Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Ketahui 7 Keunggulan Menggunaan Aplikasi Absensi Online

 

Aplikasi absensi

Zaman makin canggih, sudah banyak perusahaan di Indonesia yang beralih menggunakan aplikasi absensi karyawan. Aplikasi absensi karyawan berbasis online semakin memudahkan proses absensi. Tak hanya itu, masih banyak manfaat lain yang didapat jika menggunakan aplikasi absensi online ini. 

Aplikasi absensi online ini praktis, efisien, juga terintegrasi secara otomatis dengan data yang akurat.

Jadi, apa saja sih manfaat menggunakan aplikasi absensi online karyawan ini?

Pengertian Aplikasi Absensi Online

Aplikasi absensi online ini adalah sistem yang berfungsi untuk mencatat jam kehadiran karyawan melalui sebuah aplikasi yang terhubung dengan jaringan internet.

Biasanya karyawan cukup memasukkan username dan password pada aplikasi untuk absen. 

Aplikasi ini selanjutnya akan mencatat kehadiran karyawan berdasarkan syarat dan ketentuan yang sudah diatur oleh perusahaan. Misalanya waktu datang dan pulang, waktu terlambat, izin, cuti, hingga berbagai fitur remote working.

7 Keunggulan Menggunaan Aplikasi Absensi Online

Saya pikir saat ini sudah jarang ya perusahaan ataupun kantor yang memakai sistem absensi manual. Selain menyita waktu, absensi manual ini bisa menghambat produktifitas dalam bekerja, lho. 

Tak heran, sekarang hampir semua perusahaan ataupun kantor yang beralih ke aplikasi absensi online. Tak hanya praktis dan efisien, menggunakan aplikasi absensi online ini punya banyak keunggulan, lho.

Yuk simak keunggulan menggunakan aplikasi absensi online. 

1. Mudah Mengelola Absensi

Dengan menggunakan aplikasi absensi online ini, perusahaan akan mudah mengelola absensi karyawan. Absensi karyawan bisa diatur secara efisien. 

2. Pencatatan yang Lebih Akurat

Aplikasi absensi online ini bisa mencatat secara akurat. Sebab, waktu absensi akan disinkronkan dengan perangkat yang terhubung pada sistem absensi.

Pencatatan ini juga bisa dimonitor secara real time. 

3. Hemat Biaya

Dengan menggunakan aplikasi absensi online ini perusahaan bisa menghemat biaya, lho. Aplikasi absensi online ini juga bisa mencegah perusahaan melakukan kesalahan dalam penggajian. 

4. Tak Ada Lagi Kecurangan

Aplikasi absensi online ini akan menghilangkan kecurangan yang seringkali terjadi. Tak ada lagi yang bisa titip absen, seperti saat melakukan absensi manual.

Baca Juga : Turn Over Karyawan Anda Tinggi? Cara Ini Bisa Jadi Solusinya

Aplikasi absensi online biasanya juga dilengkapi dengan GPS, yang bisa melacak keberadaan karyawan. Karyawan akan diketahui kehadirannya secara real time. 

5. Meningkatkan Produktivitas

Menggunakan aplikasi absensi online akan meningkatkan produktivitas. HRD perusahaan tidak akan direpotkan lagi untuk membuat tugas-tugas secara manual, misalnya mempengaruhi jam kerja karyawan dan memproses gaji secara manual.

6. Membuat Laporan Lebih Mudah

Dengan data akurat yang dihasilkan oleh aplikasi absensi online ini perusahaan akan mudah membuat laporan, mulai dari laporan terkait pajak, kehadiran, lembur, dan lain sebagainya. 

Pekerjaan HRD lun bisa dilakukan secara otomatis. Selain itu juga bisa diakses hanya dengan beberapa klik.

