Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Drakor Class, Sebarkan Semangat Literasi dan Hallyu Bersama Internetnya Indonesia

 

IndiHome

Siapa yang saat pandemi punya hobi baru? Sejak pandemi tahun 2020 lalu, saya punya hobi baru : nonton drama Korea. Menonton drama Korea (drakor) membuat saya tetap bahagia meskipun harus banyak berdiam diri di rumah.

Teman-teman pasti masih ingat, awal pandemi lalu, kita semua harus mematuhi pemerintah untuk tetap stay at home. Tentunya, kalau di rumah terus kita bisa bosan dan mati gaya. Nah, drakor menyelamatkan saya! Saya bisa tetap enjoy meski harus menghabiskan banyak waktu di rumah. Semua ini tentunya dengan dukungan jaringan internet yang mumpuni dari Telkom Indonesia, saya bisa tenang streaming drakor sampai puas.

Ternyata, bukan cuma saya yang punya hobi nonton drakor saat pandemi. Beberapa teman yang tergabung di KLIP (Kelas Literasi Ibu Profesional) juga begitu. Kami pun sering membahas drama Korea di WAG KLIP.

Akhirnya, daripada mengganggu anggota lain, kami pun membuat WAG baru : Drakor dan Literasi. Grup untuk teman-teman KLIP yang suka nonton drakor.

Nggak nyangka, dari sekadar grup WhatsApp bisa menjadi komunitas yang kreatif membuat beragam konten seputar Hallyu di berbagai platform media sosial.

WAG Drakor dan Literasi pun berubah menjadi Drakor Class. Nah, yuk kenalan dulu dengan Drakor Class.

Tentang Drakor Class

Drakor Class adalah komunitas pecinta drama Korea yang juga suka menulis. Dari chit chat di grup WhatsApp, kami pun bersepakat membuat website yang berisi tulisan tentang beragam budaya Korea atau Hallyu.

Dari beragam produk budaya Korea seperti drakor, K-Pop, film, kuliner dan lain sebagainya tercipta beragam konten yang menarik. Drakor Class tak hanya menyajikan tulisan seputar Hallyu saja, tetapi juga beragam konten lainnya, podcast, video, dan konten menarik lainnya di media sosial.

Misi Drakor Class

Kalau ditanya, apa sih tujuan kami mendirikan Drakor Class ini? Apakah Drakor Class ini punya misi yang ingin dicapai?

Tentunya Drakor Class ini punya tujuan. Awalnya, Drakor Class ini dibuat untuk menyalurkan hobi menulis sekaligus menonton drama Korea. Kami ingin, ide-ide yang didapat dari drama Korea yang ditonton tidak menguap begitu saja.

Drakor Class juga ingin menunjukkan bahwa nonton drakor itu tak melulu negatif. Ada banyak manfaat dari menonton drama Korea. Tak sekadar menghibur tapi juga menginspirasi untuk menghasilkan beragam konten kreatif.

Baca Juga : Nonton Drakor itu Hobi yang Produktif! Nggak Percaya? Ini Buktinya!

Drakor Class membuat hobi nonton drakor menjadi hobi produktif. Memperluas networking sekaligus menghasilkan cuan.

Program Drakor Class

Seperti cerita saya diawal, Drakor Class tidak hanya punya website yang mengulas berbagai produk budaya Korea saja. Kami juga punya konten lainnya dalam beragam platform media sosial.

Teman-teman bisa mendengarkan review seputar Drama Korea di podcast Drakor Class. Atau mau ngobrol-ngobrol santai tentang Hallyu di IG Live Drakor Class.

Baca Juga : Keseruan IG Live Perdana Drakor Class

Suka nonton konten video? Bolehlah subscribe dan menonton YouTube Drakor Class. Mau ngerumpiin bias? Meluncurlah ke Twitter Drakor Class.

Perjalanan Drakor Class Bersama Internetnya Indonesia

Drakor Class resmi berdiri pada 10 Oktober 2020. Setahun lebih berjalan bersama classmates Drakor Class tentu penuh cerita.

