. 


Jumlah member


Indodax memiliki member 5,3 juta hingga Mei 2022, menurut websitenya Indodax.com. Sedangkan Tokocrypto tidak menyebutkan berapa jumlah membernya.


Namun, dari catatan wikipedia, Tokocrypto memiliki member 2 juta pada akhir tahun 2021. Artinya, jumlah member Indodax memang jauh lebih tinggi dari pada Tokocrypto.


Indodax, Tempat Investasi Kripto Terbaik


Indodax


Setelah membahas empat perbedaan antara Tokocrypto dan Indodax, maka saya memutuskan untuk berinvestasi kripto di Indodax. Indodax tak hanya memiliki keunggulan dari segi tampilan, fitur, biaya transaksi dan jumlah member saja. 


Namun, Indodax punya program-program yang cocok bagi investor kripto pemula seperti saya ini. Beberapa program Indodax diantaranya : 


1. Bisa beli aset kripto dengan deposit melalui semua bank lokal Indonesia atau jual aset kripto dengan mengkonversikannya menjadi Rupiah secara instan.


2. Biaya Trading dan Persentase Penarikan mulai dari 0%


3. Transaksi 24 Jam


Di Indodax juga bisa melakukan pancakeswap. PancakeSwap adalah pertukaran terdesentralisasi yang memungkinkan penggunanya untuk memperdagangkan mata uang kripto dan token tanpa perantara terpusat. Layanan ini dibangun di atas kontrak pintar atau smart contract otomatis. 


Tak hanya itu, Indodax juga memberikan edukasi kepada para investornya. Ini penting, agar investor bisa melakukan investasi secara cerdas. 


Investasi kripto di Indodax


Di Indodax, ada kanal edukasi bernama Indodax Academy yang bisa dimanfaatkan untuk belajar blockchain, setelah paham bisa melakukan pembelian dan penjualan di Indodax baik di website resmi maupun di mobile Apps yang merupakan Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange.


Tentu ini sangat memudahkan bagi saya. Sebagai investor pemula, saya bisa belajar banyak tentang investasi kripto ini. Saya pun bisa melakukan investasi secara cerdas dan bertanggungjawab. 


Penutup


Investasi adalah salah satu cara mengatur keuangan. Di era seperti ini, memiliki tabungan saja tidak cukup. Kita harus bisa berinvestasi.


Jangan lupa, lakukan investasi yang beragam, sesuai kebutuhan. Ingat kata pepatah, "Jangan letakkan telur dalam satu keranjang". Gunakan juga "uang dingin" saat berinvestasi, ya!


Jadi gimana? Mau coba investasi kripto? Investasi kripto di Indodax saja, ya!



13 komentar

  1. Benar banget mbak, investasi sangat penting untuk masa depan. Jujur saya masih awam dengan investasi kripto ini. Setelah baca tulisan mbak Dian jadi sedikit paham. Intinya harus berinvestasi pada tempat yang tepat ya, terutama masalah legalitas. Thanks for sharing mbak.

    BalasHapus
  2. Istilah uang dingin, maksudnya gimana ya bun?
    Baru mau investasi LM bun di antam, masih ngumpulin uang dikit dikit ini, doakan ya,
    Kalau investasi lm sama crypto, mending mana bun?

    BalasHapus
  3. Sebelum memulai investasi memang wajib tahu dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang instrumen investasi yang di pilih, terutama risikonya agar ngak menjadi masalah dikemudian hari, seperti Kripto. Penting juga ya mbak memilih aplikasi investasi yang memiliki fitur mudah tapi terpercaya agar niat investasi ngak berakhir penyesalan. Banyak juga platform atau aplikasi investasi Kripto yang aman.

    BalasHapus
  4. Masih sangat minim tentang kripto ini, masih investasi manual belum berani pakai kripto

    BalasHapus
  5. Laily Fitriani16 Juli 2022 06.56

    Wah, soal beginian saya blom paham Mbak, tapi kategori cypto ini sudah meluas ya? investasi ndak lagi model taruh uang di bank. Thank you infonya Mbak.

    BalasHapus
  6. Aku masih minim pengetahuan tentang imvestasi nih, apalagi tentang kripto. Makasih sharingnya mbak.. Mau merenungkan dulu investasi apa yang cocok buat aku, hehe

    BalasHapus
  7. Akhir-akhir ini memang marak ya edukasi seputar investasi termasuk kripto. Buat pemula seperti saya yang masih bingung akan terbantu dengan adanya indodax academy

    BalasHapus
  8. Yang paling terpercaya sampai saat ini menurutku masih indodax sih yaa soalnya kan yg lain gituu rawan banget penipuan kayak kasusnya sultan itu

    BalasHapus
  9. Aku masih blank kalau soal kripto. Sepertinya dengan gabung di Indodax jadi bisa dapat dasar pengetahuan yang tepat sampai nantinya bisa siap invest kripto ya.

    BalasHapus
  10. Harus banyak belajar nih soal kripto, masih awam banget nih saya mba. Baca artikel Mba Dian ini lumayan tercerahkan. Udah ketinggalan banget ya, yang lain udah 'mainan' kripto, eeh masih baru mulai belajar diriku.

    BalasHapus
  11. Tips dalam berinvestasi terutama memahami kripto ini harus dipelajari dengan jeli dan teliti. Dan bener bahwa uang dingin yang dimanfaatkan sehingga gak kaget dan shock kalau terjadi sesuatu yang diluar dugaan.

    BalasHapus
  12. Belum pernah coba invest cripto dan masih ragu jg sih entah karena belum punya pengalaman dan wawasan tentang kripto atau entahlah

    BalasHapus
  13. Duh saya masihkonservatif banget kalau terkait investasi. Masih di saham baik trading maupun invest, blom berani mencoba kripto.

    BalasHapus