Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

5 Tips Memilih Kamera CCTV yang Tepat untuk Rumah, Tak Perlu Mahal!

 

Tips memilih CCTV

https://www.freepik.com/free-photo/trendy-modern-interior-living-room-with-blue-walls-white-windows_10758792.htm#page=2&query=RUMAH&position=22&from_view=search 

Rumah sebagai tempat tinggal harus bisa memberikan kenyamanan serta menjamin rasa aman bagi penghuninya. Sistem keamanan sebuah rumah tidak hanya cukup dengan mendirikan pagar yang tinggi dan kokoh serta mempekerjakan penjaga. Memasang kamera CCTV merupakan solusi terbaik lainnya untuk memastikan keamanan sebuah rumah.

CCTV atau Close Circuit Television sering disebut juga kamera pengintai yang sebelumnya banyak dipasang pada tempat-tempat umum. Namun sekarang, banyak orang memasang kamera pengintai pada hunian pribadi dengan alasan keamanan. Memang CCTV sangat bisa diandalkan untuk memantau setiap sudut rumah dan mencegah terjadinya hal buruk seperti tindak kejahatan.

Tips Memilih CCTV Terbaik untuk Rumah

CCTV terbaik


https://www.freepik.com/free-photo/interior-with-bid-dining-room-modern-private-house_10583668.htm#page=2&query=HOME&position=7&from_view=search 

Kamera CCTV merupakan alat canggih yang manfaatnya sangat nyata ketika dipasang di rumah. Oleh karena itu, Anda perlu memilih produk yang berkualitas bagus agar dapat berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang panjang. Jika mampu memilih dengan tepat, Anda akan mendapatkan produk CCTV yang terbaik dengan harga yang terjangkau. Berikut adalah sederet tips yang bisa jadi pertimbangan ketika akan membeli CCTV.

Sesuaikan dengan Tempat Pemasangan

CCTV sering ditemui pada area outdoor yang dimanfaatkan untuk memantau aktivitas luar ruangan yang memang tidak bisa dijangkau dari dalam rumah. Namun sekarang, CCTV juga umum dipasang di area indoor atau dalam ruangan. Biasanya CCTV di dalam ruangan dipasang pada bagian tertentu, seperti dapur, gudang atau kamar anak guna memantau aktivitas pembantu atau pengasuh.

Ketika akan membeli kamera CCTV, pastikan dulu kamera tersebut akan dipasang di luar atau dalam bangunan. Pasalnya, jenis kamera untuk kedua tempat tersebut berbeda dengan kemampuan dan fitur masing-masing. CCTV yang bisa dipasang di dalam ruangan tidak bisa digunakan di luar ruangan dan aturan tersebut berlaku sebaliknya.

Pertimbangkan Resolusi Kamera

Setiap produk CCTV memiliki kualitas masing-masing yang berkaitan dengan resolusi kamera. Kualitas ini menentukan harga kamera tersebut. Maka terlebih dahulu Anda harus menentukan ingin kamera pengintai dengan kualitas yang seperti apa. Selanjutnya Anda bisa memperkirakan berapa besar budget yang perlu dipersiapkan untuk membelinya.

Spesifikasi kamera dari aspek resolusi memang membutuhkan ketelitian ketika memilih. Apabila ingin kamera CCTV terbaik dengan resolusi kamera yang tinggi, Anda bisa memilih kamera HD dengan resolusi 1080p. Ada juga jenis kamera dengan resolusi tinggi yang tidak kalah bagusnya dari kamera HD. Untuk kualitas yang bagus, Anda bisa memilih kamera dengan resolusi minimal HD 1080p.

Lihat dari Cara Pengecekan

Orang yang memasang kamera pengintai pada rumahnya pasti memiliki tujuan agar bisa memantau keadaan rumah serta aktivitas semua penghuninya. Seringkali tujuan ini berhubungan dengan orang lain dalam rumah tersebut, seperti asisten rumah tangga atau pengasuh anak.

Melihat dari tujuan tersebut, tentu Anda ingin bisa memantau rekaman kamera CCTV secara lebih mudah dan fleksibel. Maka Anda bisa memilih produk CCTV yang dapat terhubung dengan internet. Anda kemudian bisa memantau rekaman dari mana saja secara real time melalui perangkat pendukung seperti smartphone, tablet atau laptop.

Pastikan Kebutuhan Penyimpanan Data

Semua momen yang terekam dalam CCTV akan otomatis tersimpan sehingga sewaktu-waktu bisa dilihat kembali. Kapasitas penyimpanan rekaman kamera pengintai berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jika kapasitas dirasa tidak cukup besar, ada tambahan hard drive yang bisa dimanfaatkan.

Kamera CCTV terbaik yang memiliki resolusi tinggi biasanya membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Kartu memori diperkirakan tidak akan cukup sehingga butuh penyimpanan ekstra. Karenanya, Anda harus mempersiapkan budget lebih banyak untuk bisa memanfaatkan produk CCTV berkualitas dengan resolusi tinggi.

Perhatikan Fiturnya

Satu hal yang juga tak boleh Anda lewatkan ketika memilih CCTV adalah fitur yang dimilikinya. Untuk manfaat yang optimal, sebaiknya Anda memilih kamera pengintai dengan kemampuan menangkap objek dengan lebih jelas di tempat gelap atau minim cahaya. Fitur yang demikian sering disebut infra merah atau night vision.

