Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Masak Lontong Balap Enak, Belanja Bahannya di Grocery Store Terbaik!

 

Sayurbox


Masak lontong balap enak, belanja bahannya di grocery store terbaik akan jadi cerita saya hari ini. Teman deestories pasti tahu, lontong balap adalah salah satu makanan khas Surabaya


Di Surabaya banyak penjual lontong balap enak. Salah satunya ada di dekat rumah saya. Tapi sudah beberapa hari ini penjual lontong balap langganan saya tutup. Padahal, saya lagi pengen banget makan lontong balap. 


Saya pun memutuskan membuat lontong balap sendiri di rumah, lengkap dengan sate kerangnya. 


Sejarah Lontong Balap


Sebelum saya cerita tentang bagaimana memasak lontong balap enak, kita cari tahu dulu yuk sejarah lontong balap. Kenapa disebut lontong balap? 


Lontong balap ini sudah ada sejak tahun 1913, lho. Dulunya, lontong balap ini dijual dalam kemarin besar atau wadah yang terbuat dari tanah liat. Kini, penjual lontong balap mengganti kemaron dengan panci yang terbuat dari logam. 


Para penjual lontong balap ini, untuk berebut pembeli di perjalanan dan pembeli di pasar berjalan cepat-cepat menuju pos terakhir di Pasar Wonokromo. Dari jalan cepat ini menimbulkan kesan berpacu sesama penjual (dalam bahasa Jawa: balapan), dari balapan ini kemudian dikenal dengan nama lontong balap.


Dulunya penjual lontong balap ini banyak yang berasal dari kampung Kutisari. Kampung Kutisari ini jaraknya dekat dengan pasar Wonokromo. 


Sekarang, penjual lontong balap berkeliling menggunakan gerobak. Atau ada juga yang menjualnya di warung makan


Resep Lontong Balap Enak


Sebenarnya memasak lontong balap sendiri itu mudah, lho. Berikut adalah resep lontong balap enak 


Bahan-bahan:

300 gr Tauge

5 siung Bawang putih

4 siung Bawang merah

Daun bawang secukupnya

Daun seledri secukupnya

1 liter air

2 sdm Minyak untuk menumis

1 sdt Kaldu bubuk

1/4 sdt Lada bubuk

Garam & Gula secukupnya


Bahan Pelengkap :

Lontong

Tahu goreng

Lento Kacang tolo

Bawang goreng

Sate kerang 

Kecap manis


Bahan lento kacang tolo

200 gr Kacang Tolo direbus(3/4 dihaluskan,1/4 biarkan utuh)

5 Siung Bawang putih halus

2 cm Kencur halus

Putih Telur

2 lembar Daun Jeruk iris tipis

3 buah Cabe rawit (sesuai selera)

Garam & gula secukupnya


Bahan sambal petis

3 sdm Petis Udang

15 Cabe Rawit (sesuai selera)

5 Siung Bawang Putih

5 sdm Minyak goreng

1-2 sdm Kecap manis

Air secukupnya

Garam & gula secukupnya


Bahan sate kerang

300 gr kerang dara kupas

3 sdm minyak goreng

Bumbu : 

5 siung bawang merah

2 siung bawang putih

2 buah cabai keriting

1 buah cabai merah besar

5 buah cabai rawit

2 batang daun bawang

3 cm jahe (memarkan)

3 cm lengkuas (memarkan)

1 sdt garam

1 sdm gula pasir

1 sdt saus tiram

1 sdm kecap manis

1/2 sdt kaldu jamur


grocery store


Cara membuat lontong balap

1. Membuat lento kacang tolo


Campur semua bahan aduk rata,buat bulatan dengan cara di kepal hingga padat.

kemudian goreng hingga kecoklatan.


2. Membuat sambal petis


- Haluskan cabe rawit & bawang putih dengan sedikit minyak

- tumis dengan petis dan beri garam,gula,kecap & air secukupnya.

- aduk rata agar petis tidak menggumpal,masak hingga meletup-letup.


3. Membuat kuah tauge


- Haluskan bawang putih & bawang merah

- tumis bumbu halus

- masukkan air

- beri garam,lada,gula & kaldu bubuk

- masak hingga mendidih

- masukkan tauge,daun bawang & seledri aduk rata kemudian langsung matikan api

- biarkan tauge matang sendiri dengan kuah panasnya.


4. Membuat sate kerang 


- Cuci bersih kerang dara menggunakan air panas sampai bersih (cuci 3x)

- Iris halus bumbu iris kecuali jahe dan lengkuas

- Tumis bawang dengan minyak goreng sampai wangi

- Masukkan cabai keriting dan cabai rawit, tumis lagi hingga sedikit layu.

- Masukkan jahe dan lengkuas yang sudah dimemarkan

- Masukkan kerang yang sudah dibersihkan.

- Aduk-aduk hingga merata.

- Masukkan garam, kaldu jamur, kecap manis, dan saus tiram

- Masak sampai air yang berasal dari kerang menyusut

- Masukkan gula pasir lalu aduk hingga merata.

- Matikan api lalu masukkan daun bawang dan irisan cabai merah.

- Aduk kembali hingga tercampur rata, tusuk kerang yang sudah matang dengan tusukan sate


5. Siapkan piring beri bahan pelengkap dan siram dengan kuah,taburi bawang goreng dan kecap manis,lengkapi dengan sambal petis dan sate kerang.


6. Lontong balap yang enak siap dinikmati


Bagaimana? Mudah ya membuat lontong balap enak? Tentunya semua itu tidak terlepas dari bahan-bahan yang digunakan. Kalau mau masak lontong balap enak, pastikan memilih bahan-bahan yang berkualitas. 


Kebetulan saya punya grocery store langganan. Tempat belanja bahan-bahan masakan, mulai dari sayuran, buah-buahan, daging, ikan, bumbu dapur, dan bahan dapur lainnya. 


