Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Review dan Sinopsis Drama Korea "Dr. Cha", Kisah Ibu Rumah Tangga yang Ingin Kembali Berkarir

 

Drama Dr. Cha



"Aku ingin hidup bebas tanpa memikirkan orang lain." - Cha Jeong Suk, Dr. Cha






Ketika menjadi seorang ibu, banyak perempuan yang meletakkan anak dan suaminya menjadi prioritas utama. Anak dan suami membuat perempuan terkadang harus melupakan mimpinya. 


Namun, mirisnya pengorbanan seorang ibu seringkali tak dihargai. Mengurus anak, suami, dan keluarga dianggap hal biasa yang lumrah dilakukan oleh seorang perempuan yang sudah menikah. Biasa saja. Nggak spesial! 


Padahal, bisa jadi semua itu dilakukan dengan mengorbankan impian. Berkarir misalnya. 


Inilah sekelumit cerita dalam drama Korea Dr. Cha. Dr. Cha rela meninggalkan karirnya sebagai dokter untuk mengurus keluarga. Namun, semua pengorbanannya tak dianggap. Sang suami bahkan berselingkuh. 


Setelah selamat dari kematian, Dr. Cha tak ingin lagi memikirkan orang lain. Dia ingin menjalani hidup sesuai keinginannya. Kembali meraih impiannya. Menjadi dokter dan bekerja di rumah sakit. 


Drama Dr. Cha


Profil 


Judul:

Dr. Cha / Dr. Cha Jung-Sook

Director:

Kim Dae-Jin

Writer:

Jung Yeo-Rang

Genre :

Comedy, Drama, Medical

Network:

JTBC, Netflix

Episodes:

16

Release Date:

April 15, 2023 --

Runtime:

Saturday & Sunday 22:3



Pemeran Drama Dr. Cha



Drama Korea Dr Cha



Uhm Jung Hwa sebagai Dr. Cha / Dr. Cha Jung Suk


Cha Jung Suk adalah seorang ibu rumah tangga tulen. Dia mengurus semua keperluan keluarganya dengan baik. Mulai dari suami, anak, hingga ibu mertua. 


Padahal dia juga lulusan kedokteran. Nilainya bahkan tertinggi pada masa itu. 


Meskipun istri dokter yang berpenghasilan tinggi, dia tak pernah membeli baju ataupun barang-barang mahal lainnya. Seluruh hidupnya didedikasikan untuk keluarga. 


Setelah berhasil menjalani operasi transplantasi liver, Dr. Cha merasa terlahir kembali. Dia ingin menjalani kehidupan kedua yang berbeda. 


Tak ingin memikirkan orang lain lagi. Ingin kembali menjadi dokter. Bekerja di rumah sakit. 


Kim Byung Chul  sebagai Seo In Ho


Profesor Seo In Ho adalah kepala departemen bedah di rumah sakit. Karirnya sangat cemerlang. 


Siapa sangka dia bukanlah suami yang baik. Tidak hanya cuek pada istri, tapi juga berselingkuh dengan rekan sesama dokter. 


Dia bahkan memaksa agar anak-anaknya juga mengikuti jejaknya sebagai dokter bedah. 


Min Woo Hyuk sebagai Roy Kim


Dokter Roy ini kesayangan penonton! Charming banget! 


Pertemuan dokter Roy dan dokter Cha pertama kali di bus. Siapa sangka ternyata dokter Roy kemudian mengoperasi dokter Cha. 


Kemudian dokter Roy bekerja di rumah sakit yang sama dengan dokter Cha. Dokter Roy sangat perhatian dan baik pada dokter Cha. 


Myung Se Bin sebagai Choi Sung Hee


Choi Sung Hee adalah dokter dari departemen kesehatan keluarga. Dia adalah selingkuhan dokter Seo, suami dokter Cha. 


Sebenarnya dulu Dokter Seo adalah cinta pertama dan pacar dokter Seo. Hanya saja, saat kuliah dokter Seo berselingkuh dengan dokter Cha hingga menghasilkan anak. 


Dokter Cha hamil, maka dokter Seo menikahinya, dan memutuskan dokter Choi. Tapi, saat bekerja di rumah sakit yang sama, Dokter Seo berselingkuh dengan dokter Choi. 


