Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Berkonten Ria Bersama IndiHome, Membuatku Diterima Menjadi Wartawan Kehormatan Korea.net

 

IndiHome


Siapa yang suka nonton drama Korea (drakor)? Saya! Hehe… 


Awalnya nonton drakor jadi hiburan saat pandemi COVID-19. Himbauan dari pemerintah untuk stay at home membuat saya mulai menekuni hobi nonton drakor. Apalagi, internet provider saya memberikan akses unlimited untuk menonton drakor dari layanan OTT (Over The Top). 


Siapa sangka, hobi nonton drakor tak sekadar hiburan semata. Menonton drama Korea menjadi hobi yang produktif bagi saya. Saya menghasilkan banyak konten dari hobi nonton drakor. Bahkan, diantaranya berbuah cuan. Seru kan? 


Hobi Nonton Drama Korea


Nonton drama Korea sebenarnya bukan hal baru bagi saya. Sejak masuknya kebudayaan Korea di Indonesia, pada tahun 2000 an saya mulai suka drama Korea. 


Mulai nonton drakor


Kalau ditanya kapan mulai nonton drakor, pasti jawabannya sudah lama sekali. Saya sudah nonton drakor sejak masih SMP, saat itu tahun 2000 an. Tahun-tahun awal menyebarnya budaya Korea Selatan di Indonesia. Dulu, nontonnya sih di televisi. 


Lalu, ketika menikah saya mulai nonton drakor lagi. Kali ini nontonnya lewat DVD, nonton bareng sama suami. 


Hobi nonton drakor kembali membuncah saat pandemi. Saat tak bisa mencari hiburan di luar rumah, ditambah lagi dengan adanya layanan OTT, yang memungkinkan saya bisa mengakses drama Korea dengan mudah. 


Alasan nonton drakor


Kadang, banyak juga orang yang bertanya, apa sih bagusnya drama Korea itu. Wong ceritanya menye-menye gitu. Cinta-cintaan melulu


Hehe, pendapat itu nggak salah sih. Tapi juga nggak sepenuhnya benar. Kesukaan saya terhadap drama Korea itu tak sekadar kisah cinta romantis yang ditampilkan saja. Bagi saya, drama Korea itu punya banyak alasan untuk ditonton. 


Pertama, tentu karena ceritanya menarik. Drama Korea mampu menghadirkan cerita yang enak untuk dinikmati. Nonton drakor bisa jadi me time tersendiri bagi saya, melepas penat sejenak. 


Kedua, ceritanya unik. Tak cuma menarik, kisah yang diangkat dalam drama Korea juga unik. Khususnya cerita tentang profesi-profesi yang tak biasa. Drama Korea nggak hanya bercerita tentang dokter dan pengacara saja, tapi juga mengangkat kisah-kisah dari profesi yang tak biasa. Misalnya, pekerjaan sebagai perias mayat, yang diangkat dalam drakor "May I Help You". Atau bagaimana kisah pelatih kencan dalam drama " Bora, Deborah! ". Unik kan? 


Baca Juga : Review Drama Korea Bora! Deborah, Yoo In Na Jadi Ahli Kencan


Ketiga, bisa belajar kebudayaan Korea. Saya selalu kagum dengan sineas drama Korea, dalam setiap karyanya, mereka tak pernah lupa menghadirkan bentuk-bentuk budaya Korea. Mulai dari Hanbok, pakaian tradisional Korea hingga beragam perayaan-peraayaan di Korea, seperti Chuseok (추석) atau Hangawi (한가위) (Festival Musim Gugur) dan Seollal (설날) atau Tahun Baru Imlek. Saya jadi banyak tahu tentang budaya Korea dari drakor. 


Keempat, OST yang easy listening. Nonton drakor tidak lengkap tanpa adanya OST (Original Soundtrack). Drama Korea selalu hadir dengan OST yang enak didengar. Apalagi, saat menonton drama Hospital Playlist. 