Sayurbox, Grocery Store Terbaik


Grocery store langganan saya itu Sayurbox. Sayurbox ini adalah platform grocery store online. Sayurbox bisa diakses melalui website ataupun aplikasi yang bisa di download di AppStore dan PlayStore. 


Sayurbox membantu saya membeli kebutuhan sehari-hari. Mulai dari sayuran, buah-buahan, daging, ikan, telur, bumbu dapur, hingga makanan ringan. Semuanya berasal dari petani dan peternak lokal dengan kualitas terbaik. 


Sayurbox ini ada di berbagai kota besar di Indonesia. Mulai dari Jakarta, Bali, hingga Surabaya. Sayurbox bisa kirim kapan saja, lho. Mau pagi, siang, sore bahkan malam, Sayurbox siap melayani. 


Sayurbox ini punya beberapa fitur andalan, yaitu :


Grocery Store



Sayurtunai, bayar saat belanjaan di antar. Bisa cek belanjaan dulu, baru bayar.


Sayurbox sebagai grocery store terbaik ini menerima berbagai metode pembayaran dari beberapa bank : BCA, Mayapada Bank, DBS, BSI, BNI, OCBC, MayBank, dan Panin Bank. 


Sayurifluencer, mau dapat tambahan uang belanja? Jadi Sayurifluencer saja. Dengan bagi-bagi link belanjaan, bisa dapat komisi. 


Sayurpoin, dengan berbelanja di Sayurbox, kita bisa dapat poin yang nantinya ditukar dengan kupon belanja. 


Sayurkilat , fitur ini memudahkan kita untuk mendapatkan belanjaan secepat kilat, 1 jam sampai untuk wilayah Jabodetabek dan 2 jam sampai untuk wilayah Surabaya dan Bali. 



Sayurkilat 1 Jam Sampai


Sayurkilat 1 jam sampai menjadi salah satu produk andalan dari Sayurbox ini. Banyak keuntungan yang didapat kalau belanja pakai Sayurkilat ini. 


⏹️ Cepat dan praktis


Pesan online sekarang, belanjaan sampai dalam waktu maksimal 1 jam. 


⏹️ Super lengkap


Mau apa? Semua bisa didapatkan. Aneka sayuran, buah-buahan, telur, daging, ikan, bumbu dapur, makanan ringan dan kebutuhan rumah tangga lainnya ada disini.


⏹️ Kualitas terjamin


Belanja di Sayurbox kualitasnya terjamin. Karena dikirim langsung dari petani dan peternak lokal. Belanjaan sampai dalam keadaan segar. 


Masak Lontong Balap Enak, Belanja Bahannya di Grocery Store Terbaik


Salah satu kunci lezatnya masakan adalah dari bahan-bahan pembuatnya. Bahan berkualitas bagus, akan menghasilkan masakan yang enak. 


Seperti saya yang masak lontong balap enak, belanja bahannya di grocery store terbaik : Sayurbox. 


Bagaimana? Teman-teman tertarik masak lontong balap sendiri? Jangan lupa belanja bahannya di Sayurbox, ya!















164 komentar

  1. Inovasinya SayurBox keren-keren deh. Itu yang Sayurkilat auto semangat kalau mau masak. Dalam sejam sampai kitanya gak perlu cape-cape keluar rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju pake banget kak ..
      Soalnya adakalanya ya mager buat kemana-mana jadinya bisa memanfaatkan sayurbox

      Hapus
    2. Jadii emak bisa hemat waktu, hemat uang parkir dan hemat bensin yaaakss πŸ‘Œ

      Hapus
    3. Ya enak banget ya SayurBox bisa membantu emak-emak mager tapi harus tetap bertugas di dapur.

      Hapus
  2. Inovasi yang keren nih, selain membantu para petani Sayurbox ini juga membantu ibu rumah tangga.

    BalasHapus
  3. Oo, ternyata begini yaa asal-usulnya sampai bisa dinamakan lontong balap. Baru tahu, makasih infonya, Mbak. Yang khas juga sate kerangnya itu, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak, daku juga baru tahu.
      Belum pernah coba juga rasa lontong balap ini. Tapi minimal udah tahu resepnya

      Hapus
    2. Sekilas kalau di Bandung mirip kupat tahu sih lontong balap ini. Dengan Sayurbox bisa pesan bahan-bahan yang fresh dan jadi bisa masak di rumah

      Hapus
    3. Iyaya, tapi kupat tahu gak ada kecambahnya sampek mumbruk-mumbruk gini, teh..
      Sama-sama enyaakk~

      **karena aku kini di Bandung, hehehe..

      Hapus
    4. Ikut nimbrung, bener juga lontong balap kalau di Bandung tuh mirip kupat tahu. Bedanya taugenya enggak sebanyak itu dan gak ditemani sate kerang

      Hapus
  4. Wah aku baru tahu resep lontong balap kayak gini. Enak nih kayaknya. Apalagi bahannya tinggal beli di Sayurbox

    BalasHapus
  5. Belum pernah coba daku lontong balap ini.
    Tapi karena ada resepnya bisa juga nih ...bisa dikirimkan juga hasil masakannya oleh kak Dee, jiaaahhh #ngelunjak 🀣

    BalasHapus
  6. Lucu ternyata sejarah nama lontong balap ini, hihihi... Saya belum pernah coba nih, penasaran deh gimana rasanya lontong balap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbaak, akupun jadi penasaran sama lontong balap ini. jadi pengen buat juga ahh di rumah..

      Hapus
  7. Aduh enak banget.. selain sambalnya yang khas, menurut saya pemilihan tahu juga berperan penting sih dalam standar kelezatan lontong balap hehehe.. jadi laper deh!