Sinopsis Dr. Cha


Ibu rumah tangga yang selalu disepelekan


Drama ini mengangkat kisah bagaimana ibu rumah tangga yang sudah mengurus semuanya dan banyak berkorban tidak dihargai. Semuanya ingin dilayani, tetapi tak ada satu pun ucapan terima kasih. 


Setiap hari dokter Cha menyiapkan keperluan suami, anak, dan ibu mertua. Hingga tak memperhatikan kondisi kesehatannya. 


Menjadi ibu rumah tangga seringkali disepelekan. Tak hanya oleh orang lain, keluarga sendiri pun tak menghargai. 


Kembali meraih impian


Lebih baik terlambat, daripada tidak sama sekali. Setelah selamat dari transplantasi hati, dokter Cha ingin meraih kembali impiannya, menjadi seorang dokter. 


Review drama Dr. Cha



Meskipun dia sudah lulus sekolah kedokteran lebih dari 20 tahun, dia tak patah semangat. Ditengah-tengah kesibukan mengurus rumah tangga, dia belajar giat untuk ujian residen. 


Usahanya membuahkan hasil. Dia lulus. Bahkan mendapatkan nilai tertinggi. Hingga akhirnya diterima di rumah sakit tempat suaminya bekerja. 


Anak dokter harus jadi dokter


Dokter Cha dan dokter Seo punya dua anak. Anak pertamanya, Seo Jung Min (Song Ji Ho) juga berprofesi sebagai dokter. Dia bahkan masuk departemen bedah, mengikuti jejak ayahnya. 


Sedangkan anak keduanya, Seo I-rang (Lee Seo Yeon) masih SMA. Tentunya ayahnya ingin I Rang juga menjadi dokter. Masuk sekolah kedokteran. 


Baca Juga : Hospital Playlist Season 2, Menanti Kisah Cinta 5 Dokter Yulje


Namun, I Rang sebenarnya suka seni. Dia ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah seni. Ini membuat ayahnya naik pitam. Sebab, semua keluarganya mulai dari kakeknya berprofesi sebagai dokter. 


Hmm, anak dokter harus jadi dokter? 


Selingkuh itu penyakit yang tak bisa disembuhkan


Drama dokter Cha ini juga mengangkat kisah perselingkuhan. Dokter Seo, meski sudah menikah tetap berhubungan dengan cinta pertamanya. 


Baca Juga : Drama Korea Cheat On Me If You Can, Bukan Drama Perselingkuhan Biasa


Dulu, saat pacaran dengan dokter Choi dia selingkuh dengan dokter Cha, hingga hamil diluar nikah. Sekarang, saat sudah menjadi suami dokter Cha, dia selingkuh dengan dokter Choi. 


Dokter Seo ini menjadi contoh, selingkuh itu penyakit yang tak bisa disembuhkan. Setuju? Hehe. 


Burden


Bagi saya, isu yang diangkat dalam drama Dr. Cha ini cukup berat. Hanya saja dikemas dengan ringan, banyak bumbu komedi. 


Dalam drama ini, perempuan karir seringkali mengalami burden (beban ganda). Meskipun dia bekerja, dia tak boleh meninggalkan kewajibannya di rumah. Mengurus keluarga dan rumah tangga tetap harus bisa melakukannya dengan baik. 



Review Drama Dr. Cha


Drama Dr. Cha ini sangat related. Terutama bagi perempuan yang hidup dalam budaya patriakhi. Menjadi ibu rumah tangga seringkali tak dihargai. Jika memilih menjadi wanita karir, maka dia akan mendapatkan beban ganda (burden). 


Selain itu, drama ini memberikan semangat untuk tak pernah berhenti bermimpi. Setiap orang berhak punya impian dan cita-cita. Tak ada kata terlambat untuk itu. Hanya saja memang butuh diberikan kesempatan. 


Baca Juga : Terpikat Yoo Yeon-seok, Dokter Tampan dalam Drama Korea



Saya berharap drama Dr. Cha happy ending. Dokter Cha bisa menjadi dokter yang sukses. Mendapatkan banyak cinta dan dukungan dari keluarganya. 


Bagaimana dengan kisah cintanya? Pengennya sih dokter Cha cerai saja sama suami red flag nya. Lalu berlayar dengan dokter Roy. Hehehe. 


