Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Intip Kecanggihan Navya Arma, Bus Otomatis Pertama di Indonesia Ada di The Breeze BSD City

 Intip Kecanggihan Navya Arma, Bus Otomatis Pertama di Indonesia Ada di The Breeze, BSD City


Sinar Mas Land terus berupaya untuk berkontribusi dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai inovasi untuk mengembangkan kota pintar berenergi hijau yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan termasuk pengoperasian autonomous electric vehicles (AV) pertama di Indonesia dalam kawasan BSD City.    Autonomous Vehicles ini diberi nama Navya Arma. 

Bagaimana kecanggihan Navya Arma, bus otomatis pertama di Indonesia yang ada di The Breeze, BSD City ini? Yuk, baca artikel ini sampai habis, ya!

Navya Arma, Bus Otomatis Pertama di Indonesia Ada di The Breeze, BSD City

Navya Arma, bus otomatis pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City ini menjadi wujud inovasi yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land untuk mewujudkan smart city dengan green energy. Dengan dioperasikannya autonomous electric vehicles (AV) ini, memperkuat ekosistem digital di BSD City, setelah dibangunnya Digital Hub seluas 25 hektar sebagai kompleks perkantoran futuristik, mirip Silicon Valley yang ada di California, Amerika Serikat.

Spesifikasi Navya Arma, First Autonomous Vehicles

Navya Arma ini bentuknya mini dengan warna dominan biru cerah. First autonomous vehicles ini memiliki dimensi 4,7 m x 2,1 m. 

Navya Arma menggunakan baterai berkapasitas 33 KwH yang bisa bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik tanpa awak ini bisa menampung 15 penumpang, dengan pembagian 11 duduk dan 4 berdiri. 

First Autonomous Vehicles at Green Office Park, BSD City

Kecanggihan Autonomous Vehicles

Navya Autonom® Shuttle dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GNSS (Global Navigation Satellite Systems), dan sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, yang kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil.

Transportasi listrik otonom ini dapat mendeteksi, melacak dan mengklasifikasi halangan di sekitar secara real time/waktu sebenarnya untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis.

Baca Juga : Klaska Residence, Apartemen Modern dengan Konsep Resor dari Sinar Mas Land

Kecanggihan autonomous vehicles ini tidak terlepas dari adanya kolaborasi bersama antara Sinar Mas Land dengan Mitsubishi Corporation, melalui dukungan pendanaan dari JICA (Japan International Cooperation Agency), Mitsubishi Corporation, dan MACNICA Inc. 

Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan, “Perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanpa awak ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan. Kami menyaksikan inovasi AV ini hadir dengan memiliki fitur yang smart technology, selain itu transportasi cerdas ini juga menjadi alternatif moda transportasi baru untuk melayani mobilitas masyarakat. Kecanggihan fitur yang dimiliki AV ini juga merefleksikan gaya hidup yang akan kami hadirkan di BSD City dalam transformasi kota mandiri sebagai smart integrated digital city, khususnya di ekosistem Digital Hub yang sarat dengan kegiatan teknologi digital.”

Intip Kecanggihan Navya Arma, Bus Otomatis Pertama di Indonesia Ada di The Breeze, BSD City

Navya Arma sukses dengan uji coba pertamanya di bulan Mei hingga Juli lalu. Uji coba kedua dilakukan di kawasan BSD Green Office Park pada 27 Agustus 2022 sampai 5 Januari 2023 mendatang. 

Mobil listrik tanpa awak ini juga sudah diikutsertakan dalam event Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali. Pameran ini adalah official side event dari pertemuan G20, yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan pada tanggal 11-16 November 2022 lalu. 

Cara Naik First Autonomous Vehicles at Green Office Park, BSD City

Teman-teman pasti tidak sabar ingin mencoba kendaraan listrik tanpa awak pertama di Indonesia ini. Cara naik first autonomous vehicles ini mudah, lho. Bisa diakses melalui lobi utama The Breeze.

Baca Juga : Cari Apartemen di Surabaya? Klaska Residence Saja!

