Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Cari Tahu, Biaya Konsultasi Psikolog Mahal atau Murah?

 


Biaya konsultasi psikologi


https://img.freepik.com/free-photo/emotional-young-woman-was-depressed-sofa_1150-15515.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.122370889.1683817063&semt=ais

Gangguan kesehatan mental bisa muncul karena berbagai penyebab. Jika tidak segera ditangani bisa berdampak fatal. Pada beberapa kasus pasien perlu penanganan psikolog. Namun biaya konsultasi dan berobat yang cukup mahal sering menjadi kendala. Kamu bisa menyiapkan biaya tersebut dari sekarang dengan menggunakan bank digital.

Aplikasi mobile banking memudahkan kamu untuk mengelola keuangan, termasuk menyiapkan biaya berobat ke psikolog. Dengan demikian, begitu perlu tindakan medis bisa segera mendapat penanganan tanpa terkendala biaya. Lantas, Bank digital apa saja yang bisa digunakan? Banyak jenis bank digital terbaik yang bisa kamu pilih. Tapi ada baiknya, kamu memastikan keamanannya, juga sudah diawasi oleh OJK. 

Menariknya, di artikel ini akan membahas tentang biaya penanganan ke psikolog, sekaligus rekomendasi bank digital untuk kelola keuanganmu untuk dana kesehatan. Yuk, simak. 

Gejala Gangguan Kesehatan Mental yang Perlu Penanganan Psikolog

Beban hidup dan kejadian traumatik bisa memicu munculnya gangguan mental. Penanganan yang kurang tepat dapat memperparah keadaan. Untuk beberapa kasus pengidap masalah ini bisa menyembuhkan dirinya sendiri. 

Namun dalam kondisi tertentu, butuh peran pihak luar untuk pengobatan, termasuk hadirnya psikolog dalam proses penyembuhan. Beberapa gejala gangguan kesehatan mental yang perlu penanganan psikolog adalah: 

  1. Gelisah berlebihan

Penderita gangguan mental yang mengalami gelisah berlebihan perlu segera mendapat penanganan karena bisa menyebabkan kualitas hidup menurun sehingga mengganggu kinerja. Dampak lebih lanjut, bisa menyebabkan depresi. 

  1. Mood berubah drastis

Kondisi ini bisa berupa rasa bersalah yang berlebihan, tidak dapat mengekspresikan perasaan senang, apatis, bahkan dalam kondisi parah bisa mengundang keinginan untuk bunuh diri. 

  1. Susah konsentrasi

Masalah ini bisa menyebabkan penurunan prestasi belajar bagi siswa dan kemampuan bekerja pada orang dewasa. Karena rendahnya tingkat konsentrasi pasien sering dianggap tidak peduli dan peka terhadap lingkungan disebabkan lambat dalam memberi respon.

  1. Penurunan nafsu makan dan kualitas tidur

Penurunan nafsu makan dan kualitas tidur bisa menjadi penyebab daya tahan tubuh rendah sehingga mudah sakit. Apalagi jika penurunan nafsu makan drastis, dapat mengganggu proses metabolisme dalam tubuh. 

  1. Rasa percaya diri rendah

Rendahnya rasa percaya diri yang dibiarkan terlalu lama akan membuat pengidapnya merasa tidak berharga. Lebih lanjut dapat menimbulkan perasaan tidak dibutuhkan yang mendorongnya untuk melakukan tindakan bunuh diri.

Pilih Berobat ke Psikolog Pakai BPJS atau Mandiri

Layanan psikolog biasanya tersedia di Puskesmas maupun fasilitas kesehatan rekanan BPJS, namun tidak semua tempat menyediakannya. Karena itu, jika ingin berobat menggunakan BPJS kamu harus menyesuaikan dengan fasilitas yang tersedia di Faskes sesuai dengan keanggotaan BPJS. 

Selain itu, kamu tidak mempunyai banyak pilihan jadwal untuk konsultasi karena harus menyesuaikan dengan jadwal yang ada di Faskes tersebut. 

Sedangkan jika menggunakan biaya mandiri kamu bebas menentukan akan mengunjungi psikolog yang mana. Saat ini banyak pilihan pelayanan psikolog yang terpercaya. Kamu pun bisa memilih sesuai dengan waktu yang diinginkan. 

Jika menggunakan BPJS kamu tidak perlu membayar karena bisa diklaim oleh BPJS. Namun jika pilihannya adalah konsultasi dengan biaya mandiri, kamu harus mengeluarkan sejumlah uang.