    BalasHapus
  8. Kalau di Medan adanya mie balap. Tapi ngga tau asal usul kenapa ada balapnya, hehee

    Kalau Lontong Medan identik dengan tauco pedasnya. dan Saya dong penyuka sate kerang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lontong ketemu tauco nikmat banget sih itu.. ah jadi pengen nyobain semua juga. Masakan Nusantara memang enak

      Hapus
  9. duh ..duh..lontong balap khas Suroboyo bikin ngeces
    besok bikin ah, supaya gak ngeces lagi
    Nyari ah, apakah Sayurbox menjangkau kota Bandung

    BalasHapus
  10. Masha Allah, luwar biasaaaahhh!
    Salut pake banget nget sama mama-mama yang punya hobi masak, apalagi masak yang bahkan ditulis aja resepnya buanyaaaaakkk banget macamnya, hahaha.
    Akoh nyerah dah masak gini, orang masak sayur sup aja, bahkan nyiapin bawang goreng saya ogah, dan masak soto ayam, nggak pernah pakai bahan lainnya.
    Ini saya yang malasnya kebangetan kali ya, wkwkwkw.
    Btw asyik banget sih pake Sayurbox, apalagi menjangkau sampai Sidoarjo pula

    BalasHapus
  11. Saya suka banget sama lontong balap bisa -bisa ga berhenti ngunyah hahaha..tapi gak bisa masasendiri th saya heran deh pdhal udah diajari..kayaknya bisa nih dipraktekkan resep lontong balapnya

    BalasHapus
  12. Kak, saya suka banget nih sama tauge, lihat resepnya kakak jadi pengen banget masak lontong balap pakai tauge yang melimpah, hehehe...
    Cuman seringnya beli sih kalau lontong balap, tapi ternyata bikin sendiri juga gak terlalu ribet ya?

    BalasHapus
  13. Lontong balap ini salah satu kulineran kesukaan kak, nah sekarang ada sayurbox nih, bisa cepat belanja bahan terus bikin sendiri di rumah :)

    BalasHapus
  14. Pernah makan lontong balap, bikin nagih sih. Tapi sayang d Jakarta jarang ya. Kl sayur box andalan emak2 bgt. Yg gak ada waktu k pasar bisa pesan d sini.

    BalasHapus
  15. Waah jadi kangen dengan Surabaya dan lontong balapnya. Dulu saya pernah ke Kutisari sewaktu masih kerja di Sidoarjo. Pasti sekarang Surabaya makin ramai. Sepertinya berbelanja di SayurBox lebih mudah, cepat dan barangnya fresh ya mbak, mau masak lontong balap pun jadi mudah karena bahan2 yang kita butuhkan ada di SayurBox.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah hasrat makan lontong balap makin menggebu, apalagi kalau belanja bahannya mudah. Dengan memanfaatkan aplikasi Sayurbox, semua bahan yang dibutuhkan tersedia semua, pastinya mupeng banget buat menciptakan menu lontong balap di rumah.

      Hapus
    2. Hasrat makan diiringi dengan hasrat memasaknya sendiri..
      Soalnya uda kenalan sama apps Sayurbox yang canggih banget bisa membantu mendapatkan sayur dan buah segar dalam sekejap.

      Hapus
  16. Jadi kangen kampung nih ngomongin lontong balap. Bikin sendiri, ah. Terima kasih resepnya.

    BalasHapus
  17. Aku belum pernah coba lontong balap ini mba tapi kalo dilihat kayak kupat tahu Bandung. Wah pengen order sayur box bikin soto Bandung kayaknya enak deh hehe

    BalasHapus
  18. Sayurbox sudah ada di malang belum ya? Pasti praktis bnget belanja di sayurbox, gak perlu keluar rumah tinggal pesan aja bahan bahan dapur langsung terisi penuh

    BalasHapus
  19. Lengkap banget ya Sayurbox ini. Seandainya ada di kotaku, jadinya belanja buah jadi lebih mudah. Baru tau juga ternyata ada fitur Sayurifluencer, bisa jadi tambahan penghasilan nih.

    BalasHapus
  20. Ternyata cukup mudah dibuat sendiri ya mbak lontong balap ini, aku jadi pengin cobain juga bikin sendiri karena di sini gak ada yang jual. Aku juga langganan belanja bahan-bahan kebutuhan di Sayurbox

    BalasHapus
  21. Wah emang deh, tiap ke Surabaya jangan sampe melewatkan kulineran Lontong Balap. Eh ternyata bisa bikin sendiri mudah memanfaatkan Sayurkilat 1 Jam sampai dari Sayurbox. Wajib dicoba nih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betull, sama rujak cingur. hehe tapi bisa bikin sendiri juga yaah.. beli sayur dan bahan2nya bisa lewat sayurbox kalau magerr keluar hihi

      Hapus
  22. Oalah...ternyata begitu toh mbak, sejarah Lontong Balap. Btw, kalau ada Sayurbox makin praktis nih mau bikin apa-apa, karena bisa langsung pesan dengan mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru tahu juga aku kalau ada sejarahnya si lontong balap ini

      Hapus
  23. Lagi baca ulang resep lontong balapnya jam segini auto laper hiks. Mesti buru-buru pesen bahannya nih lewat SayurBox biar bisa langsung eksekusi resepnya

    BalasHapus
  24. Lontong balap ini menu makanan fave Bapak rahimahullah.
    Jadi suka kangen makan lontong balap.
    Dan bapak dulu selalu inget aku kalau makan ini, katanya, aku paling suka sama sate kerangnya.

    Iya juga yaa..
    Bikin sendiri begini, lebih nikmat. Apalagi petisnya bisa mencoba yang lebih enak dan banyak agar kuah lontong balap semakin mantap.

