Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

9 Cara Sewa Apartemen Yang Berkualitas, Anti Nyesel Dijamin Betah Lama

Sewa apartemen


Apartemen merupakan opsi hunian yang sangat diminati, terutama oleh orang yang berencana tinggal sementara di suatu tempat. Biasanya, apartemen menyediakan opsi sewa apartemen harian, bulanan, maupun tahunan. 

Namun sayangnya, banyak orang yang belum tau cara sewa apartemen yang baik agar bisa mendapatkan unit yang berkualitas. Apalagi saat ini banyak penipu berkedok sewa apartemen yang merajalela.

Jika Anda tertarik atau berencana untuk menyewa apartemen, Anda harus memperhatikan cara menyewa apartemen agar tidak menyesal. Artikel ini akan membahas secara tuntas mengenai cara sewa apartemen yang bisa Anda ikuti. Simak ya!


1. Tentukan jenis apartemen yang dibutuhkan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis apartemen yang Anda butuhkan. Jika berencana untuk tinggal sendiri karena urusan pekerjaan atau kuliah, Anda bisa memilih opsi apartemen Tipe Studio atau 1 BR. Opsi ini sangat cocok untuk dijadikan tempat tinggal sendiri.

Jika Anda berencana untuk tinggal bersama keluarga, maka pertimbangkanlah untuk memilih opsi apartemen 2 BR atau 3 BR yang memiliki banyak ruangan. Opsi ini juga cocok jika Anda berencana untuk sharing apartemen bersama teman. Maka dari itu, sebelum mencari apartemen, pastikan dulu jenis apartemen yang akan Anda sewa.

2. Cek harga sewa apartemen

Jika sudah menentukan jenis apartemen yang akan disewa, langkah selanjutnya adalah mengecek harga sewa apartemen. Misalnya, Anda mencari Sewa Apartemen Depok. Anda bisa membandingkan harga masing-masing apartemen yang ada di kota tersebut.

Pilihlah apartemen yang harga sewanya sesuai dengan budget Anda. Jangan lupa juga untuk memperkirakan biaya tambahan dan tak terduga lainnya, seperti uang kebersihan dan lain sebagainya.

3. Pertimbangkan lokasi apartemen

Ketika memilih apartemen, jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Anda juga harus memperhatikan lokasi apartemen incaran Anda. Hitunglah jarak apartemen dari kantor atau universitas agar bisa memperkirakan biaya ongkos sehari-hari.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan akses transportasi di sekitar apartemen. Apakah apartemen tersebut bisa diakses transportasi umum? Atau, apakah lokasi apartemen dekat dari akses tol? Jika lokasi apartemen sulit dijangkau, tentunya akan menyulitkan mobilitas Anda.

Fasilitas umum yang ada di lingkungan apartemen juga tidak kalah penting. Pertimbangkanlah untuk memilih apartemen yang lokasinya dekat dari supermarket, tempat ibadah, maupun fasilitas kesehatan.

4. Keamanan apartemen sangat penting

Supaya bisa tinggal dengan nyaman, tentunya Anda harus memilih apartemen yang aman. Carilah apartemen yang dilengkapi penjagaan selama 24 jam agar keamanan unit tetap terjaga. Lebih baik lagi jika Anda bisa tinggal di apartemen dengan fasilitas CCTV yang bisa memantau setiap sudut apartemen.

Selain lingkungan apartemen, pastikan juga posisi apartemen berada di kawasan yang aman agar terhindar dari berbagai tindak kejahatan. Jangan memilih apartemen yang sering mengalami pencurian atau kejahatan lainnya.


Sewa apartemen

5. Survei langsung apartemen yang akan disewa

Bila Anda mencari apartemen secara online, jangan lupa untuk melakukan survei sebelum menjualnya. Periksa kondisi apartemen yang akan Anda tempati, mulai dari ruangan utama, kamar mandi serta peralatan yang ada di apartemen. 

Periksa juga kualitas dan kondisi peralatan unit apartemen, seperti meja, tempat tidur, dan fasilitas lainnya. Jika terdapat kerusakan, segera laporkan kepada pemilik unit agar segera diperbaiki. Jangan sampai Anda menyewa unit yang kondisi perabotannya sudah rusak atau tidak terawat.