Untuk penanganan gangguan mental tidak bisa selesai hanya dengan satu kali berkonsultasi. Biasanya psikolog akan membuat jadwal kunjungan dan menentukan model terapi yang harus dilakukan. Karena itu, jika membayar secara mandiri, biaya yang harus dikeluarkan cukup banyak.

Sebagai antisipasi, kamu perlu menyiapkan dana untuk berobat dari sekarang.  Kamu dapat membuka rekening bank digital dan menyimpan dana pengobatan di rekening tersebut. 

Kisaran Biaya Konsultasi Psikologi

Tidak sedikit orang saat berobat memikirkan berapa biaya yang harus disiapkan. Pasalnya, saat ini biaya untuk berobat semakin meningkat. Sebelum berkonsultasi ke psikolog tidak ada salahnya jika kamu melakukan survei atau mengumpulkan informasi berapa biaya yang harus disiapkan.

Dikutip dari alodokter.com, kisaran biaya berobat ke psikolog dipengaruhi oleh daerah di mana kamu berobat, serta jenis pelayanan dan kualitas dari psikolog. Untuk bahan pertimbangan, biaya di beberapa klinik sekitar Rp150.000 hingga Rp300.000 setiap kunjungan.

Artinya selama proses penyembuhan kamu perlu datang dan berkonsultasi sebanyak 8 kali, maka biaya yang harus disiapkan sebesar Rp2,4 juta. Ini belum termasuk beberapa tindakan khusus yang membutuhkan biaya di luar konsultasi regular. 

Digital Banking Membantu Menyiapkan Biaya Berobat ke Psikolog

https://img.freepik.com/free-photo/person-paying-with-its-smartphone-wallet-app_23-2149167261.jpg

Sakit bisa datang kapan saja, begitu juga dengan gangguan mental dapat dialami semua orang. Karena itu tidak ada salahnya jika kamu mengantisipasi pengeluaran untuk berobat dengan membuka rekening tabungan untuk persiapan berobat. Sebagai pilihan, kamu bisa memanfaatkan kemudahan buka rekening digital digibank by DBS. 

digibank by DBS merupakan aplikasi bank digital yang mudah digunakan, praktis serta mempunyai banyak fitur yang user friendly. Apa itu bank digital? Istilah ini menggambarkan pada sebuah layanan perbankan yang bisa diakses secara online. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengelola keuangan, termasuk dalam penyediaan biaya untuk konsultasi ke psikolog. Adapun keunggulannya adalah:

  • Having fun jadi lebih mudah. Mau ini-itu nggak pakai ragu. Ini cara cerdik yang bikin hidup kamu lebih all-out. Gratis transfer tanpa kuota

  • Masa depan lebih aman. Tetap have fun nggak perlu nunda rencananya masa depan. Ini Cara cerdikmu untuk mulai dengan mudah. Nabung bunga tinggi di 20 dompet

  • Semua aman dan mudah dalam 1 genggaman. Cerdik kelola keuangan tanpa ribet, karena praktis atur rekening & kartu kredit

Untuk berbagai keperluan keuangan, digibank by DBS juga menyediakan fitur Maxi Booster.  Boost bunga tabungan maxi kamu bisa mencapai 7% per tahun. Caranya cukup dengan meningkatkan saldo dan memperbanyak transaksi menggunakan digibank by DBS.

Bank digital memudahkan kamu untuk mengatur keuangan, termasuk menyiapkan dana tabungan untuk biaya konsultasi ke psikolog dengan mudah. Untuk mendapat keterangan lebih detail tentang digital banking digibank by DBS, silakan download aplikasinya di App Store atau Google Play ya. 

21 komentar

  1. Wah, ternyata konsultasi ke psikolog ga cukup satu kali ya. Seperti contoh di atas bisa 8 kali jadi biayanya 2,4 juta ya mbak. Enaknya kini pembayarannya bisa melalui bank digital by DBS. Ada fitur Maxi Booster juga asyiiik 😃 Semoga dimudahkan bagi mereka yang butuh konsul baik secara BPJS maupun mandiri aamiin.

    BalasHapus
  2. ouwww baru tau nih mbaaa kalo konsul ke psikolog biayanya mayan jugaaa

    semogaaa yg sedang dapat ujian sakit psikis bisa manfaatkan bank digital ya

    BalasHapus
  3. aku pernah konsultasi perkembangan anak ke psikolog, ya biayanya lumayan krna pakai isi dompet sendiri. pakai digibank DBS jadi lebih mudah ya pembayaranya

    BalasHapus
  4. Aku belum lama ini bawa anakku ke psikolog karena ada tes bakat dan minat untuk anak. Setelah itu memang ada konsultasi lagi, yang biayanya juga lumayan sih walau konsultasi saja.