7. Terintegrasi dengan Payroll System

Salah satu keunggulan dari aplikasi absensi online ini adalah terintegrasi dengan Payroll System 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Kasir, Bikin Bisnis Makin Lancar

Ini membuat proses pembayaran gaji, pembayaran uang lembur, pembayaran asuransi karyawan, dan tugas-tugas lain yang menyangkut HRD dan Finance bisa dilakukan dengan lebih mudah, cepat, dan akurat. 

GajiHub, Aplikasi Absensi Online Terbaik di Indonesia

Aplikasi absensi


Ada banyak aplikasi absensi online di Indonesia, salah satu yang terbaik adalah GajiHub.

GajiHub ini adalah aplikasi absensi yang digagas dan dikembangkan oleh PT. Kledo Berhati Nyaman. 

Aplikasi ini berawal dari semangat membantu bisnis kecil memperbaiki dan mempermudah sistem pengelolaan SDM nya. GajiHub memiliki tujuan mengubah yang konvensional menjadi bisnis yang kuat, transparan, dan siap bertarung di kancah nasional maupun internasional.

Fitur Aplikasi Absensi GajiHub

Ada alasan mengapa GajiHub ini bisa dibilang sebagai aplikasi absensi online terbaik di Indonesia. GajiHub memiliki beragam fitur yang membantu perusahaan mengelola absensi karyawannya. 

Berikut adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh GajiHub.

Presensi dengan GPS

Aplikasi absensi online GajiHub ini dilengkapi presensi dengan GPS. Ini membuat karyawan bisa terlacak keberadaannya. Sehingga karyawan akan melakukan tanggung jawabnya sebaik mungkin, sebab presensi kerjanya terpantau oleh GPS. 

Terintegrasi dengan Payroll

Kehadiran karyawan berhubungan erat dengan sistem payroll. Sebab, jumlah kehadiran menentukan besaran gaji yang diterima setiap bulannya.

Aplikasi GajiHub ini sudah terintegrasi dengan sistem payroll. Ini membuat penghitungan gaji jadi lebih cepat dan mudah. Semuanya bisa dilakukan secara otomatis

Sinkronisasi jadwal lembur dan kunjungan external ke klien

Terkadang karyawan melakukan kunjungan ke klien atau perjalanan dinas, ini membuat karyawan tak bisa melakukan presensi kehadiran di kantor. Belum lagi saat harus lembur, kadang membutuhkan pencatatan waktu kerja lebih. 

Melalui aplikasi GajiHub ini, semua hal tersebut sudah terlelap secara langsung menggunakan sistem approval. 

Dilengkapi Abuse Detection

Kadang-kadang ada saja karyawan yang nakal dengan berbuat curang. Misalanya menggunakan fake absensi dengan menggunakan sistem fake GPS.

Semua itu tidak akan bisa terjadi bila menggunakan aplikasi absensi GajiHub ini. Sebab, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan software abuse detection. 

GajiHub memiliki cara kerja melacak GPS, IP address, dan face recognition yang sudah ada dalam sistem. Jadi, jika ada karyawan yang menggunakan fake GPS atau face IP address maka sistem presensi akan menolak kehadiran karyawan tersebut. 

Approval absensi secara online

Jika ada karyawan yang ingin mengambil cuti, pengajuannya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi GajiHub yang sudah terinstall di handphone. 

Manajemen juga bisa melakukan approval melalui aplikasi, semuanya dilakukan secara online. Rekapan data cuti, izin presensi akan tercatat secara detail dan menyeluruh.

Penutup

Demikian 7 keunggulan menggunakan aplikasi absensi online. Sudah saatnya perusahaan beralih ke aplikasi absensi online untuk mengatur absensi karyawannya. 

Menggunakan aplikasi absensi GajiHub ini bisa memudahkan perusahaan dalam mengelola absensi karyawannya. GajiHub adalah aplikasi absensi terbaik di Indonesia. Bisa digunakan untuk semua bisnis. 


Tidak ada komentar

Posting Komentar