Produktif Bikin Konten Seputar Korea


Terkadang, saya masih sering menerima nyinyiran dari beberapa orang, "Ngapain nonton drakor! Buang-buang waktu saja! ". Hehe, namanya juga pendapat orang ya, tidak bisa dikendalikan. 


Mungkin orang-orang yang beranggapan negatif tentang hobi nonton drakor ini belum tahu, bahwa hobi ini bisa jadi hobi yang produktif. 


Beragam konten produktif dari nonton drakor


Hobi menonton drama Korea membuat saya produktif berkonten. Banyak ragam konten yang saya hasilkan dari hobi nonton drakor ini, misalnya : 


Konten tulisan


Konten tulisan adalah konten yang pertama kali saya buat dari hobi nonton drakor. Mulai dari menulis review drakor di blog pribadi, hingga menjadi content creator di Drakor Class, website seputar literasi dan budaya Korea. 


Baca Juga : Drakor Class, Sebarkan Semangat Literasi dan Hallyu Bersama Internetnya Indonesia


Dari drama Korea yang saya tonton, saya bisa menulis artikel dalam berbagai sudut pandang, tak sekadar review drakor saja sih. Saya bahkan bisa menulis artikel tentang mitos dan fakta seputar menyusui yang terinspirasi dari drakor "Birthcare Centre"


Konten suara 


Hobi nonton drakor, membuat saya berani mencoba hal yang baru. Membuat konten suara dalam siaran podcast. Memang saat ini saya belum punya channel podcast pribadi, tetapi saya sudah punya banyak pengalaman di dunia suara ini. 


IndiHome fiber optic
Johayo Show | Drakor Class 



Mulai dari mengisi podcast Drakor Class hingga berkesempatan menjadi pengisi acara dalam "Johayo Show" di radio RPK FM, Jakarta. 


Konten gambar


Media sosial, khususnya Instagram bisa menjadi media promosi yang tepat bagi artikel blog. Ini yang membuat saya juga membuat konten gambar untuk postingan Instagram. 


Konten video


Terkadang saya juga membuat konten video. Mulai dari video TikTok, video IG Live, dan juga video YouTube dari drama Korea yang sudah ditonton. 


Dari hobi jadi cuan


Awalnya, bikin konten seputar drakor itu buat seru-seruan. Siapa sangka, berbuah cuan. Hobi nonton drakor ternyata menjadi ladang cuan bagi saya. 


Saya mendapatkan penawaran mengulas skincare Korea, menjadi juri penulisan lomba dari KCCI (Korean Cultural Center Indonesia), hingga menjadi salah satu pemenang lomba blog IndiHome, internet provider dari Telkom Indonesia. 


Internet



Alhamdulillah, dari hobi jadi cuan


Menjadi Wartawan Kehormatan Korea.net


Hobi nonton drakor terus membawa saya melangkah lebih jauh. Semua konten seputar drakor yang sudah saya buat, menjadi portofolio untuk diterima sebagai wartawan kehormatan dari Korea.net.


Wartawan kehormatan



Apa itu wartawan kehormatan? 


Wartawan kehormatan adalah komunitas yang terdiri dari masyarakat internasional yang tidak berkewarganegaraan Korea dan memiliki minat terhadap kebudayaan Korea. Wartawan kehormatan bertugas membuat berbagai konten seputar kebudayaan Korea, mulai dari artikel, video, foto maupun animasi. 


Komunitas ini pertama kali terbentuk pada tahun 2011. Wartawan kehormatan ini tersebar di seluruh penjuru dunia. Ada 10 bahasa yang bisa digunakan oleh wartawan kehormatan dalam membuat konten seputar kebudayaan Korea, yaitu bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Rusia, Jerman, Prancis, Vietnam, Arab, Spanyol, dan Indonesia. 