Memulai dari grup WhatsApp tempat ngibahin drama Korea dan para oppa dan eonni berlanjut menjadi sebuah komunitas yang serius menyebarkan Hallyu melalui literasi, secara terorganisir dan memiliki program kerja.

Tentunya tidak mudah. Apalagi diawal kami semua ini tidak saling kenal. Interaksi terjalin dalam dunia maya. Dimana kami tersebar di berbagai penjuru Indonesia, bahkan ada juga classmates Drakor Class yang tinggal di luar negeri. Ada kak Risna di Thailand dan Kak Riela di Jepang.

Kami bisa saling bekerjasama menjalankan program kerja yang sudah dibuat. Memproduksi beragam konten seputar Hallyu. Internet menghubungkan kami semua. Drakor Class adalah salah satu manfaat tak terbatas internetnya Indonesia.

Milestone Drakor Class, From Nothing to Something

Internetnya Indonesia

Milestone Drakor Class selama setahun lebih ini sudah dibilang membanggakan. Memulai segalanya dari nol. Bahkan, bisa dibilang dari cibiran negatif netizen, yang mengaggap bahwa hobi nonton drakor itu useless, kami bisa membuktikan yang sebaliknya.

Dulu, website Drakor Class hanya diisi dengan tulisan dari para classmates saja. Sekarang, sudah ada tulisan dari banyak guest post.

Instagram Drakor Class kini punya 35 ribu lebih pengikut. Video Drakor Class di TikTok juga sudah punya viewer ribuan.

Belum lagi berbagai kerja sama dengan pihak luar. Pertama kali, Drakor Class bekerjasama dengan KCCI (Korean Cultural Center Indonesia), dalam acara "Crash Landing on K-Drama". Di acara tersebut, Drakor Class share manfaat menonton drama Korea. Saya menjadi salah satu pembicaranya. Saya bercerita tentang manfaat menonton drama Korea bagi keharmonisan rumah tangga.

Dua bulan berikutnya, Drakor Class siaran di V Radio 106.6 FM Jakarta, di segmen "Jalan Sore". Kami memperkenalkan Drakor Class sebagai komunitas yang bergerak di bidang literasi yang terinspirasi dari Drama Korea, sekaligus mengenalkan bentuk budaya Korea lainnya.

Sejak Juni 2021 hingga sekarang, Drakor Class bekerjasama dengan radio RPK FM Jakarta. Kami mengisi segmen "Johayo Show" , secara rutin setiap bulannya.

Drakor Class juga pernah menjalin kerjasama dengan KCCI dalam lomba lomba review kdrama True Beauty. Drakor Class jadi juri, dan saya termasuk salah satu tim juri.

Tahun 2022 ini, Drakor Class resmi menjadi K-Influencer yang bekerja untuk KOCIS (Korean Culture and Information Service), di bawah Kementerian Kebudayaan, Pariwisata, dan Olahraga Korea Selatan.

Produktif Bersama Drakor Class

Manfaat Internet

Bergabung di Drakor Class juga membuat saya lebih produktif. Saya belajar banyak hal baru, diantaranya :

1. Menulis review drama Korea

Sejak bergabung di Drakor Class, saya rutin menulis review drama Korea. Baik di blog Drakor Class maupun blog pribadi.

Tulisan review drakor, jadi salah satu magnet menarik banyak pengunjung blog pribadi saya, lho. Konten drama Korea sukses meningkatkan performa blog saya.

2. Juri kepenulisan

Saya pun mencoba hal yang paling menantang sepanjang perjalanan menulis saya. Ya, menjadi juri lomba penulisan itu hal yang menantang bagi saya.

Syukurlah, berkat kerja sama dengan classmates Drakor Class, saya bisa melaluinya. Menjadi salah satu juri dalam lomba lomba review kdrama True Beauty.

3. Produser IG Live

Di Drakor Class saya berperan sebagai Kepala Divisi IG Live. Dimana jobdisnya adalah menggelar acara IG Live secara rutin.

