Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Pengalaman Menjual Buku Karya Sendiri

  


J&T Cargo


Sejak memutuskan resign dari kantor, saya berusaha untuk tetap produktif di rumah. Tak hanya menulis buku dan blog, saya juga mencoba peruntungan berbisnis online. 


Pengalaman Menjadi Pelaku Bisnis Online


Dulu, saya itu anti banget sama bisnis. Paling males kalau ngomongin bisnis. Merasa tidak menaruh minat pada bisnis. Saya merasa tidak memiliki kemampuan berjualan.


Tapi, roda hidup terus berputar. Bermula dari memasarkan buku karya sendiri, saya pun jadi keterusan untuk bergelut di dunia bisnis online. 


Saat pertama kali  memiliki buku solo, ada rasa bangga sekaligus cemas. Bangga akhirnya cita-cita menjadi penulis buku jadi tercapai. Cemas, apakah bukunya ada yang mau beli. 


Hasil tak menghianati usaha. Itulah yang saya rasakan saat berjualan online buku karya sendiri. Saya tak lelah untuk promosi setiap harinya. Beruntung, hidup di era digital seperti ini. Media sosial menjadi sarana promosi yang tepat. 


Pengalaman menggunakan J&T Cargo


Pada cetakan pertama, buku saya laku sebanyak 1300 pcs. Cetakan kedua 2300 pcs. Bagi penulis pemula seperti saya, jumlah itu sungguh fantastis. 



Sebuah pencapaian yang luar biasa bagi saya. Karya pertama saya bisa diterima oleh banyak orang. Alhamdulillah.


Tips Memilih Layanan Logistik untuk Bisnis Online


Ternyata, saat berkecimpung di dunia bisnis online, bukan hanya promosi yang harus saya pikirkan, tetapi juga bagaimana bisa mengirimkan barang kepada pembeli. 


Pastinya saya harus memilih layanan logistik yang aman dan terpercaya. Agar buku saya bisa selamat sampai ke pembacanya. 


Memilih layanan logistik bagi pelaku bisnis online itu nggak sembarangan. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih layanan logistik yang mendukung kelancaran bisnis online. 


1. Layanan logistik tersebut memiliki website resmi yang mudah diakses dan memberikan informasi yang lengkap seputar pengiriman. Mulai dari jenis layanan yang tersedia, estimasi pengiriman, tarif, hingga tracking pengiriman.


2. Memiliki pusat bantuan atau call center yang cepat dan responsif dalam menangani keluhan pelanggan.


3. Jangkauan luas, sehingga mendukung pengiriman ke seluruh pelosok negeri.


4. Memiliki jaminan klaim, misalnya dengan adanya asuransi barang untuk menjaga barang selamat sampai tujuan.


5. Harga terjangkau dan menawarkan berbagai promo menarik. 


Nah, karena buku saya lumayan berat, 350 gram/buku dan seringkali konsumen membeli buku lebih dari satu bahkan pernah ada yang dari Kalimantan membeli 20 buku sekaligus, maka saya memilih perusahaan logistik yang memiliki layanan kirim paket besar. Pilihan saya jatuh pada J&T Cargo.


Kelebihan J&T Cargo


Kirim Paket Besar dengan Harga Terjangkau



Saat ada pesanan 20 buku dari Kalimantan, saya berusaha mencari perusahaan logistik yang mendukung pengiriman paket dalam jumlah besar. Pastinya saya ingin, pembeli tidak diberatkan dengan ongkos kirim yang mahal. 


Kelebihan J&T Cargo



Kehadiran J&T Cargo ini menjawab tantangan pasar. Dimana bisnis online semakin berkembang pesat. Barang-barang yang dijual secara online makin beragam, bahkan banyak yang berjualan barang dengan volume besar. J&T Cargo bisa membantu mengirim barang dengan volume lebih besar ke seluruh Indonesia.