Manfaat menjadi wartawan kehormatan


Ada banyak manfaat yang bisa diterima saat menjadi wartawan kehormatan, yaitu : 

  • Kesempatan mengikuti acara kebudayaan Korea

  • Mendapatkan honor atas artikel terpilih

  • Mendapatkan pelatihan seputar literasi

  • Memperluas networking

  • Mendapatkan souvenir

  • Mendapatkan hadiah saat acara apresiasi

  • Berkesempatan datang ke Korea 



Tentang Korea.net


Korea.net adalah portal web resmi pemerintah Korea Selatan. Korea.net ini dikelola oleh KOCIS (Korean Culture and Information Service) di bawah naungan Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan. 


Baca Juga : Belajar Budaya Korea di Korean Corner, Seru dan Menyenangkan!


IndiHome Mendukungku Menjadi Wartawan Kehormatan


Bulan Maret lalu, pengumuman penerimaan wartawan Kehormatan saya lihat dari sosial media. Saya mendaftar dan akhirnya lolos seleksi. Hobi nonton drakor membawa babak baru dalam kehidupan saya. 


Kesempatan ini tak akan terwujud jika saya tidak berlangganan IndiHome sebagai internet provider di rumah. 


IndiHome Telkom Indonesia



IndiHome memiliki layanan streaming terlengkap


Hobi nonton drakor yang menjadi langkah awal saya sebagai wartawan kehormatan, dimulai dari layanan streaming yang dihadirkan oleh IndiHome. Layanan internet cepat dari Telkom Indonesia ini memiliki 14 OTT yang dihadirkan di IndiHome TV. 


Layanan OTT IndiHome
Layanan OTT IndiHome| IndiHome



Ini membuat IndiHome menjadi satu-satunya internet provider dengan 14 OTT dan 262 channel di Indonesia. Ini membuat saya bisa menonton berbagai drama Korea yang ada di Netflix, VIU, Prime Video, Disney+Hotstar dan masih banyak lagi. 


Ini memperkaya referensi saya tentang drama Korea. Menjadi modal penting dalam menghasilkan beragam konten seputar drakor. 


Teman-teman yang juga suka nonton drakor seperti saya bisa memilih Paket Internet IndiHome Streaming 2P Netflix & Disney atau Paket IndiHome Streaming 3P Netflix & Disney sebagai paket IndiHome OTT terbaik.


Atau bisa juga menikmati Netflix Originals, bonus ratusan channel TV bahkan gratis nelpon ratusan menit dengan harga termurah Rp415.000 untuk IndiHome Streaming 2P dan Rp475.000 untuk IndiHome Streaming 3P dengan kecepatan 30 Mbps.


Bikin konten makin asik dengan internet cepat dan stabil dari IndiHome


Internet provider


IndiHome adalah internet provider dari Telkom Indonesia yang menggunakan teknologi fiber optic. Teknologi ini membuat jaringan internet IndiHome lebih unggul dibandingkan internet provider lainnya, seperti :


Cepat 

Jaringan internet IndiHome memiliki kecepatan yang tinggi, hingga 100 Mbps.


Stabil

Kualitas internet IndiHome jauh lebih stabil meski diakses secara bersamaan.


Andal

Teknologi fiber optic membuat jaringan internet IndiHome lebih tahan dalam kondisi cuaca apapun, termasuk serangan petir dan gangguan elektromagnetik lainnya. 


Canggih

Tidak hanya itu, bahkan teknologi fiber optic adalah teknologi penghantaran data tercanggih dan terbaru yang digunakan dalam layanan fixed broadband.



Semua ini membuat saya bisa membuat beragam konten untuk menjalankan peran sebagai wartawan kehormatan. Semua pekerjaan menghasilkan konten mulai dari proses riset hingga eksekusi bisa berjalan lancar tanpa hambatan, sat set gitu, istilah kekiniannya :) 


Kelebihan lndiHome


Tak hanya memiliki layanan OTT terlengkap dan kecanggihan teknologi fiber optic nya, IndiHome punya banyak kelebihan yang membuatnya menjadi internet provider pilihan Indonesia. 