    BalasHapus
  5. Ternyata biaya ke psikolog lumayan yah dan itu membutuhkan lebih dari satu kali kunjungan, iya sih kadang permasalahan itu ngak cukup hanya dituntaskan dalam satu sesi kunjungan, apalagi jika pasien memiliki kesulitan untuk mengutarakan permasalahan yang dialaminya.

    BalasHapus
  6. Ternyata biaya konsultasi ke psikolog nggak terlalu mahal juga ya, mirip kayak biaya konsultasi ke dokter spesialis. Tapi kalau nggak dianggarkan bisa membengkak juga, karena masalah kesehatan mental nggak bisa selesai hanya dengan satu kali kunjungan

    BalasHapus
  7. Aku pernah juga konsultasi ke psikolog untuk anakku. Memang sekali pertemuan ternyata segitu, kalau mesti rutin bener harus disiapkan sih. Enak ya kalau bisa pakai BPJS atau bisa ditabung dulu dan direncanakan seperti di DBS, gak terlalu memberatkan dan gak merusak cash flow jadinya

    BalasHapus
  8. Duh ternyata untuk penanganan gangguan mental tidak bisa selesai hanya dengan satu kali berkonsultasi. Bolak-balik sesuai jadwal kunjungan dan model terapi yang disarankan psikolognya

    BalasHapus
  9. Tenang aja kalau biaya konsultasi psikologi ataupun psikiater sudah di handle sama DBS .

    BalasHapus
  10. Digi Bank ini praktis juga ternyata ya mba.. bank klo udah digitalisasi mau apapun jadi gampang termasuk biaya konsultasi k psikiater ataupun utk yg lainnya

    BalasHapus
  11. wah mba tulisannya sangat bermanfaat buat yg lagi cari-cari bantuan tenaga profesional psikolog ini

    BalasHapus
  12. Masya Allah bisa banget ini di donlot biar makin smartphone hidup kita yah moga juga banyak hal lain yang nasabah dapatkan dari aplikasi ini.

    BalasHapus
  13. Tahu aja nih bank zaman sekarang makin banyak yang sadar utk konsul ke psikolog apalagi kalau udah burn out yaa.
    Soal pembayaran pun jadinya makin gampang ya.
    Emang kyknya ada tu psikolog dengan layanan BPJS tapi aku pernah dapat cerita dari temen kalau psikolognya tu gk kasi jawaban yang sreg, akhirnya temenku pilih berobat mandiri gtu deh. Yaa mungkan pas lagi apesnya ketemu psikolog yg gak pas kali ya.

    BalasHapus
  14. Biaya kesehatan mental ternyata lumayan juga ya, sama saja dengan biaya kesehatan fisik... Inginnya sih sehat selalu ya, tapi lebih baik kalau menyiapkan dananya...

    BalasHapus
  15. Makasih mba Dee jadi tahu nih biaya psikologi dalam berkonsultasi, aku pernah berpikiran mau ke sana wkwkwk karena kadang sifat sabarku masih kurang. Ada kah yang salah dengan diriku atau tidak

    BalasHapus
  16. Biaya konsul k psikolog lumayan ya. Kalau disekolah anak2 konsul k psikolog tes bakat dsb biasanya udah program dari sekolah bayar di uang kegiatan tahunan tp ga dirinci biaya konsulnya cuma terima hasil dr psikolog

    BalasHapus
  17. kadang perlu berulang yah ke psikolog. Syukurlah beberapa puskesmas sudah menyediakan fasilitas konsultasi psikolog, bisa pakai BPJS. Kalaupun bayar jadi lebih terjangkau dibanding klinik.

    BalasHapus
  18. Kalau dirasa ada gangguan kesehatan mental, mending langsung ke psikolog ya. Jangan diagnosa sendiri, bukan ahlinya. Soal biaya, cari tau yang termurah.

    BalasHapus
  19. Aku sempat cari-cari psikolog, karena merasa ada yang aneh aja sama diri sendiri. Mudah cemas, emosian, dan kalau dengar orang tutup pintu keras itu langsung gak nyaman. Tapi, ya itu masih terkendala biaya.

    BalasHapus
  20. Menurut cerita dari teman-teman yang pernah konsultasi dengan psikolog, biaya konsultasi yang dikeluarkan secara mandiri memang sangat banyak, belum lagi kalau diberi obat-obatan, nambah biaya lagi, deh! Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan ya, Mak ~

    BalasHapus
  21. Sekarang alhamdulillah semakin banyak ya ng aware sama kesehatan mental ini ya dan bukan hal yang memalukan lagi konsultasi ke psikolog itu. Cuma memang kalau misal nggak pakai bpjs lumayan juga sih biayanya. Heu

    BalasHapus