Penutup


Demikian sinopsis dan review dari drama Korea Dr. Cha. Drama ini bisa membuat weekend mu lebih seru. Jangan lupa nonton di aplikasi resmi, ya! 







33 komentar

  1. Drama Korea selalu menarik untuk di tonton apalagi kalau sudah ada cerita tentang perselingkuhannya pasti seru ya, hehe...

    BalasHapus
  2. Serius Dr. Cha tuh kocak banget.. Kek yang PD-nim ngabulin semua keinginan hati penonton.
    Jadi agak ovt eps minggu ini yang sepertinya mulai memasuki masa-masa duka.
    Hiiks~

    BalasHapus
  3. Wah.. Sedih deh baca kehidupan dr cha yg sdh berkorban malah disia2 kan.. Ayo semangat dr cha dan raih apa yg kamu inginkan.... Jadi pengen nonton deh drakor ini

    BalasHapus
  4. Wah, kisah perselingkuhan dalam drama seperti ini menggemaskan ya, seakan tiada habisnya. Kasihan sekali menjadi istri yang baik dan telah memberikan segalanya untuk keluarga dan mertua, eh malah disia-siakan oleh suaminya. Bagus sih dr. Cha kembali meniti kariernya sebagai dokter. Biar ga rungsing urusan di rumah ya dan bisa menjadi diri sendiri yang lebih dihargai.

    BalasHapus
  5. Aku setuju, drama ini konfliknya kompleks tp cara bertuturnya seru & kocak. Yg nonton jd ga ikut emosi. Eh tp ttp ada emosinya sih dikit 😁😁. Berharap dr Cha pisah aja dah ama suaminya. Laki kok nyebelin amat

    BalasHapus
  6. Drama ini cukup rame dibicarakan di medsos. Terutama lika liku perselingkuhannya. Aku pun jadi kepo. Nah kebetulan baca ulasannya di sini, jadi makin pengen nonton segera. Thanks mbak Dee ulasannya

    BalasHapus
  7. Maju mundur mau nonton ini.. seru ya mba. Jadi ibu tuh memang sesuatu😁 masya Allah banget. Oh ini ada kisah perselingkuhannya jg ya mba baru tau pas baca tulisan mba..
    Anak dokter harus jadi dokter, sering terjadiii

    BalasHapus
  8. Menelaah kisah inti dari tayangan ini, seolah bercermin pada kenyataan diri sendiri. Setelah kena PHK, di rumah saja dan sekarang merasa mau ngapain? Bisa kembali bekerja lagi ga ya?
    Seolah memiliki teman kisahnya hampir sama. Hehehe

    BalasHapus
  9. Cowok apaan tuh si dr. Seo, hobi kok selingkuh. Mana istrinya sudah berkorban sedemikian rupa yaa.. Tau gitu dari dulu tetep jadi dokter aja.

    BalasHapus
  10. Aku nonton sampai episode terbaru ahad kemarin. Tak sabar menunggu setiap episode. Kisahnya sungguh ngenes. Suami kayak raya, dia bahkan nggak ada uang sama sekali. Smoga endingnya oke . Terkesan humor tapi miris

    BalasHapus
  11. meski on going, aku tetap setiap menunggu setiap Sabtu dan Minggu malam nih,karena ceritanya menarik banget

    BalasHapus
  12. Wah seru juga alur ceritanya, nanti coba nonton deh, siapa tau bisa ketagihan nonton drakor, kan lumayan bisa jadi bahan me time dirumah, biar gak berasa capek nya jadi ibu rumah tangga, yang repot nyiapin ini itu, padahal dirinya sendiri belum tentu sudah diurus

    BalasHapus
  13. Baru aja lihat story instagram tanteku bahas ttg drakor ini, katanya "iihh bagus!" wkwkwk

    BalasHapus
  14. Ih! Baru baca sinopsisnya aja, saya udah gemes sama dr Seo. Penyekit banget ya yang namanya selingkuh hihihi. Padahal ini jalan ceritanya menarik. Tapi, kisah perselingkuhan kayaknya paling bikin gregetan

    BalasHapus
  15. aku blm nonton mba, baca review ini jd pengen nonton deh

    BalasHapus
  16. Aku belum nonton Dr. Cha, tapi suka lihat spilernya di TL. Sebagai perempuan, saat menikah dan memilih jadi IRT memang harus merelakan mimpi-mimpinya. Kalau gak dihargai, ya bakal marah juga ya

    BalasHapus
  17. Wah kebetulan aku nonton meskipun on going, suka dengan dramanya meskipun ada tema perselingkuhan tapi ngak bikin sedih atau kesal...kesal dikit sih sama suaminya dr. cha tapi kebanyakan ngakaknya apalagi liat muka suaminya dr. cha...kartun banget.