    BalasHapus
  25. Hwaa mbaa lontong balapnya bikin ngilerrr kwkwkw, jadi pengen lontong balap juga ihh latah aku jadinya kwkww. Sekarang belanja kebutuhan dapur jadi lebih praktis ya mbaa cukup lewat hp aja sejam dah sampee tanpa berpanas2 riaa hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak,
      Urusan belanja jadinya sat-set-sat-set ya

      Hapus
  26. Baru tahu lontong balap ini mbak, di sini ada olahan yg mirip juga tapi namanya tahu gimbal dan sambel tahu lontong, ternyata mereka semua adalah makanan yg beda

    BalasHapus
  27. Selalu ada makna dibalik sebuah nama makanan. Saya belum pernah nih coba lontong balap, penasaran sama rasanya. Btw semoga sayurbox segera buka di daerah Sumatera, karena saat merantau dulu saya juga suka belanja sayur online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unik ya..
      Aku juga baru tahu fakta dibalik nama makanan Lontong Balap.
      Sungguh memang kompetisi menghasilkan sebuah hal yang bisa diabadikan menjadi nama yang mudah diingat.

      Hapus
  28. Nggak perlu panas-panasan. Belanja di Sayurbox langsung dateng dan pasti dipilihin yang segaaaar ^^ solusi emak-emak banget deh!

    BalasHapus
  29. Kayaknya Sayurbox ini bisa bahaya banget kalau mamaku tahu, bakal tiap hari masak sayuran deh hahaha. Tapi aku jadi pengen cobain lhoh soalnya kekinian banget nih belanja sayurnya

    BalasHapus
  30. enak banget ya Mbak, pengen lontong balap trus nyari bahan nya gampang apalagi ada fitur Sayurkilat 1 Jam Sampai di Sayurbox :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, bahkan mungkin kita lagi prepare di dapur eh si Sayurkilat ini udah sampe di rumah ya kak hahaha. Bisa bikin khilaf emang belanja di Sayurbox gini

      Hapus
  31. Wah aku penggemar lontong balap pak Tjip di surabaya. Kalau bikin sendiri belum pernah. Ah jadi pengen bikin deehh.

    BalasHapus
  32. Wah kesukaan suamiku ini ditemeni makannya dengan sate kerang uhuy pokoknya minumnya es degan hahaha

    Btw mbak telaten bikin lontong balap nih. Cambahnya fresh dari sayur box nih

    BalasHapus
  33. Ngomongin lontong balap, aku biasanya makan ini kalau pas habis ke Surabaya. Terutama kalau pas jalannya bareng orang tua. Soalnya makanan favorit keluarga ini sih. Enak nek bisa buat sendiri. Nyontek resepnya ya, Kak.

    BalasHapus
  34. Ihhh enak banget ya kalau dijamin satu jam bakal nyampe! Jadi costumer tahu kapan pasti belanjaan mereka bakal datang. Suka dehh sama fitur sayurkilatnyaa

    BalasHapus
  35. Ya Allah lontong balap, udah lama banget gak makan nih, disekitaran sini susah nyari yang jual lontong balap hihi.. emang nih kudu nyobain bikin sendiri ya :)

    BalasHapus
  36. Sayur box sangat membantu sekali siapapun yang ingin belanja kebutuhan rumahtangga dari rumah. Semoga sayur box cepat merata ada di seluruh Indonesia

    BalasHapus
  37. Lontong balap ini makanan favorit suamiku. aKlau pulang ke Sidoarjo gak pernah absen mampir ke warung lontong balap

    BalasHapus
  38. Ada sayurbox makin mudah masak di rumah. Apalagi sekarang lagi di rumah mertua, makin mudah masak-masak karena semua peralatan masak, lengkap di sini

    BalasHapus
  39. Belum pernah makan lontong balap, jadi pengen buat dirumah nih dengan resep yang mba bikin, terima kasih yaa mba. Beli Tiga Sapi Susu Evaporasi dulu karena stock di rumah sudah habis

    BalasHapus
  40. Jadi pengen lontong balap gegara lihat postingan tulisan ini. Apalagi imagenya bikin pengen melahapnya abis. Btw, nanti aku share ke istri biar bisa dibikinin lontong balap kayak ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciye, masak sendiri dong Pak wkwk aku malah belum pernah cobain lontong balap. Tapi kaya mirip makanan mana gitu. Anyway Sayurbox emang terbaik sih! lengkap n fresh selalu

      Hapus
  41. Baca judulnya aja ku sudah ngiler..ya ampun lontong balap. Bahannya di Jakarta ga lengkap, jadi biasa beli, ga bikin sendiri, itupun rasanya jauh dari yang asli hiks
    Btw, aku juga langganan Sayurbox nih, fitur Sayurkilat nya bikin hepi...sat set sat set datang deh pesenan kita

    BalasHapus
  42. Aku suka banget makanan yang ada lontongnya, tapi baru tau nih sama lontong balap. kayak gitu toh hihihi penasaran jadinya :D

    BalasHapus
  43. saya baru tahu ada makanan namanya lontong balap. terlihat segar yaa lontong balapnya, jadi pengen icip juga

    BalasHapus
  44. huwaa resep lontong balapnya enak nih, mau coba reecook ah buat makan bareng paksu pas wiken

    BalasHapus
  45. Lontong balap belum pernah nih mba nyobain. Saking kangennya jadi eksekusi sendiri ya, praktis langsung masak karena belanjanya udah nggak perlu keluar rumah lagi yes 😁 eh aku baru tau kisah nama lontong balap, seruu amat bayangin balapan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu beberapa minggu lalu teman2 aku cerita juga sering belanja sayuran online terbantu sama sayurbox, cepet, pagi2 bisa udah datang..sayurbox debes ya mba

      Hapus
    2. Wuih, enak tuh. Jadi keburu ya buat masak makan siang karena belanjaan dari Sayurbox udah datang di pagi hari

      Hapus
  46. Haha auto ngiler baca resep lontong balap.. Mana jauh dari rumah, dan ga bisa bebas masak. Hiks..