Menjadi produser IG Live itu juga cukup menantang, lho. Harus bisa mencari topik menarik dan narasumber ciamik biar IG Live nya banyak yang nonton.

Topik IG Live nggak sekadar review drama Korea saja lho. Tapi juga yang berhubungan dengan isu-isu sosial. Misalnya membahas menyusui dan kanker survivor.

4. Siaran radio

Siapa sangka, cita-cita menjadi penyiar radio saat remaja dulu akhirnya terwujud bersama Drakor Class. Yup, saya akhirnya merasakan gimana sih rasanya siaran radio..

Secara rutin saya siaran radio di RPK FM Jakarta. Mewakili Drakor Class dalam segmen "Johayo Show".

5. Berkenalan dengan podcast

Drakor Class juga yang memperkenalkan saya dengan dunia podcast. Bersama classmates, saya secara bergantian mengisi podcast Drakor Class.

Manfaat Internet untuk Menyebarkan Semangat Literasi dan Hallyu

Hallyu adalah budaya pop yang berasal dari Korea yang telah tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Hallyu ini juga sering disebut Korean Wave.

Bedasarkan data dari Korea Foundation, pada tahun 2021 jumlah penggemar Hallyu ada 156,6 juta lebih! Dan Indonesia menjadi negara keempat di dunia dengan penggemar Hallyu terbanyak.

Ini menjadi sebuah peluang bagi Drakor Class untuk menyebarkan semangat literasi melalui budaya pop Korea. Drakor Class membawa sisi positif dari drama Korea dan wujud Hallyu lainnya.

Semua program Drakor Class selama ini dilakukan secara online. Kami semua belum pernah bertemu secara langsung. Biasanya hanya beberapa classmates saja yang bertemu. Misalnya, saya yang bertemu classmates ReRa saat main ke Malang. Atau saat ke Yogyakarta, menyempatkan bertemu dengan classmates VIP_JJ. Meski begitu, saya bisa merasa dekat dengan semua classmates.

Komunikasi secara virtual bisa berjalan lancar karena dukungan jaringan internet IndiHome dari Telkom Indonesia. Saya tidak merasa kesulitan saat harus berkoordinasi dengan classmates Drakor Class. Kami bisa lancar rapat via Zoom atau Skype. Siaran radio secara online pun bisa terlaksana dengan baik.

Produksi konten di website, podcast, YouTube dan media sosial lainnya bisa lancar dengan dukungan sinyal internet yang cepat, stabil, andal, dan canggih dari IndiHome.

Drakor Class adalah bukti bahwa internet bisa memberikan manfaat positif. Internet membuat Drakor Class bisa terus menyebarkan semangat literasi dan Hallyu dalam beragam konten kreatif media sosial.

Saya juga bisa semakin produktif membuat beragam konten seputar Hallyu. Ternyata, hobi nonton drakor dan menulis bisa berjalan beriringan.

Memilih IndiHome

Telkom Indonesia

Tak salah jika saya memilih layanan internet dari IndiHome ini. Saya sengaja pilih Paket IndiHome (dengan akses Netflix). Paket yang menurut saya sudah Worth it banget. Koneksi internetnya 50 mbps yang bisa digunakan hingga 12 device. Nggak hanya bisa akses internet, saya juga bisa mendapatkan layanan telepon 100 menit, sudah termasuk UseeTV Go, Netflix hingga Disney+Hotstar. Tuh kan, sangat mendukung hobi nulis dan nonton drakor saya.

Berkenalan dengan IndiHome

IndiHome adalah layanan internet broadband dari Telkom Indonesia. Jaringan internet IndiHome ini sudah menggunakan fiber optik yang sudah tersedia di seluruh kota-kota besar di Indonesia.

Baca Juga : Bersama IndiHome, Lakukan Telekonseling untuk Mendukung Menyusui Saat Pandemi

IndiHome sudah melayani kebutuhan internet Indonesia sejak tahun 2015. Sejak saat itu hingga kini, IndiHome terus meningkatkan customer experience, pada aspek layanan digital connectivity dan customer loyality.