Beberapa kelebihan lndiHome lainnya adalah : 


Unlimited


Tak perlu khawatir kehabisan kuota saat nonton drakor ataupun membuat konten, kuota internet IndiHome ini unlimited, tidak ada batasan kuota. 


Menjangkau pelosok negeri


Jaringan internet IndiHome ini tak hanya bisa dinikmati oleh saya yang tinggal di kota metropolitan saja, melainkan bisa menjangkau hingga pelosok negeri. 


IndiHome telah menjangkau 499 dari 514 kota/kabupaten. Dengan ini penetrasi layanan IndiHome secara nasional telah mencapai 97 persen. Ini membuat IndiHome dijuluki sebagai #InternetnyaIndonesia.


Ditawarkan dalam berbagai pilihan paket


IndiHome ditawarkan dalam berbagai pilihan paket yang sesuai kebutuhan pelanggannya. Mulai dari paket Single Play, Dual Play, hingga Triple Play. Atau bisa juga memilih paket study, gamer, dan entertainment. 


Kalau saya, pilih paket Dual Play dengan kecepatan hingga 30 Mbps. 


Adanya myIndiHome yang memudahkan pelanggan


IndiHome selalu melayani pelanggannya dengan baik. Melalui aplikasi myIndiHome ini, pelanggan bisa membayar tagihan, aktivasi OTT, langganan fitur add-on, pelaporan gangguan, cek tagihan, cek poin myIndiHome, hingga info pemakaain. Semua itu bisa dilakukan dalam satu genggaman saja. 


Fitur pengaduan layanan yang beragam


Selain melalui aplikasi myIndiHome, pelanggan bisa melakukan pengaduan layanan melalui live chat, call centre & email, serta datang ke Plasa Telkom yang tersebar di seluruh Indonesia. 


Paket IndiHome
Pengaduan layanan | IndiHome



Ini menjadi bukti nyata kepedulian IndiHome terhadap pelanggan. Tak heran, hingga kuartal ketiga tahun 2022, jumlah pelanggan IndiHome mencapai 9 juta orang. 


Kualitas IndiHome ini juga sudah diakui secara internasional, lho. IndiHome mendapatkan penghargaan dalam 7 kategori bergengsi di ajang penghargaan tahunan multinasional Stevie Award 2023.


Pada perhelatan tahunan Stevie® Awards ke-17 for Sales & Customer Service yang diselenggarakan di Las Vegas, Amerika Serikat belum lama ini, IndiHome berhasil meraih penghargaan tertinggi dalam kategori “Best Customer Feedback Strategy”.


Hal ini merupakan apresiasi tertinggi yang diperoleh unit pelayanan konsumen dan penjualan IndiHome, karena telah sigap melayani pelanggannya. IndiHome bersaing dengan lebih dari 2.300 entri dan dinilai oleh 170 juri profesional tingkat global.


Daebak.. 


Penutup


Menjadi wartawan kehormatan adalah langkah baru bagi saya. Sebuah kesempatan emas bagi saya untuk terus berkonten ria seputar drakor sekaligus pijakan untuk lebih menghasilkan karya literasi yang profesional dan berdampak luas. 


Terima kasih IndiHome, selama ini sudah mendukung hobi nonton drakor saya. Melalui jaringan internetnya yang cepat dan stabil, IndiHome membantu saya produktif membuat konten. 


Berkonten ria bersama IndiHome, membuatku diterima menjadi wartawan kehormatan Korea.net.


Ini ceritaku bersama IndiHome. 


Bagaimana dengan teman-teman, adalah cerita menarik yang didapat dengan internet provider IndiHome dari Telkom Indonesia ini? 


Share di kolom komentar, ya! 


Terima kasih. 