    BalasHapus
  47. Penasaran sama rasa lontong balap kayak apa sih?
    Kayak manis manis pedes gimana gitu ngga? Apa kayak tahu gunting gitu bumbunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lontong balap kelihatannya bahannya emang kudu fresh deh

      Hapus
  48. Lontong Balapnya kaya versi jumbo gitu ya. Banyak banget porsinya

    Aku pribadi bukan penggemar lontong. Kayanya mau coba Sate Kerangnya aja. Btw seneng deh kalau ada tempat belanja oke kaya grocery store Sayurbox. Terjamin kualitasnya

    BalasHapus
  49. Sayur box itu, melayani seluruh kota enggak mba? Praktis banget belanja di sayur box

    BalasHapus
  50. Menurut saya, saat bikin lontong balap itu yg paling susah di Sate kerang. Alhasil kalau bikin gak pakai sate kerang

    BalasHapus
  51. Aku pertamakali makan lontong balap waktu lagi dinas kentor di Surabaya
    Langsung suka rasanya dan super penasaran gimana cara buatnya
    Tapi jaman dulu khan nyari resep di internet gak semudah sekarang
    Akhirnya batal terus eksekusinya
    Seneng banget sekarang dapat resepnya, aku ijin nyontek yaaaa

    BalasHapus
  52. Waaahhh ketemu resep lontong balap juga yang kelihatannya mudah dicontek. Selama ini aku beli dan itu pun kalo sedang di Surabaya. Memang ya untuk masak menu favorit itu hanya butuh bahan yang segar dan berkualitas. Asik nih kalo cukup dengan belanja online via aplikasi SayurBox. Apalagi dengan fitur pilihan yang oke semuanya ya mbak Dian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca ini aku jadi pengen lontong balap nih hehe
      Kyknya kalai baca resepnya bu Doan kok segampang itu yaa, aku taunya selama ini langsung makan hap haha
      Brlanja di sayurbox emang andalan banget supaya dapat sayuran segar dengan harga bersaing hehe

      Hapus
  53. wih ini lontong balap. biasanya aku sering beli di sekitar pantai Kenjeran.. wkwk

    btw sekarang belanja sayur bisa via online juga yak, jadi gak perlu rebutan sayuran sama emak2 lainnya pas di abang sayur keliling

    BalasHapus
  54. Lontong balap kalau di Bandung namanya Kupat Tahu Mba Dee. Di Semarang Tahu Gimbal juga mirip-mirip begini. Belanja bahannya jadi lebih fresh dan praktis di Sayurbox. Mempermudah Ibu-ibu nih Sayurbox, buat nyetok bahan makanan.

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. Aku ngga berapa lama ini juga cobain Sayurbox. Memang memudahkan dan kualitas barangnya segar dan ok. Cuma sekali waktu itu ada item yang lupa dia kirim, segera dia kembalikan sih aku minta di refund.

    BalasHapus
  57. Yah, belum ada di makassar nih, keren sih kayak abang sayur versi modern yh pesannnya bisa disesuaiakan dengan keperluan di rumah aja

    BalasHapus
  58. Jadi pingin makan lontong balap

    BalasHapus
  59. Lento dan sate kerang yg nggak boleh absen, biasanya aku nambah. Kalau bikin dewe berasa ada yg kurang gitu, lebih enak beli wkwkk.. apa karena petisnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga ngerasa enakan beli sih, cuma aku malah nggak terlalu suka petisnya wkwkkw

      Hapus
  60. Lontong balap ini makanan kesukaanku, apalagi lentonya. Cuma biasanya aku suka yang pakai lento kacang hijau.

    BalasHapus
  61. sy jg kadang mesan sayi dan buah d sayurbox, apalg dulu wkt jaman wfh full dan ga bs k pasar

    BalasHapus
  62. Di waktu brunch ini malah baca tentang lontong balap jd kerasa lapar pdhal udah sarapan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  63. Belanja di Sayurbox yang merupakan hasil panen dari petani dan pertenak lokal enggak hanya dapat produk segar dan bermutu tapi juga ikut membantu mereka berkembang ya...Senangnya
    Makan Lontong balapnya sambil senang jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebayang senyum Pak Tani yang sayur dan buahnya bisa dinikmati sebagai menu sehat keluarga. Juara banget Sayurbox yang menggandeng petani lokal.

      Hapus
  64. Ma syaa Allah memang dimudahkan teknologi ya mbak sekarang ini, akupun kalau misal gak sempet belanja atau mager mending langsung ke sayurbox

    BalasHapus
  65. aku baru tau nih menu lontong balap, sepertinya segar dan cukup mudah untuk dibuat ya, btw thank you udah sharing resepnya

    BalasHapus
  66. Baru tahu ada lontong balap. Tahunya cuma lonsay alias lontong sayur. Kapan-kapan mau eksekusi nih resep. Thanks ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaa mbaak aku juga baru tau sama lontong balap ini hihihi, mau eksekusi tinggal cuuss pesen bahan bahan segar di sayur box

      Hapus
  67. lontong balap molly suka beli nih. hihii.. enak bgt. sayurannya dibanyakin biar lebih mantap. ternyata bikinnya gampil bgt ya.,.

    BalasHapus
  68. Makin hari, makin mudah aja ya kita belanja. Termasuk dengan sayur box ini. Pilih2 belanjaan dari rumah...barang dah diantar. Pas mau bikin menu yang kita mau...tinggal nyari bahannya di sayur box

    BalasHapus
  69. ya ampuun jadi ngiler ajaa ini makan lontong balap mba. Looks like it's a yummy choice dan buatnya pun ngga ribet ya asala bahannya ada semua

    BalasHapus
  70. Terima kasih resepnya, Mbak. Saya jadi kangen kuliner Surabaya. Saya pernah pakai sayurbox dan memang membantu sekali.

