Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Kue Srikaya, Hidangan Manis dan Enak untuk Berbuka


Kue Srikaya




Kue Srikaya, Hidangan Manis dan Enak untuk Berbuka - Tak terasa sudah memasuki hari kelima belas di bulan Ramadan. Sudah setengah perjalanan. Adakah yang setiap hari masih bingung, mau masak apa buat berbuka puasa? Hehe itu mah saya. Tapi hari ini saya nggak bingung, hari ini saya mau masak Kue Srikaya! 


Nostalgia Kue Srikaya



Kue Srikaya ini selalu menemani hari-hari Ramadan saat saya masih kecil. Waktu itu alhamrhum nenek sering membuat kue ini untuk hidangan berbuka puasa.


Saat kecil saya tinggal di daerah Ampel Surabaya. Di kampung Arab ini, kue srikaya menjadi salah satu ikon kuliner. Tak hanya dijual di toko-toko kue saja, tapi juga di kedai-kedai makanan. Biasanya dimakan sebagai hidangan pembuka.


Saat menikmati kue ini, saya seperti kembali ke masa lalu. Mengenang nenek yang penuh kasih. Nenek yang selalu menyajikan kelezatan kue ini di bulan Ramadan. 


Asal Usul Kue Srikaya



Apa yang ada dipikiran kita saat mendengar kue srikaya? Apakah langsung terbayang buah srikaya? Meskipun namanya kue srikaya, kue ini sama sekali tidak terbuat dari buah srikaya.


Awalnya saya pikir kue ini adalah kuliner khas Ampel. Sebab dari dulu kue ini selalu ada, dan memang tidak dijumpai di daerah lain selain di Ampel. Tapi setelah mencari beberapa sumber, ternyata kue ini adalah kuliner khas Palembang. 


Kue Srikaya




Di Palembang kue ini sering dijumpai pada acara-acara besar seperti lebaran, tahun baru, bahkan pesta pernikahan sebagai lambang kelanggengan hubungan, baik dengan keluarga maupun orang lain.


Sesuai dengan namanya “Sri-Kaya” berarti dewi padi yang mendatangkan kemakmuran. Kue ini dianggap sebagai simbol kemakmuran. Kue ini juga disebut sebagai makanan mertua. Sebab kue ini sering menjadi hantaran yang dikirim menantu kepada mertua.


Awalnya kue srikaya memang terbuat dari buah srikaya, kemudian dengan perkembangan zaman, kue srikaya dapat diolah dengan bahan lain seperti gula, santan, dan telur sehingga menyerupai buah srikaya asli.


Ini menunjukkan kemajuan ilmu pengetahuan manusia yang dapat melakukan rekayasa terhadap makanan sehingga menghasilkan rasa yang sama seperti buah srikaya asli. 


Kalau di Palembang, kue srikaya berwarna hijau, sebab ada campuran daun pandan. Tetapi kue srikaya yang biasa saya makan berwarna cokelat. Terbuat dari campuran gula merah. 


Resep Kue Srikaya



Kue Srikaya




Membuat kue srikaya ini sangat mudah. Bahan-bahannya juga gampang di dapat.


Bahan : 



- 6 butir telur ayam kampung
- 100 gram gula merah
- 2 bungkus santan instan @35 ml


Cara : 



-  campur semua bahan
- blender semua bahan sampai mengembang
- letakkan di wadah, kemudian kukus 30 menit


Kue ini bisa dimakan saat hangat ataupun dingin. Kalau ingin dingin, setelah matang, letakkan di lemari es terlebih dahulu.


Selain bisa dimakan langsung, kue ini juga biaa dinikmati dengan roti tawar ataupun ketan. 


Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Kue srikaya, hidangan manis untuk berbuka. 




46 komentar

  1. Baru tahu kalau sri-kaya itu ada arti lainnya ini berarti dewi padi yang mendatangkan kemakmuran. Masuk ke list coba dulu deh, tertarik buat dicoba 😊

    BalasHapus
  2. Waaaah enaaaaknyaaa.. salah buka jam sgini.... Sarikaya aku juga suka mbaa, tapi susah banget nyari disini.. Buat kayanya lebih baik ya

    BalasHapus
  3. Saya pikir dulu juga kue ini terbuat dari buah Srikaya πŸ˜„ Ibu suka banget sama kue ini, tapi kesukaannya ga menurun ke saya karena saya kurang menyukai makanan yang manis 😊 tapi saya akui, kue ini nikmat dan pas banget di nikmati saat Bulan Ramadhan ❤️

    BalasHapus
  4. Iyaaaa, ini kue hantaran buat mertua. Hihihi. Kebetulan sahabatku di kampung dapat orang Palembang. Dari dia aku tahu kue ini. Enak sih, tapi jangan makan banyak-banyak, soalnya manissss.

    BalasHapus
  5. Wah jadi nambah ide untuk mempersiapkan berbuka besok nih. Selama ini belum pernah coba kue srikaya bikinan sendiri sih.

