Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Berminat Investasi Crypto? Yuk Cek Dulu Masa Depan Cryptocurrency di Indonesia

 

Cryptocurrency

Halo, teman deestories..

Apa kabar? 

Wah, tidak terasa dua bulan lagi kita sudah berganti tahun.


Bagaimana dengan resolusi tahun ini? Sudahkah tercapai semuanya? Kalau belum, yuk semangat! Masih ada dua bulan lagi. 


Btw, tahun ini adalah tahun investasi bagi saya. Saya mewujudkan salah satu resolusi tahun ini, melakukan investasi! Beberapa investasi sudah saya lakukan. Mulai dari logam mulia, saham, hingga Cryptocurrency!


Hari ini saya akan bercerita secara khusus tentang Cryptocurrency ini. Apakah teman-teman juga tertarik berinvestasi di Cryptocurrency ini? Sebelum investasi, yuk kita intip dulu bagaimana masa depan Cryptocurrency di Indonesia. 

Fakta Tentang Cryptocurrency


Cryptocurrency adalah mata uang yang berlaku secara virtual, merupakan salah satu komoditas yang diakui di Indonesia.

Berikut adalah fakta-fakta tentang Cryptocurrency yang perlu teman-teman ketahui sebelum berinvestasi ke pasar kripto. 


1. Koin yang legal

Jangan khawatir tentang status hukum Cryptocurrency ini. Di Indonesia, sudah ada 229 jenis mata uang yang telah diberi izin oleh Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).


Beberapa koin kripto yang sudah diakui di Indonesia adalah Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, Bitcoin Cash, Binance, Polkadot, dan lain sebagainya. 


2. Investor Cryptocurrency

Di Indonesia, investasi kripto ini makin diminati. Buktinya, jumlah investor Cryptocurrency di Indonesia terus bertambah.


Berdasarkan data dari Asosiasi Blockchain, pada tahun 2021 jumlah investor krypto di Indonesia, berjumlah 7,4 juta orang. Jumlah tersebut meningkat, tahun ini jumlah investor kripto ada sebanyak 12 juta orang. 


3. Pajak Krypto

Pemerintah juga telah mengatur pajak krypto ini. Mei 2022 lalu, pajak kripto sebesar 0,11% di setiap transaksi kripto oleh pedagang fisik aset kripto, dan pajak 0,22 % untuk yang tidak termasuk ke dalam pedagang aset kripto. 


Jumlah transaksi kripto di Indonesia ini sangat besar, lho. Tahun 2021, tercatat jumlah transaksi kripto sebesar Rp. 859,4 triliun! Tentunya pendapatan pajak dari kripto sangat besar.


4. Regulasi Cryptocurrency

Regulasi Cryptocurrency di Indonesia ini diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 99 Tahun 2018. Regulasi ini melindungi para investor kripto. 


5. Cryptocurrency, Halal?

Bagaimana dengan kehalalan investasi kripto ini? Majelis Ulama Indonesia (MUI), menyatakan kripto haram dijadikan alat jual beli, sebab bertentangan dengan Peraturan Bank Indonesia No. 17 Tahun 2015, sebab sifatnya ghahar alias tidak pasti, dan dhahar alias transaksi yang berpicu merugikan. 

Namun, jika dijadikan alat perdagangan maka hukumnya halal, jika sudah mendapatkan syarat yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, berizin, dan bermanfaat. 


Masa Depan Cryptocurrency di Indonesia

Setelah tahu fakta-fakta tentang Cryptocurrency ini, apakah teman-teman tertarik berinvestasi di pasar kripto? Bagaimana masa depan Cryptocurrency di Indonesia?


Kalau dilihat-lihat, tahun lalu adalah tahun emas bagi perkembangan Cryptocurrency di Indonesia. Jumlah Investasi kripto meningkat drastis. Tak hanya orang awam yang tertarik berinvestasi di pasar kripto, tetapi banyak juga pejabat maupun selebriti yang juga bermain dengan investasi kripto ini. 


Beberapa ahli memperkirakan bahwa masa depan Cryptocurrency di Indonesia cukup cerah. Hal ini didukung dengan semakin meningkatnya minat masyarakat untuk berinvestasi di pasar kripto, juga adanya dukungan regulasi dari pemerintah. 


Saat ini, jumlah investor kripto di Indonesia mencapai 4% dari populasi. Jumlah yang cukup baik untuk negara berkembang seperti Indonesia ini. 


Ahli memprediksi bahwa empat hingga lima tahun ke depan, jumlah investor kripto di Indonesia bisa mencapai 50 juta. Hal ini akan terwujud jika diiringi dengan perubahan user behavior dari investor kripto. 