6. Perhatikan kesepakatan yang ditawarkan

Setelah menemukan apartemen yang sesuai, cara sewa apartemen selanjutnya adalah memperhatikan kesepakatan yang ditawarkan oleh pemilik apartemen, mulai dari besar biaya sewa, durasi sewa, peraturan apartemen, dan poin penting lainnya.

Pastikan ada kesepakatan tertulis hitam di atas putih ketika menyewa apartemen. Jika terdapat masalah di kemudian hari, kesepakatan tertulis ini dapat dijadikan rujukan untuk menyelesaikan masalah.

7. Patuhi peraturan yang berlaku

Ketika memutuskan untuk tinggal di apartemen, patuhilah semua aturan yang berlaku. Misalnya apartemen tempat Anda tinggal melarang penghuninya untuk membawa hewan peliharaan, Anda harus mematuhinya dan jangan memaksakan kehendak untuk membawa hewan.

Peraturan yang diterapkan di apartemen bertujuan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan penghuninya. Maka dari itu, sebelum menyewa apartemen, perhatikan juga peraturan yang harus ditaati.

8. Pilih Metode pembayaran yang aman

Pilihlah metode pembayaran yang aman ketika menyewa apartemen. Biasanya developer atau agen properti yang terpercaya akan menawarkan berbagai opsi pembayaran yang terjamin dan dapat dilacak. 

Jangan membayar biaya sewa tanpa adanya bukti pembayaran, karena hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh berbagai modus kejahatan.

9. Libatkan agen properti yang profesional

Jika Anda ingin menyewa apartemen dengan mudah, libatkan agen properti yang profesional untuk mencari apartemen yang Anda inginkan. Biasanya agen properti bisa membantu Anda untuk menemukan unit apartemen yang sesuai dengan budget Anda. Sehingga Anda tidak perlu repot untuk mencari apartemen dan menemui pemiliknya satu persatu.

Tak hanya itu, agen properti juga bertanggung jawab atas proses sewa apartemen yang dilakukan. Bahkan, agen properti juga akan mengurus legalitas dari apartemen yang disewa. 

Salah satu agen properti yang terpercaya adalah Jendela360. Jendela360 menyediakan ribuan pilihan apartemen berkualitas yang sudah diverifikasi. Terdapat juga Property Manager yang dapat membantu Anda untuk menemukan apartemen yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

__

Itulah beberapa cara sewa apartemen yang bisa Anda lakukan. Semoga Anda bisa menemukan apartemen impian. Jika Anda tertarik untuk sewa apartemen, kunjungi Jendela360 untuk menemukan apartemen yang Anda inginkan.



41 komentar

  1. Layaknya cari hunian seperti kos-kosan atau rumah, sewa apartemen pun perlu dimulai dari identifikasi kebutuhan hunian seperti apa dulu ya Mak. Antara yang masih single tinggal sendiri dengan yang berpasangan atau punya anak pasti berbeda.

    Tapi yang masih aku coba cari tau lebih dalam tuh tentang maintenance bangunannya sih Mak. Takut banget suatu hari nanti malah rugi kalau kepikiran mau disewakan/dijual karena turun harga gara-gara maintenance yang kurang baik. Jadi cari tau soal background developer dan kepemilikan gedungnya juga nggak kalah penting menurutku.

    BalasHapus
  2. Kebanyakan pilih apartmen di lokasi strategis. Jadi pemilihan lokasi menurutku ini penting banget. Terutama lokasi yang dekat kantor atau tempat pendidikan kita. Makasih tipsnya, mba :)

    BalasHapus
  3. Siaaap. Setelah incar mengincar kudu langsung cek, survei ke TKP ya mba. Cari agen properti yg profesional jg perlu seperti yg mba tulis di atas

    BalasHapus
  4. lokasi biasanya jadi pertimbangan utama ya. mudah diakses transportasi umum atau deket sama kantor dan kampus. penting juga memperhatikan point2 kesepakatan ya jangan sampai ada salah persepsi

    BalasHapus
  5. Setuju semua mba poin2nya. Terlebih kalau cari tempat tinggal memang harus sedetail ini. Karena oindahannya ju

    BalasHapus
  6. Saya setuju dengan semua poin. Apalagi jika Anda mencari tempat tinggal, Anda harus sedetail ini. Karena pindahannya juga cape kalau gak betah karena gak detail duh harus pindah2 lagi pr dan ini jd tunning poin apalagi buat IRT yang stay dirumah.