Produk layanan J & T Cargo


1. Layanan SLA


SLA (Service Level Agreement) adalah layanan pengiriman paket yang tepat waktu dan efisien, dengan berbasis teknologi dan diestimasikan paket akan sampai dalam jangka waktu kurang dari 3 hari.


Termasuk pengiriman tepat waktu antar kota via darat, proses operasional yang efisien dan profesional, hotline eksklusif, tracking setiap saat, dan pengiriman dengan SLA terjamin.


2. Cargo kecil


Cocok bagi pelaku bisnis online yang ingin memasuki pasar grosir dengan paket-paket kecil seperti kosmetik, skin care, barang-barang fashion, makanan segar, hingga peralatan keras dan elektronik serta produk chain store yang lain.


Dengan menggunakan layanan kargo kecil, paket akan tiba tepat waktu, diberikan prioritas saat transit dan delivery, diberikan juga prioritas pada saat pengiriman dan pengantaran barang hingga ke tempat tujuan.


3.     Kargo Standar

Layanan pengiriman hingga ke rumah dengan prosedur operasional standar dan harga yang ekonomis. 


Namun, tetap menomorsatukan kualitas pelayanan mulai dari ketepatan waktu kedatangan barang dan keamanan barang selama proses perjalanan.


Selain tiga layanan di atas, J&T Cargo juga memiliki beberapa layanan tambahan yang profesional, akurat, dan efisien, seperti : 


• Asuransi barang

• Kemasan aman

• Pengembalian tanda terima

• Layanan Warehouse

• Perwakilan Penerimaan Paket

• Layanan gabungan warehouse dan distribusi


Tak hanya itu, J&T Cargo juga memiliki jaminan pelayanan bagi konsumennya. Mulai dari pemesanan yang mudah, full tracking, operasional yang profesional, standar manajemen, jaminan klaim, hingga respon yang cepat. Semua itu untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. 


Kelebihan J&T Cargo


● Terjangkau, kirim paket besar lebih efisien sampai 50% menggunakan layanan J&T

Cargo, mulai dari 5kg

● J&T Cargo memiliki jangkauan area yang luas dengan cakupan

98% area di Indonesia

● Pengiriman menggunakan J&T Cargo ini tepat waktu, sesuai rencana 

● Memiliki ayanan gratis jemput paket untuk pengiriman reguler


● Terdapat layanan EzTrack, integrasi API untuk mempersingkat pengolahan

informasi menjadi lebih cepat dan akurat sepanjang proses distribusi

● VIP Customer di J&T bisa menitipkan barang di warehouse J&T untuk nantinya dikirimkan melalui layanan J&T Cargo


Penutup


Saya senang bisa melayani pembeli dengan baik, buku-buku saya bisa sampai dengan selamat. Tak perlu mengkhawatirkan volume barang, J&T Cargo membantu saya untuk kirim paket besar dengan harga terjangkau. 


Buat teman-teman yang punya bisnis online dengan barang bervolume besar, jangan ragu untuk memilih J&T Cargo saja. 


'Paket Besar Cari J&T Cargo'

49 komentar

  1. Ternyata beragam juga ya produk layanan J&T cargo ini, jadi bisa milih sesuai kebutuhan ya. Btw keren banget bisa menjual buku karya sendiri. Semoga makin sukses ya, apalagi terbantukan banget dengan layanan J&T Cargo ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produk layanan J&T ini juga beragam ya, ada pilihan cargo besar atau kecil, jadi bisa menyesuaikan banget dengan kebutuhan pengiriman barang

      Hapus
  2. Wah keren Mbak Dee, bukunya laris
    Sayapun puas banget menggunakan layanan J&T Karena dekat rumah, paket cepat sampai dan biaya nya sangat terjangkau

    BalasHapus
  3. mantap yaa kak mengirimkan paket besar tak perlu khawatir lagi soal ongkos kirim karena ada JnT cargo yang bisa diandalkan para seller online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak,
      jadinya untuk mengirimkan paket buku kemana saja bisa menjangkau semua lokasi pembeli