Jangan lupa, sebelumnya install dulu aplikasi OneSmile. Lakukan pendaftaran dan survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan ini di aplikasi tersebut. Oh ya, untuk anak-anak pastikan memiliki tinggi badan minimal 120 cm dan didampingi oleh orang tua.

Senang ya, bus otomatis pertama di Indonesia sekarang ada di The Breeze, BSD City. Pada tahap kedua ini, jadwal operasional AV setiap hari Selasa-Mingggu pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. 

First Autonomous Vehicles at Green Office Park, BSD City

Semuanya boleh mencoba kendaraan listrik tanpa awak ini secara GRATIS. 

Teman-teman bisa mencoba naik AV ini hingga tanggal 21 Desember 2022. Setelah itu, AV ini akan dipamerkan di dalam area The Breeze, dari tanggal 22 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023. 

Rasakan sensasi menikmati Navya Arma, bus otomatis pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City. 


46 komentar

  1. Canggih beudsss
    Aku terkiwir2 pengin cuss ke BSD demi naik bus keren ini
    SinarMas Land emang ciamiikkk bgt

    BalasHapus
  2. berharap banget konsep bus otomatis kayak gini hadir di Jogja. sebagai kota pendidikan bisa dibilang angkutan publik Jogja terbatas. yuk bisa yuk bus otomatis ini juga hadir di Jogja. Harus mensyen Sinar Mas Land juga nih aku hahaha

    BalasHapus
  3. Wah mesti cepetan biar bisa dapat kesempatan naik Navya Arma, bus otomatis pertama di Indonesia yang ada di The Breeze, BSD City. Keren banget ini..akhir pekan ke The Breeze ah, biasa main di sekitar BSD akutu

    BalasHapus
  4. Ahh, mau naik juga bus otomatis ini, kbayang tuh kerennya tanpa awak pula yaa. Hmm jadi tambah kepo, busnya unyu2.
    Noted banget di Lobby The Breeze BSD City. Hayu atu Dee, kita kesanaa janjian, eeaaa.

    BalasHapus
  5. Wah masih ada waktu sampai 21 Desember buat naik bus tanpa awak. Gimana ya, ngeri nubruk tapi so far ga ada kejadian gini kan mbak?
    Oh ya nantinya apa bakal beroperasi di area mall setelah pameran?

    BalasHapus
  6. Masih ada waktu nih sampe 21 Desember. Mayan sekalian nyobain naik dan bikin konten, hehehe... Tapi kok ada space untuk penumpang berdiri sih ya? Padahal sebaiknya duduk saja semuanya...

    BalasHapus
  7. gemes banget sama navya arma, mungil-mungil bisa jalan tanpa sopir. Penasaran juga kita pastinya ya...tapi untuk saat ini denger pengalaman yang pernah cobain dulu

    BalasHapus
  8. Pengen ke BSD juga buat nyoba bis keren ini. Eh kalau tanpa awak berarti gak ada sopirnya? Wooow canggih banget. Dengan teknologi terbaru maka bisa cobain sensasi naik bus otomatis yg bersih dan kece ya.

    BalasHapus
  9. Ku penasaran dengan kecanggihan Navya Arma, bus otomatis pertama di Indonesia yang ada di The Breeze, BSD City ini...semoga ada kesempatan main ke The Breeze dan nyobain sendiri

    BalasHapus
  10. Dulu nonton film kayaknya nggak percaya ya ada mobil yang bisa jalan sendiri tanpa sopir, eh ini beneran ada di BSD. Rasanya gimana pas naik? Deg-degan nggak ya? Keren ini, teknologi bisa kita nikmati sekarang dengan bus tanpa awak di BSD

    BalasHapus
  11. Baru seminggu lalu anakku nanya perihal bus tanpa supir. Dan ternyata sudah ada di Indonesia. Alhamdulillah ya. Kapan kapan ingin ke BSD juga.