    BalasHapus
  7. Terwajib utk selalu pertimbangkan hal2 ini ya mba
    Jangan sampe nyesel karena engga antisipasi sedari awal yak

    BalasHapus
  8. Sebenernya apartemen memang jadi solusi di jaman sekarang ya, makanya tips ini kayanya betul akan bermanfaat banget nih, terutama poin 5, 6, dan 9. Selain tau secara pasti bagaimana kondisi apartemennya, kita gak boleh melewatkan poin-poin kesepakatan yang dibikin, makanya butuh agen properti yang profesional supaya lebih mudah dan membantu kita dalam menyewa apartemen ya.

    BalasHapus
  9. Aku nih pingin tinggal di apartement. Emang bingung mau pilih apartement yang seperti apa. Jadi, artikel ini sedikit-banyaknya memberikan pencerahan tentang pemilihan apartement buat kutinggali.
    Terima kasih, Kakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi aku yang belum pernah sewa apartement tapi pingin tinggal di apartement. Sejak dulu mah kalau tinggal di luar kota pilihnya kos doang. Sesekali boleh kali ya sewa apartement yang tahunan gitu.

      Hapus
  10. apartemen itu terkadang jadi pilihan buat tempat hunian sih, pengen juga bisa sewa apartemen dan penting banget buat ikutin tahapan yang di share terutama sistem keamanan dan juga perjanjian dengan pihak agen properti yg profesional

    BalasHapus
  11. Makin banyak sekarang dari pasangan muda yang memilih tinggal di apartemen. Jadi mesti memperhatikan beberapa hal seperti yang ditulis mba Dian di atas, terutama tentang keamanannya.

    BalasHapus
  12. sekarang apartemen memang banyak menjadi pilihan ya mba, terutama di kota besar karena rata - rata tempatnya memang strategis banget

    BalasHapus
  13. Jendela360 situs sewa apartemen yang terpercaya. Kalau mau cari info tentang apartemen, tinggal klik situsnya aja.

    BalasHapus
  14. Baru tahu ternyata apartemen ada jenisnya ya, memang kalau sudah berkeluarga lebih pilih yang ada beberapa ruangannya ya, jadi kalau ada tamu nggak sungkan gitu

    BalasHapus
  15. Jendela 360 pasti akan selalu saya ingat. Secara saya baca artikel ini sambil buka jendela. Pokoknya mau sewa apartemen ingat sama jendela 360 ya...

    BalasHapus
  16. Baru tau ternyata ada beberapa hal yang harus kita pahami kalau sewa apartemen ya. Makasih sharing infonya mbaa hehehe. Kalau dikota besar,memang jadi lebih banyak pilihan ya jaman sekarang. Thx for sharingg mbaa :)

    BalasHapus
  17. Apa saya doang yaa yang sampai detik ini blas gak pernah tahu dalamnya apartemen tuh kayak gimana? hahaha. Boro-boro mau sewa, ngerasain vibesnya aja belum pernah. Kayaknya kalau ke daerah yang ada apartemennya mesti cepat-cepat akses informasi di Jendela 360 nih

    BalasHapus
  18. Sekarang kalau pergi sama keluarga lebih nyaman sewa apartemen ya apalagi anak-anak juga udah besar. Lokasi & keamanan penting banget sebelum menentukan pilihan sewa apartemen di mana

    BalasHapus
  19. Baru tau sm jendela360 ini. Lumayan jg nih kalo ada rencana jalan2 dalam durasi yg cukup lama. Mending nyewa apartemen ajaa.

    BalasHapus
  20. Terimakasih infonya perihal cara sewa apartemen, jadi ga bingung lagi kalau ada rencana ke luar kota dalam waktu yang lama, coba intip ah jendela360.

    BalasHapus
  21. Saat ini, apartemen memang jadi solusi hunian di pusat kota ya, Mbak. letaknya yang staregis, fasilitas lengkap, jadi pertimbangan utama juga. Tapi memang, sebelum menyewa apartemen, harus cek ricek dulu. Agar tinggal di aparteman semakin menyenangkan.

    BalasHapus
  22. aku baru sekali sewa apartemen di Surabaya mbak tapi gak lama sih cuma buat 2 hari. kalau untuk jangka waktu lama memang kudu tahu caranya yang tepat ya

    BalasHapus
  23. Ada wacana tinggal di apartemen Surabaya tapi masih mikir karena ada anak tiga. Sepertinya bakalan tanya ke agen profesional nih biar dapat harga miring...

