Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

5 Makanan Khas Surabaya yang Unik dan Wajib Dicoba

5 Makanan Khas Surabaya yang Unik dan Wajib Dicoba - Hmm ngomongin makanan khas daerah memang nggak ada habisnya ya. Makanan khas di Indonesia memang kaya dan lezat di lidah. Setiap daerah memiliki makanan khas nya sendiri.

Begitu juga dengan Surabaya, banyak sekali makanan khas Surabaya yang bisa dicicipi. Nah sebagai arek Suroboyo asli, hari ini saya mau nulis tentang makanan khas Surabaya. 

Surabaya tak hanya punya Rujak Cingur lho. Ada banyak makanan khas Surabaya yang bisa kamu coba saat jalan-jalan ke kota pahlawan ini. Seperti 5 makanan khas daerah Surabaya yang unik dan tak terlupakan ini 


1. Karak Sate


Karak sate adalah makanan khas daerah Surabaya yang unik lho. Karak sate biasanya mudah ditemui di daerah Surabaya Utara. Makanan khas daerah ini unik karena nasi yang digunakan terbuat dari ketan hitam yang dicampur dengan parutan kelapa dan sambal bubuk.


makanan khas daerah surabaya
Karak Sate | dokpri



Sedangkan satenya terbuat dari daging sapi dan jeroannya. Satenya dimasak layaknya sate pada umumnya. Hanya saja porsinya cukup besar. 


Baca Juga : Mengenal Sirup Legendaris dari Kota Pahlawan


2. Kue Srikaya


Masih dari wilayah Surabaya Utara, ada Kue Srikaya yang merupakan salah satu masakan daerah khas Surabaya dengan citarasa unik. Kue Srikaya ini bukan terbuat dari buah Srikaya lho, melainkan dari gula, santan dan telur.


makanan khas daerah surabaya
Kue Srikaya | dokpri



Kue Srikaya biasanya muncul saat bulan Ramadhan. Kue ini menjadi salah satu sajian takjil favorit saat berbuka puasa. 


3. Sate Klopo


Sate Klopo juga menjadi makanan khas daerah Surabaya yang wajib kamu coba. Jalan Ondemohen di Surabaya menjadi pusat dari makanan khas ini. 


makanan khas daerah surabaya
Sate Klopo | dokpri



Sate Klopo terbuat dari sate daging sapi yang juga diberi kelapa saat di bakar. Ini membuat sate ini memiliki aroma yang gurih dan lezat tentunya. Makannya biasanya dengan nasi yang atasnya diberi taburan serundeng. 


Baca Juga : LimaWarung Khas Surabaya Favorit Saya


4. Lontong Balap 


Lontong Balap menjadi makanan khas daerah Surabaya yang ikonik lho. Asal usul nama lontong balap ini cukup unik. Dulu kebanyakan penjual lontong balap memikul dagangannya dan mereka berebut pembeli di perjalanan dan berjalan cepat-cepat menuju pos terakhir di Pasar Wonokromo, seperti sedang balapan. Makanya disebut lontong balap.


makanan khas daerah surabaya
Lontong Balap | wikipedia



Lontong balap terbuat dari lontong, lentho dan tahu. Kemudian disiram kuah petis dan ditaburi kecambah setengah matang diatasnya. Kecambah jadi bahan paling banyak dari makanan khas daerah Surabaya yang satu ini.


5. Martabak Mie


makanan khas daerah surabaya
Martabak Mie | @omahdissa



Makanan khas daerah Surabaya ada juga yang berupa kudapan lho, nggak hanya makanan berat saja. Salah satunya ya martabak mie ini.


Baca Juga : Enam Kuliner Khas Kampung Halaman


Martabak mie ini terbuat dari adonan tepung yang diisi bihun dan wortel. Saat digoreng ditambah dengan telur yang sudah dibumbui. Biar lebih gurih biasanya ditambahkan minyak gajih saat digoreng. Hmmm asli enak dan gurih. 