    BalasHapus
  71. Belum pernah makan lontong balap khas surabaya...baru tahu kalau ada sate kerangnya juga.

    Printilan bahannya banyak ya mak dan bergizi dominasi sayuran. Aplikasi sayur box bener bener memudahkan emak emak jaman now yaa

    BalasHapus
  72. waduhhhh kangen banget aku sih ama lontong balap. pasti sedep banget nih dimakan anget anget selagi hujan. Apalagi udah lengkap banget bahan dan cara membuatnya dituliskan. tinggal beli bahannya aja dan siap untuk memasak dirumah dong

    BalasHapus
  73. Sekilas aku bayangin lontong balap ini kayak kupat tahu di jawa Barat, Mak. Bedanya di bumbunya yang lebih kaya dengan topingnya sate kerang. Seporsi sarapan pagi bisa kenyang sampai makan siang kayanya nih :)

    BalasHapus
  74. ya ampun lontong balap biasane tuku asik juga kalau bikin sendiri yaaa. jadi pengen bikin juga lontongnya bikin kenyang mesti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku juga gak pernah kebayang bikin lontong balap sendiri.
      Karena masakan Indonesia tuh kan terkenal printilan alias temen-temen pendampingnya. Dan justru ini yang masaknya sulit.
      Huhu~

      Hapus
  75. Saya pernah makan sekali dan setelahnya sudah enggak makan lagi
    Mungkin lidah saya kurang cocok
    Tapi suami saya suka sekali jadinya mudah buatnya dengan sayurans egar dari Sayurbox

    BalasHapus
  76. Lontong Balap seperti apakah rasanya? Penasaran deh. Pengen juga belanja sayur box tapi belum ada di tempatku mungkin baru di Jabodetabek kali ya mba? Semoga segera buka di kotaku

    BalasHapus
  77. Suka nih saya belanja di Sayurbox. Karena komplit juga bahan-bahan masakan yang dijual. Dikirimnya pun cepat, udah kayak belanja langsung ke pasar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhir-akhir ini juga lagi malas banget ke pasar. Kayaknya memang solusinya belanja di Sayurbox aja. Bisa diantar pagi, jadinya bisa langsung dimasak

      Hapus
  78. Banyak banget ya Mbak bahan buat masak lontong balap. Masaknya pun kayaknya lama ini. Salut buat penjual lontong balap. Hehe.
    Fitur Sayurkilat di Sayurbox tuh emang menggoda banget. Besok kalau udah ada di Surabaya dan Sidoarjo, pengen memanfaatkan fitur tersebut :)

    BalasHapus
  79. Wah lontong balapnya menggiurkan sekaliiiii.. jadi pengen makan lontong balap jugaaaa.. eh aku baru tau ternyata sayurbox punya layanan sayurkilat ya? Aku pikir cm bs pesen sehari sebelum ajaaaa

    BalasHapus
  80. Sayurbox ada juga ya kerang dara. Belum lihat sih apa aja yang dijual di Sayurbox. Biasanya kalo aplikasi gitu sayurnya yang ngga biasa dijual di pasar tradisional..

    BalasHapus
  81. Baru tau ada nama lontong balap. selama ini mie balap aja yang dimakan. jadi pengen coba lontong balapnya, toping lontong balapnya juga enak enak.

    BalasHapus
  82. Lontong balap, namanya unik sih.. jd pgn nyiba aslinya kayak gimana.. pasti ketagihan

    BalasHapus
  83. Saat membaca title judul Lontong Balap mengingatkan kota dahulu sekolah di sana sering mengkonsumsi Lontong balap. Lontong balap kuliner favorit sampai saat ini pun.

    BalasHapus
  84. bisa dipraktekin nih resep lontong balapnya yang super komplit. Bahan masakannya beli di sayurbox aja. Praktis.

    BalasHapus
  85. Ternyata nama lontong balap ada sejarahnya. Dulu mikir kenapa namanya ada balapnya ya..ternyata penjualanya pada balapan biar cepet sampai. Tapi memang menu satu ini enak tenan!

    BalasHapus
  86. Senang sekaligus merasa terbantu nih jadinya bisa belanja cepat sekaligus hemat. Sayur nya satu jam sampai bisa bikin menu yang sehat karena bahannya fresh dan bagus bagus ya

    BalasHapus
  87. Sayurbox ini banyak promo yaa, enak juga belanja disana jadi lebih mudah dan praktis. Gak perlu rempong ke pasar lagi

    BalasHapus
  88. Unik banget nih lontong ada sate kerang daranya. Belom pernah nyobain. Kayaknya bikin sendiri aja ya beli bahannya di sayurbox.

    BalasHapus
  89. Wah, ternyata resepnya termasuk mudah. Saya pribadi belom pernah masak lontong balap, nanti deh mau dicoba di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun belum pernah memasak lontong balap, kak.
      BIasanya beli karena ternyata printilannya banyak ya..
      Sejak kenal Sayurbox, jadi banyak kreatifitas membuat menu makanan sayur kesukaan keluarga.

      Hapus
  90. Semua kebutuhan bikin sayur dan masakan di rumah udah tersedia di sayur box ya. Praktis dan higienis.

    BalasHapus
  91. taugenya bagus ya, Mba, susah dapat tauge yang bagus kalau di warung sayur. aku jadi pengen deh bikin lontong balap, belum pernah coba

    BalasHapus
  92. Segar sekali yaa orderan di Sayur Box, duu juga saya pernah nih belanja di sini dan lumayan terpesona krn waktu pengiriman cepat, packagingnya rapi dan pastinya kualitas kesegaran sayurnya terjaga banget

    BalasHapus
  93. Klo udah asa Sayurbox begini bikin gk malas lagi masak dan pastinya anti ribet2tiap hari nyari menu dan bahan ya kak

    BalasHapus
  94. Di rumah kalau masak lontong balap bagian suamiku deh. Aku cuma ngulek kacang tolo buat lenthonya. Udah gitu dimakan bareng bareng sama keluarga... enaak..