    BalasHapus
  24. Menentukan jenis apartemen ini cocok jadi nomor 1, karena buat pertimbangan bujet, dan manfaat. Jadi lebih menyenangkan saat nantinya dihuni

    BalasHapus
  25. Mencari apatemen sperti mencari jodoh hehehe harus memenuhi beberapa kriteria umum dan juga kriteria peribadi. Jika semuanya sudah masuk dalam list tentu bakalan betah tinggal disana

    BalasHapus
  26. Kalau mau cari apartemen yang penting jangan lupa kunjungi lokasinya langsung ya Kak, liat kondisi apartemennya juga dan lingkungan sekitarnya

    BalasHapus
  27. terimakasih informasinya mba, perlu banget mempertimbangkan hal2 di atas ketika akan memilih hunian termasuk apartemen

    BalasHapus
  28. Yang jadi salah satu hal yang diperhitungkan itu faktor keamanann emang ya mba, itu ga kalah penting sama harga dan lokasi sih. Apalagi setelah denger berita orang dibunuh di apartemennya sendiri, duh rasanya emang keamanan harus jadi nomor satu sih setelah budget

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh nomer 2 setelah budget maksudnya hihi

      Hapus
  29. emang praktis sih tinggal di apartmen tuh, apalagi buat yg single ya, selain keamanannya ya lebih terjaga, eh tp ya tergantung jg kualitas lingkungan apartemennya sih hehe..

    BalasHapus
  30. Saya setiap kali ingin mencari hunian yang terpenting adalah pertimbangan lokasinya. Seperti yang dijelasin mbak di nomor 3. Lokasi itu penting banget, kalau bisa dekat dengan pusat perbelanjaan dan fasilitas penting lainnya.

    BalasHapus
  31. tinggal di apartemen menjadi salah satu hal yang aku pertimbangkan di masa depan (kalau ada rezekinya)

    BalasHapus
  32. Wah kebetulan banget mba saya sedang mau cari apartemen buat ngekos, tipsnya pastinya bermanfaat sekali buat saya dan bisa jadi referensi juga niy tempatnya

    BalasHapus
  33. Catatannya lengkap banget nih untuk berbagai hal yang perlu diperhatikan saat mau sewa atau cari apartemen ya. Bagaimana pun kenyamanan dan keamanan tempat tinggal itu penting sih menurutku. Oh saya, sejarahnya ruang apartemen yang mau disewa juga perlu dicari tahu juga. Amit-amit saja sih kalau sampai dapat apartemen yang pernah terjadi something... tak sanggup aku membayangkannya

    BalasHapus
  34. Tips bermanfaat mbakuu taklupa untuk menanyakan IPL perbulan brp? Include apa aja...karena tinggal di apartemen itu jatuhnya mahal karena ada iuran service charge belum listrik air yg bedaa harga sm rumah biasa (gusti yeni)

    BalasHapus
  35. Nah, bener ini. Banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk memilih hunian, apalagi apartemen. Dan bagiku keamanan ini yang penting ya, Mbak. Mantap dan lengkap nih tipsnya, bisa jadi pegangan. Makasih ya, Mbak

    BalasHapus
  36. Apartment ini cocok banget bagi yang masih single atau kalau mau sewa dalam waktu yang tidak lama. Tipsnya lengkap banget mbak, terkadang apa yang tidak terpikirkan itu penting. jadi detailnya memang harus ditulis begini ya pas nanti mau sewa apartemen

    BalasHapus
  37. Yang paling utama ini sih tentunya keamanan yaa dan melihat-lihat lingkungan sekitarnya, soalnya mah butuh kenyamanan juga untuk sewa apartemen. Terus kalau bisa sih dapet pemandangan yang menyenangkan gitu hihi, asal cocok dengan harga sewa juga tentunya :D

    BalasHapus
  38. Sekarang kalau keluar kota jadi pilihannya selain menginap di hotel yang memang full service, tinggal di apartemen bisa lebih menghemat karena ada dapur sehingga memungkinkan masak sendiri. Apalagi untuk sewa agak lama..

    BalasHapus
  39. Dulu sebelum punya rumah pengen banget ngerasain tinggal di apartemen. Kayaknya kok seru hehe. Ternyata cara sewanya mudah ya mbak.

    BalasHapus