Nah gimana? Makanan khas daerah Surabaya mana yang jadi favoritmu? Share pengalamanmu mencicipi makanan khas daerah Surabaya di kolom komentar ya...




19 komentar

  1. Aku tertarik sama Karak sate mbak, belum pernah coba, aku kadang kalau wisata di satu kota gak hanya lihat wisatanya saja, tapi kuliner daerahnya juga, entah enak atau gak enak, yang penting udh pernah ngerasain. 😁

    BalasHapus
  2. kalo di Surabaya ada lontong balap, di medan ada namanya mie balap mba haha. penasaran sama karak sate sama sate klopo. pasti enak banget

    BalasHapus
  3. Martabak mie ini kalo di rumah sering juga aku buatnya mba.. kadang mie nya pake mie instan bukan bihun.. hehehe

    BalasHapus
  4. Aku tuh penasaran pengen nyoba sate klopo, soalnya suami selalu makan ini kalau lagi pelatihan di Surabaya, katany rasanya bikin nagih.

    BalasHapus
  5. Karak sate unik juga ya. Makannya sama ketan, bukan nasi. Ada sensasi lengket-lengket gurih gitu.

    BalasHapus
  6. dari semua makanan surabaya cuma lontong balap yang udah nyobain

    BalasHapus
  7. Aku pernah ke Surabaya samq suami waktu menghadiri pesta pernikahan adik iparku.
    Tapi nggak sempat jalan jalan karena nggak lama disana.
    Padahal pengen juga icip icip kuliner yang ada di Surabaya yang terkenal enak, apalagi liat sate klopo nya bikin ngilerrr.

    BalasHapus
  8. Wah banyak juga ya kuliner Surabaya dan aku belum pernah nyobain padahal pingin banget ke Surabaya, selama ini hanya lewat doang soalnya kampung suamiku di Jember.

    BalasHapus
  9. Waduh, aku belom pernah ke Surabaya. Belom pernah nyicip jadinya makanan khas itu. Beda kayaknya ya yang ada di sini sama yang asliny di Surabaya. Semoga bisa kesampaian nanti abis pandemi, ke Surabaya. :)

    BalasHapus
  10. Penasaran mau coba sate klopo. Gurih pastinya ya pakai serundeng gitu hehehe
    Kalau martabak mie, kami sering coba bikin
    Hasilnya lumayan sih hehehe

    BalasHapus
  11. Loh loh kok aku malah belum pernah makan karak sate dan juga kue serikaya ya mba. Kalau lontong mie itu wajib banget mba buat aku makan :)

    BalasHapus
  12. dari semua itu, aku baru coba lontong balap dan martabak mie hihi belum pernah nyoba sate klopo apalagi sate karak :D

    BalasHapus
  13. Asik ada 2 pilihan menu sate nih, daku mah suka aja keduanya kalau ada di depan mata, saat ini sih belum pernah coba hehe

    BalasHapus
  14. Wow semua makannya menggirukan, aku paling seneng nih kalau jalan ke kota mana nyicipin makanan khasnya. Btw kalau bika ambon dr surabaya bukan sih mom ?

    BalasHapus
  15. Dari kelima makanan diatas lontong balap aja yg pernah kucoba

    BalasHapus
  16. Waaahh, dari lima makanan yang mba sebutkan diatas, cuma lontong balap aja yang pernah aku cobain. Selebihnya belum semua hahaha. Btw, aku penasaran nih sama sate karak kayak gimana

    BalasHapus
  17. Baru tahu nih Makanan Khas Surabaya. Berasa pengen coba semua menu yang disebutkan di atas. Apalagi yang kerak sate itu saya penasaran deh sama rasanya.

    BalasHapus
  18. Huaaaa kelima-limanya aku belum pernah makan di kota asalnya, aku cuma makan di sini, jadi penasaran sama yang asli di Surabaya.

    BalasHapus
  19. Penasaran sama kue srikaya ini, mungkin rasanya mirip isian pie susu cuma bahannya dari santan gitu ya mbak?

    BalasHapus