    BalasHapus
  18. Wah seru banget ceritanya ya.. bisa bikin kesal dan sedih juga. Hebat yang bikin..kalau saya nonton bakal mellow nih

    BalasHapus
  19. Dr Seo ini sepertinya penyebab segala permasalahan di film ini ya. Setelah selingkuh dengan dr Cha di masa muda hingga menikah, sekarang selingkuh lagi dengan Choi, kekasih lamanya. Harus dihempaskan sepertinya dr seo ini..

    BalasHapus
  20. Aku nonton juga dan merasakan banget awal resign pengen punya penghasilan sendiri dan merasakan nikmatnya jajan dengan uang sendiri. Dr Cha relate banget dengan kehidupan ibu rumah tangga ya

    BalasHapus
  21. Film ini menjadi rekomendasi untuk pada ibu di waktu senggang. Jadi pengen cepet selesai nontonya.

    BalasHapus
  22. Saya baru lihat pas Dr. Cha tahu bahwa suaminya selingkuh. Asli saya ikutan banget pas lihat itu. Terus pas I-rang tahu bapaknya punya anak perempuan dari wanita lain, dan anak perempuan itu seumuran I-rang. Saya ikutan mewek.

    Drama yang bagus ini. Banyak konflik tapi juga banyak komedinya.

    BalasHapus
  23. Aku belum nonton drama ini tapi teman di kantor ku seru banget kalo bahasa drama ini hehehe. Nanti kalo ada waktu aku nonton deh kayaknya menarik sekalian juga biar bisa nyambung ngobrol2 sama teman kantor hahaha

    BalasHapus
  24. Gemesss sama tukang selingkuh...bener kayaknya penyakit selingkuh itu....wanita kalau sudah jd ibu rumah tangga full mendedikasikan waktu untuk.keluarga jadi suka di sepelekan. Padahal kerjaan ibu rt dirumah gada habis2nya

    BalasHapus
  25. aku ngikutin neh drama dokter cha asli bikin sebel sama suaminya ternyata punya anak dari selingkuhan dan sebaya dengan anak bungsunya.

    BalasHapus
  26. 20 tahun di rumah saja dan balik jadi dokter
    Rasanya mustahil tapi ya namanya drama
    Banyak pelajaran di setiap episode

    BalasHapus
  27. anak dokter harus jadi dokter, itu yang lumrah ditemui yaa mbak
    aku ingat seorang temanku yang ortunya dokter maka ia dan kakaknya pun jadi dokter. Justru adiknya yang paling kecil punya interest beda. Ia pilih jalur seni dan memang expert di sana.

    BalasHapus
  28. Suka bangeettt sama ceritanya .. bikin ketawa dan ini lagi sedih2 nya pas tau suaminya punya istri lain🥹

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak. biar ceritanya tentang selingkuh tapi ada komedinya jadi ngakak melulu nontonnya

      Hapus
  29. Ceritanya aku banget ini. Terkadang menjadi ibu rumahtangga sepenuhnya di rumah menjenuhkan dan kangen kerja kantoran lagi seperti dulu. Film yang wajib ditonton ini

    BalasHapus
  30. dr. cha ini drama selingkuh tapi dikemas secara komedi jadi nontonnya nggak terlalu bikin darah tinggi malah ketawa melulu tiap episodenya. hehe

    BalasHapus
  31. Dari kemarin liat reviewnya lalu lalang tapi belum nonton jugaaaa.. kayanya seru ya maaaaak.. aaaak penasaran pengen nonton jugaaa

    BalasHapus
  32. Aku suka tokoh mbak kriwil hehehe. Karakternyavkuat meski bukan tokoh utama ya

    BalasHapus