Referensi


  1. https://indihome.co.id/promo

  2. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/30/indihome-mendominasi-pasar-internet-fixed-broadband-di-indonesia

  3. https://databoks.katadata.co.id/index.php/datapublish/2021/09/21/pendapatan-indihome-tumbuh-242-pada-semester-i-2021

  4. https://indonesian.korea.net/NewsFocus/HonoraryReporters/view?articleId=230280&pageIndex=1

  5. Pengalaman pribadi penulis

  6. https://era.id/amp/123424/bawa-nama-indonesia-indihome-raih-7-penghargaan-bergengsi-stevie-award-2023-di-amerika







23 komentar

  1. Hahaha.. Toss kita nonton drakor dr tahun 2000. Bedanya saya dah kerja saat itu. Mba dee masih SMP.. Xixixixi.. Saya juga setelahnya nonton di dvd. Ada 1 tas tebel koleksi dvd saya. Pas sekolah ada jaringan internet, saya nonton di sekolah setelah kerjaan ngajar tuntas di dramacarzy.. Xixixi..

    Skrg mah asal punya jaringan internet cepat nonton drakor mudah sekali.

    BalasHapus
  2. daebaaaaakkk💯🥰 barokAllah mba🌞senaaanggg bgt yhaaa hobi kita dpt apresiasi yg keren poollll

    BalasHapus
  3. Masya Allah mama keren deh, moga ini batu loncatan untuk ke Korea deh, aku doakan moga bisa ke sana ya lewat tulisan. aamiin

    BalasHapus
  4. keren banget mbaa... hobinya jadi bermanfaat banget.

    kalo aku malah nonton drakor waktu masih aktif jadi blogger, ketularan temen2 blogger yang waktu itu hobi tukeran file drakor kalo ketemu. Pas kebetulan ada yg ga bisa dateng waktu ketemuan, nitip minta copy-in drakor di laptopku. iseng ditonton...lho kok seru. lalu keterusan sampe skr hihihi.

    BalasHapus
  5. Masya Allah, ini bukti kalau serius menekuni hobi, ada rezeki yang menanti. :)

    Saya ngga terlalu maniac drakor sih. Maksudnya, ngga harus setiap hari nonton, gitu. Dalam setahun, paling cuma 3-4 judul drakor yang saya tonton, hehe... Drakor terakhir yang saya tonton tu The Glory, yang benar-benar menguji kesabaran karena harus menunggu berbulan-bulan untuk tahu kelanjutannya.

    Tapi meskipun saya termasuk jarang nonton drakor, menurut saya, drama korea tu jalan ceritanya bagus. Akting aktor dan aktrisnya juga keren banget, ngga pada modal tampang doang kayak artis sini. Wkwkwk...

    BalasHapus
  6. Alhamdullilah mendapat kesempatan menjadi wartawan kehormatan berkat hobi ya mbak, terkadang peluang bisa didapatkan melalui hobi dan kesukaaan, semoga setelah ini bisa mendapatkan kesempatan mengunjungi negara Korea...keren mbak.

    BalasHapus
  7. Keren banget mbak, dari hobi jadi cuan yaa. Ini memang menyenangkan. Apalagi akhirnya jadi wartawan kehormatan di korea.net, mantap banget. Barakallah ya mbak

    BalasHapus
  8. Wahh emang ternyata dari hoby bisa jadi cuan emang bikin happy ya. Aku juga nonton drakor dari SMA deh kayanya. Sampai sekarang jadi segampang ini dengan layanan OTT dari IndiHome juga. Btw keren deh mba bisa jadi wartawan kehormatan dari Korea.net.

    BalasHapus
  9. Sesama wartawan kehormatan korea.. seneng banget dibuatin postingan kayak gini..semangat terus mbak buat tulisan yg keren ttg korea

    BalasHapus
  10. Kereeen nih mb Dee..dari hobi jadi cuan dan prestise. Bisa banget dengan dukungan internet cepat yaak. Aku sendiri nggak terlalu hobi nonton drakor, bukan karena nggak suka, tapi suka nggak sabar nonton serial, jd alu prefer nonton movie yg sekali kelar hehehe. Bukan berarti samsek ga nonton sih, ada juga bbrp drakor yg aku tonton. Dan aku jg kagum dengan cara korea mengemas industri kreatifnya. Beneran kreatiffff sampai terjadi korean wave.