      Hapus
  4. Barakallahu kak Dian bertemu dengan jasa pengiriman yang memahami dan mendukung. Sukses selalu ya untuk bisnis bukunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, masya Allah cetakan pertama dan cetakan kedua begitu banyak ya, pastinya karena isi bukunya yang menarik nih. Untung ada J&T Cargo ya, jadi bisa makin mudah juga mendistribusikan sebegitu banyak buku

      Hapus
  5. Keren sekali bisnisnya, Mbak. Apalagi buku yang dijual, ada yang ditulis sendiri. jadi terus menulis, Mbak Dian. Kemudian, memang buku itu lumayan berat. jadi harus cari jasa logistik yang pas di hati dan kantong pelanggan. Apalagi kalau kirimnya jauh ya, Mbak.

    BalasHapus
  6. Mau paket kecil ataupun besar, layanan J&T Cargo memberikan reasonable price ya..
    Aku seneng banget kalau sekarang gak perlu worry dengan pengiriman ke manapun dan dengan volume sebesar apapun. Uda nyaman banget sama J&T Cargo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusi tepat kirim paket ya, Mbak. bahkan ada layanan jemput paket juga. Saya juga berencana kirim paket dari Kebumen ke Depok.

      Hapus
  7. Masya Allah, barokallah, buku laris dan makin laris dengan kemudahan dalam pengiriman, apalai dengan J&T cargo banyak kemudahan di dalamnya

    BalasHapus
  8. Menjual buku karya sendiri memang bisa menjadi pengalaman yang menarik dan menggembirakan, tetapi juga bisa menjadi tantangan yang berat ya kak

    BalasHapus
  9. Ikut senang mengetahui cerita mbak menjual buku karya sendiri. Penulis pemula dg jumlah cetak segitu dan sudah jelas siapa yg beli itu keren poolllll mbak. Jarang penulis pemula punya trigger sebegitu tangguhnya. Wow banget.

    BalasHapus
  10. Keren banget mbak. Bicara jualan online pasti gak jauh-jauh dari ekspedisi J &T Cargo juga salah satu jasa kirim barang langganan pengiriman paket diecast kami

    BalasHapus
  11. Mbak masyaa Allah tabarokallah keren banget sih bisa menjual buku karya sendiri sampai ribuan pcs. Hebat lho mbaaakk. Lanjutkan berkarya mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, keren banget. bisnis dengan jualan online buku hasil karya sendiri pasti bikin happy banget sih ini, mupeng jugaa
      Smoga di karya berikutnya pesanan bukunya juga bisa tembus ribuan lagi mbak
      smangat

      Hapus
    2. Aamiin aamiin. Saling mendoakan ya mbak. Semoga kita bisa ketularan jadi manusia yang karyanya bisa bermanfaat untuk orang banyak. Aamiin.

      Hapus
  12. Keren banget sih mbak bisa menjual produk hasil karya sendiri sebanyak 1000pcs lebih
    Patut untuk ditiru nih

    JnT jadi ekspedisi favorit banget deh apalagi dekat dsn mudah ditemukan di dekat rumah,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak, semangat Kak Dian luar biasa ya. Sehingga ikut melecut diri untuk makin SemangatCiee

      Hapus
  13. Kebetulan banget tadi baru ngobrolin menerbitkan buku secara indie
    Ternyata Mbak Dee punya tips yang bisa banget dipraktekin
    dan harusnya menggunakan layanan J&T untuk pengiriman
    Agar bisa tepat waktu sampai ke konsumen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget ya Ambu, jadi memudahkan pebisnis untuk bisa melakukan penjualan secara meluas, dengan mengandalkan J&T untuk ekspedisi pengirimannya

      Hapus
  14. whoooo jadi ini rahasianyaaaa
    keren bgt dirimu mbaaa
    makin semangaat yah

    BalasHapus
  15. nyaris seluruh indonesia ada tentu aja layanan ekspedisi JnT cargo adalah yang terbaik dalam memilih partner kurir usaha kita. dengan banyaknya kelebihan yang di dapat usaha jual buku karya sendiri jadi makin lancar jaya ya mba..