    BalasHapus
  6. mbak Dee, maaf, lain kali jangan nyimpen makanan di lantai mbak
    ora ilok kata orang Jawa
    Bukan sekedar pamali sih, tapi makanan enak jadi kehilangan gregetnya begitu ditaruh di atas lantai
    Takut keinjek juga
    Maaf lho ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya mbak,makasih
      kami di rumah makannya emang dikantai mbak, lesehan :)

      Hapus
  7. Aku pikir beneran dari buah srikaya mba.. ternyata dari bahan bahan dibuat menyerupai buah srikaya.. dan baru tahu artinya Dewi Padi..duh aku mah tahunya makan aja.. tks mba, aku jadi lebih paham nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, rasanya emang mirip buah srikaya

      Hapus
  8. Kalau saya buatnya puding srikaya, yang saya tahu resepnya dari ibu. Boleh juga nih dicobain soalnya resepnya lebih simpel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ditambaihi apa mbak klo jadi puding?

      Hapus
  9. Wah, udah lama ga makan srikaya, bisa juga nih resepnya di coba, Mba, secara selama ini biasanya beli jadi dari mart terdekat. Trims untuk resepnya ya, Mba.

    BalasHapus
  10. Wah jadi pingin bikin
    Dulu pernah diajarin seorang Tetangga dan anak anak saya suka
    Sekarang waktunya bernostalgia 😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, makan ini bikin nostalgia emanng mabk

      Hapus
  11. Kalau di daerah asal saya, kue srikaya ini di bagian bawahnya ada ketannya, jadi dua lapis. Ketan gurih berpadu dengan rasa srikaya yang manis. Yummy. Etapi, saya biasanya tinggal makan aja, yang suka bikin ibuk :) .
    Dulu saya pikir bikin srikayanya itu ribet, ternyata mudah. Ntar nyoba bikin juga :) .

    BalasHapus
  12. Sering denger nama kuenya tapi belum pernah nyoba kuenya nih. Jadi pengen bikin juga untuk teman minum teh.

    BalasHapus
  13. Aku suka banget ketan srikaya, selalu ada ketika lebaran dan hajatan hmm jadi pengen bikin juga deh. Simple ya mbak bikinnya😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh pakai ketan ya
      aku suka yg ori gini

      Hapus
  14. Kalo yang biasa aku bikin itu srikayanya pake roti mbak. Ditambah santan gitu. Gak pake gula merah ari dikukus. Kalau ini dinikmati sama roti terpisah ya?

    BalasHapus
  15. Kena jebak sy. Di awal berpikir buah srikaya dominan dsini. Ternyata g ada sama sekali. Huhuhihu

    BalasHapus
  16. Ya ampunn.. Saya fikir terbuat dari srikaya beneran. Ternyat bukan. Hehe.. Tapi resepnya ini jga cukup mudah yaa. Bahannya juga nggak banyak

    BalasHapus
  17. Alm tante mpo suka bikin ini. Tapi pakai vanilla sedikit Biar tidak bau amis

    BalasHapus
  18. Simple banget ya Mbak bahannya tapi telur ayam negeri bisa ngga yah? Susah nyari ayam kampung disini hehe. Btw ini khas Palembang?

    BalasHapus
  19. Boleh juga nih bikin kue srikaya tapi kalo pakai telor biasa bisa ga ya

    BalasHapus
  20. Bahan dan cara membuatnya mudah - Ini kalau aku kesiangan bangun Sahur bisa dicoba.

    BalasHapus
  21. Iyaaah...
    Baru tau kue Srikaya itu ternyata bukan buah sarikaya.
    Dee rajin banget masak-masaaak....

    BalasHapus
  22. Aku suka banget kue srikaya, setiap lebaran hal yang aku tunggu si srikaya ini. Biasanya sama mama ku disajikan bareng ketan.

    BalasHapus
  23. Wah ternyata rahasia kue Srikaya ada telur ayam kampung .. pantas enak mbak, aku suka banget loh

    BalasHapus
  24. Simole banget bahan2nyaa dan mudaaahnjugaa dibuat ya mba..wah besok aku mau bikin kue srikayaa ah..mks infony

    BalasHapus
  25. Tambah ketan putih juga enak nih kak, soalnya pas lebaran daku suka makan itu katan sarikaya di tempat saudara 😁

    BalasHapus
  26. Tahun lalu ada kue srikaya ini di rumah jiddah ku waktu aku berkunjung kesana pada saat hari raya Idul Fitri :)

    BalasHapus
  27. Wah tadinya bayangan saya kue srikaya ini terbuat dari srikaya gitu ternyata gak yaaa... Hehe btw simpel banget ya bikinnya... Boleh juga nih dicoba

    BalasHapus
  28. Wahh bayangan aq itu kue srikaya loh ternyata bukan yah? Jadi pengen buat dirumah deh

    BalasHapus
  29. Setauku srikaya asalnya dari Sumatra Utara :))) ada satu toko roti yang mempopulerkan selain Srikaya di Pematang Siantar soalnya

    BalasHapus
  30. Makasih lho mba ud share resep nya, nak ku tuh sukaaa banget sm kue srikaya inu dan aku tuh blm pernah buat nya sjauh ini slalu pesen sm tetangga

    BalasHapus
  31. Wah ternyata di sana populer juga ya kue srikaya. Kalo di tempat saya di Palembang kue srikaya berwarna hijau karena ada campuran pati daun pandan yg menghasilkan aroma kue yg harum. Btw, saya mu coba ah bikin kue srikaya pakai gula merah, pastinya gak kalah enak ya?

    BalasHapus
  32. Wow sedapnya kue srikaya berbahan gula merah. Kalo di tempat saya kue srikaya berbahan pandan wangi sehingga warnanya kehijauan. Btw, saya mau coba juga ah kue srikaya pakai gula merah..

    BalasHapus