    BalasHapus
  11. Wah, mulai nonton drakor, membuat berbagai macam konten hingga menjadi wartawan kehormaran Korea, semua berkat IndiHome yang sangat mendukung aktivitas online mbak Dian :D Aku juga pakai internet provider ini sejak lama dan cocok. AKu ngeblog dll jadi lebih mudah dengan internet cepatnya. Termasuk saat gugelan urus road trip Jakarta Bali bulan lalu :)

    BalasHapus
  12. Masya Allah, selamat ya mba Dian, dari hobi asal tekun bisa jadi sumber pemasukan. Selamat berkarya dengan menulis seputar Korea di korea.net. Indihome mengantarkan kita menjadi perempuan berdaya ya mbak

    BalasHapus
  13. Seru banget pengalamannya Mbk, apalagi bisa diajak kolaborasi jadi wartawan kehormatan ya dari bikin konten tentang Korea, asli kece abis deh.Apalagi didukung dengan internet kencang bersama Indihome.

    BalasHapus
  14. Masyaallah, congrats ya mba, ih seneng banget deh baca tulisan ini, menjadi motivasi lho buat semua

    BalasHapus
  15. Berkonten ria bukan hanya soal hoby, tapi bisa menghasilkan cuan ya, Mbak. Duh, senengnya yang masuk dalam komunitas wartawan kehormatan. Korea ini konsen banget dalam menyebarkan kebudayaan dan gaya hidup sana. Sangat senang dan bahagia menerima berbagai konten yang mengupas negaranya.

    Keren mereka.. pantas, banyak fans di berbagai belahan dunia.

    BalasHapus
  16. Aku juga suka mba nonton drakor hehe. ternyata dari hobi yang awalnya sekedar hiburan bisa mendatangkan peluang dan cuan ya. keren banget jadi wartawan kehormatan, semoga semakin semangat menebar informasi seputar korea ya mba

    BalasHapus
  17. keren nggak ada yang lebih indah daripada hobi yang dibayar, hobi nonton korea berbuah cuan dan banyak peluang barakalllah mbak

    BalasHapus
  18. Aku ngedrakor udah lama, tapi masih santai sih ini gak kaya dirimu, Mbak. Keren banget sampai jadi wartawan kehormatan Korea Net. Lumayan banget ya ilmu dan tentu saja cuannya dari hobi ini

    BalasHapus
  19. Selamaaatt Di.. terpilih menjadi wartawan kehormatan Korea Net 2023.
    Semakin semangat berkonten ria dengan jaringan IndiHome yang cepet dan stabil.
    Rasanya Korea-Indonesia kini sudah semakin gak berjarak karena saking mendarah dagingnya ya, Di..

    Sukses selalu, Di.

    BalasHapus
  20. Selamat Mbak
    Kerennya bisa jadi wartawan meski segudang aktivitas di rumah juga
    Saya rasanya mau ini itu kepentok sama bayi terus

    BalasHapus
  21. Barokallah, Mbak. Masyaa Allah keren jadi wartawan kehormatan. Kalau onton drama Korea pakai IndiHome memang enak banget. Lancar tanpa hambatan. Mau nonton maraton berseri-seri tak akan terasa.

    BalasHapus
  22. Aku juga berlangganan Indihome dan Alhamdulillah selama ini jaringan internetnya kenceng dan stabil.

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah ya, berkat internet dari IndiHome kita jadi bisa melakukan hal-hal yang tadinya mustahil. Gak kebayang aku pun kalo gak pake IndiHome, aku mungkin masih jadi emak-emak kudet yang gak tahu dunia luar.

    BalasHapus