    BalasHapus
  95. duh bikin ngecesss..
    Sayang nya banyak bahan yang sulit didapat di Bandung, seperti petis, lento dll
    padahal kalo gak pakai jadi gak enak ya?

    BalasHapus
  96. jadi pengen bikin lontong balap juga nih, kayaknya enak banget deh.. ngiler lihatnya.

    BalasHapus
  97. Namanya unik banget ya, lontong balap. Tapi dilihat penampakannya mirip lontong campur yaa kalo di Demak. Btw, belanja sekarang makin mudah yaa, belanja sayur dan ikan juga bisa online

    BalasHapus
  98. sudah lama banget ga makan lontong balap, sejak meninggalkan surabaya 2012 udh ga pernah makan lagi di jakarta sini 😊

    BalasHapus
  99. lagi tren sekali ya mba sayurbox ini makin pengen coba nikmatin fiturnya apalagi ada macam fiturnya yg bikin hemat kalau belanja ah mesti cobain

    BalasHapus
  100. Praktis dan hemat ya mba ..belanja di sayur box apalgi lengkap dan jenis sayurannya juga seger2 jadi masak apapun happy...

    BalasHapus
  101. ya ampuuuun lontong balap! aku sampe setua ini belum pernah ngrasain loh. maksudnya, sebagai orang jatim gituuu.. dulu, waktu kecil, ibu sering masak tahu kuah dan menyebutnya lontong balap. padahal bukan kayanya. ngarang aja si ibu mah 😁

    btw seru juga ya sayurbox ini. tapi kayanya belum pernah lihat di bandung ya..

    BalasHapus
  102. wuah 1 jam sampai?
    enak nih kalau pake sayurbox
    gak perlu capek-capek dan repot-repot ke pasar
    tinggal order online aja udah datang sayur segernya

    BalasHapus
  103. Aku baru dengar ternyata ada yang namanya lontong balap ya. Namanya unik. Dan sayurbox emang rekomended banget buat belanja bahan dapur sehari-hari. Super komplit.

    BalasHapus
  104. Belum pernah bikin lento kacang tolo sendiri akutu..
    Rasanya menu lontong balap ini gak hanya sekedar sayur tauge, tapi lengkap dengan teman-temannya yang ternyata lumayan nih.. Printilan memasaknya jadi membutuhkan waktu.

    Alhamdulillahnya ada Sayurbox.
    Jadi bisa memotong waktu untuk berbelanja cepat dan hemat.

    BalasHapus
  105. Unik juga yaa sejarahnyaa, kukira tadi karena masaknya yang harus balapan hehehe
    Apalah daya di daerahku lontongnya ya lontong biasaja aja, nggak balap2annya

    BalasHapus
  106. Enak sekali mba, bisa belanja dengan sayur boc tanpa harus antri dan panas-panas. Semoga sayurbox segera masuk daerahku, biar belanja nggak ribet lagi, hehe

    BalasHapus
  107. Selain lontong balap yang mantap, sate kerang juga nikmat. Dan laper lihat penampakannya, duh jam maksi pula. Cus pengin bikin sendiri coba cari bahannya di Sayurbox aja

    BalasHapus
  108. Aku belum pernah nyobain lontong balap, sepertinya di kotaku nggak ada yang jual deh, jadi penasaran. Btw, keren banget SayurBox, kirimnya 1 jam berselang dari waktu pesan. Ini sih bakal jadi favorit. Sayur dan bahan masakannya fresh yaa

    BalasHapus
  109. Jadi penasaran dengan lontong balap .. penasaran dengan asal muasal namanya dan penasaran dengan rasanya juga ... senang sekali bisa beli di Sayurbox, praktis, tinggal klik-klik :)

    BalasHapus
  110. Wah belum pernah nyobain lontong balap padahal pas pulkam ke keluarga suami di jawa timur sering banget lihat yang jualan lontong balap. Selama pandemi, Sayurbox ini andalan aku banget buat belanja kebutuhan sayur dan bahan makanan tanpa harus keluar rumah, sayurannya fresh dan waktu antarnya juga sesuai.

    BalasHapus
  111. Kalau mau masak lontong balap enak, bahan-bahannya banyakkk ya, Mbak.. Hihi.
    Tapi kalau ada Sayurbox kayaknya gak masalah yaa.. tinggal klik klik dari rumah, bahan-bahan dikirim sama Sayurbox. Bisa cepet lagi kirimnya :)

    BalasHapus
  112. Ternyata gitu ceritanya. Menarik.
    Di tempat kami namanya lontong gebyur. Termasuk makanan khas yang jarang ada di kota tetangga. Dan rasanya enak, seger, dan cocok dimakan kapan saja, termasuk saat jamuan ngaji malam.

    BalasHapus
  113. Lucuuu ya mbaa cerita dibalik nama lontong balap...
    SayurBox solusi emak cerdas, hemat waktu,.hemat biaya suka kasih promo diskon barangnya juga seger seger.

    BalasHapus
  114. Makanan favoritku banget ini, apalagi dulu ada langganan dekat rumah tapi sekarang sudah tutup dia. Asik banget ini ada resepnya jadi bisa coba bikin sendiri di rumah, apalagi bahan-bahannya juga gampang dapatnya ya mbak.

    BalasHapus
  115. Duh..lontong balap..kangen banget sama rasanya...Udah lama gak makan lontong balap nih.. Unik juga ya ada sayurinfluencer...jadi pengen ikutan biar bisa belanja gratis haha

    BalasHapus
  116. Kalau dilihat dari bahan-bahan untuk membuat lontong balap ini, maka sudah sepantasnya belanja bahan-bahannya di Sayurbox. Bisa dapatkan bahan yang segar dan siao dikirim kapan saja.