    BalasHapus
  12. Bentuk busnya juga instagramable banget ya mbak, bagus buat background foto hehe. Jadi, penasaran juga pengen nyoba gimana rasanya naik bus seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lucu banget. Imut karena memang bisanya muat sedikit orang. Tapi mobil listrik tanpa awak ini suatu hal canggih yg bisa kita coba, unduh aplikasi onesmile dulu ah. Ajak anak2 seru nih, karena kendaraannya emang beneran menggemaskan

      Hapus
  13. jadi mau nyobain deh rasanya naik bus listrik yang nggak ada sopirnya? itu deteksinya bagaimana ya? duh serius nih jadi mau ke The Breeze BSD deh

    BalasHapus
  14. Mau nyoba tapi jauh dari rumah. Canggih sekali tanpa sopir. Bisakah? Apa yang terjadi nantinya ya jika terjadi berbagai masalah. Auto penasaran nih

    BalasHapus
  15. Keren sekali ini Kak, andai dekat pengen juga ikutan merasakan naiknya bus ini seru pasti.

    BalasHapus
  16. Masih ada beberapa hari lagi yaa, jadi instal dulu aplikasi onesmile. Coba aku cek deh abis ini. Mini cute banget bus otomatisnya, di The Breeze keliling2 yg hijau2 pas bangeeeet..

    BalasHapus
  17. Jadwalnya jelas dan teknologinya modern. Keren ya mba, rasanya udah kayak di negara maju! Semoga bus otomatis ini bisa digunakan secara maksimal bisa terawat dengan baik.

    BalasHapus
  18. Waktu merantau di Jakarta aku tinggal di BSD. Pas baca ini huaaa kok jadi kepengin balik terus nyobain bus otomatis ini. Gila ini keren banget lho. Kayak apa yang biasanya cuma ada di film jadi realita.

    BalasHapus
  19. Kalau bus ini ada di zaman dulu pasti dikira bus hantu ya wkwkwk. Ternyata memberi inspirasi untuk penciptaan bus tanpa awak ya

    BalasHapus
  20. Saya yang sudah dewasa saja penasaran banget dengan bus otomatis ini, apalagi anak-anak ya. Keren sinar mas land yang bisa terpikirkan untuk mengadopsi transportasi canggih dan ramah lingkungan seperti ini. Kedepannya mungkin kendaraan-kendaraan ini yang akan banyak berseliweran di jalan raya kita.

    BalasHapus
  21. Kece nih mobil listrik. Walaupun kecil tapi penuh manfaat. Pas momennya lagi liburan, kepengen main2 ah ke The Breeze BSD nyobain bus otomatis tanpa awak ini. Kudu buka aplikasi OneSmile dulu kalau gitu yach.

    BalasHapus
  22. Aiguuuu~
    Neomu kiyowooo.. Navya Arma, First Autonomous Vehicles.

    Pengen naik jugaaa..
    Dan semoga gak hanya di BSD yang punya ya.. Di beberapa kota besar lainnya juga segera ada agar kebermanfaatan kendaraan massal yang nyaman dan bisa diandalkan seperti ini bantu kurangi polusi.

    BalasHapus
  23. Penasaran pengen lihat dan naik Navya Arma. Keren ya Sinar mas Land, berkomitmen terhadap kelestarian lingkungan, dan mengoperasikan bus tanpa awak, bahkan ini yang pertama di Indonesia ya mbak. Keren banget!

    BalasHapus
  24. waah jadi pengen ngerasaiinn deh, haha. lucu ya bisnya gak pakai supir, keren banget udah bisa beroperasi gini di Indonesia :D

    BalasHapus
  25. suatu hal yang menarik sih dengan adanya bus otomatis pertama di Indonesia yang adanya baru di The Breeze BSD City ini..

    BalasHapus
  26. Semoga suatu hari nanti ada lebih banyak lagi perusahaan yang ikut jejak Sinar Mas Land, menyediakan Bus otomatis dengan tenaga ramah lingkungan. Jadi udara di kota lebih bersih tanpa ada buangan gas emisi

    BalasHapus
  27. Penasaran. Kalau jarak dekat, mau coba naik autonomous electric vehicles ini. Pakainya listrik kan. Jadi lebih ramah lingkungan juga

    BalasHapus
  28. Semakin canggih ya, Mbak. Aku jadi pingin ajak anak2 nyobain mobil listrik ini.