Jika para investor kripto ini semakin melek tentang Cryptocurrency, maka investasi kripto akan semakin meningkat. 


Mengingat cerahnya masa depan Cryptocurrency di Indonesia, pasti teman-teman makin tertarik untuk berinvestasi di pasar kripto, bukan? 


Berinvestasi Kripto di Indodax

Jika teman-teman tertarik berinvestasi di pasar kripto, pastikan memilih investasi kripto di Indodax. 

Indodax ini sangat cocok bagi investor kripto pemula, lho. Legalitasnya sudah terjamin, sebab sudah terdaftar di Bappebti. 


Beberapa layanan Indodax yang mempermudah para investornya adalah :


1. Bisa beli aset kripto dengan deposit melalui semua bank lokal Indonesia atau jual aset kripto dengan mengkonversikannya menjadi Rupiah secara instan.

2. Biaya Trading dan Persentase Penarikan mulai dari 0%

3. Transaksi 24 Jam


Masa Depan Cryptocurrency di Indonesia itu Cerah! Investasi Kripto Sekarang Juga di Indodax 


Masa depan Cryptocurrency di Indonesia itu cerah, jangan lagi ragu berinvestasi di pasar kripto. Di Indodax kita juga bisa belajar tentang uang digital, termasuk kripto ini. Indodax memiliki kanal edukasi yang bernama Indodax Academy. 


Belajar dulu seputar Cryptocurrency di Indodax Academy. Bila sudah paham, lakukan penjualan dan pembelian kripto di Indodax, baik melalui website maupun mobile Apps yang merupakan Indonesia Crypto Exchange pertama, terbesar dan diawasi langsung oleh BAPPEBTI.


11 komentar

  1. Banyak yang pake bitcoin ama ethereum ya, mba. Yang dogecoin juga pernah rame ni dibahas di timeline twitter. Sepertinya kalau pasarnya bagus, bakalan makin banyak yang pakai crypto buat alat pembayaran maupun investasi

    BalasHapus
  2. Aku masih sebatas baca-baca informasi tentang cryptocurrency doang sih. Belum ke tahap mencoba. Memang sih, kayaknya cryptocurrency tuh menjanjikan. Tapi tetap harus dibarengin dengan ilmu pengetahuan.

    BalasHapus
  3. Saya tuh bersyukur banget jadi blogger dan jadi suka baca tulisan-tulisan teman-teman tentang hal-hal investasi atau trading kek cryptocurrency ini.
    Karena jujur saya blank banget memahaminya :D
    Memang harus langsung dipraktikan sekalian dibarengi segala pengetahuan tentang itu

    BalasHapus
  4. kalo mau invest kripto sebaiknya di Indodax ya

    karena mudah, lengkap dan menguntungkan

    saya juga sedang berancang invest kripto

    mengikuti saran pakar untuk tidak menyimpan uang dalam satu keranjang

    BalasHapus
  5. Pengin belajar investasi Cryptocurrency kalau begini, ternyata sudah 4% populasi investoar kripto di Indonesia. Jumlah Investasi kripto meningkat drastis ya...Peluang keuntungannya bisa menjanjikan ini

    BalasHapus
  6. Bitcoin dan ethereum yang sering saya dengar kalau pengen investasi mata uang kripto mbak. Sudah ada regulasinya dari pemerintah maupun MUI, jadi lebih tenang ya sekarang kalau mau investasi kripto

    BalasHapus
  7. Aku tuh tertarik sama kripto ini. Tapi kayaknya kudu mempelajari lebih dalam dan lebih detail biar nggak salah kaprah.

    BalasHapus
  8. Baru tahu kalau kripto sudah ada pajaknya.
    Dalam hati saya ikut senang sih, karena sangat menambah penghasilan negara.
    Dan kalau sudah dipajaki gini, jadi lebih terjamin lagi keamanannya. Karena kan ga hanya take, harus ada give juga dari pemerintah berupa perlindungan.

    BalasHapus
  9. Jadi makin tercerahkan ini soal kripto.
    Karena memang jamannya ya membahas hal ini, dan sebisa mungkin walau gak mahir banget, tapi pahamlah ya

    BalasHapus
  10. Investasi crypto ini memang unpredictable yaa..
    Rasanya harus banyak belajar mengenai flownya dan bisa mulai praktek menggunakan aplikasi Indodax yang terpercaya

    BalasHapus
  11. Pengen nyobain investasi crypto, tapi dari berita2 sebelumnya crypto kalo udah anjlok itu ngeri banget. Tapi crypto ini kalo bagus bisa buat aset masa depan juga

    BalasHapus