Fitur infra merah memungkinkan kamera bisa menangkap objek dalam kegelapan namun gambar yang dihasilkan tidak memiliki warna alias hitam putih. Fitur ini bisa dijadikan pilihan jika Anda tidak mempermasalahkan warna. Sedangkan jika Anda ingin kamera CCTV yang bisa merekam dalam gelap serta menghasilkan gambar yang berwarna, pilihlah kamera dengan fitur night vision.

Pilih CCTV Berkualitas Terbaik ColorVu dari Hikvision 

Kini Anda tidak perlu bingung lagi menemukan produk CCTV terbaik untuk dipasang pada rumah agar keamanan dapat selalu terpantau. CCTV Hikvision ColorVu memiliki semua kriteria kamera pengintai terbaik dengan kelebihan dan keunggulan sebagai berikut:

Detail Lebih Jelas

Kamera CCTV Hikvision ColorVu dirancang dengan teknologi kamera dengan fokus yang panjang dan jangkauan yang luas. Rekaman yang dihasilkan akan terlihat sangat detail sekalipun gambar diperbesar. 

Memiliki Warna yang Nyata

Dengan resolusi tinggi, CCTV Hikvision ColorVu mampu menghasilkan rekaman gambar dengan warna yang nyata. Kemampuan itu juga didukung oleh teknologi gambar tingkat piksel perintis dengan algoritma fusi untuk menyatukan bidang pandang horizontal 180 derajat.

Mampu Merekam dalam Cahaya yang Minim

Inilah kelebihan kamera CCTV Hikvision ColorVu yang sangat bisa diandalkan dalam setiap kesempatan. Fitur F1.0 Super Aperture mampu menangkap cahaya sebanyak mungkin. Hasil rekaman memiliki kecerahan seimbang meski diambil pada saat minim pencahayaan.

Kamera CCTV Hikvision ColorVu terbukti memiliki berbagai fitur canggih yang akan membuat kamera tersebut berfungsi dengan maksimal. Anda tidak perlu ragu lagi memilih produk ini yang harganya pun sangat bersahabat.


15 komentar

  1. Dulu kami sempat pasang cctv karena rumah sering kosong. Dulu sempat ragu juga pasang cctv, takut mahal, tapi ternyata ada beragam jenis dan harga.

    Terima kasih untuk tips dan rekomendasinya. Sangat membantu.

    BalasHapus
  2. Bagus ya, sy jg pengen punya cctv soaly pernah kecurian kapok sy.

    BalasHapus
  3. untuk saat ini di rumah memang belum ada cctv, tetapi jika nanti dibutuhkan memang penting banget untuk memilih cctv yang berkualitas, terutama yang kualitas gambarnya jernih

    BalasHapus
  4. Kalau lihat di acara detektif gitu, cctv suka buram dan orangnya ngga kelihatan mukanya. Sayang ya. Mungkin tipe cctv jadul

    BalasHapus
  5. Penting banget pake CCTV buat di toko yah, harus yang gambarnya jelas juga sih. Untung bisa pake CCTV Hikvision ColorVu yang bisa merekam walau cahaya minim.

    BalasHapus
  6. Laily Fitriani1 Juli 2022 21.15

    Wah, beneran nih saya sedang cari-cari info tentang CCTV. Ulasannya lengkap banget. Terima kasih Mbak.

    BalasHapus
  7. CCTV penting banget nih, just in case ada apa-apa kita ada buktinya. Jadi inget di drama-drama korea, di mana-mana ada CCTV.

    BalasHapus
  8. Zaman sekarang kayaknya penting memang ya mbak pasang cctv, untuk berjaga-jaga. Kalau ada apa-apa bisa dijadikan bukti otentik.

    BalasHapus
  9. Saya banget nih kalau beli apa apa lihat dulu fungsinya. Kalau merek belakang. Intinya sih nyari yg murah meriah hahaha. Brand terkenal justru identik dengan harga yg lebih mahal kan ya ... Jadi kalau fungsinya sudah memenuhi dan segi kualitas tidak mengkhawatirkan biasanya saya pilih juga

    BalasHapus
  10. Pas banget nih aku lagi cari2 referensi buat beli CCTV. Ternyata banyak yang perlu diperhatikan sebelum beli ya Kak, apalagi harganya hahaha. Kalau bisa beli yang terjangkau tapi kualitasnya oke, why not? 😁

    BalasHapus
  11. Nice tips mba. Bisa nih ilmunya dipake kalau nnt punya rumah atau t4 usaha trus mo pasang CCTV

    BalasHapus
  12. Bener banget nih, wajib tahu spek sebelum beli CCTV ya Kak. Apalagi resolusi gambarnya. biar nggak nyesel abis belinya.

    BalasHapus
  13. Kudu banget saat ini memasang CCTV, setidaknya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan. Kemarin, klien Abi ada yang pasang cctv untuk kamar kosan anaknya, agar meski jauh, tetap terpantau orangtuanya.
    Praktisnya menggunakan CCTV Berkualitas Terbaik ColorVu dari Hikvision ini ya..

    BalasHapus
  14. Iya tuh, kalau mau pasang untuk outdoor, pilih yang kemampuan menangkap night visionnya bagus. Di kampungku dipasang gini juga nih, tapi kualitas night visionnya kurang, jadinya malah mblabur untuk menyimpan tangkapan kamera di malam hari.

    BalasHapus
  15. Waktu Lebaran kemarin, Ibuku ke Jakarta. Dan rumah kami di Medan dipasang cctv. Alhamdulillah Ibu jadi tenang bisa lihat rumah sewaktu-waktu.

    BalasHapus