    BalasHapus
  29. Jadi inget drama "Are You Human?" atau "Start Up" yah..
    Menciptakan kendaraan nir awak.

    Semoga Navya Arma, si bus otomatis pertama di Indonesia ini tidak hanya jadir di BSD City, tapi juga di sejumlah kota-kota besar di Indonesia yang memiliki konsep yang sama, yakni ramah lingkungan.

    BalasHapus
  30. Model busnya cute banget, tapi canggih ya bisa jalan tanpa driver. Sinar Mas Land memang memperhatikan banget lingkungan ya sampai bus pun dibuat go green gitu

    BalasHapus
  31. Wow ada Navya Arma, bus otomatis pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City.....keren banget ini Mbak. Coba kalau dekat pasti saya pun ingin mencoba naik bus tanpa awak ini. Seru pastinya ya.

    BalasHapus
  32. Inovasi baru nih bua tanpa awak. Keren. Pengen nyoba naik. Semoga bisa dikembangkan di Indonesia.

    BalasHapus
  33. kereeeen, Indonesia semakin maju berarti ya.
    jadi pengen juga dong cobain bus otomatis ini, ehh tapi kalau berangkat sendiri gak berani ahh hihih
    moga di kota-kota lainnya juga segera hadir bus otomatis seperti ini :D

    BalasHapus
  34. Masih ada kesempatan nih untuk mencoba bus nya sampai bulan depan ya.
    siapa tahu pas kebetulan kerja ke daerah BSD bisa sekaligus menjajal

    BalasHapus
  35. Canggih bener ini bis, udah autopilot dan punya desain minimalis bin manis juga.

    Kapan ya bisa beroperasi di Jawa Timur. Pengen naik sekalian uji nyali soalnya ga ada supirnya wkwk

    BalasHapus
  36. Bus nya lucu banget ini, tapi super canggih ya karena bus otomatis tanpa driver. Memang deh, inovasi Sinarmas Land dan Mitsubishi keren abis. Jadi, pengin coba naik juga, apalagi gratis.

    BalasHapus
  37. Eeehh? kok lucu bangettt mbaa inii kyaaa >.< pengen nengokin jugaaa kwkwk cobain maksudnya. Hihi..

    BalasHapus
  38. Ya ampun kok lucu banget aih bentukannya. Mobilnya imut-imut gitu mana warnanya cerah. Jadi pingin nyobain naik deh

    BalasHapus
  39. Nama bis nya bagus banget: Navya Arma. Semoga saja setelah di BSD City, program bis otomatis yang auto "pilot" ini akan berlanjut ke kota-kota lainnya. Kalau bis nya seciamik ini, bakalan pada antusias deh, gak pakai mikir-mikir kalau mau naik Navya Arma ini

    BalasHapus
  40. Jadi pengen juga main ke BSD untuk naik bus otomatis ini.. Deket padahal dari rumahku.. harus dijadwalin nih.. hehehe kapan yah

    BalasHapus
  41. lucunyaa.. aku jadi kepengin naik mba, itu mah kayak tayo gitu ga sih bentuknya hahah warnanya yo biru. semoga aja surabaya segera menyusul!

    BalasHapus
  42. mungil dan lucu banget bentuknya mba, wkwkwk
    jadi pengen keliling-keliling naik bus canggih nan minimalis ini

    BalasHapus
  43. Jadi pengin ke BSD nih klo kaya gini, pengin ngerasain naik Navya Arma. Wuiiyyy puter2 BSD asik kan ya sembari nyobain bus cilik sing ga onok supire. ;)

    BalasHapus
  44. Nama busnya unik girly banget ya Navya Arma. Ada rasa khawatir gak sih Mbak naik kendaraan tanpa supir kaya gini?

    BalasHapus
  45. Busnya lucu banget ya, seru kali ya ngajak anak anak naik bus otomatis keliling The Breeze, BSD City.

    BalasHapus