    BalasHapus
  16. J&T Cargo emang bisa diandalkan untuk mengirim paket besar dan berat ya mbak. Secara buku kan rada berat, kalau banyak emang rekomennya pake cargo biar ongkirnya lebih mudah. pilihan yang tepat tentunnya J&T Cargo

    BalasHapus
  17. MashaAllah kerennya Mbak Di. Bukunya bisa terjual ribuan. Kasih tips dan trik nya dong Mbak Di. Saya nih harus banyak belajar soal promosi buku. Kebetulan lagi jump-in ke dunia produksi buku nih. BTW, soal packaging dan shipment memang jadi pertimbangan ya Mbak. Terutama yg lokasinya jauh dari tempat pengiriman. Apalagi buku kan lumayan berat kalau yang lebih dari 250 halaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren banget yaaa..
      Mupeng banget liat bisnis Dian yang lancar. Nulis sebagai hobi dan akhirnya juga harus bersentuhan dengan dunia bisnis.

      Bersama J&T Cargo, partner ekspedisi yang amanah, bisa membantu dalam pengiriman dengan harga terjangkau dan tepat waktu.

      Hapus
  18. Masyaallahum bukunya laris manis Yaa, saya juga pakai layanan J&T Kak. Saya juga sempat berpikir sama nih seperti Mba Dian, kaya nggak punya bakat di dunia bisnis...tapi roda berputar kesempatan pun datang bergantian...akhirnya sedikit demi sedikit kecebur jjga di dunia bisnis...hehe...

    BalasHapus
  19. keren nih, selain blogger kakak bisa buat buku sendiri, terus bisa dijual dan menghasilkan ya...mantap. Dan memang jasa logistik J&T ini sering saya pakai untuk penyaluran barang yang saya beli di marketplace...

    BalasHapus
  20. Aku sangat bersyukur membaca artikel ini, mba. Ini sangat inspiratif dan membantuku memahami proses menjual buku karya sendiri. Bisa lebih mudah kalau pakai sistem pengiriman paket kargo ya.

    Aku juga berharap informasi ini akan membantu orang lain yang ingin memulai bisnis dengan menjual buku sendiri. Terima kasih banyak atas berbagi informasi yang berguna.

    BalasHapus
  21. Keren ya Mbak bisa punya usaha jual buku karya sendiri. J&T Kargo ini memang bisa jadi solusi banget ya buat kirim produk atau barang dalam jumlah banyak atau besar apalagi biaya pengirimannya juga cukup terjangkau

    BalasHapus
  22. Menarik buku parentingnya Mba Dee. Saya juga dulu juga sempet jualan online tapi jualannya baju. Memang kebantu banget sih dengan layanan ekspedisi JnT. Cepet sampai ke customernya.

    BalasHapus
  23. MasyaAllah bombastis banget jumlah buku terjualnya Mba, jadi iri dan termotivasi niih. Aku juga salah satu pelanggan setia JnT Mba, kalau belanja apalagi via si orange selalu pilih ekspedisi JnT. Selain cukup murah, pengirimanya cepat juga untuk pengiriman dari luar pulau

    BalasHapus
  24. Selama ini memang ekspedisi favorit tetep JnT sih emang. Udah jadi juarak di hati! layanan antar jemput paket yang paling kusuka dari JnT ini. Anyway, selamat untuk buku solonya ya, Mbak. Keren ih, udah sampe cetakan kedua

    BalasHapus
  25. Keren Mbak! Sudah pernah menerapkan bisnis end-to-end ya Mbak berarti, mulai dari produksi, bahkan menulis bukunya sendiri, sampai ke tahap pemasaran dan pengiriman. Salut deh dengan Mbak. Pengalaman penting dan berharga banget ini menurutku.