Kelebihan IndiHome

Mengapa saya memilih IndiHome? Karena IndiHome punya banyak kelebihan dibandingkan layanan internet lainnya. Berikut adalah kelebihan layanan internet dari IndiHome.

1. Akses internet cepat dan sangat stabil

Layanan internet dari IndiHome ini cepat dan sangat stabil, lho. Pas banget buat saya yang memang sehari-hari harus menggunakan internet untuk menulis konten seputar Hallyu.

IndiHome memudahkan saya menikmati streaming drakor dengan nyaman. Saya juga bisa download drama yang ingin saya tonton. Sebab, IndiHome memberikan akses yang cepat dan stabil untuk download file besar.

2. Unlimited

Kuota internet IndiHome ini unlimited, tanpa ada batasan kuota. Nggak perlu pusing takut kehabisan kuota saat harus nonton drakor, asyik!!

3. Hadir hingga pelosok negeri

Saat ini yang namnya akses internet tuh penting banget ya! Makanya Telkom Indonesia berusaha memberikan akses internet ke pelosok negeri.

Layanan internet dari IndiHome ini bisa diakses ke seluruh Indonesia, bahkan ke daerah pelosok. Tak heran, classmates Drakor Class yang tinggal di daerah pelosok pun nggak pernah kesulitan saat harus rapat online via Zoom.

Oh ya, kalau teman-teman mau cek apakah ada layanan internet dari IndiHome disana, bisa lho masuk ke tautan ini. Lalu ikuti petunjuk yang ada.

4. Beragam pilihan paket

IndiHome menyediakan beragam pilihan paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ada paket Single Play, Dual Play dan Triple Play. Selain itu juga ada pilihan paket gamer, study, music, dan entertainment.

IndiHome


5. Perangkat rusak diganti secara gratis

Jangan khawatir kalau modem internet IndiHome rusak atau kabelnya putus, sebab akan diganti oleh IndiHome secara gratis!

6. Mudahnya bayar tagihan

Tak perlu khawatir untuk membayar tagihan IndiHome ini. Pembayarannya mudah kok! Teman-teman bisa bayar ke kantor IndiHome, melalui ATM dan mobile banking, bayar ke Indomaret dan Alfamart juga bisa. Bisa juga lewat Tokopedia, Gopay, atau pakai saja Dompet MyIndiHome. Kalau saya biasanya sih pakai MyIndiHome.

7. Adanya MyIndiHome

IndiHome menyediakan layanan MyIndiHome. Di MyIndiHome ini saya nggak hanya bisa bayar tagihan saja, tapi juga bisa melakukan aktivasi OTT Video Streaming, berlangganan fitur tambahan, lapor gangguang, cek tagihan, cek Poin myIndiHome hingga info pemakaian.

Semua itu bisa diakses dengan mudah dalam satu genggaman saja, asyik kan?

Internetnya Indonesia


8. Layanan Add On yang beragam

Teman-teman juga bisa memilih layanan add on dari IndiHome.

⏹️ Wifi.id Seamless

Dengan layanan ini, jaringan internet IndiHome bisa diakses dimana saja dan kapan saja, lho. Wifi.id Seamless bisa membuat kita menikmati koneksi otomatis jaringan luas Wifi.id dengan kecepatan internet hingga 100 Mbps.

Kita bisa tersambung langsung dengan ribuan titik Wifi.id di seluruh Indonesia tanpa harus memasukkan username dan password berulang kali. Pas banget buat saya yang kadang-kadang harus keluar rumah untuk liputan Drakor Class.

⏹️ Speed on Demand

Melalui layanan ini, bisa tambah kecepatan internet sesuai kebutuhan secara sementara agar semua kegiatan online setiap anggota keluarga dapat berjalan lancar.

Tersedia kecepatan internet mulai dari 20 Mbps hingga 100 Mbps dengan masa berlaku 1, 3, hingga 7 hari.

⏹️ Upgrade Speed

Kalau ingin menambah kecepatan internet secara permanen, bisa gunakan layanan ini, ya. Kita bisa menambah kecepatan mulai dari 20 Mbps sampai 100 Mbps.