    BalasHapus
  117. Ooh, jadi dulunya penjual lontong ini rebutan pelanggan, ya, kayak balapan gitu. Hihi, lucu sejarahnya. Sekarang namanya jadi lontong balap. Memang ya, Mak, kalau lagi pengin makan sesuatu tapi penjualnya tutup, rasanya pengin langsung eksekusi sendiri aja. Apalagi sekarang belanja bahan-bahan masakan tuh gampil banget via SayurBox.

    BalasHapus
  118. Kalau ga doyan kerang dan aneka seafood lainnya, gapapa ya mba dihilangkan bahan2 itu? Kayaknya seger loooh... mirip kayak lontong tahu campur di sini. Hanya saja beda kuahnya.

    BalasHapus
  119. Wah lontong balap khas sidoarjo iki. Dimaem pas panas panas uh wenah tenan.

    Belanja di sayurbox kilat 1 jam sampek? Mosok seh mbak. Lah kalau gini pulang kerja nggak usah buru buru ke pasar tinggal klik klik aja

    BalasHapus
  120. Kalau jajan lontong balap, aku paling suka pengekapnya mbak, yaitu sate kerangnya. Tapi belum pernah bikin sendiri.

    Masak tuh kalau bahan-bahan yang dioleh masih segar dan juga berkualitas baik, pastinya juga rasanya jadi enak. Bahannya bisa beli di Sayurbox aja ya mbak

    BalasHapus
  121. Jujur baru denger lontong balap, ternyata kondimen nya lumayan banyak juga ya.

    Sayurbox sekarang lebih berkembang, jadi banyak fitur2nya. Emang paling pas sih belanja di sayurbox buat bikin lontong balap ini

    BalasHapus
  122. Dian, total durasi untuk bikin lentho-nya berapa jam?

    BalasHapus
  123. Bahan-bahan buat bikin lontong balap ini cukup banyak ya, Mbak.. komplit banget gitu. Butuh perjuangan banget nih kalau saya bikin lontong balap. Berasa kayak ngerjain tugas apa nih. Hahhhaa

    BalasHapus
  124. Suka aku mba sama menu lontong balap. Apalagi lengkap ada sate kerangnya. Wuenakk ... Btw kalau belanja di Sayurbox praktis ya mba ...

    BalasHapus
  125. Akupun beberapa kali pakai sayurbox mba, banyak promo juga ya dan pengiriman ya cepat, sayurannya jg masih fresh

    BalasHapus
  126. Beberapa kali pernah masak tahu campur, kuncinya ada di rasa petisnya. Kalau mau lezatos, rasa petisnya kudu mantapp.
    Enaknya belanja di Sayurbox, sayurannya terjamin seger, ngga perlu capek-capek ke pasar, sering kasih promonya lagi

    BalasHapus
  127. Saya tuh suka iri loh sama yang bisa belanja di sayur box ini. Sayurnya nampak segar, ada jual bahan lainnya juga, cepat didapat, mudah diakses. Apalagi kalau kita orangnya nggak mobile. Kalau di Palembang sudah ada belum, sih. Mau juga bisa bikin banyak menu seperti ini.

    BalasHapus
  128. Senangnya kini penjual lontong balap enggak hanya berkeliling menggunakan gerobak, tapi sudah banyak juga yang menjualnya di warung makan. Jadi kapan saja pengin bisa beli...atau bikin sendiri!

    BalasHapus
  129. Serunya bisa berbelanja dengan praktis, mbak.. sayang banget tempatku belum bisa menjangkau sayurbox huhuhu..

    Makasih juga resep lontong balapnha mbak, mau ta coba buat ah, tapi masih bingung cari sambel udangnya dimana :D

    BalasHapus
  130. Enaknya bisa belanja di sayurbox, kayaknya di sukabumi belum ada. Simple dan praktis banget jadinya ya mau bikin masakan apa juga tinggal calling pesen bahannya. Hoho..

    BalasHapus
  131. Waduh enak nih kayaknya Lontong Balap-nya. Bumbunya lengkap dan segar enak dimakan hangat-hangat ya Mbak... Slurp..

    BalasHapus
  132. lontong balap ini enak, seger tapi saya ga suka dengan sate kerangnya, jadi selalu skip sate kerang. dinikmatin dengan taburan bawang goreng renyah enak nih

    BalasHapus
  133. belum pernah makan lontong balap..huhuhu. ngilerrr ah. betewe sayur box udah ada di Jogja blm ya. kayaknya cocok banget buat ibu-ibu yang jam terbangnya tinggi.

    BalasHapus
  134. Sebenernya lontong balap itu ga terlalu Sulit ya mbak membuatnya, cuma saya suka mager, wkwkkw. Nah, bener banget kalau mau masak utk keluarga misal lagi ga sempet ke pasar, sayur box solusinya ya. Lebih higienis juga

    BalasHapus
  135. Saya belum pernah nih, mencoba Lontong Balap. Pas ke Surabaya tidak sempat mencari karena waktunya mepet hehehe. Tapi dari cara bikinnya, sebenarnya memang banyak yang harus disiapkan ya, Mbak. termasuk pelengkapnya sate kerang.

    BalasHapus
  136. Dari dulu penasaran kenapa disebut lontong balap. Apa lontongnya lagi balapan? Padahal isinya touge loh. Banyak lagi. Rasanya enak sih. Aku suka

    BalasHapus
  137. lihat lontong balap jadi kangen Surabaya 😍 boleh nih dicoba kapan-kapan resep lontong balapnya dan beli bahannya di sayurbox.. semoga suami dan anak-anak doyan πŸ˜„

    BalasHapus