    BalasHapus
  26. keren banget mbak bukunya laris manis. memang ya sekarang penulis buku itu juga harus bisa menjual bukunya kalau nggak salah istilahnya writerpreneur gitu. karena ya percuma aja kan nulis buku kalau nggak ada yang baca

    BalasHapus
  27. Baru aja tadi dapat kiriman pakai jasa J&T
    rasanya senang karena cepat sampai ke rumah
    Packingnya pun rapi sehingga ketika dibuka isinya gak penyok

    BalasHapus
  28. Betul mba kalau paket besar banget dan luar pulau emang paling murcee pakai J&T Cargo. Kalau pakai yang biasa bisa ambyar ongkirnya

    BalasHapus
  29. Rasanya berbunga-bunga ya, Di..
    Ketika karya yang ditulis menjadi sebuah jalan bagi orang lain dalam mempelajari sesuatu. Buku yang sangat dibutuhkan para Ibu untuk mengasuh dengan bahagia dan siap didistribusikan menggunakan J&T Cargo.

    BalasHapus
  30. Wah mantapp ini, aku dlu juga jualin buku2 sendiri hahaha alhamdulillaah.. capeknya kerasa, terbayar tapi ketika pembaca seneng sama karya kita. Bersyukur skrg ada banyak kargo kayak JnT gini ya kak

    BalasHapus
  31. Hebat banget mba, selamat!!! Iya itu pencapaian yang bagus bisa terjual ribuan pieces. Semoga selalu sukses mbaa, j&t juga favorite ku untuk kirim barang hahaha

    BalasHapus
  32. Keren banget kak bisa punya buku yg dijual disendiri, sukses selalu kak.

    BalasHapus
  33. Dulu pernah ikutan antalogi, sebagai pemula kukira udah ngirim tulisan dan terbit ya udah bangga, tapi ternyata kita-kita dihimbau untuk membantu promosi supaya terjual bukunya, haha kalo inget itu jadi malu sendiri. Semangat ya mbak, supaya laris manis terus bukunya

    BalasHapus
  34. Memang gak gampang menjual produk sendiri ya Mbak. Harus telaten dan gigih dalam memperkenalkan buku karya sendiri kepada publik. Harus juga punya strategi jitu agar orang tertarik dengan buku kita.

    BalasHapus
  35. Artikel yang menarik! Tips yang diberikan tentang bagaimana memilih layanan logistik untuk bisnis online sangat bermanfaat, mba.

    Aku sangat menghargai adanya panduan yang jelas untuk membantu para pemilik bisnis online memilih layanan logistik yang tepat untuk bisnis mereka. Ini akan membantu banyak pebisnis dalam mengambil keputusan penting tentang logistik dan jasa pengiriman barang. Terima kasih telah berbagi informasi ini.

    BalasHapus
  36. belum pernah coba kirim paket pake jnt cargo ini, Mba. selama ini cuman pake jnt express dan jnt economy

    BalasHapus
  37. Wuahh keren mbak! Buku karnya juga angka penjualannya. Aku dari dulu nggak selesai-selesai nulis buku solo. Wkwk.. Dan JNT Cargo emang pilihan tepat ya dalam memilih ekspedisi pengiriman barang.

    BalasHapus
  38. Wah keren banget mba, bukunya laris manis.
    Btw J&T Cargo memang jadi andalan kalau kirim paket besar ya. Selain aman harga juga ekonomis

    BalasHapus
  39. masyaAllah keren banget bukunya laris manis. Jadi selain bisa menghasilkan karya tulisan berupa buku sekaligus juga belajar manage bisnis sampai memilih jenis pengiriman yang terbaik untuk konsumen ya mbak...

    BalasHapus
  40. Keren banget kamu mbak bisa punya karya dari hasil menulis sekaligus mampu memasarkan nya. Dari dulu kagum banget sama yang namanya penulis.

    Btw, aku sempat punya bisnis online juga dan pakai jasa jnt untuk mengirim barangnya.

    BalasHapus