⏹️ Wifi Extender

Sinyal internet semakin kuat di seluruh penjuru rumah dengan Wifi Extender dari IndiHome. Pemasangannya praktis tanpa kabel tambahan dan mudah dipindah-pindah sesuai dengan kebutuhan.

9. Fitur bantuan IndiHome

IndiHome menyediakan fitur bantuan untuk menangani pengaduan pelanggannya.

Pengaduan layanan : solusi mangatasi kendala IndiHome.

Chat dengan Indita : dapatkan informasi seputar layanan IndiHome.

Plasa Telkom : sudah tersebar hingga pelosok negeri.

Drakor Class, Sebarkan Semangat Literasi dan Hallyu Bersama Internetnya Indonesia

Pandemi COVID-19 membuat saya harus banyak menghabiskan waktu di rumah. Mulai dari berbelanja, bekerja, mendampingi anak-anak sekolah hingga mencari hiburan semuanya dilakukan dari rumah.

Kebosanan bisa teratasi dengan menonton drama Korea sambil menyalurkan hobi menulis. IndiHome membantu saya untuk tetap aktif di Drakor Class.

IndiHome terus berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia. Melakukan beragam inovasi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan internet yang diberikan.

Berkat IndiHome saya bersama Drakor Class bisa terus sebarkan semangat literasi dan Hallyu secara positif. Terima kasih, IndiHome.

Referensi :

1. https://indihome.co.id/
2. https://drakorclass.com/2021/10/10/refleksi-1-tahun-drakor-class/
3. https://teksnologi.com/kelebihan-dan-kekurangan-internet-telkom-indihome/

54 komentar

  1. Drakor pun sampai ada kelasnya? ini sih kreatif sekali.
    Beruntung dengan adanya internet, segala sesuatu dapat diakses dengan sangat mudahnya serasa tanpa ada sekat, termasuk drama-drama dari Negeri Ginseng pun dapat dinikmati tanpa hambatan

    BalasHapus
  2. Seru banget, Mbak Dee. Dan aku senyum-senyum waktu baca impian Mb Dee semasa remaja tercapai sekarang. Pasti seneng banget ya.

    BalasHapus
  3. Mantap jadi gak cuma nonton aja ya Mbak, jadi bisa sekalian review film drakornya, dan juga bisa produktif dari nonton. Samaan kayak saya di rumah juga pake Indihome, internet lancar buat nonton, ngerjain kerjaan dan tugas anak sekolah. ^_^

    BalasHapus
  4. Jadi ingetttt kepentok karakter han Ji Pyeong d drakor START UP πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    Ya ampuun itu pas pandemi jg kan yaa

    Beklaahh, mari kita terus gelorakan semangat ngedrakorrr cuss kan ada IndiHome

    BalasHapus
  5. Saya juga suka menonton drama korea, Mbak. Dari drakor, saya belajar menulis cerita. Bagaimana alurnya, konfliknya, sampai endingnya. Apalagi drakor itu episodenya tidak terlalu panjang. Jadi ceritanya tidak bertele-tele. Terus sangat realis. Banyak ucapan bagus dan bermakna.

    BalasHapus
  6. masyaAllah keren banget drakor class..mak dee juga ga kalah keren. semoga makin sukses yaa. bener lho review drakor di blog itu mendongkrak view banget dan sudah saya buktikan di blog satu lagi :)

    BalasHapus
  7. Wah mba Dee ternyata di drakor class euy kereennn hihi aku suka baca2in juga lhoo drakor class kak wkwk

    BalasHapus
  8. Aku suka banget kalau disuruh nonton drama korea. Apalagi yang ceritanya kusuka. Bisa maraton akutu. Ada Classnya juga.

    BalasHapus
  9. keren mba. awalnya karena 1 hobi nonton drakor, eh sampai akhirnya jadi komunitas besar dengan beragam prestasi. internet indonesia dari IndiHome jelas punya andil

    BalasHapus
  10. Semangat yang begini nih yang wajib ditularkan ke generasi sekarang ya kak apalagi kemudahan dalam mengakses dan kemudahan yang ditwarkan internet - indihome

    BalasHapus
  11. Semangat selalu membuat karya yang berkaitan dengan drakor.
    Keren banget Dian dan sahabat-sahabat di Drakorclass.
    Semoga semakin panjang pencapaian lainnya menjelajah dunia Hallyu yang luas bersama Indihome, jaringan internet tanpa nge-lag.

    BalasHapus
  12. Memang internet lncar ini bikin kebahagiaan berlipat ganda ya mbak hihi aku pelanggan setia indihome nih emang oke bgt ;)

    BalasHapus
  13. Wah kereen banget mbak. Dr hobi jd cuan..jd komunitas yg solid pula. Aku termasuk orang yg tidak (belum?) hobi ngedrakor. Tp aku ga nyinyir soal drakor atau hallyu haha. Kan terbukti bisa juga beri manfaat positif. Mmg ada juga sih berita miring soal penggemar korea. Tapi kayaknya segala sesuatu sll ada plus minusnya deh.

    BalasHapus
  14. wah ini sih mantul banget nih. Baru tahu ada drakor class, saya sih bukan orang yang tergila-gila banget sama drakor tapi menikmati juga kalau nonton hihi

    BalasHapus
  15. baru tau aku ada Drakor Class mba, seru banget sih pasti nih acaranya ya apalagi buat para pecinta drama korea

    BalasHapus
  16. Aku malah baru tau drakor class nih mbak, dulu ada temenku juga yg belajar Hallyu dari drakor juga, masih fasih sampai sekarang

    BalasHapus
  17. Indihome juga membantu saya lebih produktif menulis nih, semoga jaringannya mumpuni terus. Kagum sama Drakor Class yang berkembang pesat ya padahal usianya baru dua tahun..jadi pengen gabung deh...

    BalasHapus
  18. Korea tuh sangat pandai dalam memasarkan produk budaya pop mereka. Dari drama-drama mereka yang memang semuanya bagus, bisa sampai lahir drakor class, berisi para penulis yang akan membahas segala sesuatu tentang drama Korea. Keren banget kan itu untuk Korea. Semoga di tempat lain juga ada yang seperti ini untuk membahas segala sesuatu tentang sinetron Indonesia ya mbak

    BalasHapus
  19. Wah ikutan drakor lass juga yaa.
    Iya nih aku juga sejak pandemi mbalik ndrakor lagi, makanya di rumah juga butuh jaringan internet yang bagus supaya gak muter2 yang ditonton, soalnya aku jarang download, jadi nonton langsung hehe
    Aku pakai indihome juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jadi inget pertama kali memasang Indihome di rumah beberapa tahun lalu karena aku pengen bisa nonton channel KBS hehe
      AKu penggemar drakor lawas pada masanya dan kembali ketagihan ndrakor lagi saat pandemi ini :D

      Hapus
  20. Baruu tahuu ada Drakor class, bener2 yaa demam korea merasuki masyarakat Indonesia hehehe.
    Pastinya nonton drakor butuh koneksi internet yg was wesss nah setuju Indihome hadir sampai pelosok negeriπŸ‘Œ

    BalasHapus
  21. Dennise Sihombing16 Juli 2022 20.37

    Saya sudah merasakan manfaat penggunaan IndiHome. Internetnya lancar gak pernah ada gangguan deh. Searching apa saja cepat dapatnya. Aku baru tahu loh kalau ada Drakor class

    BalasHapus
  22. Sekarang yang naanya internet cepat itu kebutuhannya semua orang. Bahkan drakor aja aa kelasnya ya mak. Keren ih

    BalasHapus
  23. Seru banget yaa..
    Banyak aktivitas, banyak mencoba hal baru dan banyak belajar. Semuanya karena ada jaringan internet yang setia menemani di aktivitas online apapun.
    Semoga semakin banyak konten yang tercipta bersama drakorclass.

    BalasHapus
  24. Seru banget kayaknya yaaa kalau ikutan Drakor Class. Apalagi buat kita yg punya hobi nulis plus nonton drakor. Pas banget. Ditambah kalau inetnya kenceng.. Dapet semua dah tuh. Saya juga kalau nonton drakor emang paling nyaman pakai IndiHome.

    BalasHapus
  25. Di tempat ortu ku juga sempat pakai indihome karena internetnya super kenceng jadi bisa dipake sekeluarga, tapi sejak pindah rumah beda kota belum ngurus pasang baru lagi

    BalasHapus
  26. aku pernah juga pakai indihome waktu di Indonesia mba.. aku so far sih belum ada complaint hehehe

    BalasHapus
  27. Keren banget, nonton drakor malah jadi lebih produktif ya.
    Untuk itu memang butuh adanya asupan internet yang kenceng biar ngedrakornya lancar :)

    BalasHapus
  28. IndiHome internetnya Indonesia membantu meningkatkan kemampuan literasi dan support me time

    BalasHapus
  29. SAluuut. Enggak cuma ngedrakor tapi berkegiatan positif dengannya. Keren bener aktivitas Drakor Class-nya, Mbak. Memang ya IndiHome senantiasa sebarkan manfaat internet Indonesia termasuk semangat literasi dan Hallyu secara positif ala Drakor Class ini

    BalasHapus
  30. Kereeen dalam setahun sudah melejitkan prestasi. Btw, Siapa yg berani bilang ngedrakor itu useless mbak? Ajak gabung ke drakor class dulu yuk..

    BalasHapus
  31. Indihome internetnya indonesia membawa semua orang lebih maju dalam beraktivitas, karena kuotanya tanpa batas

    BalasHapus
  32. Internetnya Indonesia jago bikin segala aktivitas yang bermanfaat bisa berjalan lancar tanpa gangguan. Senang dengan milestone yang terus berjalan. Sukses selalu..

    BalasHapus
  33. wah keren, dari WAG KLIP trus ngebangun drakor class dan tumbuh
    karena pada dasarnya bangsa kita emang kreatif ya? SEhingga butuh ruang.
    Saya inget pernah ada perbincangan drama korea di WAG cook pad yang saya ikuti, eh membernya pada mengundurkan diri dong :D

    BalasHapus
  34. Saya punya teman nih yang ikut drakor class. Hebat ya. Saya nonton drakornya aja gak berani. Soalnya takut ketagihan. Lah ini malah ikut kelasnya. Auto gak tidur, gak makan gak ngurusin anak. Nonton drakor mulu. Wkwkwkwk. Keren yang udah ikutan. Apalagi ditunjang IndiHome yang lancar jaringannya ya

    BalasHapus
  35. Aku juga pakai IndiHome di rumah buat kerja dan anak-anak nonton, kalau aku hampir ga pernah nonton. Aku salut deh sama penggemar drakor karena jadi bisa ke komunitas yang banyak manfaatnya

    BalasHapus
  36. banyak juga ya manfaat internet terutama bagi Drakor Class ini jadi lebih lancar diskusinya pakai IndiHome ya. Cuus ah ikutan nonton drakor juga.

    BalasHapus
  37. Udah lama gak kepoin ig drakor class. Selain buat hiburan drama korea juga banyak manfaatnya. Karena tidak sedikit drakor yang mengajarkan kita tentang kehidupan.

    BalasHapus
  38. Ini perpaduang cantik banget yaa dapat manfaat banyak dari drakor class dan bisa lancar urusan drakor perlu IndiHome untuk jaringan internet. Saling membantu

    BalasHapus
  39. Jadi ngedrakor nggak cuma dipandang negatif dan sebelah mata oleh orang ya, tapi menghasilkan sesuatu juga. Padahal kadang kalau mau dihubungkan dengan issue-issue sosial yang terjadi di negeri kita itu related banget ya aslinya.

    BalasHapus
  40. Ngga nyangka ada kelas drakor! Tau gitu saya ikutan nih mbak Dee
    selamat ya udah jadi penyiar (impian masa remaja ya?) berkat kecepatan koneksi INDIHOME

    BalasHapus
  41. Sama nih, aku pun jadi sering nonton drakor sejak pandemi. Buat hiburan di tengah situasi yang berdampak pada banyak hal.

    Lengkap ya kanal digitalnya Drakor Class. Tinggal sesuaikan selera senangnya mengunjungi yang mana. Dan pastinya perlu internet kencang buat nyimak isi kanal-kanal itu. Indihome pilihan tepat.

    BalasHapus
  42. semua bisa dilakukan dan berjalan lancar selama koneksi internet lancar jaya dan cepat ya mba :)

    BalasHapus
  43. Wah, seru banget ya ada Drakor Class, banyak dapet ilmu baru tentunya ya. Kalo aku, saat ini sekedar jadi penikmat drakor aja mbak hehe

    BalasHapus
  44. Saya tertegun baca Dian bilang bahwa langganan IndiHome bisa dapet fasilitas nonton Disney Hotstar.

    Jadi inget, kemaren-kemaren Disney+ diancem diblokir di Indonesia karena belum bayar PSE. Terus saya mikir, "Wah, kalo Disney diblokir, bisa-bisa animo orang buat langganan IndiHome akan berkurang dong? Kan yang dikejar itu langganan Disney+ gratisnya?"

    Untung Disney+ akhirnya batal diblokir. Sehingga IndiHome masih menarik buat dilangganin. :)

    BalasHapus
  45. koneksi internat yang bagus dan solid memang menjadi kunci penyebaran ilmu dan informasi penting yaa mba

    BalasHapus
  46. Ah, iya bener. Drakoran jadi lebih seru dengan IndiHome soalnya internetnya stabil dan cepat. IndiHome juga udah 57 Tahun berkontribusi untuk negeri. Senengnya ada promo menyambut HUT Telkom

    BalasHapus
  47. Mantap jiwa!
    Kalo nonton drakor lancar, hati bahagia dan bisa menjadi konten yang menarik untuk dibahas di drakorclass.

    BalasHapus
  48. Aku pernah ikut keseruan Drakor Class di IG. Ternyata banyak programnya juga, gak cuma gibahin Oppa Korea. Sejauh ini konten di blognya seru. Ditambah internet lancar, jadi makin semangat nyebarin hal baik tentang drama

    BalasHapus
  49. Bicara tentang hobby baru ketika pandemi sayaa termasuk yang mengisi waktu dengan nonton drakor.

    Parahnya krn penasaran maunya sekali nonton maraton kelar endingnya jadi begadang dan sempet migren maak.

    Habis itu kapok hehehe dan memang internet masuk rumah sangat terbantu banget buat kerja sekolah belanja dkk. Sukses selalu indihome semoga makin banayk menjangkau tempat pelosok

    BalasHapus
  50. Berkat jaringan internet yang andal, literasi digital makin berkembang. Meski di rumah saja, kita bisa tetap berkarya dan mengajak orang lain untuk terus aktif menulis.

    BalasHapus
  51. keren banget mbak, nggak cuma sekedar memiliki kesamaan nonton drakor, tapi berlanjut membentuk komunitas dan menghasilkan hal-hal produktif berkaitan dengan drakor. Di dukung koneksi kuat dan stabil dari Indihome, makin banyak karya yang bisa dihasilkan

    BalasHapus
  52. "Drakor Class adalah komunitas pecinta drama Korea yang juga suka menulis."
    Wah baru tau ini ada komunitas literasi khusus untuk pecinta drakor. So, selain menikmati drakor, saling berbagi info seputar drakor terbaru juga bisa melatih kemampuan menulis serta menambah pengetahuan tentang berbagai hal seputar kore ya mbak. Keren juga nih!

    BalasHapus
  53. Aku baru tahu kalau ada drakor class, Mba, dan memang IndiHome ini internetnya Indonesia ya, aku pun pakai wifi IndiHome di rumah

    BalasHapus